Pulau Komodo Manggarai Barat – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Komodo Manggarai Barat – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Komodo merupakan destinasi wisata populer untuk kegiatan menyelam dan melihat satwa purba Komodo. Pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang menarik untuk dieksplor.

Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Selain sebagai tempat konservasi, pulau ini juga menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan.

Keberadaan komodo yang hanya ditemukan di pulau ini membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi pulau ini. Pemandangan alam dan keberagaman hayati juga ditawarkan pulau ini.

Wisatawan dapat menikmati liburan dengan berbagai aktivitas menarik. Beberapa fasilitas pun sudah disediakan untuk kenyamanan para wisatawan yang mengunjungi Pulau Komodo.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Komodo

Daya Tarik Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps (Rakhmad Ramadhanjaya)

1. Taman Nasional Komodo

Pulau cantik ini merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Komodo bersama Pulau Padar, Pulau Rinca, dan pulau-pulau kecil lainnya. Kawasan ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu dari New Seven Wonders of Nature.

Kawasan taman nasional ini dikelilingi perbukitan dan juga pantai-pantai berpasir putih. Kondisinya pun dijaga dengan baik demi mempertahankan kealamian layah yang menjadi habitat Komodo ini.

Pemerintah atau pengelola kawasan wisata ini juga menetapkan beberapa peraturan untuk menjaga keaslian dan keindahan Pulau Komodo. Beberapa peraturannya antara lain wisatawan dilarang membawa botol air dari plastik sekali pakai, dilarang menyalakan api, dan dilarang mengganggu atau menyentuh hewan.

2. Komodo

Pulau cantik ini merupakan habitat asli dari Komodo. Lebih dari 2.000 ekor kadal raksasa mendiami pulau ini. Keberadaan komodo inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Banyak wisatawan yang dibuat penasaran dan ingin melihat langsung bagaimana kehidupan hewan purba tersebut.

Menurut penelitian, komodo merupakan reptil yang berasal dari Australia. Kini, hewan tersebut hanya bisa ditemukan di Indonesia tepatnya di Pulau Komodo. Ada banyak hal menarik dan unik dari hewan ini seperti, perkembangbiakan tanpa seks, kanibal, hingga air liurnya yang sangat beracun.

Keberadaan komodo sendiri ditemukan sekitar tahun 1910 oleh seorang letnan Belanda. Laporan adanya hewan yang mirip naga tersebut kemudian diselidiki. Setelah masuk kabar harian Belanda pada tahun 1912, semakin banyak yang mengetahui keberadaan komodo ini.

Daya Tarik dari Pulau Komodo
Image Credit: Liputan6.com

3. Manta Point

Daya tarik lainnya adalah adanya manta point di beberapa titik perairannya. Spot inilah yang menjadi tempat favorit bagi para penyelam. Keberadaan pari manta yang berukuran sangat besar menjadi pertunjukan yang banyak dinanti para penyelam.

Keindahan bawah laut di sekitar pulau ini juga tidak kalah dengan yang ada di daratan. Keanekaragaman hayati lautnya pun masih sangat terjaga dengan baik. Bawah lautnya menyimpan lebih dari 380 spesies terumbu karang. Berbagai jenis bunga karang dapat ditemukan di perairan ini.

Selain ikan pari raksasa, bawah lautnya merupakan tempat tinggal bagi ribuan jenis ikan dan hewan-hewan laut langka. Kawasan perairan di sekitar pulau ini adalah habitat dari beberapa jenis penyu hijau, ikan hiu, hingga paus.

4. Padang Savanna

Perbukitan di pulau ini memiliki keunikan tersendiri. Jika kebanyakan daerah pegunungan atau perbukitan ditumbuhi pepohonan-pepohonan besar dan rindang, perbukitan di kawasan taman nasional ini justru ditumbuhi tanaman-tanaman rendah. Sebagian besar wilayah ini bahkan berupa padang savanna dengan rumput dan ilalangnya.

Pulau ini menawarkan pemandangan padang savanna yang begitu hijau dan mempesona. Namun saat musim kemarau, pemandangan hijau tersebut akan berganti karena rumput-rumputnya menjadi kering.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Komodo

Rute Pulau Komodo
Image Credit: Instagram.com @tourplanner_komodo

Gerbang utama untuk memasuki kawasan wisata ini adalah Labuan Bajo. Jika Anda dari luar daerah dan menggunakan transportasi udara, maka bisa memilih penerbangan menuju Bandara Komodo Labuan Bajo. Alternatif lainnya adalah melalui pelabuhan Labuan Bajo untuk Anda yang menggunakan kapal dari Tanjung Benoa, Bali.

Setelah sampai ke Labuan Bajo, perjalanan selanjutnya adalah ke Kampung Ujung yang jaraknya sekitar 3km. Tersedia transportasi umum seperti ojek untuk mencapai lokasi Kampung Ujung dari Labuan Bajo. Sedangkan untuk Anda yang bisa membawa rombongan besar bisa menggunakan mobil untuk sampai ke Kampung Ujung.

Bagi wisatawan backpacker atau yang ingin berhemat, bisa juga berjalan kaki dari Labuan Bajo ke Kampung Ujung. Setelah itu, Anda bisa beristirahat sebentar atau bermalam di daerah ini sebelum perjalanan ke Pulau Komodo.

Biaya Wisata ke Pulau Komodo

Biaya ke Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps (Jean Tremblay)

Banyak orang beranggapan bahwa liburan ke pulau eksotis ini membutuhkan biaya yang mahal. Padahal biaya wisata ini berbeda-beda dan bisa Anda sesuaikan dengan budget. Dimulai dari perjalanan menuju Labuan Bajo yang membutuhkan biaya sekitar Rp 230.000,- untuk menyeberang dari Tanjung Benoa ke Pelabuhan Labuan Bajo.

Jika Anda menggunakan transportasi udara, maka biayanya tentu lebih mahal. Selanjutnya perjalanan ke Kampung Ujung dengan ojek sekitar Rp 30.000,-. Setelah sampai di kawasan Taman Nasional Komodo, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk weekdays dan Rp 7.500- untuk weekend.

Tiket masuk kawasan ini lebih mahal untuk wisatawan mancanegara. Wisatawan asing dikenai biaya masuk sekitar Rp 150.000,- dan Rp 225.000,- saat weekend. Selain itu, wisatawan yang akan memasuki area yang terdapat komodo di dalamnya juga harus membayar pemandu atau ranger.

Biaya wisata ke pulau ini ditetapkan sesuai dengan area yang akan Anda masuki. Jika ingin memasuki kawasan wisata snorkeling, wisatawan harus membayar lagi tiket masuk sekitar Rp 15.000,- per orang.

Sedangkan untuk wisatawan yang ingin mencoba wisata alam dan mengamati kehidupan komodo, tiket masuknya Rp 10.000,- per pengunjung. Tiket masuk ke kawasan hutan dan gunung sebesar Rp 5.000,-. Harga tiket masuk tempat rekreasi DTW sebesar Rp 50.000,- dan Rp 150.000,- untuk tiket masuk kendaraan air.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Komodo

Aktivitas di Pulau Komodo
Image Credit: Facebook.com @wickeddivingkomodo

1. Melihat Satwa Purba Komodo

Kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi pulau ini adalah melihat komodo langsung dari jarak dekat. Biasanya setiap wisatawan dan rombongannya ditemani oleh seorang pemandu atau ranger. Mereka akan membantu wisatawan untuk mendapatkan pengalaman berdekatan dengan hewan jumbo ini.

Wisatawan tidak diizinkan untuk melihat komodo sendirian, tetapi wajib ditemani oleh pemandu. Hal tersebut untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama Anda berada di wilayah komodo ini.

Bagi pengunjung wanita yang sedang haid disarankan untuk tidak mendekati hewan ini karena indera penciuman komodo yang sangat kuat. Komodo dapat mencium bau darah dari jarak ratusan meter. Wisatawan yang sedang haid, wajib melapor ke pemandu atau ranger apabila ingin melihat komodo.

Selain komodo, wisatawan juga bisa melihat hewan-hewan lainnya yang mendiami wilayah ini. Terdapat lebih dari 28 jenis burung yang bisa ditemui di hutan dan 254 jenis tanaman. Sementara itu, dari perairannya, wisatawan dapat melihat ikan paus, lumba-lumba, hingga beragam spesies terumbu karang.

2. Kano

Perairan di sekitar pulau ini memiliki gelombang yang cukup tenang. Beberapa area lautnya bahkan bisa menjadi tempat pilihan untuk wisatawan mencoba kano. Anda bisa menyiapkan perahu kano untuk menikmati keindahan laut dan pantai di sekitar pulau ini. Aktivitas ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri dan pikiran.

3. Snorkeling dan Diving

Wisatawan yang berlibur ke kawasan Taman Nasional Komodo sebaiknya sudah bisa berenang atau menyelam. Keindahan bawah laut di kawasan ini begitu eksotis dengan keragaman biota laut yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan dapat menyewa peralatan untuk snorkeling maupun untuk menyelam.

Terdapat beberapa spot favorit di sekitar pulau ini. Salah satunya adalah spot menyelam yang disebut Batu Samsia. Wisatawan akan diajak menyusuri perairan yang menjadi tempat tinggal kura-kura dan beragam ikan hias yang mungil dan menggemaskan.

Keindahan bawah laut Pulau Komodo juga tidak kalah menarik saat Anda memasuki spot menyelam yang disebut toko toko. Biasanya penyelam dapat berenang hingga kedalaman 7 meter untuk melihat beragam terumbu karang cantik dengan ikan-ikan kecil di baliknya.

Ada juga Crystal Rock yang merupakan salah satu spot diving favorit. Beberapa ikan seperti parrotfish, katak ikan, dan barramundi cod dapat ditemukan di kedalaman 5 meter. Bagi wisatawan yang tertarik sebaiknya perhatikan waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini.

4. Trekking

Wisatawan dapat mencoba jalur trekking yang ada di Gunung Ara. Memiliki ketinggian 538mdpl, tempat ini menjadi salah satu area favorit bagi wisatawan yang suka mendaki gunung. Sepanjang jalur pendakian, wisatawan dapat melihat binatang-binatang yang tinggal di pulau ini.

Terdapat beberapa pilihan jalur trekking yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan wisatawan. Jalur trekking yang paling pendek adalah short dengan titik akhir di puncak bukit. Anda dapat menikmati pemandangan teluk yang begitu mempesona dari puncak tersebut.

Jalur trekking yang disediakan memiliki rute sepanjang 1 hingga 8km. Jalur terpanjang adalah adventure yang akan mengajak wisatawan berpetualang mendaki perbukitan indah, melewati sungai, dan menyusuri hutan. Ada juga jalur trekking medium dan long.

Semua jalur pendakian yang disediakan ini akan melewati water hole. Water hole merupakan area yang menjadi tempat minum komodo.

5. Berburu Sunset

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di pulau ini adalah berburu sunset. Anda bisa mendaki puncak bukit untuk menikmati pemandangan sunset terbaik di Pulau Komodo. Panorama alam yang begitu mempesona dengan warna-warna senja yang cantik akan menemani liburan Anda.

6. Mengunjungi Pantai Pink

Kegiatan menarik untuk dilakukan wisatawan yang berlibur ke pulau ini adalah mengunjungi pantai pink. Kawasan pantai yang terkenal dengan pemandangannya yang cantik dan eksotis. Wisatawan dapat menikmati sajian alam yang tidak biasa yaitu pantai dengan pasirnya yang berwarna merah muda.

Pantai Pink yang ada di kawasan pulau ini memiliki pasir putih yang bercampur dengan pecahan batu koral berwarna merah. Perpaduan tersebut menghasilkan warna merah muda yang dapat disaksikan oleh semua pengunjung Pantai Pink.

Saat siang hari, pemandangan pantai ini akan terlihat begitu jelas dengan lautnya yang jernih dan biru. Saat terkenal ombak atau air, pasir pantainya akan terlihat semakin pink.

7. Island Hopping

Salah satu pilihan favorit bagi wisatawan yang datang ke kawasan ini adalah kegiatan island hopping. Berwisata dari satu pulau ke pulau lain dengan menggunakan perahu layar atau kapal.

Rute pertama dari island hoping ini biasanya adalah ke Pulau Komodo. Setelah melihat komodo dari dekat dan menikmati berbagai aktivitas seru di pulau tersebut, island hopping biasanya akan dilanjutkan ke Pulau Padar, Pulau Rinca, dan pulau-pulau lainnya yang jaraknya berdekatan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Komodo

Penginapan di Pulau Komodo
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Ayana Komodo Resort

Penginapan yang cukup terkenal ini bisa menjadi pilihan akomodasi bagi wisatawan yang mengunjungi Pulau Komodo. Selain kamar yang nyaman, resort ini juga menyediakan beragam paket wisata dan tour yang menarik untuk dicoba.

2. Kanawa Resort

Ada juga Kanawa Resort yang menjadi salah satu penginapan terdekat di sekitar pulau ini. Wisatawan dapat beristirahat dan bermalam di kamar yang nyaman dengan pemandangan indah yang bisa dilihat dari jendela kamar. Fasilitasnya pun sangat lengkap dan nyaman.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Komodo

Fasilitas di Pulau Komodo
Image Credit: Facebook.com @arsid.slem

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini bisa dikatakan cukup memadai. Mulai dari dermaga yang sudah dibangun untuk memudahkan wisatawan mencapai pulau. Namun untuk fasilitas di dalam kawasan taman nasional tidak begitu banyak. Hal tersebut bertujuan untuk tidak mengubah kondisi alami dari habitat komodo.

Namun wisatawan dapat menemukan fasilitas seperti warung makan, shelter, dan tempat MCK di Kampung Ujung. Wisatawan biasanya akan melewati daerah ini sebelum memasuki Pulau Komodo.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Pulau Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keindahan dan segala fasilitas yang ditawarkannya tentu menjadikan pulau ini menarik untuk dikunjungi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending