Pantai Timang, Gunung Kidul

Pantai Timang, Gunung Kidul

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Wisata ke Pantai Timang Gunung Kidul, Anda dapat dimanjakan dengan berbagai wahana menantang adrenalin. Pantai ini juga memiliki bentangan alam luar biasa yang membuat siapapun terpukau.

Lokasi: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Kemolekan yang dimiliki setiap pantai di Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri. Terutama bagi Anda yang sangat menyukai wisata bahari yang mempesona. Gunung Kidul Yogyakarta, terkenal sebagai gudangnya pantai yang cantik. Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan di Gunung Kidur, Pantai Timang bisa menjadi tujuan. Selain cantik, pantai ini juga kondang dengan berbagai atraksi menantangnya. Selengkapnya simak ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Timang

Daya Tarik Pantai Timang
Image Credit: Akurat.co

Beberapa tahun belakangan, Pantai Timang menjadi perbincangan karena keunikan serta pesona yang ditawarkan. Apalagi semenjak pantai satu ini hadir dalam program Variety Show Korea yaitu Running Man. Membuat nama pantai satu ini semakin meroket dan menarik perhatian. Mengingat Running Man merupakan program yang begitu populer di Negaranya. Bahkan sebagian orang Indonesia juga mengetahui program variety yang penuh tawa ini.

Jika ditelisik lebih jauh, Running Man tak salah memilih pantai satu ini. Karena selain memiliki pemandangan memukau, hadir juga wahana yang akan memacu adrenalin. Menariknya, wahana ini menjadi ikon serta daya tarik dari Pantai Timang sendiri. Pantai satu ini memiliki pulau yang dikenal dengan Pulau Timang. Pulau ini tak seperti pulau pada umumnya, karena hanya berupa bongkahan batu karang tajam dengan tebing yang curam.

Daya Tarik Pantai Timang Gunung Kidul
Image Credit: Wisatareligidunia.blogspot.com

Meskipun terdengar menyeramkan, namun disanalah letak dari daya tarik pantai ini. Karena dengan adanya pulau ini menjadikan pantai Timang memiliki wahana yang menarik. Untuk sampai ke Pulau Timang nanti bisa menggunakan gondola tradisional maupun kereta gantung. Gondola tradisional ini terbuat dari kayu yang akan mengantarkan Anda ke pulau Timang yang jaraknya sekitar 100 meter dan berada di ketinggian 9 sampai 11 meter dari permukaan laut.

Sehingga hanya untuk orang orang yang memiliki nyali kuat untuk menyebrang ini. Nantinya Anda akan melewati ombak di bawah yang terkadang bisa sangat besar. Dalam gondola juga hanya ada Anda sendiri tidak ada orang lain. Mengunjungi pantai Timangmemang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sangat cocok untuk Anda dengan jiwa petualang yang masih membuncah tinggi. Tenang saja, wahana satu ini terbilang aman untuk Anda coba.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Timang

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Timang
Image Credit: Vsco.co @suryaadityaa

Anda yang belum pernah menjelajah Pantai pantai di Gunung Kidul, mungkin akan kesulitan menemukan Pantai Timang. Karena memang termasuk tersembunyi, tetapi tenang saja Anda bisa mengikuti rute berikut. Alamat Pantai Timang berada di Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DIY. Pantai ini jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota dan membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk sampai dan melihat keindahannya.

Pantai menawan ini bisa ditempuh dengan melalui jalur arah Wonosari. Jika sudah di daerah Wonosari maka Anda bisa mengambil jalur menuju Pantai Baron. Sebelum Pantai Baron, Anda akan menemukan pertigaan kemudian ambil jalur kiri. Dimana arah ini searah menuju Pantai Siung. Anda akan sampai di Pasar Dakbong, jika sudah Anda bisa belok ke Pantai Timang dan melanjutkan perjalanan dengan melihat petunjuk jalan ke Pantai ini.

Jalanan menuju pantai ini terbilang bagus hingga Desa terdekat. Jarak beberapa ratus meter dari jalan desa, perjalanan Anda yang sesungguhnya akan dimulai. Jalanan mulai tak mulus karena bebatuan kapur yang akan Anda lewati. Sehingga Anda harus berhati hati karena ada beberapa batu kapur yang tajam. Walaupun terjal, namun Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau di kanan kiri jalan, terutama ketika musim penghujan.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang

Harga Tiket Masuk Pantai Timang
Image Credit: Travellinkinfo.com

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Timang bisa Anda nikmati tanpa perlu merogoh kantong dalam. Karena harga tiketnya tergolong terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu saja setiap orangnya. Tiket tersebut sudah termasuk dengan parkir kendaraan bermotor. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau dan ramah kantong. Hanya saja harga tersebut bisa berubah kapan saja, terutama jika waktu waktu liburan yang mungkin saja naik.

Memang harga tiket masuknya terbilang murah, yang membutuhkan budget cukup besar adalah ketika anda menjajal wahana naik gondola atau jembatan gantung. Untuk mencobanya, Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp. 50 ribu ke atas. Jika ingin masih berpetualang lebih seru, Pantai Timang juga menyediakan fasilitas jeep yang dibandrol mulai dari Rp. 350 ribuan. Biaya tersebut juga belum termasuk foto di beberapa spot yang berbayar.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Timang

Kegiatan Menarik di Pantai Timang
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai satu ini tak hanya menawarkan keindahan pantai yang mempesona, ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan. Apalagi jika tidak menjajal wahana yang menantang adrenalin. Wahana yang pertama bisa Anda jajal adalah jembatan gantung yang berdiri di tengah tengah lautan. Anda bisa menyebrangi jembatan ini untuk sampai di Pulau Timang. Kelihatannya memang mudah, tapi tak sedikit pengunjung yang putar arah karena takut.

Jembatan gantung ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk swafoto maupun berburu foto menarik. Anda bisa langsung merasakan hembusan angin pantai yang kencang jika sudah di tengah jembatan. Selain di jembatan gantung, Anda juga bisa menjelajah batu karang yang terlihat eksotis dan menawan. Bukit karang ini biasanya dimanfaatkan untuk swafoto oleh pengunjung. Sehingga jangan sampai tak membawa kamera jika Anda berkunjung ke pantai Timang.

Yang tak kalah menarik untuk Anda coba adalah gondola tradisionalnya. Sebenarnya hadirnya gondola ini sudah lama ada, dan dimanfaatkan para nelayan untuk mencari udang ke Pulau Timang. Merasakan angin kencang, di bawah sana ada ombak besar tentunya akan menjadikan pengalaman tersendiri jika Anda mencobanya. Jika Anda tak berani untuk menyeberang, Anda bisa hanya berfoto foto saja di atas gondola yang kondang ini.

Mengunjungi Pantai Timang tak lengkap rasanya jika Anda tak melakukan kegiatan satu ini. Pengunjung yang datang kerap kali berburu lobster di kawasan Pantai Timang. Sebelum menjadi destinasi wisata pantai ini memang menjadi kawasan nelayan untuk mencari lobster. Lobster maupun udang biasanya akan bersembunyi di karang seberang. Jika Anda berhasil mendapatkan pasti akan menjadi memori liburan yang tak akan terlupakan.

Untuk yang tak ingin repot repot berburu lobster, tenang saja. Karena pantai ini juga terkenal sebagai lokasi kulineran dengan berbagai menu laut yang menggugah. Anda bisa menikmati berbagai olahan lobster maupun udang yang akan memanjakan lidah serta perut Anda. Cara pengolahannya yang tepat menjadikan rasanya tak kalah dengan restoran lainnya. Apalagi jika makan sambil menikmati pemandangan yang luar biasa, pasti lebih nikmat.

Puas mencoba berbagai wahana dan foto foto hingga kulineran, Anda masih menikmati keindahan pantai Timang ketika matahari mulai berpulang. Dari tebing tebing karang ini akan disuguhkan lukisan sang Maha yang begitu memukau. Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan kamera andalan Anda. Yang jelas sunset di pantai ini bisa menjadi penutup perjalanan Anda di pantai yang begitu kondang dengan wahananya ini.

Penginapan Dekat Pantai Timang

Penginapan Dekat Pantai Timang
Image Credit: Pegipegi.com

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, Anda bisa menginap di beberapa penginapan terdekat. Karena memang di pantai satu ini masih belum ada penginapan di pantai Timang ini. Sehingga solusinya bisa menuju desa terdekat atau pantai lainnya yang memiliki penginapan. Pantai ini dekat dengan beberapa pantai lainnya yang juga tak kalah kondang. Mungkin dengan seiring berjalannya waktu bisa saja akan ada penginapan di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Timang

Fasilitas di Pantai Timang
Image Credit: Okezone.com

Fasilitas yang ditawarkan juga terbilang lengkap, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di area parkirnya yang cukup luas. Kemudian untuk kebutuhan toilet, juga tersedia beberapa toilet yang bisa Anda gunakan dalam keadaan bersih dan memadai. Anda juga tak perlu takut kelaparan mengingat tempat satu ini menyediakan warung makan yang bisa Anda manfaatkan. Meskipun mungkin menunya tidaklah begitu banyak, tapi rasanya dijamin nikmat.

Seiring berjalannya waktu, pantai Timang mungkin akan mengalami berbagai perubahan yang lebih maju dan memanjakan pengunjung. Dengan kehadirannya saat ini saja sudah mampu menjadi magnet bagi wisatawan, apalagi jika dikembangkan lagi. Liburan ke pantai Timang tak akan membuat Anda menyesal. Ada banyak kegiatan serta wahana yang bisa dijajal untuk jadikan liburan makin seru dan berkesan. Terutama jika pergi bersama teman teman atau keluarga.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending