Pulau Abang, Pulau Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya di Batam

Pulau Abang, Pulau Eksotis dengan Keindahan Bawah Lautnya di Batam
Biaya Wisata: Mulai Rp 290.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan Kota Batam. Kota Batam merupakan salah satu kota yang ada di wilayah Indonesia. Di kota tersebut nantinya Anda bisa menemukan banyak sekali tempat wisata yang begitu exotic. Keindahan dari tempat wisata tersebut nyatanya mampu menarik wisatawan domestik maupun asing untuk berdatangan.

Salah satu rekomendasi tempat wisata yang populer dan hits saat ini yang perlu untuk Anda kunjungi yaitu Pulau Abang. Keindahan yang bisa ditemukan di tempat ini begitu memukau dan tidak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya. Karena itulah, Anda sangat disarankan mengunjungi Pulau ini.

Tempat tersebut memang tengah difokuskan oleh pemerintah untuk dijadikan salah satu lokasi wisata, khususnya di sini wisata bahari. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai daya tarik, fasilitas, harga tiket dan hal-hal lain terkait tempat wisata yang perlu untuk Anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Abang

Daya Tarik Pulau Abang
Image Credit: Google Maps Adi ATM

1. Panorama Alam yang Masih Alami

Pulau Abang memang diketahui memiliki banyak sekali daya tarik unik dan tidak bisa ditemukan di tempat wisata lainnya. Pesonanya bahkan bisa menandingi Bunaken yang terdapat di Kota Manado. Bahkan tidak sedikit para wisatawan yang membandingkan pesona di pulau ini setara dengan Raja Ampat yang begitu terkenal.

Saat Anda berada di sana, maka Anda akan benar-benar terbius oleh panorama alam yang masih begitu alami. Dengan semakin berkembangnya zaman, pesona dari Pulau Abang ini juga semakin terekspose melalui media internet. Anda akan menemukan video maupun foto keindahan alam yang masih begitu alami dari pulau menawan ini di sosial media.

Pantainya masih begitu jernih dan bersih. Selain itu juga pemandangan bawah air laut dipenuhi oleh terumbu karang yang berwarna-warni. Bawah air laut tersebut dipenuhi oleh terumbu karang.

Lokasi ini benar-benar menjadi surga bagi para wisatawan, terutama bagi yang menyukai aktivitas di dalam laut. Tak heran para wisatawan asing dibuat betah ketika berada di tempat ini.

2. Panorama Bawah Laut yang Begitu Mengagumkan

Pulau Abang memang merupakan salah satu area wisata yang belum cukup populer dan dikenal jika dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya. Anda bisa mengunjungi pulau tersebut kapanpun Anda mau.

Karena memang belum ada jam operasional. Daya tarik berupa pemandangan bawah laut yang begitu mempesona tersebutlah yang tidak boleh Anda lewatkan. Vegetasi terumbu karang di bagian bawah laut pulau tersebut adalah nirwana bagi para penyelam. Terutama disini untuk Anda para penggemar kegiatan snorkeling dan juga diving.

Keberadaan dari terumbu karang yang masih begitu terawat dan alami tersebut membuat hewan laut berkumpul. Karena itu, tidak susah untuk menemukan keindahan alam ketika berada di Pulau ini.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Abang
Image Credit: Google Maps Lulis Setiawan

3. Terdapat Karang Langka di Pulau Abang

Daya tarik selanjutnya yaitu Anda akan menemukan adanya karang langka yang memang cukup sulit untuk ditemukan di tempat-tempat wisata lainnya. Karang tersebut termasuk dalam penanda bahwa pulau ini memang masih begitu terawat dan juga belum terjamah oleh banyak wisatawan.

Begitu tiba di Pulau Abang, Anda akan langsung menyadari bahwa tempat tersebut memang mempunyai air yang begitu jernih dan bersih. Itulah salah satu kemewahan yang bisa ditemukan, terlebih di zaman yang sudah penuh polusi seperti sekarang. Terumbu karang langka yang ada di perairan pulau ini tersebut bernama Blue Coral.

Pengembangan objek wisata blue coral saat ini memang tengah banyak dilakukan oleh pemerintah daerah kota Batam sendiri. Tidak hanya sebatas di pulau ini saja, namun di wilayah sekitar pun juga menyimpan potensi Blue Coral yang juga indah dan menarik.

Selain bisa melihat karang langka, di panorama bawah laut dari Pulau Abang pun Anda akan menemukan Ikan Teri Hijau. Tentunya keindahan pantai yang begitu menggoda tersebut tidak bisa Anda lewatkan.

Karena pasir putih yang ada di tempat tersebut memang begitu lembut dan halus. Terdapat pemandangan pohon kelapa yang berjajar sehingga makin menambah indah suasana.

4. Sejarah Pulau yang Menarik

Sejarah dari Pulau Abang sendiri itu sangatlah menarik. Sekalipun potensi sejarah di tempat tersebut memang masih belum banyak tergali. Kisah sejarah dari pulau ini memang begitu erat kaitannya dengan sebuah kerajaan yang terdapat di tanah Melayu. Begitu juga dengan para penjajah pada zaman dahulu yaitu Belanda.

Seperti yang diketahui, keinginan para penjajah yaitu mereka ingin selalu menjadi penguasa. Akhirnya Belanda mulai memutuskan untuk berperang dan menyerang wilayah kekuasaan yang dikuasai oleh kerajaan penyengat. Hal itu akhirnya membuat beberapa dari anak raja tersebut akhirnya memutuskan untuk melarikan diri dan menuju tempat yang jauh.

Tempat yang dituju tersebut merupakan tempat yang tidak bisa dijangkau oleh para pasukan Belanda. Mereka pun akhirnya membawa serta seluruh anggota keluarga. Nama dari raja yaitu Raja Teleng dan Raja Tak. Mereka pun akhirnya mulai memutuskan untuk tinggal di daerah yang paling selatan, Pulau Abang Besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Abang
Image Credit: Google Maps Haris Subagya

Pulau Abang ini terletak di Selatan Kota Batam, tepatnya yaitu di Provinsi Kepulauan Riau. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Batam, maka setidaknya untuk bisa menempuh pulau tersebut akan dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam berkendara.

Karena akses jalan untuk menuju pulau sudah sangat baik, maka Anda tidak perlu kerepotan untuk mencari transportasi. Anda pun juga dapat berkendara menuju ke arah Jembatan Balerang. Waktu yang nantinya dibutuhkan yaitu kurang lebih 2 jam. Setelah Anda melakukan perjalanan tersebut, maka perlu menyeberang ke kawasan pulau. Penyeberangan itu sendiri akan memerlukan waktu setidaknya selama 30 menit.

Untuk dapat melakukan penyebrangan, maka transportasi yang dipakai berupa Kapal Pompong. Dari Jembatan Barelang sendiri jaraknya kurang lebih sekitar 12 km. Agar lebih memudahkan Anda dalam menemukan lokasi wisata ini, maka Anda bisa menggunakan fitur dari Google Maps.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Abang
Image Credit: Google Maps Krishnendu Sarma

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Pulau Abang, maka Anda tidak perlu merisaukan masalah berapa besar biaya tiket yang harus Anda keluarkan. Disarankan sebaiknya Anda menggunakan jasa travel and tour dan menggunakan paket tertentu.

Dengan menggunakan jasa tour and travel, tentu liburan Anda akan jadi lebih seru. Pulau Abang sendiri termasuk dalam salah satu tempat wisata yang murah. Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang ada di Kota Batam, maka berkunjung ke pulau ini memang relatif terjangkau.

Untuk menggunakan jasa tersebut, maka setidaknya Anda harus mempersiapkan biaya kurang lebih Rp 290.000. Dengan biaya sebesar itu, Anda sudah bisa melakukan paket trip selama 1 hari penuh.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Abang

Aktivitas Seru Pulau Abang
Image Credit: Google Maps samsi cembre11

1. Memancing di Kawasan Pulau

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di Pulau Abang Besar. Salah satu aktivitas tersebut yaitu pergi memancing. Area ini memang sangat pas sekali jika digunakan untuk memancing. Hal itu dikarenakan di tempat tersebut banyak sekali terumbu karang yang merupakan habitat bagi ikan. Dan tentunya menjadi surga pemancing.

2. Menyelam Menikmati Bawah Laut

Sepertinya sudah di singgung diatas bahwasannya aktivitas yang juga sangat menarik dan tidak boleh Anda lewatkan yaitu menyelam. Pulau Abang serta daerah-daerah di sekitarnya memang merupakan lokasi yang sangat pas untuk dilakukan kegiatan diving ini. Pemandangan bawah laut dari Purwakarta tidak akan bisa lupa.

Aktivitas Seru di Pulau Abang
Image Credit: Google Maps anita windey

3. Mengeksplor dan Menikmati Keindahan Alam

Jika Anda sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah disarankan di atas, maka tidak ada salahnya disini Anda untuk sekedar mengexplor ataupun menikmati keindahan alam yang ada disekitar. Suasana yang begitu asri, alami dan jauh dari polusi tentu akan sangat membuat Anda mudah untuk rileks selama berada di pulau tersebut.

4. Berburu Foto

Karena keelokan yang ditawarkan oleh Pulau Abang ini, maka wajar jika banyak sekali spot foto menarik yang bisa ditemukan. Karena itu, ketika Anda berencana untuk datang ke tempat ini, maka jangan lupa untuk membawa serta kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Abang
Image Credit: Google Maps Haris Subagya

Pulau Abang adalah salah satu tempat wisata yang memang masih terbilang baru. Karena itu, untuk menemukan fasilitas di tempat ini terbilang cukup susah. Jika Anda berencana untuk datang ke tempat tersebut, maka untuk memudahkan dalam memperoleh fasilitas, sebaiknya Anda mengikuti paket tour wisata.

Di tempat tersebut telah tersedia penginapan bagi Anda yang ingin bermalam. Harga penginapan pun juga relatif terjangkau. Namun bagaimanapun juga harga tersebut disesuaikan dengan fasilitas penginapan yang diberikan nantinya.

Ketika Anda berkunjung, maka sebaiknya di sini Anda disarankan untuk datang saat Bulan Maret dan Bulan Agustus. Atau Anda pun juga bisa memilih saat Bulan September dan juga Bulan November. Karena memang ketika bulan-bulan tersebut cuaca di Pulau sangat mendukung bagi para wisatawan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pulau Abang di Kota Batam yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui daya tarik, fasilitas, harga tiket, aktivitas seru dan hal-hal lainnya terkait tempat wisata, maka hal itu akan memudahkan Anda ketika ingin datang ke tempat tersebut.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending