Pantai Ungapan Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Ungapan Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Ungapan salah satu wisata pantai yang indah di Malang yang menawarkan tempat yang pas untuk camping. Pantai di pesisir selatan ini menyuguhkan pemandangan laut lepas dan bukit karang yang memesona.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang merupakan salah satu kota yang berada di daerah Jawa Timur. Kota ini berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia di bagian selatan. Di Kota Malang pun juga terdapat pegunungan yang melintang dan berdiri megah. Hal ini menjadikan Kota Malang memiliki berbagai destinasi wisata baik dengan basic pegunungan maupun bahari.

Berbagai destinasi wisata disuguhkan oleh kota ini dan membuatnya mudah dikenal masyarakat luas. Di antara destinasi wisata yang paling banyak dikenal di Kota Malang yaitu seperti Kota Batu Malang, Malang Night Paradise, Pantai Watu Liter, dan Pantai Ungapan. Pada kesempatan kali ini wisatawan akan diajak menjelajahi Pantai Ungapan.

Ketika Anda berlibur di Kota Malang, maka jangan lupa untuk berkunjung ke wisata baharinya juga. Pantai Ungaran bisa menjadi tempat tujuan wisata Anda sekeluarga. Pantai ini sangatlah eksotis dan juga menawan. Berbagai keindahan yang meneduhkan mata disuguhkan oleh pantai ini. So, simak terus pembahasan di bawah ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ungapan

Daya Tarik Pantai Ungapan
Image Credit: Instagram.com @rudi_bobi

Berbicara mengenai keindahan pantai di Jawa Timur memang tidak pernah ada habisnya. Maka akan sangat disayangkan jika berkunjung ke Malang tanpa singgah di beberapa pantai yang dimilikinya. Pantai Ungapan ini memiliki daya tarik yang menjanjikan bagi para wisatawan yang berkunjung. Di antara daya tarik tersebut yaitu:

1. Gazebo yang Berjejer-Jejer

Salah satu properti yang terdapat di pantai dan berhasil memikat hati para wisatawan di pantai ini yaitu gazebo. Gazebo di pantai ini berbeda dengan gazebo pada umumnya. Gazebo ini membentang dari timur ke barat dalam jumlah yang tidak sedikit. Salah satu material utama gazebo ini yaitu kayu dan bambu sehingga menimbulkan kesan tersendiri.

Gazebo ini biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk bersantai dan berkacap-cakap dengan partner liburan mereka. Entah keluarga, saudara, teman, atau orang terkasih lainnya. Tempat ini cukup menenangkan karena suasana sekitar yang juga mendukung. Seperti nyiur kelapa maupun rerumputan hijau.

2. Panorama Laut Lepas

Hal yang menjadikan pantai ini menawan dan mempesona yaitu suguhan panorama laut lepas yang mengagumkan. Ketika berkunjung ke lokasi maka para wisatawan akan melihat karang yang kokoh menjulang tinggi. Ditambah adanya air laut yang bergradasi warnanya menjadikan pantai ini terlihat lebih eksotis dari biasanya.

Selain itu, di pantai ini pun dapat Anda temukan pulau yang berjumlah dua berada di tengah laut. Begitu juga dengan bukit-bukit kecil yang mempunyai nama Bukit Getun. Kedua hal ini mampu menambah keindahan pantai yang dikunjungi oleh para wisatawan. Para wisatawan yang berkunjung pun ada yang dari luar negeri maupun juga domestik.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Ungapan

Alamat Pantai Ungapan
Image Credit: Instagram.com @rudi_bobi

Para wisatawan yang akan menghabiskan liburannya di pantai ini sudah pasti harus mengetahui lokasi dan juga rute menuju pantai ini. Untuk lokasi dari pantai ini tentu saja di daerah Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur. Lokasinya berdekatan dengan Samudra Hindia yang merupakan batas selatan dari Kota Malang dan pantai ini berdekatan dengan Pantai Bajulmati.

Karena keberadaan pantai ini sudah diketahui, maka langkah selanjutnya yaitu para wisatawan harus mengetahui rute menuju pantai ini. Pantai ini memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dari Kota Malang yaitu sekitar 70 kilometer. Sehingga hal ini dapat menyebabkan lamanya waktu yang dibutuhkan selama perjalanan yaitu sekitar 2,5 jam.

Akan tetapi hal ini tidak akan menyurutkan semangat para wisatawan yang akan berlibur tentunya. Untuk dapat sampai di pantai ini maka terdapat dua rute yang dapat ditempuh. Yang pertama yaitu dari pusat Kota Malang menuju arah Turen lalu ke daerah Sumermanjing Wetan. Jika melalui rute ini maka Anda akan melewati Pantai Sendang Biru terlebih dahulu dan terletak setelah Jembatan Bajulmati.

Untuk rute kedua menuju Pantai Ungapan yaitu dari Kota Malang menuju Kepanjen lalu Pagak dan Bantur. Setelah melewati Bantur maka akan melewati Balekambang untuk sampai di pantai ini. Rute kedua lebih direkomendasikan daripada rute pertama karena kondisi jalannya yang lebih baik. Kedua rute memang sudah beraspal akan tetapi jalanan pada rute pertama naik turun.

Bagi Anda yang berkunjung ke pantai ini jangan khawatir karena tempat ini buka selama dua puluh empat jam. Akan tetapi ada baiknya Anda berkunjung di pagi hari maupun sore hari saja. Dan kawasan wisata satu ini akan selalu ramai terlebih ketika muslim liburan maupun akhir pekan tiba.

Harga Tiket Masuk Pantai Ungapan Malang

Harga Tiket Pantai Ungapan Malang
Image Credit: Instagram.com @ridho_tama_

Berwisata murah meriah dan mengasyikkan tentunya akan didapat sekaligus ketika memutuskan untuk liburan di Pantai Ungapan. Mengapa berlibur di pantai ini dikatakan murah? Tentu saja karena tarif biaya masuk objek wisata ini sangat bersahabat di kantong para wisatawan.

Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja per orang. Tentu sangat murah. Selain membayar tiket masuk, para wisatawan pun akan dikenakan biaya parkir kendaraan sesuai jenisnya. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan harga Rp 10.000 dan kendaraan roda empat Rp 15.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ungapan

Aktivitas di Pantai Ungapan
Image Credit: Instagram.com @taskokene

Bagi Anda yang berminat untuk berlibur di pantai ini, maka ada beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai ini.

1. Camping

Hal pertama yang sangat mengasyikkan untuk dilakukan di pantai ini yaitu camping. Pantai ini memang terkenal akan kegiatan campingnya. Bahkan di pintu masuk pantai ini pun terdapat tulisan “Pantai Ungapan Bumi Perkemahan”. Sudah semestinya tempat ini memang direkomendasikan untuk berkemah.

Sensasi berkemah di tepi pantai tentu berbeda dengan berkemah pada umumnya. Jika Anda memutuskan untuk berkemah di tepi pantai maka sudah pasti akan disuguhkan dengan indahnya pantai. Suasana api unggun malam hari pun tentu berbeda dari biasanya.

2. Berenang

Pantai ini memang bisa digunakan untuk berenang meski ombaknya cukup besar. Akan tetapi hal ini dapat disiasati dengan Anda berenang di tepi atau bibir pantai saja. Jika Anda ingin berenang lebih luas lagi atau menengah, maka para wisatawan haruslah menunggu sore hari terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pada sore hari air laut akan mengalami surut dan ombaknya tenang.

Air di pantai ini sangatlah menyegarkan. Terlebih jika para wisatawan menikmati dengan berenang sambil melihat-lihat panorama bawah laut yang indah.

3. Keliling Pantai dengan Perahu

Pantai ini memanglah indah dan menawan. Maka sangat disayangkan jika sudah berkunjung ke pantai ini namun tidak mencoba untuk mengelilingi kawasan pantai. Padahal di sekitar pantai banyak sekali tempat penyewaan perahu yang menawarinya.

4. Malang Beach Festival

Festival pantai Malang atau lebih dikenal dengan sebutan Maang Beach Festival biasanya diselenggarakan di kawasan wisata pantai ini. Festival ini hanya diselenggarakan di waktu-waktu tertentu saja. Biasanya dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat kepada Tuhannya.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Ungapan

Penginapan Pantai Ungapan
Image Credit: Tiket.com

1. Hotel Mutiara Baru

Rekomendasi penginapan pertama di sekitar Pantai Ungapan yaitu Hotel Mutiara Baru. Hotel ini berada tidak jauh dari lokasi pantai dengan jarak sekitar 34,5 km saja. Untuk dapat menyewa hotel ini Anda tidak perlu menguras kantong. Pasalnya harga yang ditawarkan hotel ini sangat ramah yaitu berada di kisaran Rp 149.950 saja.

Dengan harga yang sangat bersahabat tersebut Anda sudah dapat menikmati fasilitas yang disediakan. Fasilitas tersebut di antaranya yaitu tempat parkir, kolam renang, wifi, restoran, AC, cleaning service dan lain sebagainya.

2. Mirabell Hotel & Concention Hall

Mirabell Hotel & Concention Hall ini memiliki jarak 36,8 km dari keberadaan pantai. Harga sewa per satu kamar untuk satu malam sangatlah terjangkau, cukup dengan Rp 289.256 Anda sudah bisa menyewa kamar hotel ini.

Fasilitas yang disediakan pun sangat memadai. Di antaranya yaitu tempat parkir, AC, wifi, kolam renang, cleaning service, dan ruang keluarga. Sangat cocok untuk disewa dengan harga yang sebanding akan kualitasnya.

3. D’Shario Hotel

Rekomendasi hotel terakhir di sekitar pantai ini yaitu D’Shario Hotel. Hotel ini memiliki jarak sekitar 37,9 km dari pantai. Para wisatawan dapat menyewa hotel ini degan harga Rp 224.545 saja per kamar untuk satu malam.

Berbagai fasilitas pun disediakan hotel ini demi kenyamanan para pengunjung. Di antaranya yaitu ada parkir, wifi, beberapa kamar yang bisa dipilih , dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ungapan Malang

Fasilitas di Pantai Ungapan Malang
Image Credit: Instagram.com @ade_pradewo

Sebuah tempat wisata tentu harus ada yang namanya fasilitas. Fasilitas ini memiliki fungsi untuk menjadikan para pengunjung merasa nyaman. Untuk fasilitas yang disediakan di pantai ini yaitu area parkir untuk kendaraan, toilet dan gazebo di sepanjang pesisir pantai, tempat makan, dan juga mushola untuk kebutuhan beribadah.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Ungapan yang terletak di daerah Malang. Jangan lupa untuk mampir pantai ini ketika Anda berkunjung ke Malang. Dapat dipastikan Anda tidak akan kecewa dengan suguhannya yang indah. So, jangan sampai lupa untuk tidak berkunjung!

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending