Pantai Muncar, Pantai Cantik dengan Keindahan Biota Lautnya di Gunung Kidul

Pantai Muncar, Pantai Cantik dengan Keindahan Biota Lautnya di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Muncar di Gunung Kidul merupakan destinasi yang masih mempunyai suasana alam begitu natural. Hamparan pasir putih menjadi pesona alam yang mampu memanjakan setiap mata wisatawan. Bahkan samudera dan bukit pun terlihat memukau ketika Anda berada di dalam wisata hits tersebut.

Pemandangan lain dapat dijumpai pada birunya air laut yang begitu jernih. Batu karang pun tampak tersebar dan keindahan ombak semakin lengkap. Para tamu bisa bermain apa saja sesuka hati saat melepas penat di Pantai Muncar.

Pelancong bisa pula menikmati biota laut dengan duduk di batu karang. Kecantikan Pantai dikenal begitu lengkap karena belum banyak dijamah traveller. Apalagi disana menyimpan beragam ikan yang sering muncul saat laut sedang surut. Hal itu membuat pengunjung sering memilih datang ke Pantai dengan membawa peralatan untuk berfoto.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Muncar

Daya Tarik Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Patricia Yunita

1. Pesona Alam

Pantai Muncar tentu menyuguhkan pesona alam yang menjadi daya tarik paling utama ketika wisatawan ada disana. Pasir yang terbentang luas membuat area Pantai semakin cantik, apalagi setiap sudut terlihat bersih. Wisata alam itu masih menjaga corak pasir putih dan hampir tidak ada batu kecil karena begitu terasa lembut jika dipegang.

Destinasi menawan itu menawarkan pula deburan ombak yang berwarna putih tampak menggulung saat pasang. Namun tenang saja karena ombak ini tidak terlalu tinggi. Pengunjung yang ingin berenang atau sekedar melihat laut biru tersebut bisa duduk di pinggir. Anda juga dapat menikmati pemandangan perahu yang telah berlalu lalang.

 2. Beragam Ikan

Traveller yang liburan di Pantai Muncar bisa melihat beragam ikan yang berenang di laut. Biota yang tersimpan di dalam destinasi memang dikenal cukup banyak. Bahkan hampir sebagian warga setempat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Jika beruntung Anda dapat menikmati ikan kecil yang mempunyai corak warna-warni muncul di tepi laut.

Potensi laut yang tidak sedikit membuat pantai kerap dipilih rombongan keluarga untuk rekomendasi tempat liburan. Apalagi beberapa biota laut yang telah ditangkap nelayan sering dijual di area pasir. Para tamu bisa mencicipi hidangan seafood yang sudah disajikan. Selain itu traveller juga boleh membeli biota yang masih mentah untuk oleh-oleh.

3. Suasana yang Sejuk

Pantai Muncar memang unik karena mempunyai bukit yang melingkar. Wisatawan dapat menemukan hamparan bukit yang berbatasan langsung dengan area Pantai. Pelancong yang suka hiking biasanya sering menuju bukit itu. Disana akan tampak suasana Pantai dengan pasir putih yang begitu luas membuat setiap mata terkesima.

Anda tidak hanya dimanjakan dengan bukit hijau ini. Tetapi pesisir Pantai sudah mempunyai tumbuhan bakau hingga kelapa yang tersebar. Angin yang terasa sejuk dapat diperoleh ketika berada di setiap sudut pantai ini. Hal itu juga membuat traveller semakin betah karena bisa melepas penat sejenak sambil membawa camilan dan duduk di bawah pohon.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Pantai Muncar tepat berada di Desa Duwet, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kawasan wisata ini memang dikenal cukup jauh dari kota Jogja. Hal itu membuat sebagian orang masih belum banyak yang datang ke destinasi alam tersebut. Tetapi berkendara ke lokasi pantai sebenarnya tidak begitu sulit karena waktu tempuh dari arah Jogja hanya 2 jam.

Rute yang umum untuk melipir ke pantai ini bisa dimulai dari Jalan Mas Suharto Jambu. Lalu kendaraan pengunjung dapat melewati Jalan Bausasran. Nikmati perjalanan sambil melihat keindahan Jogja, tetap lurus menuju Jalan Sukonandi. Lanjutkan saja sampai Anda bertemu dengan Jalan Kusumanegara dan arahkan hingga masuk Jalan Gedongkuning.

Belok ke arah Jalan Wonosari untuk menemukan Jalan Baron. Lurus sampai masuk Jalan Tepus, setelah dari rute ini Anda dapat menyusuri area Desa. Pelancong akan melihat sebuah papan yang memiliki beberapa pilihan karena disana tampak sejumlah Pantai. Para tamu bisa berkendara secara pelan untuk menemukan pintu masuk ke kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar tidak begitu ramai karena destinasi hits tersebut masih belum terlalu dikenal pengunjung dari luar daerah. Namun tiket masuk di Pantai ini disediakan pengelola dengan tarif yang cocok di kantong pelancong. Anda cukup membayar Rp 5.000 ketika berada di depan loket pintu masuk, tiket ini tentu masih sangat terjangkau.

Ikan yang dijual di dekat area pasir pun tergolong memiliki harga yang aman di dompet. Ikan yang mentah untuk buah tangan dibandrol mulai Rp 20.000 tergantung jenisnya. Sedangkan seafood yang sudah matang mempunyai harga yang sedikit berbeda. Jika para tamu ingin mencicipi beragam kuliner seperti seafood dapat menyiapkan budget berkisar Rp 30.000.

Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk sewa permainan air karena masih minim. Biaya tambahan selama berkunjung disana mungkin dibutuhkan ketika pengunjung parkir kendaraan. Hari biasa hingga akhir pekan harga parkir motor Rp 2.000. Mobil yang memakai lahan itu bisa pula menyiapkan budget untuk membayar parkir kendaraan Rp 5.000 saja.

Aktivitas yang Seru di Pantai Muncar

Aktivitas Seru Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps ria ayu

1. Naik Perahu

Area destinasi mempunyai perahu kecil yang boleh disewa wisatawan. Keindahan laut yang tampak seperti mempunyai gradasi warna selalu memikat hati untuk dijelajah. Para tamu bisa melakukan kegiatan itu sambil bersantai melihat pesona laut. Tenang saja karena naik perahu disana sudah aman dengan pelampung.

2. Berenang di Pantai Muncar

Pantai ini termasuk mempunyai kawasan yang sudah aman untuk berenang. Debur ombak yang menghantam batu karang tidak begitu besar. Pengunjung yang suka bermain air tidak perlu takut karena arus tergolong tidak deras. Anda yang berenang pasti juga berkesempatan melihat biota laut yang muncul.

3. Menikmati Sunrise

Aktivitas Seru di Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Suryono

Pesona Pantai Muncar akan terlihat sangat cantik ketika sunrise sudah muncul. Pergantian malam menuju pagi ini dapat dinikmati selama berkunjung. Namun wisatawan perlu menginap atau menggelar tenda untuk mendapatkan pesona matahari terbit. Langit yang perlahan terlihat cerah pasti membuat pemandangan Pantai semakin menakjubkan.

4. Memancing

Beragam biota terutama ikan sudah tersedia di dalam laut dengan jumlah yang tidak terhingga. Traveller sudah tidak jarang yang membawa alat pancing. Berburu ikan saat liburan memang menyenangkan, apalagi Anda bisa duduk di batu karang. Tak hanya itu, pelancong bisa pula memancing bersama nelayan karena warga disana sangat ramah.

5. Memotret Foto

Pantai Muncar telah menawarkan spot foto dengan latar yang memukau. Keindahan alam yang bisa ditemukan di laut hingga pasir menjadi salah satu spot foto favorit. Pesona dari bukit hijau pun mampu memikat setiap mata. Memotret momen liburan memang menjadi aktivitas yang wajib dicoba karena Pantai masih begitu natural.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Muncar
Image Credit: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar mempunyai sejumlah fasilitas yang minim karena wisata cantik itu belum banyak diketahui. Parkir yang dibutuhkan untuk tempat meletakkan kendaraan roda dua dan empat bisa dijumpai setiap traveller. Apalagi tidak jauh dari tempat parkir tersedia ruang informasi wisata yang berdampingan dengan loket penjualan tiket masuk.

Tempat pelelangan ikan tampak berjejer di kawasan Pantai. Bahkan disana masih terlihat beberapa tempat untuk berburu buah tangan. Rumah makan yang menyuguhkan sajian berbagai seafood tentu menjadi fasilitas penunjang yang selalu diincar para tamu. Setiap tempat makan telah dilengkapi dengan meja, lampu, dan kursi yang nyaman dipakai.

Pantai cantik ini juga menawarkan fasilitas mushola yang cocok untuk ibadah karena tempat yang cukup luas dan bersih. Tak hanya itu, di area tentu telah menyiapkan kamar mandi untuk setiap pelancong. Lalu gazebo terlihat melengkapi pesisir dan menghadap ke laut. Namun di Pantai belum ada sewa permainan air seperti jet ski.

Pantai Muncar di Gunung Kidul cocok sebagai tempat melepas penat. Kecantikan laut yang memiliki gradasi warna biru serta menghantam batu karang pasti membuat Anda betah. Para tamu bisa bermain sesuka hati karena area pasir begitu lembut. Selain itu pengunjung juga boleh camping atau berburu spot foto dengan keluarga ketika menikmati kunjungan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending