Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang

Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk – Pantai Tanjung Lesung di Pandeglang menawarkan suasana menenangkan dan teduh dengan udara yang sejuk. Berkunjung ke pantai ini, ada banyak keseruan yang dapat dinikmati dan membuat liburan menjadi tak terlupakan.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.
Map: Cek Lokasi

Pandeglang adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Banten. Kota satu ini konon memiliki sebuah surga yang tersembunyi, karena letaknya yang sangat jauh. Dimana surga ini bernama pantai Tanjung Lesung yang memiliki panorama luar biasa yang tidak boleh dilewatkan. Lantas pesona apa saja yang dimiliki oleh pantai tersebut? Yuk jelajahi pesona di kawasan pantai Tanjung Lesung dalam ulasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Lesung

Daya Tarik Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Objekwisatabanten.com

Saat membicarakan daya tarik, maka pantai satu ini memberikan banyak hal yang bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung. Pantai di Pandeglang ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang mata memandang. Dimana hal tersebut seakan menyambut para wisatawan yang berkunjung. Pasir putih yang ditawarkan oleh pantai Tanjung Lesung begitu mengkilat bagai kemilau berlian, sehingga menimbulkan rasa ingin bermain dengan pasir tersebut.

Yang lebih menarik, diantara pasir putih tersebut ada ribuan kerang yang bisa diburu dan dijadikan sebagai kegiatan yang mengasyikkan. Berburu kerang dengan teman ataupun anak anak, bisa menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Pantai satu ini juga memiliki keunikan tersendiri, yang mana kawasan pantai tersebut langsung menghadap ke selat Sunda. Sehingga semilir angin akan bisa terasa setiap saat, dan dapat menghadirkan aroma yang berbeda dari kawasan pantai lain.

Daya Tarik Pantai Tanjung Lesung Pandeglang
Image Credit: Wisatabanten.com

Satu hal yang membuat pantai ini begitu terkenal sebagai tempat relaksasi terbaik adalah keberadaan angin yang berembus sepoi sepoi. Jika berkunjung, maka cobalah dengan perlahan menghirup udara di pantai dan kemudian keluarkan dengan perlahan pula. Dimana oksigen yang dihirup terasa akan berhamburan ke seluruh tubuh, sehingga menghadirkan suasana rileks pada tubuh dan juga pikiran. Tubuh dan pikiran yang semula terasa berat, dengan seketika akan terasa ringan.

Yang tidak kalah menarik, di kawasan pantai ini juga sudah disediakan beberapa saung dan juga kursi. Sehingga para pengunjung bisa bersantai dan beristirahat di tempat tersebut ketika tidak ingin terkena air. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan duduk di bawah pohon yang terlihat menenangkan, sebab sinar matahari yang terik tidak akan mampu mengenai kulit. Yang paling menarik, pengunjung juga diperbolehkan untuk mendirikan hammock untuk menikmati suasana pantai.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Pantai Tanjung Lesung

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Tanjunglesung.id

Terletak di kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang, pantai satu ini memiliki jarak tempuh sekitar 160 km dari pusat kota Banten. Yang mana, jarak tersebut dapat ditempuh lewat jalan Tol Tangerang menuju ke arah pelabuhan Merak. Kemudian keluar melalui Tol Serang Timur, dan perjalanan dilanjutkan menuju ke Pandeglang. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju daerah Labuan hingga nantinya sampai di pantai Tanjung Lesung.

Pantai di Pandeglang ini, juga bisa dikunjungi dengan menggunakan sarana transportasi umum. Jika dimulai dari Jakarta, maka bisa langsung menuju terminal Banten. Di terminal pilih bus yang menuju terminal Labuan. Jika sudah sampai di terminal Labuan, maka ada dua alternatif kendaraan. Langsung menggunakan ojek ke pantai, yang tentu saja tarifnya sedikit agak mahal. Atau menggunakan Elf dengan tujuan Labuan – Sumur Batu, dan turun di Citereup. Setelah itu, baru naik ojek ke area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Bisniswisata.co.id

Untuk bisa menikmati pemandangan pantai Tanjung Lesung Pandeglang yang memesona, pengunjung perlu merogoh kocek yang agak banyak. Di hari biasa, harga tiket masuk sebesar Rp. 30 ribu per orangnya. Itu belum termasuk dengan biaya parkir yang telah ditetapkan. Untuk kendaraan dengan jenis mobil atau bus besar, maka tarif parkir bisa mencapai Rp. 20 ribu per kendaraan. Sedangkan untuk kendaraan bermotor, biaya parkir bisa mencapai harga Rp 10 ribu.

Di akhir pekan atau hari libur, maka harga tiket masuk pantai akan mengalami kenaikan. Biasanya di akhir pekan ini, tiket masuk bisa mencapai hingga Rp 40 ribu per orangnya. Namun harga yang mahal ini, sebanding dengan pesona alam yang disuguhkan oleh pantai Tanjung Lesung. Tidak mengherankan jika pantai ini dijadikan destinasi wisata favorit oleh warga ibu kota dan sekitar Pandeglang.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Lesung

Kegiatan di Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Pantainesia.com

Ketika di pantai, maka tidak akan mengasyikkan jika hanya menikmati pemandangan alam saja dan tidak melakukan kegiatan apapun. Untuk itu, jika Anda berkunjung ke pantai Tanjung Lesung maka jelajahi dan rasakan keseruan yang bisa didapatkan. Seperti melakukan snorkeling dan berkenalan dengan biota biota yang begitu menggemaskan. Bisa dipastikan Anda mendapatkan teman baru dan pengalaman yang berkesan.

Ingin snorkeling atau diving, tapi tidak membawa peralatannya? Wisatawan tidak perlu khawatir. Sebab sudah ada tempat yang menyewakan peralatan tersebut. Namun tidak hanya bisa menyewa peralatan saja, pengunjung juga bisa mendapatkan bimbingan oleh guide profesional mengenai berbagai macam hal terkait dengan skorkeling dan diving. Sehingga tidak perlu khawatir jika nantinya akan terjadi suatu hal pada saat skorkeling atau diving.

Karena memiliki ombak yang relatif kecil dan tenang, saat kegiatan skorkeling maka bisa melihat keindahan biota laut yang begitu memesona. Banyaknya terumbu karang di pantai satu ini sudah bisa mewakili dan menggambarkan terumbu karang dunia yang aduhai eloknya. Jika masih kurang, maka pengunjung bisa mendatangi penangkaran terumbu karang. Disebut sebut pantai satu ini termasuk dalam kawasan penangkaran terumbu karang terbaik di Banten.

Namun penangkaran ini letaknya agak ke tengah pantai dan jauh dengan bibir pantai, sehingga pengunjung harus menggunakan perahu dan menggunakan peralatan diving. Jangan khawatir, akan ada penyelam profesional yang menemani pengunjung di kawasan penangkaran terumbu karang. Di sana, pengunjung akan diberi pengetahuan mengenai cara transplantasi terumbu karang. Selain itu, juga akan diberikan semua kebutuhan informasi mengenai terumbu karang tanpa menutupi apapun.

Jika Anda sudah Puas mengunjungi pantai, maka tidak ada salahnya melanjutkan liburan ke kampung Ciponan. Dimana perkampungan tersebut, penduduknya berprofesi sebagai seniman patung badak bercula satu. Di sana, pengunjung bisa melihat karya dan juga membelinya sebagai oleh oleh dari daerah Pandeglang. Tidak hanya itu, wisatawan pun biasanya juga akan ditawari berkunjung ke pulau Liwungan. Dimana pulau tersebut menawarkan banyak kegiatan yang bisa dilakukan.

Di kawasan pulau Liwungan ada beach club dan area camping ground yang langsung menghadap ke laut, yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati malam. Di pulau ini, wisatawan juga bisa memberikan makan burung cemara ataupun melakukan kegiatan water sport. Di kawasan pantai juga memiliki pesona sunset yang luar biasanya eloknya. Dimana wisatawan bisa melihat matahari yang perlahan kembali ke peraduan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Lesung

Fasilitas di Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Explorewisata.com

Seperti di kawasan pantai lain, di pantai Tanjung Lesung ini juga terdapat fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi bilas, dan juga musholla untuk tempat ibadah warga muslim hingga sentra oleh oleh. Akses transportasi menuju pantai ini juga terbilang mudah. Selain itu, akomodasi yang ditawarkan oleh pantai di Pandeglang ini juga sangat beragam. Ada banyak penginapan seperti homestay, hotel, cottage, hingga villa.

Dimana harga dari tempat penginapan ini, disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung. Ada banyak variasi harga yang ditawarkan, dari harga yang murah hingga yang mahal. Dan tentu saja, fasilitas yang diberikan pun disesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Penginapan penginapan ini letaknya tidak terlalu jauh dari area pantai, sehingga mudah untuk dijumpai.

Jika wisatawan ingin menikmati wisata kuliner, maka ada banyak restoran yang bisa dikunjungi. Jika ingin menyantap makanan ringan, ada banyak minimarket dan warung warung kecil di sepanjang jalan sebelum memasuki area pantai. Selain itu, di pantai ini juga terdapat fasilitas watersport semacam banana boat, jetski, serta alat snorkeling dan diving. Ada juga tempat persewaan boat atau perahu untuk wisatawan yang ingin hoping island atau memancing.

Pantai memang kerap kali menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasannya dengan semilir angin dan deburan ombak, membuat suasana tenang yang ampuh untuk menghilangkan penat dan lelah bekerja. Tidak salah jika banyak yang memilih berlibur ke pantai Tanjung Lesung di Pandeglang saat akhir pekan, sebagai tempat rileksasi. Sebab ada banyaknya kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai ini, dan akan sangat sayang jika tidak dimasukkan ke daftar liburan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending