Pantai Cemara Tuban – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Cemara Tuban

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Cemara di Tuban menjadi destinasi terbaik untuk liburan, bersantai dan berburu foto sembari menikmati pesona pantai yang eksotis.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Tuban memang kurang terekspos dalam bidang pariwisata, padahal ia memiliki destinasi wisata pantai yang menarik. Salah satu yang cukup populer dan sering dikunjungi adalah Pantai Cemara, yang terkenal karena memberikan landskap dan view yang menarik untuk pengunjung. Pantai ini terbuka untuk umum dan dapat Anda akses dengan mudah jika sedang mengunjungi Tuban.

Di tahun 1980-an, pantai tersebut bukan bernama cemara seperti sekarang, melainkan Pantai Tasikharjo. Perubahan nama tersebut kemudian diganti karena terjadi abrasi yang membuat pantai tidak lagi bisa dikunjungi. Setelahnya pantai berganti nama dengan pengelolaan yang lebih baik, sehingga wisatawan meningkat tiap tahunnya.

Setelah adanya abrasi, Pemerintah Kota Tuban mulai menanaminya dengan pohon cemara untuk membuatnya terlihat lebih hijau dan menghindari abrasi lanjutan. Adanya penanaman pohon cemara tersebut, lambat laun ia menjadi Pantai Cemara seperti namanya sekarang ini. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, berikut merupakan rangkuman informasi menarik mengenainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara Tuban

Daya Tarik Pantai Cemara Tuban
Image Credit: Facebook.com @noviana armansyah

1. Adanya Pohon Cemara

Jika sebelumnya pantai identik dengan pohon kelapa, maka di pantai ini Anda akan menemukan banyak pohon cemara yang ditanam di dekat pantai. Jadi jika Anda merasa kepanasan karena cuaca pantai di siang hari, Anda bisa beristirahat sejenak di bawah rindangnya pohon cemara disana.

Selain membuat suasana terlihat lebih segar dan hijau, ia juga memberikan kesan eksotis tersendiri yang tidak bisa Anda temukan dengan mudah di pantai lain di sekitar Pulau Jawa. Ia juga berperan penting menjaga pantai agar tidak mudah terkena abrasi di kemudian hari. Pohon cemara yang ada disana kini bisa Anda dijadikan sebagai tempat selfie dan properti.

2. Pantai yang Bersih

Karena pengelolaannya yang baik, pantai ini kini memiliki garis pantai yang bersih dan beas dari sampah. Pasirnya lembut dan bisa digunakan sebagai tempat bermain untuk anak-anak dan dewasa. Warna pasir pantainya juga menarik, yakni kecoklatan dan memiliki kontur tanah yang landai, sehingga mudah untuk dijadikan tempat bermain.

BACA:  10 Wisata Pantai di Gorontalo yang Paling Indah

Selain pantai yang bersih, Anda juga bisa menemukan berbagai spot foto yang menarik untuk dikunjungi. Spot foto ini telah dihias dengan berbagai ornamen yang cantik, sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk hunting foto. Di kalangan wisatawan yang menyukai fotografi, pantai ini cukup terkenal.

3. Fasilitas yang Lengkap

Walaupun baru mendapatkan perhatian dari pemerintah Kota Tuban, namun disana Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai fasilitas yang lengkap. Mulai dari rumah makan, tempat ibadah, tempat untuk istirahat, hingga tempat ibadah untuk mereka yang beragama Islam. Makanan yang disajikan juga memiliki harga yang cukup terjangkau untuk kantong.

Anda juga bisa mencoba wahana permainan ATV yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Cemara. Dengan mengendarai ATV, Anda tidak perlu bersusah payah untuk menjelajahi dan berjalan di pasir pantai, sebab Anda bisa menelusurinya dengan kendaraan ATV yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Cemara

Alamat Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps (Evyaini Official)

Lokasi wisata pantai ini terletak di Tuban, yakni di Desa Sugihwaras, yang terletak di Jenu. Untuk mencapai lokasi ini, Anda hanya perl berkendara 15 menit dari pusat kota Tuban. Jadi jaraknya tidak begitu jauh dan bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kurang lebih jarak tempuh yang harus Anda tempuh sekitar 6 kilometer.

Anda bisa menuju pantai tersebut dari Terminal Tuban Baru, terminal tersebut terletak di pusat kota Tuban dan bisa diakses dengan mudah karena jalannya yang sudah lancar dan teraspal dengan baik. Dari terminal tersebut, Anda bisa mengikuti jalan langsung menuju Pantai Cemara. Saat melewati jalur utama tersebut, Anda bisa melihat dengan jelas susunan cemara yang ditanam dekat pantai.

Pantai ini terletak di sebelah barat Terminal Tuban Baru, sehingga Anda bisa mengendarai kendaraan menuju arah Barat. Karena itulah, tempat ini juga terkenal karena ia menjadi spot melihat matahari terbenam yang menarik.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Cemara, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, sebab ia merupakan wisata lokal yang belum diberikan retribusi oleh pemerintah. Tentunya Anda harus membayar biaya parkir agar kendaraan yang Anda tinggalkan tetap dijaga dengan baik oleh petugas yang berjaga.

Untuk motor, Anda hanya perlu membayar sekitar 3 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil hanya berkisar sekitar 5 ribu rupiah. Jarak antara tempat parkir dan pantai tidak begitu jauh, jadi Anda bisa berjalan menuju pantai dengan berjalan kaki. Pantai ini bisa Anda kunjungi setiap hari, dari hari libur hingga hari biasa dan hari kerja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cemara

Aktivitas di Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps (Kunaifi Kunaifi)

1. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Untuk Anda yang ingin bersantai sejenak dari rutinitas sehari-hari, maka Pantai Cemara bisa menjadi tempat yang Anda pertimbangkan. Di pantai tersebut, selain duduk di pasir pantai dan dekat dengan cemara, Anda bisa duduk di gazezo yang dibangun di dekat pantai untuk menikmati hembusan angin dan indahnya pemandangan.

BACA:  15 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits

Disana, Anda bisa berteduh dari teriknya matahari bersama dengan teman dan keluarga. Ia juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk rombongan wisatawan yang berlibur disana. Sambil menikmati hembusan angin laut, Anda bisa sambil menikmati hidangan dan minuman yang dijual oleh pedagang di pantai.

2. Melakukan Susur Pantai

Karena garis pantainya yang panjang, Anda bisa melakukan susur pantai karena pantainya memiliki tipikal yang landai dan mudah untuk dijelajahi. Warnanya yang lembut kecoklatan, lembut, dan tidak kasar membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan di sore hari atau pagi hari, ketika matahari belum bersinar dengan terik.

Selain menyusuri pantai, Anda juga bisa bermain dengan ombak di pinggiran pantai tersebut. Jika tertarik, Anda bisa bermain dan mengumpulkan berbagai biota laut yang terseret ombak, diantaranya adalah aneka biota laut, kerang, dan juga berbagai hewan laut bercangkang lainnya.

3. Naik ATV

Seperti yang telah disebut sebelumnya, Anda bisa naik ATV dan menjelajahi pantai yang ada, karena biaya sewanya yang hanya 20 ribu rupiah untuk satu kali permainan, Anda bisa langsung bermain untuk satu putaran. Jangan khawatir, Anda akan menggunakan pelindung yang disarankan ketika menaiki ATV yang Anda sewa.

Dengan menaiki ATV, Anda bisa dengan mudah menelusuri pantai dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Setelah puas menaiki ATV, Anda bisa kembali menikmati indahnya pantai dengan duduk menunggu matahari terbenam atau menikmati hidangan yang disediakan oleh rumah makan yang ada disana.

4. Menonton Pertunjukan Seni

Beberapa kali dalam sebulan, Anda bisa dengan mudah menemukan pertunjukan seni dan budaya lokal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tuban untuk menarik wisatawan, baik mancanegara maupun wisatawan asing. Anda bisa dengan mudah melihat kultur dan keadaan sosial masyarakat dengan melihat budaya dan seni yang ditampilkan.

Beberapa penampilan seni yang ditampilkan berupa wayang, tarian, dan kebudayaan mengenai larung untuk laut. Terdapat pula penampilan teater di saat tertentu, yang menceritakan kisah kehidupan dari Adipati Sumenep ataupun Ronggolawe, yang menjadi ikon dari kisah di pantai tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Cemara

Penginapan di Pantai Cemara
Image Credit: Tiket.com

Anda yang hendak menginap setelah berkunjung ke Pantai Cemara di Tuban, bisa mampir dan beristirahat di penginapan berikut ini. Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki sesuai dengan anggaran yang sudah Anda persiapkan. Berikut merupakan rekomendasi yang sering diberikan kepada wisatawan.

BACA:  Pantai Sowan Tuban - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

1. Gang Guest dan Resto

Lokasinya tidak jauh dari Pantai Cemara dan bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Di dalam hotel tersebut, fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, mulai dari TV, lemari es, hingga kamar mandi yang berada di dalam kamar.

Untuk satu malamnya, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 250 ribu rupiah, bisa lebih jika Anda memilih kamar dengan fasilitas yang lebih baik. Hotel ini telah mendapatkan banyak review positif dari pelanggan, sehingga jangan khawatir mengenai layanan yang hendak diberikan oleh stafnya.

2. Green Garden Hotel

Lokasinya tidak jauh dari Pantai Cemara dengan akses yang mudah karena dekat dengan pusat kota. Jaraknya hanya 5 kilometer dari pantai dan bisa ditempuh dari mana saja, baik dari pusat kota Tuban hingga Terminal Baru Tuban. Hotel ini juga dekat dengan alun-alun dan destinasi wisata yang lain.

Untuk satu malamnya, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 350 ribu rupiah. Walaupun cukup mahal, Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan layanan menarik disana, dari tempat yang nyaman, layanan laundry, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk melakukan booking sebelum memesan untuk menghindari ruangan yang penuh.

3. Bali Rich Luxury Villa

Terakhir untuk Anda yang ingin beristirahat dengan nyaman, Anda bisa menginap di Bali ichh Luxury Villa yang memberikan layanan terbaik untuk tamunya. Karena mendapatkan review yang baik dari pelanggan yang datang sebelumnya, Anda tidak perlu ragu untuk mampir dan beristirahat sejenak di tempat ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Cemara

Fasilitas di Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps (Muhaerin Ningsih)

Untuk fasilitas, pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan secara umum oleh wisatawan yang berkunjung, diantaranya adalah:

Tempat untuk beristirahat, Anda bisa beristirahat di gazebo ataupun di rimbunan pohon yang terletak di pesisir pantai. Disana Anda bisa menikmati pantai dengan lebih leluasa karena angin lebih sejuk dan matahari tidak bersinar dengan terik.

Mushola dan tempat untuk berwudhu bagi perempuan dan laki-laki yang terpisah. Tempat ibadah ini dikhususkan untuk mereka yang beragama Islam dan memerlukan tempat untuk beribadah di waktu tertentu.

Kamar mandi umum yang bersih dan nyaman untuk digunakan, sehingga wisatawan bisa berganti baju maupun melakukan aktivitas pribadi dengan lebih leluasa.

Itulah beberapa informasi menarik yang perlu Anda ketahui jika hendak berkunjung ke Pantai Cemara yang ada di Tuban. Ketika disana, jangan lupa Anda sebaiknya tidak berkunjung di musim hujan karena cuacanya yang buruk, sehingga membuat banyak rencana liburan tidak berjalan baik.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending