Pantai Melur, Pantai Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Batam

Pantai Melur, Pantai Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Batam
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Riau; Map: Cek Lokasi

FpPantai Melur merupakan salah daya tarik tersendiri untuk wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Batam. Pantai ini populer dengan alamnya yang begitu eksotis serta area pesisir yang sangat indah dipandang mata. Oleh sebab itu, masyarakat di sana menjadikan pantai ini sebagai salah satu tujuan wisata alam utama yang sayang bila dilewatkan.

Selain mempunyai alam yang begitu indah, pantai ini juga menyuguhkan nilai historis yang cukup tinggi. Tempat wisata ini akan membuat Anda melupakan sejenak segala masalah atau beban sehari-hari. Selain itu, berbagai pengalaman menyenangkan tentunya bisa Anda rasakan jika menghabiskan waktu liburan di pantai ini.

Anda dapat pula mengajak pasangan, teman, maupun kerabat untuk berwisata ke pantai indah ini supaya lebih seru lagi. Pantai ini sangat cocok dikunjungi baik pada pagi, siang, sore, dan bahkan malam hari. Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata tersebut, maka di bawah ini terdapat beberapa informasi menarik mengenai Pantai Melur yang wajib disimak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melur

Image Credit: Google Maps Malccs 20 https://www.google.com/maps/contrib/108101236612798750269
Image Credit: Google Maps Malccs 20

1. Panorama Bawah Laut yang Memukau

Dengan disajikan oleh panorama bawah laut yang arusnya tergolong cukup tenang membuat Pantai Melur menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Di sekeliling pantai pun kawasannya bebas dari bebatuan karang. Di bawah lautnya terdapat terumbu karang dan ikan-ikan yang akan memanjakan mata Anda. Keindahannya juga ditambah lagi oleh hewan biotik yang cantik.

2. Air Laut yang Biru

Di sekitar area pesisir pantai menyajikan pesona air laut yang berwarna kebiruan sejauh mata memandang. Apalagi, kondisi airnya yang bening semakin menjadikan panorama di pantai tampak begitu luar biasa. Ketika pertama kali berkunjung ke sana Anda akan langsung terpukau akan kecantikannya.

3. Terdapat Banyak Perahu Nelayan

Di pantai ini pun wisatawan akan menjumpai beberapa perahu milik nelayan. Selain itu, saat ke sana Anda juga akan menemukan kapal pesiar dengan ukuran yang kecil. Kapal pesiar dan perahu tersebut umumnya dapat disewakan kepada wisatawan yang ingin melihat pemandangan indah di sekitar pantai serta Pulau Galang.

Daya Tarik di Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Grzegorz Iminski

4. Pemandangan Sunset yang Indah

Saat Anda berkunjung ke Pantai Melur di sore hari, maka bisa menyaksikan pemandangan sunset yang sangat bagus. Pemandangan sunset di sana merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak wisatawan. Suasana yang akan dirasakan saat momen ini yaitu tenang, nyaman, dan romantis. Sehingga, akan lebih pas lagi apabila Anda mengajak pasangan.

5. Hamparan Pasir Putih

Tempat wisata ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih dengan tekstur yang begitu halus. putih tersebut akan berkilau karena terkena pantulan cahaya matahari yang terik. Anda pun tidak akan merasa sakit saat berjalan di atas pasir pantai yang halus tanpa memakai alas kaki.

6. Pepohonan Hijau yang Rindang

Di area tepi pantai ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan hijau yang sangat rindang dan membuat sekitarnya semakin teduh. Dengan adanya pepohonan rindang tersebut juga membuat suasana di pantai semakin segar. Sehingga, Anda akan betah menghabiskan waktu lama di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Grzegorz Iminski

Alamat dari Pantai Melur ini yaitu ada di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Riau. yang tepatnya terletak di Pulau Galang. Kawasan pantai ini letaknya cukup berdekatan dengan kamp pengungsian untuk “manusia perahu” yang berasal dari Vietnam. Sehingga, pantai tersebut pun populer sebagai salah satu tempat wisata sejarah.

Lokasi dari bekas perkampungan tempat mengungsi orang Vietnam hanya berjarak 1 km dari bibir pantai. Sampai sekarang ini lokasinya masih menjadi tempat wisata sejarah. Jika Anda ingin menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu tempat wisata liburan, maka Anda harus mempelajari mengenai rute untuk menuju ke sana.

Anda akan melalui Jembatan Barelang, yaitu kependekan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan tersebut menjadi penghubung diantara beberapa pulau kecil dan ketiga pula besar itu di Kota Batam. Untuk kendaraan umum yang bisa dinaiki untuk menuju ke pantai ini sebetulnya masih terbilang minim.

Akan tetapi, terdapat pengecualian pada taksi yang mana dapat menjangkau kawasan itu. Namun, tetap saja Anda masih harus berpikir ulang kembali sebab biasanya untuk biaya yang dikeluarkan cukup tinggi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Kingwan

Dikarenakan lokasinya yang ada berdekatan dengan negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura, pastinya menjadikan Anda berpikiran kalau Kota Batam tersebut populer dengan biaya hidupnya yang tergolong tinggi.

Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa cemas dengan rencana liburan ataupun wisata ke Pantai Melur tersebut. Semua wisatawan tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis untuk tiket masuk ke kawasan pantainya.

Tetapi, hanya saja terdapat pengecualian tentang fasilitas yang disediakan di pantai ini seperti menyewa banana boat dan pelampung yang akan diwajibkan membayar biaya sekitar 10 ribu hingga 50 ribu rupiah tergantung dengan masing-masing pengelolanya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Melur

Aktivitas Seru Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Yokhanan Prasetyono

1. Bermain Wahana Air

Di Pantai Melur sudah menyiapkan wahana air yang semakin mendukung wisata di area tersebut. Walaupun wahana yang disediakan di sana tidak banyak, namun dijamin Anda tetap bisa merasakan keseruan.

Beberapa wahana air yang dapat Anda jumpai di sana diantaranya yakni banana boat serta pelampung khusus guna wisatawan yang ingin renang. Walaupun wahananya tergolong masih belum lengkap, tetapi berlibur ke sana tak akan menjadikan Anda menyesal sesudah menyaksikan kecantikan pantai tersebut.

2. Berburu Kuliner

Selain bermain wahana air, ketika berkunjung ke Pantai Melur ini Anda pun dapat menikmati wisata kuliner. Di kawasan pesisir pantai ada rumah makan dan warung yang berjejer dan menyediakan beraneka menu kuliner khas.

Kuliner yang disuguhkan di sana kebanyakan adalah masakan lokal yang khas Sumatera dan juga olahan yang berasal dari hasil laut. Tentu saja Anda tak akan menyesal setelah mencicipi kelezatan dari berbagai menu kuliner di sana.

3. Berfoto-Foto

Saat siang hari, biasanya wisatawan yang datang ke pantai ini terbilang sepi karena teriknya cahaya matahari. Akan tetapi, di balik suasanya yang sepi pada siang hari Anda dapat menikmati keindahan dengan lebih leluasa.

Suasana yang sepi ini akan menjadikan Anda lebih bebas ketika hendak berfoto. Wisatawan dapat mengambil foto dengan latar belakang panorama Pantai Melur yang luar biasa.

Aktivitas Seru di Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Chin Jimmy

4. Melakukan Olahraga Pantai

Letak pantai tersebut diapit oleh daratan yang menjorok ke dalam laut yang mana menjadikan pantai indah ini tak mempunyai pemandangan yang luas dari pesisir pantai. Selain itu, arus di pantai ini juga tergolong tidak besar.

Sehingga, suasana seperti ini sangat cocok bagi wisatawan yang ini berolahraga pantai, seperti voli pantai, sepak bola, dan lain sebagainya. Kegiatan ini tentu saja akan membuat tubuh Anda menjadi lebih fit.

5. Berkemah di Pantai Melur

Kemping merupakan salah satu kegiatan terbaik yang bisa dilakukan di pantai ini pada malam hari. Ketika malam hari, suasana di pantai ini sangat nyaman karena adanya suara ombak pantai dan suara jangkrik yang saling bertautan. Ditambah lagi oleh kelap-kelip bintang di langit yang sangat memukau.

Kegiatan ini akan lebih menyenangkan lagi apabila dilakukan bersama kerabat, teman, maupun pasangan. Anda bisa membuat api unggun untuk membakar jagung ataupun sosis dengan ditemani oleh musik gitar. Dijamin, waktu malam Anda di pantai ini semakin berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Chin Jimmy

Dikarenakan Pantai Melur sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai oleh wisatawan, maka tidak heran bila fasilitas yang tersedia di sana cukup lengkap. Ketika datang ke pantai tersebut, di sepanjang pantai wisatawan akan menjumpai banyak batang kayu yang dapat dipakai untuk duduk bersantai sembari menikmati pemandangan pantai yang luar biasa.

Selain itu, di sana pun telah tersedia tempat penyewaan ban pelampung bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan berenang. Kemudian, di sana juga ada kamar mandi atau toilet dengan kondisi yang bersih dan terawat. Warung-warung yang berjejer pun akan Anda jumpai di pinggir pantai ini.

Bukan hanya itu saja, di pantai tersebut telah disediakan fasilitas mushola sebagai tempat beribadah bagi wisatawan yang menganut agama Islam. Bagi Anda yang membawa kendaraan seperti mobil, motor, dan bahkan bus juga telah disediakan area parkir yang tergolong cukup luas. Untuk keamanan kendaraan tidak perlu dicemaskan karena telah ada penjaga parkirnya.

itulah berbagai informasi menarik tentang Pantai Melur yang berada di Pulau Batam. Tips bagi Anda yang akan liburan di pantai ini yaitu jangan lupa membawa beberapa perlengkapan pribadi yang dapat mendukung kegiatan Anda. Adapun barang yang perlu Anda bawa yakni kaca mata hitam, topi, baju ganti, kamera, dan lainnya. Pastikan juga kondisi Anda sedang sehat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending