Pantai Watu Leter Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Watu Leter Malang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Watu Leter merupakan salah satu wisata bahari terindah di Malang yang menarik dijelajahi. Pantai yang tersembunyi menyuguhkan pesona alam yang luar biasa, termasuk tebing karang disekitarnya.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Watu Leter mungkin belum begitu terkenal dibandingkan dengan Pantai lain yang berada di kawasan Kabupaten Malang. Namun, keberadaannya bukan tidak memiliki daya tarik yang memikat pengunjung untuk datang. Hanya saja akses jalan menuju lokasi yang cukup terjal membuatnya sepi pengunjung.

Seperti kebanyakan Pantai yang ada, Watu Leter memiliki pesona alami yang kuat. Tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Pasir putih yang bersih dan nyaman untuk diduduki. Kekayaan biota laut yang menawan, serta pemandangan Laut yang menyejukkan dengan gradasi warna biru dan hijau tosca.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di Pantai Watu Leter, juga bisa bermain dengan penyu-penyu yang singgah di sekitar. Berbagai hal menarik bisa dilakukan bersama rekan atau keluarga. Tentunya tidak akan mengecewakan liburan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Leter

Daya Tarik Pantai Watu Leter
Image Credit: Twitter.com @akunantipki

1. Ombak yang Tenang

Sebagai Pantai yang jarang dikunjungi wisatawan, Watu Leter memiliki pesona dari ombak yang menghempas dengan tenang. Keberadaannya juga mirip seperti kolam renang namun lebih alami dengan air yang asin.

Bagi Anda yang berkunjung bisa memanfaatkan daya tarik ini sebagai wahana untuk berendam dan berenang bersama keluarga. Karang-karang yang berada di bagian hamparan laut, menjadi pemecah ombak yang menjadikannya lebih tenang. Selain itu, airnya juga bening, sehingga Anda bisa Snorkeling menyelami keindahan biotanya.

2. Pemandangan Asri

Siapa yang tidak akan terkesima dengan pemandangan alam yang indah dan asri dari Pantai Watu Leter? tidak juga Anda. Pasalnya saat masuk kawasan pantai akan disuguhkan dengan pemandangan tebing-tebing karang yang menjulang tinggi serta pepohonan yang rindang di atasnya.

Selain itu, terdapat hutan-hutan hijau yang berada di sekelilingnya dan setiap jalan menuju lokasi. Tempatnya sangat bersih dan nyaman, karena memang tidak banyak orang yang berkunjung setiap harinya. Airnya jernih menelanjangi pemandangan biota di dalamnya dan juga cukup dingin untuk standar air laut.

BACA:  Pantai Remen Tuban - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Daya Tarik dari Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Imtiyaz Nurul Qonita)

3. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki Pantai Watu Leter. Anda bisa menikmati keindahannya dengan berjalan mengikuti aliran sungai di sekitar pantai.

Akan lebih seru jika Anda bisa menikmati pemandangan dari atas aliran sungai secara langsung. Pengelola telah menyediakan penyewaan perahu untuk pengunjung. Tentunya ada biaya yang harus Anda siapkan, sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

4. Persinggahan Penyu

Satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa biasanya di kawasan pantai ini menjadi tempat pelepasan penyu abu-abu. Karena tempatnya yang masih alami belum tercemar dan tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sehingga Pihak pemerhati kelestarian Penyu memilihnya sebagai daerah konservasi ekowisata dan hutan Mangrove. Anda yang beruntung, bisa bertemu dengan penyu abu-abu yang mungkin berkeliaran di sekitar pantai.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Leter

Rute Pantai Watu Leter
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Secara administratif terletak di daerah Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jarak dari Kota ke lokasi sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam kecepatan 60KM/jam. Berada jauh di dalam lokasi hutan jati perhutanan yang dimiliki oleh Pemerintah.

Terdapat dua rute pilihan yang bisa Anda pilih untuk mencapai lokasi. Rute pertama yaitu bisa dimulai dari arah Malang Kota dengan mengambil jalur menuju daerah Malang selatan. Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang ada di jalan besar yang dilalui. Kemudian ikuti arah menuju daerah Gondanglegi.

Dari Gondanglegi lanjutkan perjalanan hingga sampai ke pasarnya, di pertigaan depan masjid belok kanan. Jalan terus hingga bertemu pertigaan pos polisi kemudian belok kiri ikuti jalan besar. Setelah itu sekitar 15 menit akan sampai di daerah pasar Wonokerto. Setelah sampai di pertigaan tugu pasar ambil jalan terus.

Kemudian belok kanan dari tugu balai Desa Wonokerto, ikuti jalan besar. Sekitar hampir 1 jam akan sampai di Kecamatan Bantur dan jalan yang di kelilingi pepohonan di samping kiri dan kanan. Sesampainya di pertigaan arah masuk Pantai balekambang silahkan belok kiri menuju jalan Pantai Goa Cina. Lokasi Watu Leter tidak jauh dari tempat tersebut.

Rute kedua bisa diambil menggunakan jalur Turen menuju ke arah Sumbermanjing Wetan. Selanjutnya ikuti petunjuk jalan hingga sampai ke lokasi Pantai Goa Cina. Perjalanan menuju ke Pantai Watu Leter akan lebih terjal dengan jalan yang akan becek saat musim hujan. Anda bahkan harus melewati hutan bakau dengan jalan bebatuan dan rumput liar.

Direkomendasikan untuk Anda memarkir kendaraan di area Pantai Goa Cina. Karena perjalanan akan lebih mudah ditempuh dengan berjalan kaki. Sekitar 100 meter dengan rentang waktu 20 menit yang Anda butuhkan untuk mencapai lokasinya. Hal ini menjadi pilihan yang lebih aman dibanding dengan mengendarai kendaraan saat masuk lokasi.

BACA:  Pantai Ngliyep Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Watu Leter

Harga Tiket Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Lord Dzulqornain)

Pantai cantik ini keberadaannya belum banyak diketahui khalayak umum selayaknya Pantai Goa Cina. Terkenal dengan keindahan tebing karang yang membelah ombak pantai dengan indah. Buka setiap hari selama 24 jam, tanpa ada hari libur khusus.

Lokasinya dikelilingi oleh hutan dan Mangrove yang hijau serta asri. Setiap pengunjung yang datang mendapatkan kewajiban untuk membayar tiket dengan tarif Rp 10.000,- per orangnya. Untuk biaya parkir sekitar Rp 5.000,- kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 kendaraan roda empat. Jika menginap bisa membayar tambahan biaya sebesar Rp 3.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Leter

Aktivitas di Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Ma’ruf Assidiq)

1. Bersantai Dengan Lazy Bag

Biasanya Anda perlu pergi ke Bali dulu untuk menikmati lazy bag, namun kali ini bisa dilakukan di Watu Leter. Cukup datang dan membayar sewa pada pihak penyedia, Anda bisa bersantai dengan tenang ditemani keindahan air laut yang jernih.

2. Berkemah

Berkemah di kawasan pantai? bisa banget. Anda bisa membawa peralatan seperti tenda dan sebagainya dari rumah. Membawa bekal untuk cemilan menikmati indahnya suasana malam hari yang romantis. Pasir yang luas dengan tekstur yang lembut, bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk menghabiskan malam bersama rekan dan keluarga.

3. Menikmati Sunset

Pantai Watu Leter di saat senja, pastinya sangat mempesona dengan semburan cahaya kekuningan dari Matahari yang hendak terbenam. Jika Anda seorang pemburu keindahan alami sunset, bisa datang saat waktu petang. Pengalaman ini tidak akan mengecewakan ditambah dengan background pantai yang sangat indah.

4. Memancing

Apakah Anda orang yang hobi memancing? jika iya, maka Watu Leter adalah pilihan wisata yang tepat. Jika biasanya Anda melakukannya di tambak, sungai, ataupun kolam buatan, saat ini bisa langsung dari Laut. Sensasinya pasti akan lebih menantang kesabaran dan ketangkasan, yang pastinya langka untuk ditemukan di tempat lain.

5. Bermain dengan Penyu

Pantai ini merupakan daerah konservasi pilihan untuk pelepasan penyu abu-abu, maka kesempatan menemukannya juga sangat tinggi. Jika Anda beruntung bisa bermain bersama penyu-penyu lucu tersebut. Tapi ingat, karena ini adalah program pelestarian, diharapkan bagi pengunjung untuk tetap menjaga dan tidak membawa pulang.

6. Berfoto

Liburan tidak akan lengkap tanpa berfoto bersama mengabadikan keindahan yang ada di Pantai Watu Leter. Ditambah lagi spot foto yang ada juga banyak untuk dipilih. Mulai dari pemandangan sungainya, hamparan pasir putih, tebing kapur, hutan Mangrove, hingga birunya air laut.

7. Snorkeling

Air laut di tempat ini sangatlah jernih dan ombaknya juga sangat tenang, sehingga aman untuk melakukan aktivitas di dalamnya. Seperti berenang, beredam, bahkan melakukan Snorkeling untuk melihat keindahan biota laut secara langsung.

BACA:  Pantai Perawan Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

8. Olahraga Pantai

Kegiatan olahraga pantai adalah hal yang paling menyenangkan di sela waktu liburan yang singkat. Bersama rekan ataupun keluarga, Anda bisa melakukan voli pantai dan juga sepak bola pantai di hamparan pasir putih yang sangat luas. Untuk perlengkapan yang diperlukan bisa dibawa dari rumah, karena tidak ada penyewaan.

Penginapan Murah Dekat Pantai Watu Leter

Penginapan Dekat Pantai Watu Leter
Image Credit: Penginapan.net

1. Homestay Ariesta

Lokasinya berada di daerah Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. Menjadi salah satu alternatif penginapan yang murah bagi pelancong. Lokasinya dekat dengan daerah Watu Leter, dengan jarak yang berkisar sekitar 4,21 kilometer saja. Harga yang dibandrol Rp159.000,- hingga Rp 265.000,-, sesuai dengan fasilitas yang dipilih.

2. Homestay Labda Asri

Letaknya berada di sekitar daerah Sendang Biru, Sumbermanjing Wetan, tidak jauh dari lokasi Watu Leter. Jarak tempuhnya sekitar 3,67 kilometer saja. Terdapat dua tipe kamar pilihan dengan harga yang berbeda. Mulai dari Rp 301.000,- hingga kisaran Rp 380.000, serta buka selama 24 jam setiap harinya.

3. Pondok Bamboe

Lokasinya juga berada di sekitar daerah Sumbermanjing Wetan, dengan jarak tempuh menuju Pantai Watu Leter sekitar 5,93 kilometer saja. Terdapat beberapa pilihan jenis kamar dengan penawaran yang berbeda. Mulai dari Rp 337.500,- hingga kisaran Rp 575.000,- per malamnya dengan pelayanan eksklusif.

4. Pondok Wisata Berkah Alam

Letaknya juga berdekatan dengan Pantai Sempu, Sumbermanjing Wetan. Jarak tempuh menuju lokasi pantai sekitar 3,55 kilometer. Terdapat beberapa penawaran untuk jenis pelayanan dan tipe kamar yang juga ditentukan sesuai harinya. Saat (weekday) harganya Rp 300.000,- hingga Rp 400.000,-. Hari biasa sekitar Rp 350.000-Rp 450.000,-.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Watu Leter

Fasilitas di Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Putri F Windiningtyas)

Fasilitas yang ada di Pantai Watu Leter Malang belum terlalu lengkap. Tempatnya masih belum banyak dikenal oleh Wisatawan. Jalan atau akses menuju lokasinya juga cukup terjal, berbatu, dan becek saat hujan tiba. Tidak dilakukan pelebaran jalan masuk dikarenakan pengelola sengaja menjadikannya tempat konservasi yang tetap alami.

Namun, bagi Anda yang ingin menikmati pesonanya, tidak perlu khawatir mengenai fasilitas umum yang tersedia. Di sana sudah dibangun kamar mandi atau toilet yang terawat serta bersih, selain itu juga ada musholla. Makan bisa beli di warung yang ada di pinggir pantai. Jika ingin menginap disarankan membawa perbekalan dari rumah saja.

Begitulah pesona keindahan dan keasrian yang ditawarkan oleh Pantai Watu Leter Malang. Mulai daya tarik, kelengkapan fasilitas penunjang, akses jalan dan rute, serta berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Semua bisa menjadi referensi Anda, termasuk yang mencari penginapan terdekat bagi yang berasal dari luar kota.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending