5 Pantai Terindah di Tanjung Pinang yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Tanjung Pinang

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Bahari Terbaru Eksotis, Populer dan Terhits yang Layak Anda Eksplor Ketika Berencana Liburan ke Tanjung Pinang.

Tanjung Pinang merupakan daerah yang terkenal. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut memang membuat wilayah tersebut memiliki deretan pantai yang begitu eksotis, sehingga sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Setiap daerah tentunya memiliki nama julukannya sendiri yang menggambarkan keunikan yang dimiliki. Tak terkecuali dengan wilayah Tanjung Pinang yang memiliki julukan kota gurindam, karena terdapat seorang pujangga yang menciptakan gurindam dua belas. Tak hanya gurindam dua belas, ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau ini juga memiliki keunikan akan wisata pesisirnya yang amat indah nan mempesona.

Jika berkunjungi ke Tanjung Pinang, berikut destinasi wisata pantai dengan keindahan alam yang menakjubkan yang menarik untuk dijelajahi saat liburan.

1. Pantai Impian

Pantai Impian
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Impian merupakan salah satu dari wisata bahari di Tanjung Pinang yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Pantai ini juga begitu populer di kalangan wisatawan, sehingga banyak dari mereka yang menjadikan pantai satu ini sebagai destinasi utama untuk dikunjungi selama liburan. Di sini Anda tidak hanya akan menemukan pengunjung muda mudi saja, tetapi banyak juga keluarga yang menghabiskan waktu libur dengan bermain di Pantai Impian ini.

Pantai Impian terkenal oleh pemandangannya yang begitu menakjubkan, dimana pemandangan alamnya langsung menghadap ke arah pusat Provinsi Kepulauan Riau. Sehingga mampu mengundang begitu banyak pengunjung, untuk melihat serta menikmatinya secara langsung. Banyak juga yang menjadikan pemandangan tersebut sebagai objek fotografi, terlebih ketika senja datang.

Karena pada saat senja, Anda bisa menghadap ke pusat provinsi dan menghasilkan siluet yang tampak begitu indah di potret. Jika Anda sedang berjalan jalan menyusuri garis pantai, maka merupakan ide yang bagus untuk mengambil gambar di sana, garis pantainya yang cukup panjang akan begitu indah untuk diabadikan sebagai latar belakang. Selain itu terdapat banyak juga rumah makan yang langsung menghadap ke arah pantai.

Sehingga rumah makan tersebut tidak hanya bisa memuaskan rasa lapar di perut saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk berburu foto yang apik dengan latar belakang laut. Terlepas dari itu, menu yang ditawarkan oleh berbagai rumah makan ini juga memang sangat lezat dengan banyak varian kuliner laut. Anda bisa memilih menu ikan, udang, cumi cumi, dan lain sebagainya.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

2. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pantai berikutnya yang wajib untuk Anda kunjungi di Tanjung Pinang adalah Pantai Trikora, yang merupakan pantai terpanjang di Bintan. Bahkan pantai ini terbagi ke dalam 4 bagian yakni Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4. Dimana akses menuju lokasi pantainya sudah cukup baik, bahkan jalan yang dilalui bisa memuat hingga empat lajur mobil. Namun sayangnya tidak ada angkutan umum yang lewat area pantai, jadi harus menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Trikora sendiri menurut penuturan masyarakat diambil dari kata three corral, yang merupakan sebutan dari wisatawan asing ketika tengah berkunjung ke sana. Sedangkan menurut sumber lain, nama Trikora ini diambil dari salah satu sejarah Indonesia yaitu Tri Komando Rakyat. Pada saat masa tersebut, pantai ini menjadi benteng pertahanan terluar Indonesia dalam isu Ganyang Malaysia.

Sesampainya di lokasi pantai, Anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan indah dari pasir putih yang begitu lembut berpadu dengan air laut yang begitu jernih. Lengkap juga dengan jejeran pohon kelapa yang menari ditiup angin. Ombak di Pantai Trikora ini tidak begitu besar, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas berenang dengan aman. Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada karena ketika air pasang maka arus air bisa menjadi cukup kuat.

Selain kelapa, jenis pohon yang juga tumbuh di area pantai adalah pohon bakau, yang bisa menjadi pelindung dari terik matahari dan memberikan lebih banyak hawa sejuk. Selain bersantai di bawah pepohonan yang rindang, pengunjung Pantai Trikora banyak juga yang melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang begitu mengagumkan.

Kemudian di seberang Pantai Trikora tersebut, Anda juga dapat menemukan Goa Santa Maria. Goa ini didirikan oleh para pengungsi Vietnam pada masa peperangan, dan kini menjadi wisata religi di sekitar pantai tersebut. Di sekitar goa tersebut tumbuh banyak bunga bugenvil yang begitu cantik, dan bisa Anda gunakan sebagai objek untuk berfoto ria. Lalu tidak jauh dari gua juga terdapat sebuah gereja, bagi Anda yang ingin melakukan berdoa.

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

3. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Senggiling disebut sebut sebagai surga tersembunyi di Tanjung Pinang, dimana akses menuju ke lokasinya cukup sulit dan jauh bahkan sejenak pantai ini terlihat sangat jarang dijamah oleh banyak orang. Jika Anda ingin berkunjung kemari, sebaiknya gunakan tour guide agar lebih menghemat waktu dan tidak tersesat di jalan. Tidak hanya sulit dalam rute saja, kondisi medan di perjalanan juga cukup menantang dan penuh dengan bukit bebatuan.

Meski begitu, namun bukan berarti Pantai Senggiling menjadi tidak pantas untuk Anda datangi. Memiliki sisi pantai yang panjang dan begitu putih adalah salah satu daya tarik pantai tersebut yang wajib Anda saksikan. Sebelum masuk area pantai, Anda akan disuguhkan dengan rerumputan hijau yang begitu rimbun di dekat lokasi parkir. Yang membuat udara sekitar menjadi lebih segar, dan memanjakan mata setelah melewati perjalanan panjang.

Setelah memasuki area pantai, Anda akan melihat pasir putih yang membentang melengkung dari ujung ke ujung, dan pada setiap ujungnya terdapat bebatuan besar dan tinggi. Bebatuan berukuran besar tersebut menjadi salah satu spot foto terbaik bagi para pengunjung. Mengabadikan momen duduk bersila di atas batu karang besar, dengan latar pantai yang berpadu dengan lautan biru eksotis adalah keindahan yang tidak dapat digambarkan dengan kata.

Belum lagi bila Anda mencoba untuk mengarungi tepi pantai yang begitu jernih, dasar laut yang mampu menghempaskan butiran pasir akan terlihat dengan jelas. Wisatawan yang berkunjung kemari juga seringkali melakukan camping, agar dapat terus menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh Pantai Senggiling. Memang suasana nyaman serta keindahan wisata bahari satu ini bisa membuat betah untuk berlama lama di sana.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk. Sebong, Kab. Bintan.

4. Pantai Tanjung Siambang

Pantai Tanjung Siambang
Image Credit: Genpi.co

Pantai Tanjung Siambang belum cukup banyak diketahui keberadaannya oleh khalayak umum. Selain itu pantai satu ini juga tidak sebesar pantai lainnya yang ada di Kepulauan Riau, namun pesona pantai satu ini tidak terbantahkan dan bisa memikat siapapun yang mengunjunginya. Pantai yang juga sering disebut sebagai Pantai Sri Arjana oleh penduduk setempat ini memiliki aroma yang begitu segar karena masih amat asri dan begitu alami.

Di sekitar area pantai banyak pepohonan yang tumbuh dengan subur, sehingga meski cuaca sedang sangat panas, Pantai Tanjung Siambang akan tetap terasa sejuk. Dari pohon kelapa, pohon pinus, pohon bakau, dan pohon ketapang bisa Anda temukan di sekitar pantai. Selain suasana damai yang begitu sejuk, wisata bahari satu ini juga begitu unggul dengan panorama alamnya.

Dimana air lautnya begitu jernih, dan pasir putihnya juga begitu lembut di mata kaki. Air laut yang begitu jernih tersebut dijamin akan mengundang Anda untuk segera bermain main air di dalamnya, dan pasir putih yang lembut akan menambah kenyamanan selama bermain pasir di pantai. Di sekitar bibir pantai juga tersedia beberapa pondok yang bisa Anda jadikan sebagai tempat bersantai untuk melihat pemandangan laut.

Lokasi: Pulau Dompak, Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

5. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi
Image Credit: Ksmtour.com

Terakhir ada Pantai lagoi yang menjadi pantai paling populer di Tanjung Pinang, yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Pantai satu ini sangat terkenal karena memiliki hamparan pasir putih nan luas yang begitu bersih. Tak heran bisa wisata bahari tersebut berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung setiap tahunnya. Keindahan pantai yang begitu mempesona tersebut bahkan diakui secara internasional, serta sejajar dengan pantai yang ada di Lombok dan Bali.

Secara geografis Pantai Lagoi berada di kawasan Teluk Sebong, dan berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat Tanjung Pinang. Anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit perjalanan untuk menuju lokasi wisata. Begitu tiba di lokasi pantai, Anda akan langsung dimanjakan dengan pemandangan pantai yang sangat bersih, dengan banyak pohon kelapa menjulang tinggis yang tumbuh di sekitarnya.

Sebenarnya tidak semua bagian Pantai Lagoi ini bisa dikunjungi oleh wisatawan, karena beberapa pantainya dikelola secara eksklusif oleh resort dan hotel. Yang dengan kata lain Anda harus menginap di resort tersebut terlebih dahulu jika ingin menikmatinya. Karena Pantai Lagoi memang salah satu destinasi wisata yang sangat banyak diburu oleh turis mancanegara, banyak warga negara tetangga yang berkunjung kemari seperti Singapura dan Malaysia.

Bahkan menurut beberapa kabar yang terdengar, mata uang yang digunakan di sekitar Lagoi adalah Dolar Singapura. Meski demikian, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai dengan berkunjung ke Lagoi Bay yang tidak dikelola secara eksklusif, sehingga wisatawan bebas untuk berkunjung. Di sini Anda bisa berenang, berjemur, bermain ombak, memancing, snorkeling, dan berbagai aktivitas pantai lainnya.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

Meski luas wilayah di Tanjung Pinang terbilang cukup kecil, namun berada di daerah kepulauan serta berbatasan langsung dengan laut membuat daerah ini memiliki deretan pantai yang indah. Bahkan pesona dari beberapa wisata bahari tersebut telah diakui secara internasional, dan juga banyak menarik minat dari para wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending