Pantai Banyu Anjlok, Malang

Pantai Banyu Anjlok, Malang

Lokasi: Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Daerah Malang memang terkenal akan wisata alamnya yang begitu mempesona. Beragam tempat wisata menarik bisa Anda kunjungi selagi berada di kawasan ini. Sebut saja gunung, air terjun, dan juga pantai. Salah satu pantai yang terkenal di daerah tersebut adalah Pantai Banyu Anjlok. Lalu apa saja daya tarik dan hal menarik yang bisa dilakukan di pantai tersebut? Mari simak ulasannya secara lengkap berikut ini.

Daya Tarik Pantai Banyu Anjlok

Daya Tarik Pantai Banyu Anjlok
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka banyu anjlok adalah air yang jatuh. Penamaan pantai ini sendiri juga sesuai dengan keadaan di pantai tersebut. Di Pantai Banyu Anjlok ini terdapat sebuah air terjun yang berada di area bibir pantai. Dengan adanya air terjun tersebut juga menjadikan pantai yang ada memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Dalam satu tempat wisata Anda bisa menikmati beberapa macam keindahan alam secara sekaligus, yakni pantai, air terjun, dan juga goa di area pantai. Suasana pantai yang asri juga menjadikan destinasi wisata yang satu ini menjadi favorit di kawasan Malang. Di bagian atas air terjun tersebut juga terdapat kolam yang bisa Anda gunakan untuk berendam sembari menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Daya Tarik Pantai Banyu Anjlok Malang
Image Credit: Hadart.blogspot.com

Hal lain yang tidak kalah menarik dari pantai ini adalah pemandangan sunset dan sunrise yang ditawarkannya. Tidak hanya itu, kegiatan camping di pantai tersebut juga manjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata yang satu ini. Area pantai yang cukup tersembunyi juga menjadikan Pantai Banyu Anjlok memiliki keindahan alam yang masih terjaga dengan baik hingga sekarang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Banyu Anjlok

Rute Menuju Lokasi Pantai Banyu Anjlok
Image Credit: Cakrawalatour.com

Sebelum sampai ke tempat wisata ini, Anda harus melewati kawasan Pantai Lenggoksono. Dari kawasan tersebutlah Anda bisa menuju rute untuk sampai ke pantai dengan air terjun ini. Rute untuk sampai di pantai nan indah ini juga terbagi menjadi tiga bagian, yakni rute jalan kaki, menggunakan ojek, dan juga menggunakan perahu. Dengan menggunakan perahu, terdapat pula tempat wisata lain yang akan Anda temui.

Tempat wisata yang dimaksud ialah berupa Pantai Kletekan dan Pantai Bolu-Bolu. Namun sebelum berwisata ke tempat tersebut sebaiknya Anda juga harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu jika hendak memilih rute kedua dengan berjalan kaki. Karena sebelum sampai di pantai nan indah ini, Anda harus melakukan trekking di jalan setapak terlebih dahulu.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, maka rute dengan berjalan kaki sangat layak untuk dicoba sehingga sampai di pantai tersebut. Namun jika hendak menggunakan ojek, Anda pun bisa melakukannya untuk sampai ke pantai ini. Tarif yang ada pun dapat ditawar dengan menggunakan jasa ojek kendaraan bermotor tersebut. Dengan semua upaya yang dilakukan, tentu juga akan terbayar lunas dengan keindahan yang dimiliki oleh pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Anjlok

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Anjlok
Image Credit: Google Maps (Mukhlis Banyuanjlok)

Sama halnya dengan tempat wisata lainnya, untuk menuju ke tempat ini diperlukan biaya untuk tiket yang harus Anda keluarkan. Sebelum menuju ke pantai dengan sejuta pesona tersebut sebaiknya juga perhitungkan terlebih dahulu anggaran yang diperlukan. Anggaran yang dimaksud adalah untuk biaya transportasi, tiket masuk dan juga untuk konsumsi selama berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Biaya tambahan lain yang harus Anda keluarkan antara lain adalah untuk menyewa perahu untuk menuju ke area tersebut. Bagi Anda yang hendak bermalam atau camping di area pantai juga akan dikenakan biaya tambahan yang lainnya. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa biaya wisata yang diperlukan akan sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki, yakni mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Banyu Anjlok

Kegiatan Menarik di Pantai Banyu Anjlok
Image Credit: Instagram.com @wulanabe

Dengan berkunjung ke area pantai ini terdapat banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan ialah snorkeling di perairan yang ada di area tersebut. Kegiatan snorkeling ini akan menjadikan kegiatan liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, surga bawah laut pun akan bisa Anda nikmati saat melakukan aktivitas snorkeling ini.

Bagi Anda yang hendak menikmati suasana pantai di malam hari, maka kegiatan camping sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Tentu saja diperlukan izin terlebih dahulu untuk melakukan aktivitas tersebut. Pada area pantai tertentu Anda bisa melakukan kegiatan yang menarik ini. Dengan melakukan camping juga akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan alam.

Hal lain yang tidak kalah menarik untuk Anda lakukan sembari menuju ke Pantai Banyu Anjlok adalah naik perahu. Tentu akan diperlukan biaya tambahan untuk dapat naik ke perahu yang ada. Namun dengan anggaran tersebut akan sebanding dengan pengalaman liburan yang menyenangkan. Dengan banyaknya kegiatan menarik di tempat ini juga menjadi nilai lebih dari destinasi wisata yang satu ini.

Menikmati matahari terbenam dari atas bukit di pantai tersebut pun bisa Anda lakukan. Momen di senja hari ini dapat diabadikan pula sebagai kenang-kenangan. Pemandangan pantai dari atas ketinggian di bukit juga akan sayang jika dilewatkan begitu saja. Hal yang tidak kalah menarik untuk dilakukan adalah mencoba masuk ke dalam gua yang berada di kawasan pantai ini.

Gua itu sendiri memiliki nama berupa Gua Sarang Dompet. Sebelum menuju ke doa yang ada sebaiknya persiapkan alat penerangan beurpa senter terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kondisi gua yang cukup gelap saat Anda masuk ke dalamnya. Ombak di pantai yang tidak terlalu besar juga akan menjadikan sensasi liburan Anda menjadi menenangkan pikiran. Ombak yang tenang ini juga dikarenakan lokasi pantai yang berupa cekungan atau teluk.

Hal lain yang tidak kalah seru untuk dicoba selagi berada di pantai ini adalah menangkap lobster. Karena dapat diketahui sebelumnya bahwa di kawasan tempat wisata ini memang terdapat budidaya hewan tersebut. Sebut saja lobster mutiara, lobster pasir, dan lobster batu bisa Anda temui di tempat tersebut. Tentu menyenangkan bukan menikmati keindahan alam di pantai sembari mencoba menangkap lobster sendiri.

Penginapan yang Ada di Pantai Banyu Anjlok

Penginapan di Pantai Banyu Anjlok
Image Credit: 1001wisata.com

Bagi Anda yang hendak menginap selagi berwisata ke tempat ini terdapat dua opsi yang bisa dipilih. Yakni dengan menginap di area pantai dengan camping dan juga menginap di homestay yang terdapat di kawasan tersebut. Homestay yang dimaksud disini adalah rumah warga yang disulap untuk dijadikan lokasi menginap bagi para wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

Pelayanan yang ramah pun akan Anda peroleh dengan menginap di tempat tersebut. Fasilitas yang bisa diperoleh di homestay ini juga terbilang memadai bagi para pengunjung yang datang. Sembari menghabiskan waktu di area penginapan tersebut, Anda pun bisa lebih dekat dengan masyarakat yang tinggal di area dengan pemandangan alam nan indah ini.

Menginap di homestay berupa rumah penduduk juga akan memberikan pengalaman yang berbeda dan juga tidak terlupakan. Keramahan sang pemiliki rumah pun menjadi nilai lebih dengan menginap di tempat tersebut. Biaya penginapan yang harus dikeluarkan juga terbilang masih terjangkau bagi kantong serta sebanding dengan fasilitas yang akan Anda peroleh di dalamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Banyu Anjlok

Fasilitas di Pantai Banyu Anjlok
Image Credit: Instagram.com @nur_mardika

Di kawasan pantai ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Seperti sebuah tali yang terdapat di tebing air terjun yang bisa digunakan untuk menjajal kegiatan yang terbilang cukup ekstrim di lokasi tersebut. Namun untuk fasilitas berupa toilet dan tempat yang menjual makanan tidak dapat Anda temui saat berada di lokasi wisata tersembunyi yang satu ini.

Meskipun begitu, mencoba berwisata ke Pantai Banyu Anjlok sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencoba sensasi liburan yang berbeda. Salah satunya adalah karena keindahan alam yang dimilikinya serta beragam spot indah di dalamnya. Sebut saja air terjun, goa, dan pantai itu sendiri. Di kawasan pantai, Anda juga bisa menikmati pemandangan air tawar yang bertemu dengan air laut.

Terdapat banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan selagi berada di surga tersembunyi yang ada di Malang ini. Mulai dari snorkeling, bermain air di sekitar air terjun hingga menjelajah goa yang terdapat di kawasan tersebut. Untuk sampai ke lokasi wisata nan indah tersebut juga tersedia tiga rute yang dapat Anda pilih, yakni dengan berjalan kaki, menggunakan perahu, dan juga menggunakan ojek.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending