Pantai Pasir Panjang Singkawang, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Indah

Pantai Pasir Panjang Singkawang, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Indah
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat; Map: Cek Lokasi

Singkawang adalah sebuah kota yang memiliki banyak objek wisata menarik. Salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki keindahan yang begitu mempesona. Panorama alam yang tercipta dari jernihnya air laut dan hamparan pasir dapat memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Dinamai Pasir Panjang sebab pantai ini berada di kawasan yang membentang begitu panjang dan mengitari laut lepas. Hamparan pasir pantai ini membentang sepanjang 3 kilometer. Tidak hanya itu, Pantai ini juga dikelilingi pohon cemara yang sejuk dipandang.

Memandangi keindahan dari pesisir pantai, akan terlihat pula pulau pulau kecil yang ada di dekat pantai ini, yakni Pulau Kabung, Pulau Lemukutan, dan Pulau Randayan. Pengunjung juga dapat melihat kehidupan kampung nelayan yang lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai. Berikut beberapa hal menarik seputar pantai hits di Singkawang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Panjang

Daya Tarik Dimiliki Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Yusuf Ahmad

1. Keindahan Hamparan Pasir Putih

Pantai yang terkenal dengan hamparan pasir putihnya ini sungguh bisa memikat pengunjung yang berlibur ke pantai eksotis ini. Kawasan di sekitar pantai berpasir putih ini pun akan terlihat lebih bersih dan asri saat dipandang. Terlebih, pasir putih yang ada akan terlihat semakin cantik bila terkena sinar matahari di siang hari.

2. Pemandangan Matahari Terbenam

Selain keindahan hamparan pasir yang ada, Pantai Pasir Panjang ini juga menyuguhkan momen romantis yang bisa Anda dapat ketika melihat matahari terbenam di pinggir pantai. Lokasi pantai ini pun juga sangat pas untuk menikmati detik-detik tenggelamnya matahari.

3. Air Laut yang Bersih dan Jernih

Ketika Anda mengunjungi kawasan wisata dan mendapati keadaan yang kotor pastinya Anda enggan melakukan aktivitas di sana karena merasa tidak nyaman. Namun hal itu tidak akan Anda alami saat berkunjung ke pantai ini, sebab pengelola menjaga dengan baik kebersihan yang ada, jadi Anda tak perlu khawatir akan merasa tidak nyaman dengan kebersihan pantai.

Daya Tarik Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Putrie Silalahi

4. Ombak Pantai yang Tenang

Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk bermain-main air di pesisir pantai. Bagi Anda yang suka berenang di pantai, Anda bisa mengunjungi pantai ini karena ombak yang ada tidak terlalu kencang, sehingga cocok digunakan untuk berenang-renang dan bermain air di pantai.

5. Ditumbuhi Pepohonan Cemara

Daya tarik lain dari pantai ini yaitu ditumbuhi oleh banyak pohon cemara. Hal ini menjadi hal yang sangat menarik yang bisa Anda temui di pantai ini. Angin sepoi-sepoi pantai ditambah pepohonan cemara akan semakin menambah suasana sejuk yang ada di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Willy Rizkiyan

Pantai Pasir Panjang terletak di Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Singkawang, yakni sekitar 20 menit perjalanan atau 17 kilometer. Dari Kota Singkawang Anda bisa menggunakan jalur darat ketika menuju pantai ini.

Sedangkan jika berangkat melalui Ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan. Anda juga dapat memulai perjalanan melalui Bandara Supadio, Kubu Raya. Dari Kota Pontianak menuju ke arah Singkawang. Namun waktu tempuh yang dibutuhkan lebih lama, yakni sekitar 3 jam.

Anda dapat menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil untuk bisa mencapai lokasi wisata pantai ini. Namun bagi Anda yang datang dengan berombongan dengan bis harus berhenti dan turun di area parkir khusus. Bus-bus atau kendaraan besar lainnya harus parkir di area parkir tersebut agar kawasan pantai tidak terlalu penuh.

Untuk menuju kawasan wisata ini, Anda tak perlu khawatir akan akses jalan dan rute yang akan Anda lewati. Sebab tempat ini memiliki akses jalan yang mudah dilalui, serta terdapat banyak papan petunjuk arah yang dapat membantu Anda menemukan kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Willrosan official#07

Setiap kali akan mengunjungi suatu tempat wisata, pastinya Anda akan dikenakan biaya untuk memasuki kawasan tersebut. Begitu pula di Pasir Panjang, namun Anda tak perlu khawatir dengan harga biaya masuk tempat wisata ini, pasalnya di pantai ini biaya masuknya relatif murah.

Anda hanya dikenakan biaya masuk sekitar Rp 10.000,- di hari biasa dan Rp 20.000,- di hari libur. Untuk jam operasional yang ditetapkan pantai ini, yakni buka mulai jam 08.00 pagi hari dan tutup sekitar jam 18.00 WIB.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pasir Panjang

Aktivitas di Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Harwindra Yoga Prasetya

1. Bersantai di Tepian Pantai

Pantai Pasir Panjang Singkawang menyajikan kawasan dengan suasana yang tenang, santa, dan jauh dari kebisingan. menikmati waktu di pinggir pantai bisa menjadi pilihan kegiatan menarik saat Anda berkunjung ke pantai ini. Suasananya yang tenang cocok untuk merelaksasikan pikiran. Suara angin semilir dan deburan ombak akan bisa melepaskan rasa Lelah Anda.

2. Bermain Banana Boat

Pantai ini juga menyediakan berbagai wahana yang bisa Anda coba. Diantaranya wahana banana boat. Anda bisa mengelilingi pantai bersama teman atau juga keluarga dengan menaiki wahana air ini. Wahana ini dapat dinaiki sekitar lima orang, Anda akan merasakan sensasi melawan ombak pantai dengan ditarik oleh speed boat berkecepatan tinggi.

3. Memancing Ikan

Pantai Pasir Panjang menjadi kawasan tinggal bagi banyak jenis ikan. Bagi Anda yang gemar memancing, Anda dapat mencoba aktivitas memancing di pantai ini. Lokasi untuk memancing ikan di tempat ini yakni berada di ujung jembatan pantai. Sambil menunggu mendapatkan ikan, Anda bisa menikmati panorama pantai yang begitu indah.

Aktivitas Seru di Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Dwi Akhmal Maulana

4. Bermain Pasir di Area Khusus

Sebagai destinasi wisata keluarga membuat pantai ini banyak dikunjungi pengunjung yang memiliki anak. Pantai ini pada dasarnya memang digemari semua kalangan umur, baik anak-anak sampai orang tua. Di sini tersedia area khusus bermain anak. Area ini dilengkapi banyak permainan yang dapat dimainkan anak-anak.

5. Berwisata Budaya

Pengunjung bisa melihat perkampungan nelayan yang berada tak jauh dari kawasan pantai. Pengunjung dapat melihat bagaimana kehidupan para nelayan. Banyak nelayan yang tinggal di dekat laut sebab kebanyakan warga sekitar tersebut bekerja sebagai nelayan.

6. Menaiki Speed Boat

Jika Anda ingin merasakan sensasi menjelajahi Pantai Pasir Panjang Singkawang Anda bisa menaiki speed boat yang tersedia di pantai ini. Berkeliling-keliling pantai menggunakan perahu motor speed boat sambil menikmati udara laut juga sapuan angin bisa menyegarkan kembali pikiran Anda.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Image Credit: Google Maps M Alma Arij

1. Palapa Beach Hotel

Penginapan terdekat pertama yaitu Palapa Beach Hotel. Hotel ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Pantai Pasir Panjang. Anda hanya memerlukan waktu antara 2 sampai 3 menit untuk bisa sampai hotel ini dari kawasan pantai. Fasilitas yang ditawarkan hotel ini juga cukup lengkap seperti, sarapan gratis, area parkir, kolam renang, akses wifi gratis dan masih banyak lagi.

2. Villa & Hoel Hrison Singkawang

Penginapan lain yang berlokasi dekat dengan lokasi pantai ini adalah Villa & Hotel Horison Singkawang. Penginapan ini hanya berjarak sekitar 12 menit perjalanan atau 950 meter dari kawasan pantai. Penginapan ini bisa menjadi salah satu pilihan penginapan ramah kantong bagi Anda saat sedang berlibur ke pantai cantik ini.

3. Dayak Resort Singkawang

Penginapan ini memiliki jarak tempuh sekitar 6 menit dari kawasan pantai. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup lengkap mulai dari area parkir, akses internet gratis, kolam renang, spa, hingga sarapan gratis. Penginapan ini juga memiliki arsitektur bangunan yang cantik. Kebersihan penginapan ini juga sungguh dijaga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Google Maps Putrie Silalahi

Fasilitas yang terdapat di kawasan Pantai Pasir Panjang meliputi pondok wisata, pemancingan, kolam renang, toko souvenir, wahana bermain dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan disediakannya berbagai fasilitas tersebut, diharapkan pengunjung dapat merasa nyaman saat berkunjung ke pantai ini.

Pengunjung juga tidak akan merasa kesulitan saat akan mencari makanan di tempat ini, sebab di kawasan pantai ini terdapat banyak sekali warung makan, restoran, kafe, bahkan pedagang asongan. Begitu juga yang ingin menginap di dekat kawasan pantai, tidak perlu bersusah-susah membawa tenda sebab tersedia banyak penginapan yang jaraknya dekat dengan kawasan pantai.

Fasilitas wahana bermain Pantai ini juga sangat menarik untuk dicoba, seperti wahana banana boat, wahana perahu speed boat, dan go kart. Beberapa wahana bermain ini seperti menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Nah, itu tadi beberapa hal yang berhubungan dengan Pantai Pasir Panjang Singkawang mulai dari daya tarik, rute perjalanan, kegiatan menarik, hingga penginapan terdekat yang ada di kawasan pantai. Pantai ini pastinya menambah daftar pilihan wisata saat Anda berkunjung ke Kalimantan Barat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending