Pantai Sanggar Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sanggar Tulungagung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Sanggar, salah satu pantai eksotis dan tersembunyi di Tulungagung yang menarik untuk dijelajahi. Pantai pasir putih yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berbatasan dengan Samudera Hindia, menjadikan Tulungagung salah satu daerah dengan wisata pantai yang banyak. Salah satu diantaranya ialah Pantai Sanggar. Begitu indahnya panorama yang disuguhkan, hingga julukan “The Dreamland of Tulungagung” disematkan oleh wisatawan.

Berada di lingkar jalur pantai selatan, menjadikan pantai yang berada di wilayahnya identik dengan ombak yang besar. Begitu pula dengan pantai eksotis ini. Fenomena ombak yang menggulung tinggi lalu menghempas batu karang, menjadi salah satu pemandangan yang dinanti pengunjung wisata pantai ini.

Pantai ini memang tergolong tempat wisata baru. Jumlah wisatawan yang berkunjung kesana belum terlalu banyak. Oleh karena itu kawasan Pantai Sanggar masih sangat bersih dengan dihiasi pasir putih.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Pantai Sanggar

Daya Tarik Pantai Sanggar
Image Credit: Twitter.com @jillyanto

1. Ombak Besar dan Gugusan Karang

Sebagai salah satu wisata pantai selatan, tentu saja wisata bahari ini mempunyai ombak yang besar dan tinggi menjulang. Sudah menjadi karakteristik dari wilayah pantai selatan. Ombak yang besar tersebut begitu serasi berdampingan dengan gugusan batu karang yang berdiri kokoh siap memecah ombak yang menerjang.

Pemandangan ombak yang menghempas karang merupakan salah satu favorit para pengunjung disana. Datangnya ombak yang tinggi menjulang menghadirkan rasa takjub sekaligus ngeri secara bersamaan.

2. Spot Sunrise dan Sunset yang Indah

Sudah menjadi rahasia umum jika pantai merupakan tempat yang tepat untuk berburu momen sunrise dan juga sunset. Begitu pula dengan Pantai Sanggar, para wisatawan yang berkunjung kesana tidak akan melewatkan pemandangan senja yang indah dan romantis.

Untuk mendapatkan momen sunrise di pantai ini, pengunjung dapat mendirikan tenda atau camping. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone Anda untuk mengabadikannya. Saat fajar datang, Anda dapat melihat indahnya cahaya keemasan yang berpendar menghalau kegelapan sisa langit malam.

3. Kawasan Pantai yang Indah dan Bersih

Pantai Sanggar terbilang masih baru dan nyaris belum terjamah. Wisatawan domestik masih belum terlalu banyak yang berkunjung kesana, terlebih lagi wisatawan mancanegara. Akibat dari pengunjung yang belum terlalu ramai, membuat kawasan pantai ini masih bersih, bebas dari sampah dan kotoran.

BACA:  Pantai Cemara Tuban - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Suasana pantai yang sejuk dan cukup tenang menghadirkan rasa nyaman bagi wisatawan yang ingin bersantai. Laut lepas berwarna biru jernih, dengan ombaknya yang besar dan bebatuan karang, siap memanjakan mata Anda. Ditambah bukit hijau di sisi-sisinya dan tebing di bagian lokasi wisata menambah indah pemandangan yang disuguhkan.

Daya Tarik dari Pantai Sanggar
Image Credit: Facebook.com @tomi.purwo

4. Bulu Babi dan Ikan Hias di Sela Batu Karang

Ombak besar yang dimiliki pantai ini, biasanya akan mulai surut setelah di atas jam 12 siang. Ketika air mulai surut, Anda dapat melihat ikan hias berukuran kecil yang bersembunyi atau terjebak di sela batu karang. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan bulu babi disana.

Banyaknya ikan yang terjebak diantara bebatuan karang, menjadikan daerah ini salah satu spot favorit para pengunjung yang hobi memancing.

5. Tempat Camping Terbaik

Wilayah pantai yang cukup luas dan minim pengunjung, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berkemah atau camping. Sebuah kegiatan menyenangkan di sela liburan, dimana Anda dapat menyatu dengan alam tanpa harus mengganggu sekitar.

Bagi pengunjung yang memutuskan berkemah di pantai ini, dapat mempersiapkan senter atau lampu portable untuk penerangan saat diperlukan. Sebab wilayah pantai belum tersentuh aliran listrik.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Sanggar

Harga Tiket Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps (Zainal Arifin)

Bertempat di area pegunungan Kecamatan Tanggunggunung, Pantai Sanggar masuk di wilayah Kabupaten Tulungagung provinsi Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 40 kilo meter dari pusat kota, Anda memerlukan waktu 1,5-2 jam perjalanan untuk sampai di sana. Hal ini dipengaruhi kecepatan Anda dalam berkendara serta akses jalan menuju lokasi pantai yang cukup sulit.

Untuk mengetahui rute yang harus Anda tempuh menuju lokasi pantai ini dapat menggunakan bantuan aplikasi penunjuk jalan atau bertanya pada masyarakat sekitar. Jalur yang harus Anda tempuh dari pusat kota di mulai dengan mengambil arah menuju Pantai Popoh. Selanjutnya ambil arah menuju pasar Tanggunggunung, lanjut sampai di perkampungan terakhir yang terdapat gapura masuk Pantai Sanggar. Anda harus masuk lagi sampai mendapati Mushola di sisi jalan bagian kanan. Disitulah gang menuju titik lokasi pantai.

Jalan yang mengarah titik lokasi pantai sempit dan terjal, Anda hanya bisa mengaksesnya dengan kendaraan roda dua. Terdapat tiga opsi sebenarnya, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua milik Anda sendiri untuk menuju lokasi atau menitipkan di rumah warga sekitar dan menggunakan jasa ojek untuk sampai ke tujuan. Opsi ketiga dan paling sedikit dipilih yaitu melanjutkan dengan jalan kaki.

Pada saat awal-awal dibuka, pantai ini dapat diakses oleh pengunjung dengan gratis. Namun, saat jumlah wisatawan yang berkunjung semakin meningkat, para pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000,00/orang saat weekday dan Rp 8.000,00/orang saat weekend dan musim liburan.

BACA:  Pantai Klayar Pacitan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Selain tiket masuk, para wisatawan yang datang akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000,00 apabila kendaraannya dibawa masuk lokasi pantai. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil dan menitipkannya di rumah warga, biasanya dikenakan biaya penitipan sebesar Rp 10.000,00 atau Rp 15.000,00 sesuai kesepakatan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sanggar

Aktivitas di Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps (Ersa)

1. Berkemah di Sekitar Pantai

Selain bersantai dan menikmati keindahan pemandangan pantai, para pengunjung juga dapat berkemah atau camping. Kegiatan berkemah ini dapat dilakukan dengan nyaman karena pengunjung yang tidak terlalu ramai.

Namun, para wisatawan yang berkemah harus memperhatikan keselamatan dengan tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan bibir pantai. Hal tersebut untuk menghindari terjangan ombak di malam hari.

2. Berfoto dan Membuat Video Konten

Pantai Sanggar memiliki banyak sekali spot menarik untuk berfoto mengabadikan momen liburan Anda. Selain berfoto, Anda juga bisa membuat video untuk dijadikan konten media sosial Anda dengan tema liburan atau pariwisata.

Beberapa spot menarik tersebut antara lain, tebing di ujung pantai, saat sunset, ketika sunrise, berlatar belakang ombak yang menghempas batu karang dan gubuk-gubuk di sepanjang pantai yang teduh dan cocok untuk menikmati es kelapa.

3. Bermain Pasir

Sebagai salah satu pantai selatan dengan ombaknya yang besar serta angin yang kencang, membuat wisata pantai ini tidak disarankan untuk kegiatan berenang. Sebagai gantinya, Anda dapat menghabiskan waktu dengan bermain pasir putih yang halus dan bersih. Kegiatan yang menyenangkan tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Jika bosan membuat istana pasir atau mengukir kata di atas hamparan pasir, Anda bisa mencoba permainan membenamkan tubuh dalam pasir. Namun, sebaiknya sedikit jauh dari bibir pantai. Berjaga-jaga jika ombak besar datang.

4. Memancing

Bagi yang hobi memancing, tempat ini dapat menjadi pilihan Anda. Ada banyak ikan yang terjebak dan bersembunyi di sela-sela karang ketika air laut mulai sedikit surut. Anda dapat menjadikan spot ini untuk menyalurkan hobi memancing Anda. Namun, harus tetap hati-hati dan waspada. Sebab, selain keberadaan bulu babi di sekitar spot tersebut, juga kemungkinan datangnya ombak besar secara tiba-tiba.

Biasanya, air laut mulai surut saat jam 12 siang ke atas. Saat itulah waktu yang pas bagi para pemancing untuk memasang umpannya. Menanti ikan-ikan memakan umpan tersebut, sambil duduk di atas karang merasakan hembusan angin yang sejuk dan cipratan air laut yang segar.

5. Menikmati Panorama Alam

Wilayah pantai yang cukup luas, memberi ruang bagi Anda untuk menghabiskan waktu menikmati pemandangan dengan berjalan-jalan di pinggir pantai. Jika enggan berkeliling, Anda bisa bersantai di atas hamparan pasir putih atau duduk di gubuk-gubuk yang berada di sepanjang pantai dengan menikmati hidangan yang tersedia di warung-warung sekitar.

BACA:  Pantai Blebak Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang, Anda dapat mencoba menuju puncak tebing yang berada di ujung pantai. Dari sana Anda dapat melihat landscape pantai yang indah secara menyeluruh. Jangan lupa mengabadikannya dalam kamera atau ponsel pintar Anda.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Sanggar

Penginapan Dekat Pantai Sanggar
Image Credit: Booking.com

1. Agbil Home Stay

Berjarak sekitar 18,01 kilo meter dari lokasi Pantai Sanggar Tulungagung, penginapan ini berada di Jalan Pantai Karanggongso Prigi, Kabupaten Trenggalek. Harga sewa tiap kamar dimulai dari Rp 131.403,00/malam dan dapat di booking secara online. Fasilitas yang tersedia yakni layanan resepsionis 24 jam, lahan parkir, layanan kebersihan dan free wi fi.

Home stay dengan tema klasik, memberi kesan hangat dengan suasana rumah bertembok gaya unfinished serta perabot dari material kayu. Liburan Anda akan makin menyenangkan dengan suasana hangat di penginapan tempat Anda beristirahat.

2. Hotel Mulya Jaya

Beralamatkan di Jalan Blitar, Ngunut, Tulungagung, lokasi hotel ini 24,37 kilo meter dari wisata Pantai Sanggar. Harga yang ditawarkan untuk tiap kamar cukup murah, mulai Rp 122.091,00/malam dengan fasilitas wifi gratis, tempat parkir, TV berlangganan di tiap kamar, serta layanan kebersihan. Cocok bagi Anda yang ingin liburan low budget. Selain murah, bersih, para pegawainya pun ramah.

3. Crown Victoria Hotel

Salah satu hotel terbaik di Tulungagung, terletak 24,88 kilo meter dari Pantai Sanggar dengan alamat Jalan S. Supriadi Tulungagung. Harga sewa kamar sedikit lebih mahal yakni Rp 448.485,00/malam. Namun, fasilitas yang disediakan juga tidak main-main seperti pusat kebugaran, mini bar, kolam renang free wifi, lahan parkir serta layanan kebersihan.

Hotel dengan nuansa keemasan ini begitu elegan dan modern. Ditambah dengan hiasan lampu yang digantung memanjang di tiap sisi hotel semakin menambah keindahannya di malam hari. Di pagi hari Anda dapat menikmati view Gunung Budheg yang terletak tidak jauh dari situ. Hotel ini mengutamakan kenyamanan dan kepuasan semua pengunjung yang datang dan menginap di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanggar Tulungagung

Fasilitas di Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps (Tito Salasa)

Fasilitas di pantai ini memang belum terlalu lengkap. Bahkan kawasan wisata ini belum terjangkau aliran listrik. Akses jalan menuju pantai juga belum sepenuhnya diaspal sehingga butuh perjuangan untuk menikmati pesona pantainya. Para pedagang menggunakan genset sebagai sumber energi untuk pemakaian alat listrik yang dibutuhkan.

Namun, untuk fasilitas umum yang mendasar seperti toilet, warung makan dan lahan parkir sudah tersedia dan cukup memadai untuk mendukung pengunjung yang menjelajahi pantai eksotis ini.

Demikian ulasan tentang Pantai Sanggar di Tulungagung. Tertarik untuk berkunjung? Pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti bekal makanan, obat dan baju ganti demi kenyamanan Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending