Pantai Gatra Malang Selatan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Gatra Malang Selatan

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Gatra termasuk dalam Clungup Mangrove Coservation di Malang Selatan. Wisata bahari yang menawarkan pemadangan alam memesona layaknya Raja Ampat.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sendang Biru, Kec. Sitiarjo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Gatra merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi. Tempatnya eksotis tidak kalah dengan Pantai yang ada di Bali. Pasir putihnya sangat bersih dan halus, nyaman untuk diduduki dan dibuat berjalan. Pengunjungnya terbilang tidak begitu ramai. Karena dari pihak pengelola memang sengaja membatasi jumlah yang boleh masuk.

Garis pantainya cukup panjang untuk berjalan menikmati angin pantai dan gemuruh suara ombak. Menjadi salah satu Raja Ampatnya wilayah Jawa Timur. Tempatnya bersih dan sangat terjaga dari kerusakan oleh tangan jail pengunjung. Karena tidak semua diperbolehkan untuk masuk, kecuali memenuhi beberapa persyaratan dari pengelola.

Pihak pengelola juga memberikan beberapa fasilitas umum yang menunjang untuk digunakan oleh pengunjung. Selain itu, juga terdapat tiket yang bisa dibayarkan saat ingin masuk ke kawasan Pantai Gatra dengan besaran nominal yang telah ditentukan. Banyak hal yang bisa dilakukan di sana, yang pastinya tidak akan mengecewakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gatra

Daya Tarik Pantai Gatra
Image Credit: Twitter.com @mybuknyu

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai di daerah Kabupaten Malang, yang masih bersih dan sepi. Pantai tersembunyi yang bersih dari sampah pengunjung. Pihak pengelola juga tidak mentargetkan jumlah pengunjung. Karena dikhususkan sebagai tempat konservasi dibandingkan tempat wisata.

1. Pantai yang Asri dan Terjaga

Bisa dipastikan tidak ada sampah pengunjung yang berserakan. Apabila terlihat kotor, maka itu adalah bawaan dari arus air laut yang terbawa hingga bibir Pantai. Hal ini disebabkan karena setiap pengunjung yang sengaja meninggalkan sampah akan ditindak tegas oleh pengelola sesuai dengan kesepakatan sebelum masuk.

Uniknya di sini, setiap pengunjung akan diberikan edukasi tentang kebersihan dan kelestarian flora ataupun fauna yang ada di Pantai mulai dari awal masuk. Pengelola akan memastikan dengan jelas, bahwa setiap pengunjung paham betul dengan tata tertib yang harus dipatuhi selama berada di sana.

Setiap barang bawaan telah dicatat sebelum masuk dan di cek kembali ketika akan meninggalkan tempat. Barang bawaan yang berpotensi menyumbang sampah, akan ditulis untuk mengantisipasi hal-hal yang tak dinginkan untuk melanggar aturan. Semuanya dihimbau untuk membawa kembali sampah yang dibawa bersama saat keluar.

BACA:  Pantai Ngliyep Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Daya Tarik dari Pantai Gatra
Image Credit: Twitter.com @starindotravel

2. Pasir Putih yang Bersih

Pasir putihnya yang bersih nyaman digunakan untuk beraktivitas dan bermain pasir. Bibir pantai yang melintang cukup luas memberikan kesempatan yang lebih leluasa dalam bermain di area pasir. Bersantai bersama menikmati pemandangan laut yang luas bisa menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu Anda di Pantai Gatra.

Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa ikut andil dalam menjaga kelestarian mangrove dengan memberikan donasi seikhlasnya. Sejarah mencatat, bahwa daerah pantai ini pernah berada pada masa kelam, saat harus berubah dari lahan Magrove ke lahan pertanian Warga.

Akibatnya banyak area yang tidak terurus menjadi tandus dan terbuka. Akhirnya masyarakat mulai sadar kemudian bersama Pemerintah mencoba memperbaikinya dengan menjadikannya sebagai wilayah Konservasi Manggrove dan hutan lindung.

3. Pemandangan Bukit Kapur

Satu lagi daya tarik dari Pantai Gatra yaitu pemandangan bukit-bukit kapur di sekitar hutan mangrove yang sangat indah. Ditambah lagi dengan sebaran batu coral yang mempeosana. Sehingga tidak heran jika pengunjung kebanyakan berasal dari kalangan anak muda, dibandingkan orang dewasa ataupun keluarga.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Gatra

Alamat Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps (Ade Irma Suryani)

Pantai Gatra, tempat konservasi yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Terletak di daerah Sedang Biru yang berada di wilayah administratif Kabupaten Malang bagian selatan. Saat ini akses menuju lokasi telah diperbaiki dan mudah ditemukan dengan berbagai penunjuk arah menuju lokasi.

Jika Anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi bisa menempuh perjalanan melalui akses daerah Turen. Setelah itu bisa mengikuti penunjuk jalan yang ada, menuju arah tujuan Sendang Biru. Saat tiba di sekitaran Sedangbiru, Anda bisa bertanya kepada Masyarakat sekitar mengenai arah menuju Bank BRI terdekat.

Setelah itu akan terdapat petunjuk menuju kawasan pantai yang bisa Anda temukan di sekitarnya. Dari arah tersebut, Anda bisa mencapainya dengan jalur Pantai Clungup. Terdapat sebuah jalan setapak yang dibangun sepanjang 1,3 KM dalam bentuk jalan tanah. Kondisinya akan memburuk saat musim hujan. Hanya roda dua yang bisa masuk.

Setelah itu sekitar 500 meter harus ditempuh dengan jalan kaki untuk menuju lokasi. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat harus memarkirnya di area TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Jangan Khawatir untuk keamanan karena ada penjaga yang bertugas, dan tentunya Anda harus membayar untuk itu.

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra Malang Selatan

Harga Tiket Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps (Febby Kurniawati)

Saat Anda memasuki wilayah konservasi Pantai Gatra, tentunya ada tiket yang harus dibayarkan. Ada beberapa yang mengatakan bahwa tidak ada target minimal yang perlu dibayarkan, karena menggunakan sistem infaq. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa terdapat jumlah dengan nominal yang ditentukan untuk dibayarkan saat masuk.

BACA:  10 Pantai Terindah di Papua yang Wajib Dikunjungi

Tarif itu sekitar 10.000,-/orang, Untuk biaya parkir tidak termasuk di dalamnya. Pengunjung yang membutuhkan pemandu untuk menemani perjalanan agar lebih aman perlu merogoh kocek tambahan sebesar Rp 50.000,- hingga Rp100.000,- untuk satu kelompoknya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Gatra

Aktivitas di Pantai Gatra
Image Credit: Twitter.com @puspitafm

1. Wisata Pulau-Pulau Karang yang Indah

Sebagai salah satu Pantai di Kabupaten Malang, tempat ini memang tidak terlalu tersohor dibandingkan Pantai lainnya. Namun, ada hal unik yang bisa Anda nikmati saat berkunjung yaitu pemandangan Pulau-Pulau kecil yang berbentuk karang berwarna hijau. Berada di tengah memecah deburan ombak sehingga menjadi lebih tenang.

Selayaknya di Raja Ampat Papua, keberadaannya juga bisa menjadi spot foto terbaik. Saat ombak dalam keadaan surut, Anda bisa menyeberangi Pulau ini. Dari sini Anda bisa melihat beragam biota laut kecil yang hidup di dalamnya. Pengalaman ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan, karena tidak banyak ditemui di tempat lain.

2. Camping

Saat siang hari pemandangan akan terlihat begitu jelas karena sinar matahari yang bersinar terang. Sehingga semua keindahan alamnya tertelanjangi oleh mata Anda tanpa pembatas. Namun, pagi di Pantai Gatra juga tidak akan kalah menawan, dengan pemandangan indah dari Matahari terbit yang memancar indah.

Malam hari di pantai ini juga semakin mempesona ditemani gemuruh suara ombak dan juga pemandangan laut lepas yang menenangkan. Dengan sedikit cahaya lampu, serta sinar dari bintang dan rembulan yang menambah suasana romantis. Untuk menikmatinya Anda bisa melakukan Camping, di sana juga terdapat penyewaan tenda dan alat lainnya.

3. Susur Pantai

Lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata lainnya, memungkinkan Anda untuk melakukan susur pantai. Jika memiliki waktu lebih sekitar 2-3 jam Anda bisa menemukan Pantai lain di sepanjang jalur konservasi.

Beberapa Pantai yang bisa Anda temukan di antaranya Pantai Bangsong, Tiga Warna, Teluk Asmoro, Savana dan Pantai Mini. Semuanya berada di sekitar Jalur Konservasi Pantai Gatra, yang juga banyak dikunjungi karena keindahan pemandangannya.

4. Melihat Wilayah Konservasi Mangrove

Anda sebagai pengunjung pantai ini diperbolehkan untuk melihat dan menjelajahi kawasan hutan Mangrove yang ada. Pemandangan hutan sangat alami dan indah. Selain itu juga perlu diingat, bahwa diwajibkan bagi Anda untuk menjaga kebersihannya sesuai peraturan dan kesepakatan di awal masuk.

Kawasan hutan Mangrove bisa diakses dari Pantai Gatra menuju ke area Pantai Clungup. Jika khawatir tersesat atau agar lebih aman, Anda bisa menyewa guide. Berangkat bersama kelompok besar lebih murah dan terjaga.

5. Berfoto

Kegiatan satu ini pastinya tidak bisa dilewatkan dan atau terlewatkan yaitu berswafoto bersama untuk mengabadikan momen indah. Karena suasana dan juga pesona keindahan Pantai Gatra tidak bisa dilewatkan tanpa mengabadikannya.

BACA:  10 Wisata Pantai di Palu yang Paling Indah

Banyak Spot foto yang bagus dan cocok untuk dijadikan pemanis timeline sosial media Anda. Diantarnya Pulau-pulau Karang yang hijau, hutan Mangrove, serta pemandangan lepas pantai yang bersih dengan pasir putih lembut.

6. Berolahraga

Selain camping, berfoto, dan menyusuri kawasan konservasi hutan lindung mangrove, Anda juga bisa berolahraga. Bibir pantai yang luas dan pasir putihnya yang lembut, sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk olahraga.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah voli pantai dan juga sepak bola pantai. Peralatannya bisa Anda bawa dari rumah, karena belum ada tempat penyewaan di sana. Sedangkan untuk surfing memang tidak cocok karena ombaknya terlalu tenang.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Gatra

Penginapan di Pantai Gatra
Image Credit: Traveloka.com

1. Homestay Dhilpratis

Penginapan yang murah dengan lokasi strategis dekat dengan lokasi menuju pantai cantik ini. Harga yang ditawarkan juga cukup murah dengan fasilitas kamar nyaman, pelayanan 24 jam, hingga tambahan kipas angin. Tarif untuk menginap yang harus dibayarkan sebesar Rp 266.000,- per malam.

2. Homestay Ariesta

Salah satu penginapan yang berada di daerah Sendang biru dan dekat dengan lokasi Pantai Gatra. Fasilitas yang ditawarkan nyaman, dengan beberapa penunjang layanan. Harganya juga lebih murah yaitu sekitar Rp 180.000,- per malamnya. Selain itu juga dekat dengan lokasi lainnya, seperti Sedang biru, Kondang Buntung, dan juga Waru-waru.

3. Pondok Bamboe

Penginapan ini terbilang lebih mewah dibandingkan kebanyakan tempat lainnya. Fasilitasnya lebih bagus dengan tambahan AC sebagai pelengkap. Lokasinya berada di daerah Tambakrejo, Sendang biru, dekat dengan pantai-pantai. Tentunya untuk menginap di sini, Anda perlu merogoh kocek lebih sekitar Rp 337.000,- per malamnya.

4. Penginapan Labda Asri

Letaknya berada di daerah Desa Tambak Rejo, Sendang Biru yang dekat dengan lokasi Pantai. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan penginapan-penginapan lainnya. Hanya harganya lumayan lebih mahal dibandingkan yang lain. Harga yang harus Anda bayarkan sebesar Rp 301.000 untuk sekali menginap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gatra Malang

Fasilitas di Pantai Gatra
Image Credit: Facebook.com @miano.thellano

Fasilitas yang tersedia di Pantai Gatra, sudah bagus. Pengelola menyediakan fasilitas penunjang seperti tenaga pemandu, dan juga penyewaan alat-alat camping yang cukup lengkap.

Fasilitas pendukung lain yang bisa Anda gunakan diantaranya seperti tempat makan, akomodasi, tempat parkir, dan juga kamar mandi umum yang bersih. Pengunjung tidak perlu khawatir saat lapar dan melakukan kegiatan di Pantai, karena semua penunjang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Begitulah gambaran khusus dari Pantai Gatra. Mulai dari rute, daya tarik, fasilitas penunjang, penginapan, dan informasi penting lainnya yang bisa Anda akses. Kebersihan dan keamanan terjamin, walau sepi tapi asik untuk dinikmati keindahannya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending