Pulau Banyak Aceh Singkil – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Banyak Aceh Singkil – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Banyak salah satu wisata bahari nan eksotis di Aceh Singkil yang kaya pesona. Pulau dengan hamparan pasir putih, air yang jernih dan keindahan bawah laut yang layak dikunjungi saat liburan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 27.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Pulau Banyak Barat, Kab. Aceh Singkil, Aceh; Map: Cek Lokasi

Belum banyak yang tahu bahwa di Aceh Singkil terdapat destinasi wisata yang sangat mengagumkan. Apalagi kalau bukan Pulau Banyak yang menjadi primadona di daerah tersebut. Tempatnya yang lumayan jauh membuat pulau eksotis di Aceh Singkil masih tidak terlalu banyak turis yang berkunjung.

Sehingga, penampakan dan pemandangan alam di tempat itu tergolong masih alami. Anda akan benar-benar dimanjakan oleh berbagai hal yang bisa ditemui di tempat tersebut. Destinasi wisata tersebut cocok untuk para turis yang suka melakukan kegiatan berjelajah.

Walaupun tidak sepopuler dengan berbagai pulau lainnya, namun pesonanya mampu membuat setiap pengunjung betah berlama-lama berada disana. Pulau cantik ini juga kerap dinilai sebagai salah satu destinasi di Indonesia yang eksotis. Nah, berikut ini berbagai informasi mengenai Pulau Banyak supaya Anda tidak semakin penasaran.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Banyak

Daya Tarik Pulau Banyak
Image Credit: Twitter.com @yudiranda

1. Terdapat Banyak Pantai Kecil

Keindahan alam yang disuguhkan tak lepas dari beragam pantai-pantai kecil yang ada di tempat itu. Sehingga, Anda tidak hanya bisa menikmati pesona Pulau Banyak saja, namun juga beragam keindahan yang terpancar dari pantai-pantai kecil tersebut. Sangat cocok untuk turis yang gemar menikmati liburan di pantai.

2. Pantainya Memiliki Pasir Putih

Siapa pun pasti tidak akan menolak untuk menikmati pasir putih yang halus yang ada di tempat tersebut. Selain indah, pasir putih tidak akan membuat kaki Anda merasa sakit ketika menginjaknya tanpa memakai alas kaki. Pasir putih juga membuat pantai-pantai yang ada di sekitar pulau nampak berkilauan dengan cahaya.

3. Air Laut yang Bersih

Pemandangan air laut disana juga tidak kalah cantik dengan pasir putihnya. Hamparan lautannya memiliki air yang sangat jernih serta dengan warna biru kehijauan. Hal ini tentunya menjadi daya tarik penting untuk membuat orang-orang ingin berkunjung ke Pulau Banyak.

Daya Tarik dari Pulau Banyak
Image Credit: Google Maps (Reka Horvath)

4. Masih Sepi Pengunjung

Tak banyak pengunjung yang akan Anda temui saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Setidaknya hanya ada beberapa spot tertentu saja yang terlihat sedikit ramai oleh pengunjung. Oleh karena itu, liburan Anda akan semakin terasa nyaman dan tenang, tanpa ada banyak gangguan dari orang lain. Tempat tersebut juga akan berasa menimbulkan kesan sedang berlibur di Pulau pribadi.

5. Angin Sepoi-Sepoi

Banyak pohon kelapa di tempat wisata tersebut yang selalu melambai-lambaikan daunnya. Oleh sebab itu, hembusan angin sepoi-sepoi dari pohon kelapa akan senantiasa menemani perjalanan Anda di Pulau Banyak. Hal tersebut mampu membuat suasana hati para pengunjung yang awalnya kelelahan akibat perjalanan yang panjang seketika menjadi gembira lagi.

6. Terumbu Karang yang Indah

Kelestarian terumbu karang yang ada mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata tersebut. Kelestarian itu tak lain akibat sangat jarang orang yang memburu terumbu karang disana. Apalagi keindahan terumbu karang sangat terlihat dengan mata telanjang karena air lautnya yang juga jernih.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Banyak

Alamat Pulau Banyak
Image Credit: Twitter.com @dishub_aceh

Pulau eksotis ini berada di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Indonesia. Sebenarnya, tempat wisata tersebut lebih dekat apabila ditempuh dari Kota Medan. Ada beragam jalur yang bisa Anda pilih apabila ingin mengunjungi tempat tersebut. Namun, kebanyakan pengunjung lebih memilih jalur darat karena biayanya yang lebih terjangkau dibandingkan jalur udara.

Apabila Anda dari Banda Aceh, naiklah angkutan umum menuju Singkil dengan harga 200 ribu sampai 250 ribu. Selain itu, Anda juga dapat memilih memakai kendaraan pribadi, dengan waktu tempuh sekitar 12 jam 46 menit dengan jarak kurang lebih 646 km. Namun, jika Anda dari Medan akan menuju ke Singkil, dengan memakai kendaraan pribadi akan menempuh waktu kurang lebih 7 jam 24 menit serta jarak yang dilalui sekitar 268 km.

Anda juga bisa memilih jalur udara dengan menumpangi pesawat dengan harga tiket untuk satu orang mulai yang paling murah sekitar 774.000 rupiah sampai yang paling mahal sekitar 5.941.000 rupiah. Setelah tiba di Bandara Kualanamu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Singkil dengan menyewa sebuah mobil travel.

Sesampainya disana, Anda langsung saja menuju ke Pelabuhan Ferry serta Pelabuhan Tambat Boat yang ada di Jembatan Tinggi Pulo Sarok. Setelah itu, Anda bisa memakai speed boat, boat tradisional, maupun kapal ferry menuju Pulau Banyak.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Banyak Aceh Singkil

Estimasi Pulau Banyak
Image Credit: Gooogle Maps (Barmawi channel)

Supaya bisa memasuki kawasan tempat wisata Pulau Banyak, para pengunjung tidak akan dikenakan biaya untuk tiket masuk sepeser pun. Kendati demikian, Anda tetap harus menyiapkan uang untuk biaya-biaya lain.

Misalnya saja untuk menyewa kapal ferry sekitar 27 ribu per orang, boat tradisional sekitar 30 ribu per orang, dan speed boat sekitar 1.100.000 sampai 1.500.000 untuk 9 orang. Agar lebih praktis, Anda dapat memanfaatkan jasa travel dan tour yang memakan biaya sekitar 700 ribu hingga 2 juta rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Banyak

Aktivitas di Pulau Banyak
Image Credit: Instagram.com @meiyin_izs

1. Camping

Di Pulau Banyak, para pengunjung diperbolehkan untuk mendirikan tenda untuk berkemah di tempat itu. Akan tetapi, harus membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri seperti logistic, makanan, dan minuman. Berbagai spot yang eksotis di tempat wisata tersebut yang cocok untuk berkemah seperti Pulau Panjang dan Pulau Asok.

Berkemah di tempat wisata tersebut pastinya dapat menjadi suatu pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan. Saat malam telah tiba, Anda dapat menyalakan api unggun yang besar dan juga bercengkrama serta berkumpul dengan sesama rekan.

2. Diving dan Snorkeling

Dunia bawah laut yang tersaji di pulau ini tidak kalah dengan berbagai spot snorkeling di tempat lain. Disini ada banyak spot untuk diving dan snorkeling seperti Pulau Sikandang, Pabisi, Matahari, Rago-rago, dan Asok. Pada kedalaman 3 m, Anda sudah bisa menikmati keindahan dari ekosistem bawah laut.

3. Berselancar

Banyak pengunjung lokal maupun manca negara yang bilang bahwa di pulau tersebut menjadi salah satu spot berselancar terbaik di dunia. Tempat tersebut sering diburu oleh peselancar dunia karena ketinggian ombaknya mencapai 6 m dengan garis ombak panjang.

Aktivitas Pulau Banyak
Image Credit: Instagram.com @pulaubanyaktravel

4. Melihat Sunset

Menyaksikan panorama matahari tenggelam merupakan kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Anda dapat melihat sunset dari tepian pantai sambil mendengarkan suara air yang menenangkan. Lukisan alami akan tampak dari pemandangan ketika langit mulai berubah warna. Lebih lengkap lagi apabila Anda menikmati suasana tersebut berasama orang tersayang.

5. Tracking

Di tempat tersebut ada gugusan pulau bernama Tuangku. Petualangan menyusuri hutan tropis dan gunung merupakan sensasi yang ditawarkan oleh Pulau Tuangku. Keselamatan juga sudah diperhatikan karena disediakan pemandu yang berasal dari masyarakat setempat.

Saat melakukan petualangan, Anda akan disuguhkan banyak satwa yang berkeliaran seperti babi hutan, kancil, beo nias, dan lain-lain.

6. Mengunjungi Tempat Konservasi Penyu

Di tempat wisata tersebut tepatnya di gugusan Pulau Bangkaru, terdapat pula konservasi penyu sebagai hewan yang dilindungi. Apabila beruntung, Anda dapat menyaksikan ketika penyu bertelur pada malam hari. Dikarenakan penyu sangat sensitif, adanya sedikit cahaya dan suara maka proses bertelur bisa terganggu.

Disana pengunjung dapat bertemu dengan 3 spesies penyu seperti penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu hijau. Penyu-penyu tersebut panjangnya hingga mencapai 1,5 m dengan berat sekitar 200 kg. Penyu yang paling langka di tempat tersebut adalah penyu sisik. Sehingga, pengunjung dilarang mengganggu kelestarian ekosistem penyu disana.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Banyak

Penginapan Pulau Banyak
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. The Coral Sikandang

The Coral Sikandang merupakan penginapan yang benar-benar lekat dengan alam. Sehingga, penginapan ini sering diburu oleh pengunjung yang suka dengan nuansa tropis dari Pulau Banyak. Bermalam di penginapan The Coral Sikandang dapat menyajikan suasana yang damai. Pada setiap cottage terdapat pemandangan pantai yang dilengkapi dengan pasir putih yang indah.

Di spot tersebut umumnya dijadikan oleh para pengunjung untuk melakukan aktivitas sun bathing. Penginapan tersebut sering dikatakan sebagai perumahan sederhana di tepi pantai. Dindingnya terbuat dari anyaman bamboo dan atapnya berasal dari rumbai.

2. The Palambak Dream

Penginapan The Palambak Dream sering dijadikan sebagai pilihan oleh para pengunjung yang berasal dari luar negeri. Namun, tak jarang pula pengunjung dalam negeri yang terlihat menginap disana. Suasana alam yang cantik dan memukau disajikan di penginapan tersebut mampu memukau siapapun yang melihatnya. Penginapan ini juga akan menjauhkan dan mengurangi penggunaan internet dari diri Anda.

Ketika berada di penginapan The Palambak Dream dapat merasakan sensasi tidak terhubung dan jauh dengan dunia luar. Pengunjung bisa melupakan berbagai pekerjaan dalam sejenak dan menyibukkan diri dengan menikmati liburan dengan tenang. Harga yang dibutuhkan agar bisa menginap disini kisaran 250 ribu hingga 370 ribu rupiah saja.

3. Sunshine Homestay

Pengelola yang bekerja di Sunshine Homestay sangat komunikatif dan menguasai Bahasa Inggris. Sehingga, cocok untuk para pengunjung yang berasal dari manca negara. Tersedia pula fasilitas penukaran mata uang asing atau money charger yang menjadi daya tari penginapan tersebut. Berbagai kegiatan menarik juga ditawarkan di kawasan penginapan ini.

Misalnya saja seperti jalan-jalan mengelilingi pulau, bersepeda, memancing, berjemur, dan masih banyak lagi. Di Penginapan Sunshine Homestay tersedia dengan 5 jenis kamar. Harga yang dipatok juga tidak akan menguras kantong, yakni sekitar 250 ribu untuk satu malam. Ada juga yang lebih mahal dan lebih murah lagi tergantung dengan jenis kamar yang Anda inginkan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Banyak Aceh Singkil

Fasilitas Pulau Banyak
Image Credit: Google Maps (Barmawi channel)

Beragam fasilitas sudah tersedia di tempat wisata Pulau Banyak. Berbagai fasilitas tersebut juga terbilang sudah memadai bagi pengunjung. Berbagai fasilitas yang dimaksud seperti perahu, speedboat, persewaan tenda, persewaan papan seluncur, persewaan kano, persewaan kayak, serta pemandu wisata.

Oleh karena itu, para pengunjung tidak harus susah-susah membawa terlalu banyak barang dan perlengkapan saat akan mengunjungi tempat wisata tersebut. Selain cukup lengkap, harga sewa yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Itulah beragam informasi mengenai Pulau Banyak yang ada di Aceh Singkil. Anda dapat menjadikan tempat wisata tersebut sebagai referensi Anda, agar liburan tidak terasa membosankan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending