10 Wisata Pantai di Singkawang yang Paling Hits

Wisata Pantai Singkawang

Apa Saja Tempat Menarik di Singkawang? Periksa List Pantai Populer di Singkawang, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Patut Anda Jelajahi Saat Liburan.

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika Singkawang terkenal dengan destinasi wisatanya yang sangat menarik. Salah satu daerah di Kalimantan Barat ini memang menyuguhkan segala panorama keindahan yang mampu memanjakan mata para pengunjungnya. Berkat keindahannya wisata baharinya, tidak sedikit pelancong yang merasa nyaman dan betah berlama-lama disini untuk liburan yang menyenangkan.

Tertarik liburan ke Singkawang? Berikut deretan wisata pantai terindah yang menarik Anda jelajahi saat musim liburan tiba.

1. Pantai Palm Beach

Pantai Palm Beach
Image Credit: Twitter.com @fingerfastlab

Destinasi wisata pantai pertama yang patut untuk dikunjungi yaitu Pantai Palm Beach. Berada di Singkawang Selatan, pantai satu ini dibekali dengan fasilitas yang sangat komplit. Mulai dari hotel, camping ground, arena offroad, kolam renang, hingga area volley pantai. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan dari Pantai Palm Beach sembari melakukan beragam aktivitas yang telah disediakan.

Bila cuaca sedang mendukung, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas para nelayan di sekitaran pantai. Hal ini tentunya akan menjadikan pengalaman yang menarik bagi Anda tatkala mengunjungi pantai di Singkawang satu ini. Deburan ombaknya yang tidak terlalu deras ini ampuh membuat siapa saja yang berkunjung merasa nyaman dan bersedia berlama lama disini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

2. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura
Image Credit: Twitter.com @modelkita

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa Pantai Kura Kura merupakan pantai terindah yang dimiliki Singkawang. Pasalnya, Pantai Kura Kura memiliki pasir putih nan bersih serta deburan ombaknya yang sangat tenang dibandingkan pantai lainnya. Konon katanya, Pantai Kura Kura dipenuhi oleh pepohonan yang sangat lebat dan rindang.

Namun sayangnya, kini pepohonan tersebut telah ditebang semua dan hanya tersisa rerumputan, semak semak, dan pantai yang gersang. Meskipun begitu, Pantai Kura Kura tetap menjadi destinasi wisata favorit para pelancong baik itu dari dalam daerah maupun luar daerah. Pantai ini terletak di balik bukit kecil, jadi tak perlu heran jika dipenuhi dengan bebatuan di beberapa sudutnya.

Bila Anda berkunjung disaat cuaca yang bagus, Anda bisa melihat siluet pulau yang berada di seberang pantai. Keindahan dari Pantai Kura Kura akan semakin memancar dikala senja tiba. Hal ini dikarenakan pesona matahari terbenam yang sangat indah, apalagi jika dilihat dari atas bukit dan pantai. Sesuai dengan namanya, pantai ini selalu disinggahi oleh kura kura setiap harinya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang
Image Credit: Facebook.com @berita-singkawang

Bisa dibilang Pantai Pasir Panjang merupakan satu satunya pantai yang terdapat di dalam kawasan Selat Nasik. Karena keberadaannya yang terletak di balik hutan, sehingga membuat akses menuju pantai ini masih tergolong susah. Meskipun begitu, Anda hanya perlu berjuang sedikit demi mencapai bibir pantai guna menikmati keindahan yang ditawarkannya.

Hal unik yang bisa Anda dapatkan tatkala menginjakkan kaki di destinasi ini yaitu pasirnya yang bertekstur keras. Hebatnya lagi, pasir ini hanya dimiliki oleh Pantai Pasir Panjang saja dan tidak bisa dijumpai di pantai lainnya. Tak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan dari hamparan pasir putihnya yang sangat menawan.

Berkat adanya hamparan pasir putih tersebut, membuat pantai satu ini memiliki keindahan yang sangat alami. Apalagi ditambah dengan perbukitan yang berada di sebelah kiri pantai lengkap dengan laut birunya, menjadikannya perpaduan yang sungguh memanjakan mata. Suasananya yang begitu hening, sehingga sangat cocok digunakan untuk wisatawan yang mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

4. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung
Image Credit: Instagram.com @kalbar.tourism

Awalnya Pantai Batu Burung merupakan tempat tambatan perahu para nelayan semata. Namun seiring berkembangnya zaman, kini Pantai Batu Burung yang terletak di Singkawang ini telah menjadi destinasi wisata pemancingan serta lokasi bersantai bagi masyarakat setempat. Hebatnya lagi, Pantai Batu Burung sekarang telah tersohor hingga ke penjuru nusantara.

Tidak mengherankan jika banyak sekali para pelancong yang berasal dari luar daerah datang berkunjung ke pantai ini. Konon katanya, nama dari pantai ini diambil dari kisah masa lalunya. Dimana dulunya pantai ini terdapat sebongkah batu granit raksasa yang terletak jauh dari bibir pantai dan seringkali digunakan sebagai tempat kawanan para burung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

5. Pantai Sedau

Pantai Sedau
Image Credit: Google Maps (Kevin Wang)

Terletak di sebelah selatan Kota Singkawang, Pantai Sedau ini menjadi salah satu pantai yang selalu digunakan sebagai destinasi favorit para pelancong. Hal ini dikarenakan akses jalannya yang sangat mudah dan strategis, sehingga Anda bisa menjangkaunya tanpa bersusah payah. Apalagi di Pantai Sedau ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang untuk para pengunjungnya.

Ketika Anda berkunjung ke Pantai Sedau ini, pastikan untuk menyaksikan atraksi menggemaskan dari beberapa hewan yang disediakan oleh pihak pengelola. Dengan begitu, pengalaman berlibur bersama dengan orang tersayang akan semakin berkesan lagi. Tak hanya itu saja, pemandangannya yang sangat indah pun mampu menghipnotis siapa saja yang memandangnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

6. Pulau Randayan

Pulau Randayan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Ingin nikmati suasana layaknya pulau pribadi? Tak perlu khawatir, Anda bisa berkunjung ke destinasi wisata bernama Pulau Randayan. Bisa dibilang destinasi ini merupakan pulau sepi yang dihiasi dengan hamparan pasir putih nan lembut lengkap dengan pemandangan eksotis bak pulau pribadi. Laut biru yang membentang di depan mata, mampu membuat Anda terasa terhipnotis kala memandangnya.

Dahulu memang Pulau Randayan sempai dimiliki oleh perorangan, namun seiring berjalannya waktu tempat ini berubah menjadi sebuah wisata bahari yang mempesona. Bahkan kini Pulau Randayan pun bisa dinikmati oleh siapa pun, baik itu dari dalam maupun luar daerah. Tidak sedikit pelancong dari penjuru nusantara juga datang silih berganti hanya untuk menikmati keindahan dari pantai ini.

Bila menginjakkan kaki di Pulau Randayan ini, Anda akan dimanjakan dengan panoramanya yang begitu menakjubkan. Tidak sekedar pemandangan dari atas permukaan laut saja, Anda juga harus menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan melakukan snorkeling. Berkat kejernihan airnya inilah, membuat para pengunjung terkesima dikala melihat keindahan bawah lautnya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

7. Pulau Simping

Pulau Simping
Image Credit: Facebook.com @ezytravel

Perlu Anda ketahui, jika Pulau Simping ini merupakan pulau terkecil di dunia dan telah diakui oleh PBB. Meskipun begitu, destinasi wisata satu ini menawarkan pesona liburan yang fantastis dan berbeda dibandingkan dengan lainnya. Pasalnya, disini Anda akan menyaksikan panorama yang sangat indah dan memanjakan mata bagi siapa saja yang memandangnya.

Dulunya destinasi wisata ini dinamakan dengan Pulau Tanjung Dua, yang mana hanya memiliki luas sekitar satu hektar saja. Ketika Anda berkunjung kesini, Anda akan menemukan fenomena yang berbeda yaitu airnya yang tidak sejernih dengan pantai lainnya. Namun hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menikmatinya. Anda masih bisa berenang dengan leluasa karena ombaknya tidak begitu besar.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

8. Pantai Tanjung Bajau

Pantai Tanjung Bajau
Image Credit: Twitter.com @vegaviditama

Tanjung Bajau merupakan destinasi wisata bahari yang telah populer di Kalimantan Barat tepatnya di Kota Singkawang. Bila berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan dengan konsep wisata alam yang segar nan alami. Hebatnya lagi, destinasi wisata satu ini menggabungkan dua konsep yaitu pegunungan dan pantai. Sehingga pemandangan yang dihasilkan sangatlah indah.

Hebatnya lagi, para pengunjung juga bisa menyaksikan beragam koleksi hewan serta wahana permainan bagi anak anak yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Bahkan Anda pun akan menjumpai beberapa patung hewan laut seperti kura kura, pinguin, dan lainnya yang membuat suasana Pantai Tanjung Bajau lebih terkesan alami.

Bahkan di Tanjung Bajau ini juga dilengkapi dengan Taman Hiburan yang bernama Fantasy Island. Dimana taman ini memiliki 22 wahana permainan yang bisa Anda nikmati bersama dengan orang tersayang. Misalnya saja kora kora Naga, Bianglala, Bom Bom Car, Tsunami, Sniper Doll, Giant Swing, Senapan Panah, Air Basoka, dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

9. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung Singkawang
Image Credit: Facebook.com @reborn.p.singkawang

Pantai Batu Payung merupakan tempat wisata bahari selanjutnya yang patut untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Pantai Batu Payung dilengkapi dengan baragam wahana yang memanjakan para pengunjungnya. Mulai dari flying fox, ontang anting, wisata perahu, kora kora, dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu saja, Pantai Batu Payung pula menghadirkan panorama yang sangat indah.

Memiliki nama lain Mimi Land, Pantai Batu Payung memang menjadi destinasi favorit masyarakat setempat. Pasalnya selain bisa menikmati beragam wahananya, pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung keindahan pantai yang terbentang luas. Panorama matahari terbenam yang diciptakan di pantai ini sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang menarik.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

10. Pantai Gosong

Pantai Gosong
Image Credit: Twitter.com @sudipdasin

Dari namanya saja, pantai ini terdengar sedikit aneh. Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa wisata bahari ini memang gosong alias hitam. Namun ternyata dugaan tersebut salah besar, karena Pantai Gosong ini dihiasi dengan hamparan pasir putihnya yang sangat indah nan bersih. Tak hanya itu saja, laut biru yang membentang luas juga mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Tatkala mendatangi pantai ini, Anda akan mendapati aroma khas yang memabukkan. Aroma tersebut tidak lain bau khas laut yang harum. Namun sayangnya, Pantai Gosong terletak sangat dekat dengan muara sungai. Sehingga menyebabkan air lautnya yang asin bercampur dengan air sungai yang keruh. Meskipun begitu, Anda masih bisa menikmati keindahannya yang sangat memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Gosong, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

Menghabiskan waktu liburan ke berbagai destinasi wisata memang terdengar sangat menyenangkan. Apalagi mengunjungi beragam wisata pantai favorit di Singkawang yang telah disebutkan diatas. Namun dikala Anda bertandang kesana, pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya. Hal ini sangat perlu dilakukan demi kelestarian pantai tetap terjaga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending