10 Wisata Pantai di Jayapura yang Paling Hits

Wisata Pantai Jayapura

Inilah Daftar Wisata Pantai Populer di Jayapura, Papua. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Saat mendengar kata Kota Jayapura maka sebagian besar orang akan memiliki pandangan terkait sektor industri ataupun perkebunan. Padahal Kota Jayapura juga memiliki sektor pariwisata yang juga memukau dan patut menjadi sektor unggulan. Sektor pariwisata yang memukau salah satunya adalah wisata pantai yang menawarkan pesona yang menakjubkan.

Jika memiliki rencana ke Jayapura, berikut rekomendasi wisata pantai terindah dan terhits yang menarik Anda jelajahi untuk liburan yang berkesan.

1. Pantai Yakoba

Pantai Yakoba
Image Credit: Twitter.com @astrahondacare

Daya tarik pantai ini sudah dapat dilihat secara langsung berdasarkan lokasinya. Pantai Yakoba terletak dibalik tebing dan perbukitan sehingga tak nampak langsung dari jalan raya. Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 80 meter ini, sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata alam dengan ketenangan.

Berbatasan langsung dengan Samudera dan memiliki pemandangan menakjubkan menjadi daya tarik khusus yang dimiliki Pantai Yakoba. Pasir putih, air yang jernih, dan pepohonan yang rindang menjadi pelengkap keindahannya. Namun air Pantai Yakoba memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, airnya berwarna biru kehijauan dan sangat jernih.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas saat berlibur di sini, seperti berenang, bermain pasir, dan memancing. Namun memancing di pantai yang satu ini cukup berbeda, yaitu dengan cara menyumpit. Cara masyarakat yang unik tersebut akan diperkenalkan kepada pengunjung pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argapura, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

2. Pantai Pasir 6 Angkasa

Pantai Pasir 6 Angkasa
Image Credit: Instagram.com @pradopo_irbaj

Pantai cantik nan memukau yang terletak di ujung Kota Jayapura ini, menyajikan pemandangan alam menawan dengan pepohonan yang berjajar rapi sepanjang tepi pantai. Airnya yang berwarna biru kehijauan dan pasir putihnya mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Meskipun akses untuk menuju pantai ini menantang namun fasilitas yang disediakan cukup memadai. Seperti gazebo sebagai tempat berteduh, toilet, tempat bilas, dan lahan parkir yang luas. Suasananya yang tenang, pemandangan yang asri, dan udara yang sejuk membuat pantai pasir 6 Angkasa sangat memukau.

Di dekat pantai terdapat sungai air tawar yang langsung mengalir ke laut, tentunya hal ini membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Snorkeling, diving dan berenang menjadi pilihan aktivitas yang dapat Anda lakukan selama berlibur di pantai Pasir 6 Angkasa. Namun jika Anda tidak mahir berenang, maka tidak disarankan mengingat berbatasan langsung dengan Samudera.

BACA:  Pantai Labombo Palopo - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

3. Pantai Base G

Pantai Base G
Image Credit: Facebook.com @darman

Kaya akan nilai sejarah dan memiliki pemandangan menakjubkan pantas membuat pantai yang satu ini, menjadi tujuan wisata unggulan di Kota Jayapura. Memanjakan mata dengan pemandangan terbitnya matahari akan Anda dapatkan saat berkunjung di pagi hari. Memiliki daya tarik tersendiri membuat wisatawan selalu terlihat berbondong bondong untuk berlibur di pantai Base G.

Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai Base G memiliki ombak yang lebih besar. Namun tak perlu khawatir, karena pemerintah setempat telah meletakkan pemecah karang dengan jarak 1km dari pantai untuk mengurangi besarnya ombak. Aktivitas yang dapat dilakukanpun beragam mulai dari berenang,menyelam,mengelilingi pantai dengan perahu dan memancing.

Anda tak perlu mengkhawatirkan jarak yang harus ditempuh, karena pantai terletak dekat dari pusat Kota Jayapura. Keindahan yang ditawarkan oleh pantai Base G meliputi pemandangan yang indah, pepohonan yang rindang ,air jernih berwarna biru kehijauan dengan pasir putih yang membentang luas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

4. Pantai Harlem

Pantai Harlem
Image Credit: Instagram.com @rera_justa

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih karena belum tersentuh banyaknya pembangunan. Karena terletak jauh dari hiruk pikuk pusat kota sehingga, pantai Harlem menjadi pilihan yang tepat bagi Anda saat ingin melepaskan penat.

Daya tarik yang ditawarkan mampu membuat siapa saja ingin segera mengunjungi pantai Harlem, karena pemandangan bawah lautnya yang teramat menakjubkan. Tak cukup sampai disitu pesona yang ditawarkan, pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang. Di sana terdapat juga telaga dengan air tawar yang menyerupai sebuah kolam.

Di sekitar bibir pantai dapat terlihat pepohonan khas seperti kelapa dan sagu yang menambah keteduhan. Anda tak perlu khawatir terkait fasilitas yang ada. Karena sudah tersedia pondok dan gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh ataupun beristirahat. Toilet dan lahan parkir juga telah tersedia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tablasupa, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

5. Pantai Tablanusu

Pantai Tablasnusu
Image Credit: Google Maps (Samuelo Salomo)

Destinasi wisata yang satu ini rasanya wajib untuk Anda kunjungi. Pantai Tablanusu menyajikan panorama hutan dan pegunungan yang membingkai birunya lautan. Meskipun memiliki jarak tempuh 2 hingga 3 jam dari pusat Kota Jayapura, rasa penat Anda akan secara otomatis hilang ketika melihat pemandangan pantai yang memanjakan mata.

Keunikan yang berada di Pantai Tablanusu salah satunya adalah wisatawan dapat menikmati segarnya bermain air laut di kolam kecil berukuran 7 meter yang terbentuk secara alami. Bahkan kolam ini terisi oleh ikan ikan yang unik. Pepohonan yang rindang serta menjulang hingga bibir pantai membuat suasana di sekitarnya menjadi sejuk.

BACA:  10 Pantai Terindah di Papua yang Wajib Dikunjungi

Meskipun memiliki pasir berwarna kecoklatan, tak mengurangi keindahan pantai yang dijuluki surga kecil bahari di Jayapura ini. Anda dapat menikmati liburan dengan melihat pemandangan, snorkeling, diving, berenang atau berkemah di sekitar pantai. Kebersihan dan kelestarian Pantai Harlem pun telah terjaga dengan baik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waiya, Entiyebo, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

6. Pantai Hamadi

Pantai Hamadi
Image Credit: Twitter.com @liburanlokal

Mengunjungi pantai dengan akses yang mudah dijangkau menjadi salah satu kelebihan Pantai Hamadi. Kelebihan lainnya selain menjadi wisata alam yang patut dikunjungi, pantai yang satu ini menyimpan nilai sejarah yang penting. Pantai Hamadi menyimpan sejarah perang dunia ke II pada masa lampau.

Pepohonan hijau siap menyambut begitu Anda saat menginjakkan kaki ke pantai yang satu ini. Pemandangan yang disajikan pun tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan pantai pantai lainnya yang terletak di Jayapura. Pasir putih yang terbentang luas seakan akan memanjakan setiap wisatawan untuk berjemur. Hutan hutan bakau yang terdapat di sekitar pantai juga menarik dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tobati, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

7. Pantai Dok 2

Pantai Dok 2
Image Credit: Google Maps (Zacky Assyaghaf)

Terletak pada lokasi yang strategis dan mudah diakses menjadikan Pantai Dok 2 selalu ramai oleh wisatawan. Air yang jernih dan berwarna biru pekat dipadukan dengan pepohonan rindang, menjadikan pantai ini sebagai wisata bahari yang wajib Anda kunjungi.Saat malam hari pemandangan yang nampak di Pantai Dok 2 sangat mempesona.

Karena pantulan lampu lampu kota yang berada di tepi jalan raya menjadikan saat itu waktu terbaik untuk berkunjung. Anda dapat berenang tanpa rasa takut karena pantai ini memiliki ombak yang tenang. Menjadi daya tarik yang berbeda, Pantai Dok 2 menyediakan bangku bangku kecil bagi wisatawan untuk sekedar singgah atau melihat sunrise dan sunset.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Soa Siu, Mandala, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

8. Pantai Lampu Satu

Pantai Lampu Satu
Image Credit: Twitter.com @hellopanjul

Keberadaan mercusuar untuk menavigasi kapal kapal yang datang dan pergi di dekat pantai, membuat pantai ini dinamakan pantai Lampu Satu. Di berbagai sisi pantai menampilkan pemandangan saat saat mentari kembali ke peraduannya. Bentangan landai dan garis pantai yang panjang menjadikan Pantai Lampu satu terasa unik.

Tak luput pemandangan menawan dan suasana yang sejuk menjadi alasan pantai dengan pesona sunsetnya ini wajib menjadi pilihan wisata bahari Anda .Fasilitas yang tersedia memang masih minim, namun hal ini tidak mengurangi pesona yang dimilikinya. Sore hari dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai waktu berkunjung ke pantai Lampu Satu.

BACA:  Pantai Puger Jember - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Menara Lampu Satu, Samkai, Kec. Merauke, Kab. Merauke, Papua.

9. Pantai Sinokisi

Pantai Sinokisi
Image Credit: Instagram.com @senjamelanesia

Pantai yang memiliki garis dengan bentuk melengkung seperti busur tanah ini belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Daya tarik yang ditawarkan pantai ini tak kalah memikat dengan pantai yang lainnya. Pasir putihnya yang bersih dan halus, pepohonan yang tumbuh dengan subur, beserta pemandangan pantai yang menyejukkan hati menjadi nilai istimewanya.

Pantai ini memang belum menyediakan warung makanan dan minuman. Namun Anda bisa bermalam secara mandiri dan merasakan sensasi yang berbeda. Meskipun berada pada celah celah perbukitan yang menjulang tinggi serta bertanjung karang , pantai indah ini dapat diakses dengan mudah ,anda dapat menggunakan kendaraan laut jenis motor.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meukisi, Kec. Yokari, Kota Jayapura, Papua.

10. Pantai Amai

Pantai Amai
Image Credit: Twitter.com @twitidkota

Pantai Amai terletak cukup jauh dari keramaian Kota Jayapura. Namun hal itu justru yang membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena mereka ingin menikmati keindahan dengan suasana yang tenang. Meskipun ombak menggulung dan tinggi, tetapi air di Pantai Amai tetap jernih dan indah.

Jika Anda memiliki jiwa petualangan maka Pantai Amai menjadi pilihan yang tepat. Setelah melalui area parkir Anda harus melewati jalan setapak menuju hutan, setelah itu Anda akan bertemu dengan aliran sungai dan barulah Pantai Amai akan terlihat. Snorkeling, diving dan kegiatan surfing akan berjalan lebih nyaman karena di sini tersedia tempat penyewaan peralatan tersebut.

Memiliki keunikan tersendiri seolah seolah seperti memanggil Anda untuk mengunjunginya. Keunikan ini dikarenakan Pantai Amai dengan pasir putihnya yang membentang luas juga bersanding dengan pantai air tawar. Pondok pondok yang disediakan sebagai salah satu fasilitas di pantai ini dapat menemani istirahat atau kegiatan berjemur Anda.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tablasupa, Kec. Depapre, Kota Jayapura, Papua.

Itulah beberapa wisata pantai di Jayapura yang dapat menjadi referensi untuk liburan Anda. Sudah bukan rahasia baru jika daerah Indonesia wilayah timur khususnya Jayapura, memiliki wisata alam yang memukau. Salah satunya adalah wisata pantainya yang memiliki banyak pesona dan daya tarik tersendiri.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending