Pulau Kayangan, Makassar

Pulau Kayangan, Makassar

Lokasi: Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali pulau pulau kecil yang memiliki surga keindahan tersembunyi. Salah satu pulau yang memiliki keindahan yang sangat memukau adalah Pulau Kayangan yang terletak di Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki panorama alam yang berbeda dibandingkan dengan pulau lain yang ada di daerah tersebut. Yuk intip apa saja keseruan saat mengunjungi Pulau Kayangan di Makassar tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kayangan

Daya Tarik Pulau Kayangan
Image Credit: Instagram.com @feelindonesia

Nampak dari jauh Anda akan melihat Pulau Kayangan sudah memancarkan pesona yang sangat cantik. Pemandangan ini seakan membuat siapa saja tak sabar untuk datang berkunjung ke pulau tersebut. Saat menuju ke pulau ini para pengunjung bisa menikmati keindahan yang dimiliki oleh Kota Makassar tersebut. Anda juga akan merasakan hawa yang sangat sejuk dengan pemandangan pantai biru yang luas di depan mata.

Pulau Kayangan memiliki luas sekitar satu hektar dan merupakan pulau tanpa penghuni. Sehingga pulau ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama dengan keluarga dan juga menghabiskan waktu liburan. Saat Anda sampai di Pulau Kayangan bentangan pasir putih akan semakin terlihat luas ditambah air laut yang tampak jernih sehingga nampak bagian pedalaman dari pulau tersebut.

Di pesisir pantai para pengunjung bisa memandang birunya air laut ditambah dengan rimbunya pohon dan gugusan pulau pulau kecil. Tidak hanya itu matahari yang terbenam juga tampak jelas dari sudut ini. Para pengunjung bisa melihat kesibukan pelabuhan dengan kapal kapal besar dari kejauhan. Sementara pada malam hari, pulau ini menampilkan wajah lain dari Kota Makassar dan pelabuhan yang penuh cahaya lampu.

Saat baru saja tiba di dermaga, pengunjung akan disuguhkan dengan pasir pantai yang bersih. Di sini pengunjung bisa melakukan banyak sekali aktivitas bersama dengan keluarga atau teman seperjalanan. Pasir yang tampak putih bersih ini menambah kecantikan pulau yang memiliki pesona alam yang tersembunyi. Di pulau ini Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Pulau Kayangan Makassar dengan berburu sunset dan sunrise.

Daya Tarik Pulau Kayangan Makassar
Image Credit: Detik.com

Pemandangan matahari yang terbit dan tenggelam jika disaksikan dari pulau ini akan terlihat sangat apik dan akan memberikan kesan yang berbeda. Seperti dijelaskan sebelumnya jika pada malam hari Anda akan melihat banyak sekali lampu dari Kota Makassar yang terlihat sangat jelas di seberang pulau. Anda akan terkesima dengan pemandangan tersebut, apalagi jika ditemani dengan bulan yang menggantung di angkasa.

Tak hanya sampai di sini saja, pesona bawah pantai juga sangatlah indah dengan rombongan ikan ikan kecil di dalamnya. Keindahan terumbu karang juga akan terlihat dengan jelas dari permukaan pantai. Pulau ini tergolong memiliki kawasan pantai yang tenang dan tidak memiliki ombak yang berbahaya sehingga aman untuk melakukan snorkeling. Ombak yang tenang dan keindahan inilah yang menjadi daya tarik pantai dan membuat semua orang terpesona.

Pulau Kayangan juga terhitung dekat dengan beberapa pulau kecil yang ada di perairan sekitar Makassar. Sehingga Anda bisa berkunjung ke beberapa pulau yang tidak jauh dari Pulau Kayangan seperti Lae Lae yang tak kalah memiliki pesona alam bahari yang luar biasa indahnya. Banyak sekali pengunjung baik dari warga lokal atau luar kota Makassar yang datang berkunjung ke Pulau Kayangan tersebut.

Alamat & Rute Menuju Pulau Kayangan

Alamat & Rute Menuju Pulau Kayangan
Image Credit: Instagram.com @antonyliem

Secara administratif Pulau Kayangan terletak di Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya hanya sekitar kurang lebih 0,8 km dari Kota Makassar sendiri. Pulai ini biasanya dapat dicapai oleh pengunjung dengan menggunakan kapal yang membutuhkan waktu kurang lebih selama 15 menit perjalanan. Untuk bisa menuju ke Pulau Kayangan, maka Anda harus menuju ke dermaga dan menggunakan perahu untuk sampai di lokasi.

Biasanya biaya yang dibutuhkan untuk menyewa perahu kurang lebih sebesar RP. 40.000.- saja. Penyeberangan sendiri hanya tersedia pada pukul 08.00 hingga 20.00 setiap harinya, dan perahu pun akan tersedia setiap 30 menit. Anda bisa mengunjungi Pulau Kayangan selama kurang lebih 24 jam, namun Anda harus memperhatikan waktu keberangkatan perahu yang akan menyebrangkan ke Pulau Kayangan.

Biaya Wisata ke Pulau Kayangan

Biaya Wisata ke Pulau Kayangan
Image Credit: Blog.airyrooms.com

Untuk bisa masuk ke kawasan Pulau Kayangan Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Sehingga pengeluaran yang Anda perlukan hanya sebatas biaya transportasi penyewaan perahu saja. Jika Anda naik kendaraan umum maka Anda bisa menggunakan bis bandara yang akan membawa ke sekitar Pantai Losari. Dari pantai ini Anda hanya harus berjalan kaki menuju Benteng Fort Rotterdam atau bisa langsung naik ke dermaga mini maupun angkutan umum.

Dari kawasan Benteng Fort Rotterdam ini, Anda hanya tinggal menuju dergama yang berada tepat di depan benteng. Kemudian Anda bisa menyewa perahu untuk menyebrangkan Anda ke pulau Kayangan yang ada di seberang. Saat menuju lokasi pulau Anda bisa menikmati keindahan alam di Kota Makassar ditemani dengan semilir angin yang perlahan lahan menyapa Anda.

Kegiatan Seru di Pulau Kayangan

Kegiatan Seru di Pulau Kayangan
Image Credit: Rakyatku.com

Pulau yang memiliki pesona alam yang rasanya tak habis habis untuk dibahas ini sangat digemari oleh para pengunjung. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pulau Kayangan yang ada di Sulawesi Selatan ini. Anda bisa berpose dan melakukan pemotretan di Pulau Kayangan ini. Hamparan lautan biru dan pasir putih akan membuat foto Anda terlihat hits dan juga berbeda dari biasanya.

Selain berfoto ria Anda juga bisa bermain pasir pantai dengan membangun istana atau sekedar bermain pasir biasanya. Bermain air pantai yang tampak tenang juga bisa menjadi pilihan kegiatan yang tak kalah seru saat berkunjung ke Pulau Kayangan ini. Terlebih ombak pantai yang tenang sangat aman untuk area bermain anak anak. Deburan ombak yang tenang ini juga akan membuat siapa saja terpana dan betah untuk berlama lama di area pulau.

Bagi Anda pecinta snorkeling, Anda bisa melakukan snorkeling di pulau tak berpenghuni ini. Ada banyak sekali terumbu karang di bawah laut yang memiliki keindahan alam yang luar biasa cantik. Yang tak kalah menarik, Anda juga bisa berkeliling di pulau ini sembari melihat banyak sekali penginapan yang berdiri kokoh di area pantai tersebut. Anda juga bisa melakukan makan malam romantis dengan pemandangan pantai dan lampu yang sangat memukau.

Penginapan di Sekitar Pulau Kayangan

Penginapan di Pulau Kayangan
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau kecil satu ini. Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat indah di pagi dan sore hari. Untuk menikmati pemandangan ini, Anda bisa menginap di area pulau dengan harga yang cukup terjangkau dan bervariasi untuk satu malamnya. Deretan penginapan akan mudah sekali Anda temui di area pulau tersebut.

Harga yang dipatok pun cukup terjangkau dan pas untuk kantong para treveller. Untuk setiap malamnya Anda harus membayar kurang lebih berkisar Rp. 100.000.- hingga Rp. 300.000.- dengan fasilitas yang lengkap. Atau jika Anda tidak ingin menyewa penginapan, Anda bisa membangun tenda sambil camp dengan pemandangan laut yang sangat keren dan mengasyikkan. Namun Anda harus membawa sendiri peralatan camping agar bisa lebih menghemat biaya pengeluaran.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kayangan

Fasilitas di Pulau Kayangan
Image Credit: Instagram.com @khayanganisland

Pulau Kayangan juga sudah menyediakan beragam fasilitas yang sangat lengkap untuk para pengunjungnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke pulau ini. Tak hanya penginapan, Anda juga akan menemukan banyak sekali toilet dan kamar mandi yang sudah disediakan oleh para pengurus pulau tersebut. Kamar mandi dan toilet ini sangatlah layak untuk digunakan karena selalu dibersihkan oleh para petugasnya.

Beberapa fasilitas seperti tempat ibadah juga dengan mudah Anda temukan beserta dengan fasilitas salat yang lengkap. Bahkan di Pulau Kayangan ini Anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan makanannya. Anda bisa menikmati makanan tersebut sambil melihat gemerlap malam pada malam hari karena lampu di seberang pulau. Berlibur pun akan semakin menyenangkan di Pulau Kayangan bersama dengan keluarga dan orang terdekat.

Itulah beberapa ulasan mengenai Pulau Kayangan yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau para pengunjungnya. Anda bisa berkunjung ke Pulau Kayangan bersama dengan teman, saudara, keluarga atau pasangan. Dengan mengunjungi pulau ini dijamin liburan Anda tidak akan terlupakan. Tunggu apalagi, yuk segera agendakan liburan Anda bersama dengan keluarga atau orang terdekat ke Pulau Kayangan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending