Pantai Widodaren, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Widodaren, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Daerah Yogyakarta ternyata memiliki sebuah pantai yang terkenal dengan keindahannya yaitu Pantai Widodaren. Keindahan pantai ini begitu mempesona dan sangat sesuai dengan arti nama pantai ini yaitu Bidadari. Keindahan alam yang memukau yang dimiliki pantai ini telah menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

Terletak lumayan jauh, pengunjung setidaknya harus menempuh jarak sepanjang 53kilometer untuk bisa sampai di Pantai Widodaren. Waktu yang harus di alokasikan agar bila tiba di pantai ini sekitar 90 menit. Setelah sampai di lokasi, kemudian pengunjung harus berjalan kaki sekitar 40 menit untuk bisa sampai di pantai indah ini.

Bibir pantai yang sempit dan keindahan pasir adalah keunikan yang dimiliki pantai yang terletak di daerah Yogyakarta ini. Memiliki tebing yang luas dan perbukitan yang lapang, sehingga pantai ini terlihat begitu cantik. Bersantai diatas bukit ketika air sedang pasang adalah aktivitas yang bisa dilakukan, dan tentunya pengunjung tetap harus selalu berhati-hati.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Widodaren

Daya Tarik Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Ani Novita Sari

1. Suasana Pantai yang Sejuk

Berbagai macam pohon seperti pohon kelapa dan pohon pandan banyak tumbuh di sekitar bibir tebing dan tentunya di area Pantai Widodaren. Kesejukan alami pantai akan pengunjung dapatkan ketika memasuki lokasi pantai ini. Semilir angin semakin membuat pengunjung merasa nyaman berada di pantai yang menawan ini.

Kepenatan dan rasa bosan dengan aktivitas sehari-hari yang dilakukan akan seketika sirna setelah melihat pantai yang sangat menawan ini. Rasa tenang dan damai ketika melihat deburan ombak dan pemandangan di sekitar pantai. Bahkan tidak heran jika pengunjung betah untuk berlama-lama duduk melihat keindahan pantai ini dari atas tebing.

2. Area Berkemah

Dipercantik dengan keberadaan tebing yang luas dan perbukitan lapang yang ditumbuhi rumput hijau, tepatnya berada di sebelah Timur. Hal ini menjadikan Pantai Widodaren sebagai salah satu tujuan favorit untuk kegiatan berkemah.

Pengunjung dapat mendirikan tenda disini, tentunya berbagai peralatan harus disiapkan seperti tenda, makanan ringan, dan keperluan lainnya. Persiapkan tenda, kemudian dirikan, dan setelah itu kita akan dimanjakan dengan semilir angin laut dan debur ombak yang menenangkan

Berkemah di malam hari adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan yang bisa dilakukan di pantai indah ini. Segala kepenatan akan hilang dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan di pantai ini bersama dengan orang-orang tercinta.

3. Tebing Berbatu

Liburan terasa tidak lengkap jika belum melakukan foto selfie bersama orang-orang kesayangan. Pantai Widodaren ini memiliki sebuah tebing berbatu yang dilengkapi dengan deburan ombak, di mana lokasi ini adalah spot favorit untuk melakukan dokumentasi. Selain itu, pemandangan pantai secara keseluruhan dapat dinikmati di lokasi tebing ini.

Selain itu, melalui tebing ini, kita juga dapat menyaksikan keindahan Bentangan Laut Selatan. Deburan ombak juga sering menyembur mengenai dinding tebing ini yang semakin menambah eksotisnya objek wisata ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Ermawan

4. Tepi Pantai

Walaupun memiliki bibir pantai yang tidak luas, namun keindahan pasir yang jernih dan bersih bersatu dengan deburan air laut adalah hal yang membuat siapa saja betah untuk duduk bersantai di tepi pantai ini. Pengunjung juga dapat melihat desiran ombak yang semakin menambah pesona pantai Widodaren.

5. Batu Karang

Berbagai batu karang terdapat di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan duduk bersantai di atas batu kerang. Pengunjung harus berhati-hati, karena ada beberapa struktur batu karang yang masih tajam. Pengunjung juga harus mewaspadai deburan ombak besar yang bisa datang secara tiba-tiba.

6. Bukit di Sekitar Pantai

Fenomena alam tergambar dengan sangat indah di pantai Widodaren. Tidak hanya pesona lautannya saja, namun pesona daratan pun tidak kalah cantiknya. Salah satunya adalah bukit yang ada di pantai ini. Gugusan dari beberapa pantai yang letaknya berdekatan dengan pantai dapat dinikmati melalui bukit ini.

Pepohonan yang rindang dan tumbuh dengan subur, dapat dijadikan sebagai alternatif untuk beristirahat sejenak sambil menikmati rindangnya pepohonan yang ada.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps siti khadijah

Yogyakarta banyak memiliki pantai yang indah, salah satunya Pantai Widodaren. Untuk menuju pantai ini dibutuhkan perjuangan yang cukup memakan waktu, dikarenakan belum memadainya akses menuju ke pantai yang cantik ini. Pantai ini terletak tepatnya di Desa Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Saptosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada 2 rute yang dapat dipilih untuk dilalui, yaitu melalui pantai Ngerehnehan, setelah itu selama 40 menit perjalanan dilanjutkan ke arah timur kemudian beberapa bukit yang menantang akan dilewati. Pengunjung akan disuguhi rute yang berliku dan menguji nyali agar bisa tiba di lokasi pantai ini

Untuk jalur kedua, akan diawali dari lokasi Pantai Ngerehnehan ke arah timur, setelah itu jalur bebatuan yang terjal dilewati. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit jika memilih jalur bebatuan. Lalu sampailah ke lokasi pantai ini. Rasa lelah dan resiko perjalanan seketika menguap ketika suasana pantai dan keindahannya menyambut.

Lokasi yang masih sulit dijangkau dengan kendaraan dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit hingga 60 menit dari pusat kota Wonosari, sehingga pengunjung harus benar-benar mempersiapkan segala hal, termasuk waktu dan tenaga. Rute perjalanan yang masih dikelilingi hutan, bukit dan jalan setapak adalah bukti bahwa lokasi wisata ini harus benar-benar membutuhkan dari pihak terkait untuk menyediakan fasilitas yang lebih memadai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Arya the Sneakerhead Pirate

Pantai Widodaren masih dalam tahap pengembangan sebagai salah satu objek wisata. Saat ini harga tiket yang dibuat oleh pengelola adalah setiap orang dikenakan biaya Rp 5000. Biaya ini belum termasuk biaya parkir kendaraan. Harga yang cukup terjangkau bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Harga tiket ini terbilang murah dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ada di daerah Yogyakarta. Namun, dengan murahnya harga tiket masuk menjadikan pantai ini selalu ramai dengan pengunjung, terutama di hari libur.

Aktivitas Seru di Pantai Widodareni

Aktivitas Seru Pantai Widodareni
Image Credit: Google Maps Kurnia Damar

1. Hunting Foto

Aktivitas ini merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengunjung di Pantai Widodaren nan cantik ini. Keindahan pantai akan menggoda siapa saja untuk sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang sangat indah.

Spot terbaik bisa didapatkan di pantai yang memiliki arti bidadari ini. Koleksi foto pribadi pun akan bertambah dengan foto-foto instagenik ditempat ini.

Setiap sudut dari pantai cantik ini adalah spot yang menarik, sehingga pengunjung harus bisa memanfaatkan momen liburan mereka. Siluet-siluet pantai, deburan ombak, dan berbagai karang yang ada dapat dimanfaatkan sebagai background foto.

2. Duduk di Tepi Pantai

Kesejukan pantai dan suasana yang sangat nyaman adalah kesan yang akan didapatkan ketika berada di Pantai Widodaren. Hamparan pasir yang jernih dan bersih serta deburan ombak, membuat pengunjung akan betah berada di tepi pantai ini. Pengunjung bisa duduk sambil meluruskan kaki dan bermain pasir

3. Menikmati Keindahan Alam

Memiliki tebing tinggi adalah kelebihan pantai cantik ini. Keindahan alam pantai akan tergambar dengan jelas ketika kita berada di tebing pantai ini. Duduk dan bersantai di tebing sambil menikmati keindahan alam adalah kenikmatan tersendiri bagi pengunjung.

Pantai adalah tempat yang paling tepat bagi siapa saja yang ingin mencari ketenangan. Deburan ombak dan angin semilir memberikan sensasi tersendiri bagi tubuh. Di pantai ini juga keindahan alam yang tersaji mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan dalam menciptakan pantai Widodaren.

Aktivitas Seru di Pantai Widodareni
Image Credit: Google Maps Muh Ismail

4. Berkemah

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari, bisa memilih kegiatan berkemah. Tebing yang luas dan perbukitan lapang yang ditumbuhi rumput hijau sangat cocok digunakan untuk berkemah. Berkemah bisa dilakukan bersama dengan orang-orang yang disayang.

Menikmati suasana malam di sekitar pantai ini tentunya akan menjadikan kenangan tersendiri yang tidak akan terlupakan bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke pantai ini. Dinginnya angin laut di malam hari akan menambah kesegaran udara di sekitar pantai.

5. Memancing Ikan

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah memancing ikan. Untuk kegiatan ini, pengunjung harus menyiapkan kail dan umpan. Biota laut yang beragam banyak terdapat di sekitar Pantai Widodaren. Bagi para pemancing mania, tebing yang tinggi adalah tempat yang sangat mengasyikkan untuk menyalurkan hobi memancing mereka.

Berbagai peralatan memancing harus di siapkan, terutama alat pancing pribadi. Lokasi atas tebing adalah tempat favorit pemancing, namun terkadang ombaknya cenderung besar, sehingga pemancing juga harus selalu berhati-hati terhadap deburan ombak yang tidak bisa diperkirakan.

6. Bermain Pasir

Jernihnya air laut dan bersihnya pasir di lokasi ini membuat pengunjung dapat memanfaatkannya dengan bermain pasir terutama untuk pengunjung anak-anak. Bermain pasir adalah latihan mengasah kemampuan anak, terutama motorik kasar yang mereka miliki.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Ayudyah Pamungkas

Walaupun letaknya lumayan jauh dari pusat kota, Pantai Widodaren dilengkapi dengan beberapa fasilitas, yaitu:

1. Lahan Parkir

Lahan parkir yang disiapkan untuk kendaraan pribadi pengunjung, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun sayangnya di lokasi ini tidak terdapat kendaraan umum dan hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi saja.

2. Warung Sederhana

Terdapat warung sederhana di sekitar Pantai Widodaren yang menyediakan makanan dan minuman. Tentunya dengan harga terjangkau, jadi pengunjung tidak perlu merasa khawatir akan kelaparan

Alangkah baiknya jika pengunjung membawa stok makanan ringan dari rumah, sehingga dapat langsung dinikmati saat tiba di pantai indah ini.

3. Penyewaan Tikar

Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan seperti tikar, maka di sekitar lokasi ini pengunjung bisa memanfaatkan jasa penyewaan tikar. Tikar tersebut digunakan sebagai alas untuk duduk atau bersantai sambil menikmati keindahan alam di tepi pantai.

4. Toilet

Untuk sarana toilet, di pantai ini belum tersedia, sehingga disarankan untuk bisa menggunakan sarana toilet yang terletak di pantai sebelahnya yang sekaligus menjadi lahan parkir. Masih terbatasnya fasilitas yang ada, semoga bisa menjadi perhatian pemerintah daerah setempat, terutama fasilitas toilet.

Pantai Widodaren adalah sebuah pantai yang memiliki keindahan unik dan mempesona. Suasana alam yang sejuk semakin membuat pengunjung merasa dimanjakan dengan pesona pantai ini. Walaupun letaknya cukup jauh, namun pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Daya tarik yang dimiliki telah berhasil membuat pengunjung berdecak kagum.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending