Pulau Kodingareng Keke, Makassar

Pulau Kodingareng Keke, Makassar

Daya Tarik, Rute, Biaya Wisata & Fasilitas – Pulau Kodingareng Keke di Makassar menjadi tujuan wisata bahari terbaik dengan pesona alam memukau nan eksotis dan masih terjaga.

Lokasi: Pulau Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Ketika sedang berpetualang ke kota Makassar, Anda akan dipertemukan dengan salah satu surga Indonesia. Namanya adalah Pulau Kodingareng Keke, nama yang unik dan cukup membuat penasaran para wisatwan. Konon katanya pulau ini jarang terjamah oleh tangan-tangan manusia. Setiap inci keindahan alamnya masih terlihat alami dan terjaga dengan baik. Belum lagi pesona bawah laut dengan kecantikan terumbu karang dan beragam biota laut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kodingareng Keke

Daya Tarik Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Arsy.co.id

Sebenarnya banyak yang sudah tahu perihal keindahan pulau tidak berpenghuni ini. Namun eksistensinya memang belum terasa ke permukaan, hanya beberapa orang saja yang mengetahui. Seiring perkembangan teknologi, Pulau Kodingareng Keke mulai dikenal masyarakat luas secara perlahan. Rata-rata wisatawan yang datang sudah kepincut dengan pesona lautnya. Ditambah dengan hamparan pantainya yang tampak seperti bongkahan batu kapur.

Dari bibir pantai terlihat jelas kejernihan air lautnya, sampai menampakkan pemadangan bawah laut. Bahkan dari permukaan terlihat jelas berbagai terumbu karang yang masih alami. Anda bisa menjadi saksi dari keelokan bawah laut saat melakukan aktivitas snorkeling. Dengan kedalaman sekitar 3-5meter pengunjung dapat mengeskplorasi berbagai biota laut. Pengunjung akan bertemu dengan ikan nemo yang bersembunyi di sela-sela karang.

Di pinggiran pantai terdapat semacam tonjolan ke arah laut, yang sering disebut dengan gusung. Biasanya lokasi ini dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermain air di sekitar pantai. Sesekali Anda akan melihat pemandangan para nelayan yang menyandarkan kapal disana. Terkadang aktivitas para nelayan terlihat di pulau ini, mulai dari memperbaiki jarring hingga membawa hasil tangkapan. Kearifan lokal inilah yang membuat pulau semakin dikagumi.

Daya Tarik Pulau Kodingareng Keke Makassar
Image Credit: Sangkarrang.com

Di Pulau Kodingareng Keke terdapat gedung tiga lantai, yang dibangun untuk tempat istirahat. Bentuk bangunannya seperti villa dan kerap dijadikan sebagai menara pandang. Dari atas bangunan Anda bisa menyaksikan keindahan alam ke seluruh penjuru pantai. Model gedung ini tidak memiliki pintu dan jedela jadi semua sisinya terbuka. Dari sela inilah pengunjung bisa menikmati pesona alam laut, dengan perpaduan warna biru dan hijau.

Di sekitar pulau juga terdapat tanaman pinus, seakan menambah kesan asri dari Pulau Kodingareng Keke. Tanaman ini mulanya ditanam oleh orang Belanda sekitar beberapa tahun lalu. Kemudian dibiarkan tumbuh bebas sampai menjadi rimbun, kerap dijadikan tempat berteduh. Namun rimbunan pohon mulai berkurang dan menyisakan ranting yang mati. Para pengunjung sering menjadikannya sebagai background foto yang cukup instagramable.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Kodingareng Keke

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Yohanesatma.blogspot.com

Lokasi pulau terletak di daerah Ujung Tanah tepatnya di provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15kilometer dari dermaga Kayu Bangkoa, bisa dijangkau dari pusat kota Makassar. Untuk sampai di Pulau Kodingareng Keke, Anda akan melewati perjalanan selama 1 jam dengan menggunakan kapal. Selama menyebrang Anda akan disuguhi pemadangan alam, sehingga perjalanan menuju pulau tidak terasa membosankan.

Anda perlu berangkat dari dermaga Kayu Bangkoa, dan ikut pemberangkatan di pagi hari. Dalam satu hari kapal tersebut hanya berangakat satu kali, dan baru kembali esok harinya. Perahu ini memuat penumpang kurang lebih 30-50 orang, dengan tarif 15 ribu per orang. Atau Anda bisa menyewa speedboat yang bisa menampung sekita 10 orang, dengan kecepatan mesin 40pk. Tentunya tariff sewa speedboat lebih mahal daripada perahu nelayan biasa.

Ketika sampai di dermaga Pulau Kodingareng Keke, Anda akan disuguhi dengan Kampung Nelayan. Disana terdapat beberapa perahu yang biasanya dipakai nelayan untuk berlayar ke lautan. Dari perkampungan ini Anda cukup berjalan kaki sebentar, untuk sampai ke pulau cantik dari Makassar ini. Sambi berjalan menuju lokasi Anda sembari melihat aktivitas para penduduk setempat. Ada yang sibuk menurunkan hasil tangakapan, ada pula yang menjajakan ikan.

Biaya Wisata ke Pulau Kodingareng Keke

Biaya Wisata ke Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Unifarsitektur.wordpress.com

Masalah budgeting memang perlu dipersiapkan sebelum memulai agenda liburan. Hal ini ditujukan supaya aktivitas berlibur menjadi lebih tenang. Tidak perlu khawatir akan kehabisan budget di tengah perjalanan. Anda perlu memperhitungkan mulai dari biaya transport berangkat, hingga pengeluaran saat di lokasi. Jika berangkat dari pusat kota berarti harus menaiki bus, dengan tarif sekitar 50 ribu sekali jalan.

Setelah sampai di dermaga Kayu Bangkoa, perlu mengendari kapal untuk sampai ke tempat tujuan. Anda perlu mempersiapkan budget sekitar 15-200 ribu, tergantung jenis perahu mana yang ditumpangi. Jika perahu nelayan mungkin hanya merogoh kocek 15-20 ribu, sedangkan speedboat dipatok tarif lebih dari 50 ribu. Dalam sekali jalan saja Anda sudah mengeluarkan biaya sekitar 100-250 ribu.

Ketika tiba di Pulau Kodingareng Keke Anda perlu membayar tiket masuk, kurang lebih 30-50 ribu per orang. Belum lagi jika melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving, butuh budget kisaran 250-500 ribu. Biaya tersebut digunakan untuk menyewa seluruh perlengkapan menyelam, mulai dari suit sampai dive tank. Apabila di total secara keseluruhan Anda butuh budget sekitar 1-2 juta rupiah.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Kodingareng Keke

Kegiatan Menarik di Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Situsraya.com

Aktivitas paling menarik bagi pengunjung tentunya snorkeling dan diving, sesuai tujuan utama untuk melihat keelokan bawah laut. Anda bisa memulai perjalanan dari Atlantis Garden, dimana Anda akan melihat beberapa benda unik di dalam laut. Dari kedalaman 14meter Anda bisa menyaksikan adanya bangkai mobil VW Combi, serta beberapa patung besar. Selain itu terdapat gorong-gorong yang digunakan untuk transplantasi terumbu karang.

Penjelajahan bawah laut dilanjutkan menuju safety stop tepatnya di kedalamam 8 meter. Di area ini Anda bisa melihat terumbu karang, serta ikan-ikan yang berenang dengan bebas. Ada juga sejenis hewan mikro seperti nudibranch, yang berukuran ekstra mungil dan sangat indah. Di sekitar tumbuhan anemon wisatawan akan bertemu dengan ikan nemo, yang berenang di sela-selanya. Anda disarankan tidak menyentuh karang agar tidak merusak kelestariannya.

Jika tidak suka dengan kegiatan yang berbau air, Anda bisa memilih bersantai di pinggiran pantai. Pengelola wisata ini menyediakan hammock yang dapat dipakai untuk beristirahat sebentar. Atau menggelar tikar dibawah pepohon yang rimbun supaya bisa berteduh sementara. Di dekat bangunan bertingkat tiga ada gazebo kecil, yang dapat dimanfaatkan untuk menyantap makan siang.

Penginapan di Kawasan Pulau Kodingareng Keke

Penginapan di Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Inipasti.com

Rasanya tidak cukup menjelajahi pulau dari Makassar ini dalam waktu satu atau dua hari. Oleh sebab itu Anda membutuhkan tempat menginap, untuk mengistirahatkan tubuh sebelum esok tiba. Ada beragam pilihan penginapan mulai dari kelas standar sampai hotel bintang lima. Sayangnya rata-rata lokasi tempat menginap ini berjarak sekitar 13kilometer dari Pulau Kodingareng Keke. Jadi Anda perlu menempuh perjalanan yang sedikit panjang dari area dermaga.

Namun Anda dijamin tidak akan menyesal setelah sampai di tempat penginapan. Ada Grand Populer Hotel dengan tarif per malam mulai 150 ribuan. Selanjutnya Mulia Hotel yang memiliki fasilitas pelayanan 24 jam, dan dipatok biaya per malam 280 ribu. Namun akan lebih menantang jika membangun tenda di pinggir pantai. Atau mencoba untuk menginap di rumah warga, yang mana mereka akan sangat senang menyambut para wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kodingareng Keke

Fasilitas di Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Journal.sociolla.com

Meskipun tegolong pulau terpencil dari pinggiran kota Makassar, bukan berarti tidak ada fasilitas disini. Mungkin untuk homestay atau penginapan belum ada, tetapi untuk fasilitas yang menunjang liburan sudah tersedia. Disini terdapat fasilitas wisata kuliner yang menjajakan berbagai jenis makanan seafood. Para penjaja menjual segala jenis makanan laut segar, sekaligus bisa diolah sesuai dengan pesanan pengunjung.

Selain itu sudah tersedia kamar mandi yang dapat dipakai untuk bilas badan setelah snorkeling. Agak jauh dari pantai terdapat tempat penyewaan menyelam, mulai dari baju hingga tabungnya. Apabila tidak membawa hammock ataupun tikar tidak masalah, sebab pihak pengelola wisata sudah menyediakannya. Anda bisa menyewa semua alat penunjang liburan dengan harga terjangkau. Pastinya tidak akan menguras isi dompet selama berlibur.

Kota Makassar tidak hanya kaya akan budaya dan segudang wisata kuliner. Tetapi juga menyimpan surga yang masih jarang diketahui wisatawan. Salah satunya keberadaan ulau Kodingareng Keke, dengan kelestarian yang terjaga hawa alaminya. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Makassar, dan bisa ditempuh menggunakan perahu selama 1 jam. Disana Anda akan menyaksikan keelokan bawah laut, sampai hamparan pasir putih yang bersih.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending