Pulau Mansinam Manokwari, Destinasi Wisata Bahari Eksotis Bernuansa Religi

Pulau Mansinam Manokwari, Destinasi Wisata Bahari Eksotis Bernuansa Religi
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mansinam, Kec. Manokwari Timur, Kab. Manokwari, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Mansinam adalah salah satu objek wisata di Papua Barat yang kental dengan nuansa religinya. Selain sebagai tujuan wisata rohani untuk umat yang memeluk agama Kristen Protestan, pulau ini juga menyajikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Keindahan pulau cantik yang berada di pulau paling ujung Indonesia ini berasal dari pantai dan deretan pepohonan yang masih terjaga kehijauannya. Meski terkenal sebagai titik di mana ajaran Injil mulai diperkenalkan di Papua, banyak pengunjung yang datang karena ingin menikmati pesona alamnya.

Selain itu, pulau ini juga menyimpan nilai sejarah yang cukup kental. Pesona alam yang ditawarkan juga tidak kalah dengan pulau-pulau ternama lainnya di Papua. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Pulau Mansinam, simaklah ulasan singkat berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Mansinam

Daya Tarik Pulau Mansinam
Image Credit: Instagram Yustiadi

1. Patung Yesus

Patung Yesus memberkati yang berdiri dengan gagah dan juga dengan ukuran yang cukup besar merupakan ikon dari pulau ini. Patung ini memang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat sebagai penanda adanya penyebaran Injil di Tanah Papua. Didominasi dengan cat putih bersih membuat patung dengan tinggi sekitar 30 meter ini terlihat semakin megah.

2. Situs Makam Misionaris

Sebagai objek wisata religi, pengunjung bisa menemukan sejumlah makam misionaris milik Carel Willemottow di Pulau Mansinam. Situs makam milik para tokoh penyebaran Injil tersebut dirawat dengan baik hingga saat ini. Yang menarik dari makam para misionaris tersebut adalah gaya arsitekturnya yang menyerupai rumah adat suku Biak.

3. Pantai Berpasir Putih

Daya tarik lainnya dari pulau ini adalah pantai-pantainya yang sangat menakjubkan. Beberapa pantai tersebut adalah Pantai Bakaro, Pantai Maruni, Pantai Yen Bebay, dan Pantai Amban. Seluruh pantai tersebut memiliki pasir putih yang masih terjaga kebersihannya dan terbilang sangat lembut saat diinjak tanpa mengenakan alas kaki.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Mansinam
Image Credit: Instagram RAJA AMPAT TRIP

4. Udara yang Sejuk

Semua objek wisata di Pulau Papua memang masih terjaga kealamiannya, termasuk salah satunya adalah pulau cantik ini. Udara di pulau ini sangat segar karena jauh dari pusat Kota Manokwari dan belum banyak wisatawan asing maupun luar Papua yang mengenal pulau ini.

5. Air yang Jernih

Selain memiliki pasir putih, pantai di Pulau Mansinam ini juga cukup menarik perhatian seperti halnya pantai-pantai lainnya di Papua. Air lautnya sangat bersih dan saking bersihnya hingga beragam jenis ikan kecil dan terumbu karang terlihat dengan jelas dari atas permukaan air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Mansiam
Image Credit: Google Maps I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta

Masih banyak penduduk Indonesia yang belum mengenal pulau yang satu ini, apalagi letaknya. Objek wisata rohani Pulau Mansinam terletak di Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat. Jaraknya kurang lebih 4 kilometer dari pesisir pantai pasir putih di wilayah Manokwari Putih.

Untuk bisa berkunjung ke pulau tersebut, pengunjung bisa menaiki perahu motor dengan kapasitas 10 hingga 12 orang dewasa dari Pelabuhan Manokwari. Perjalanan menggunakan perahu untuk mencapai lokasi pulau hanya butuh sekitar 10 hingga 15 menit dengan biaya sekitar 5.000 rupiah untuk satu orang.

Meski termasuk terjangkau, pengunjung diwajibkan untuk membayar kursi di perahu yang masih kosong. Selain menggunakan perahu, pengunjung juga bisa menaiki speedboat dengan biaya yang tentunya jauh lebih mahal dengan waktu tempuh 10 hingga 15 menit dari Hotel Mansinam Beach.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Mansiam
Image Credit: Google Maps I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta

Pulau Mansinam dianggap sebagai pusat peradaban Tanah Papua. Di pulau yang kecil inilah para misionaris mulau menyebarkan ajaran Injil. Sehingga tak heran apapila setiap tanggal 5 Februari pulau ini ramai dikunjungi oleh umat kristiani untuk melakukan wisata rohani.

Bagi Anda yang berasal dari luar Papua dan berencana untuk berkunjung ke pulau eksotis ini, tentu Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang, terutama untuk akomodasi. Untuk biaya tiket pesawat ke Bandara Manokwari tentu berbeda-beda, tergantung dari mana dan kapan Anda akan berangkat.

Untuk bisa menyambangi pulau, Anda bisa menuju ke Pelabuhan Manokwari. Dari sana, Anda bisa menaiki perahu bermotor dengan kapasitas maksimal yakni 12 orang dewasa dalam kurun waktu maksimal 15 menit. Biaya yang diperlukan untuk menaiki perahu ini hanya sekitar 5.000 rupiah saja. Namun, pastikan semua kursi terisi atau Anda juga harus membayar kursi yang kosong.

Apabila Anda menginap di kawasan Hotel Manokwari Beach, Anda tinggal menaiki speedboat dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Jika Anda memutuskan untuk memilih mode transportasi ini, Anda harus menyiapkan biaya sekitar 1.000.000 rupiah. Anda bisa tiba di lokasi pulau dalam 10 menit atau maksimal 15 menit.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Mansinam

Aktifitas Seru di Pulau Mansiaman
Image Credit: Google Maps Faisal Rauf

1. Berziarah ke Makam Misionaris

Sebagian besar pengunjung pulau ini sengaja datang untuk melakukan ziarah ke makam-makam misionaris. Di bibir pantai, pengunjung bisa menemukan tempat pendaratan dua misionaris asal Jerman yang pertama kali menyebarkan ajaran Injil. Di belakang patung Yesus, terdapat relief yang menceritakan soal kedatangan mereka yang disambut dengan hangat oleh warga setempat.

2. Menyelam

Keindahan bahari Pulau Mansinam membuat para pengunjung tidak ingin melewatkan kegiatan menarik di pantai dengan air yang begitu jernih ini. Bahkan tak jarang ada pengunjung yang sengaja membawa peralatan snorkeling agar bisa menikmati keindahan flora fauna bawah laut yang masih terjaga kealamian biota lautnya.

3. Bermain Pasir

Kegiatan seru selanjutnya yang bisa dilakukan tentu saja adalah bermain pasir. Apalagi jika membawa anak kecil, mereka pasti akan merasa sangat senang bermain dengan pasir pantai yang putih dan lembut. Tak perlu khawatir, ombak di pantai pulau ini tidak begitu besar jadi aman jika ingin bermain di bibir pantai.

Aktivitas di Pulau Mansinam
Image Credit: Twitter Iskandar Syah

4. Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam

Momen-momen terbenamnya matahari di ufuk barat merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelancong di pulau ini. Apabila cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menikmati suasana senja di pesisir pantai yang begitu indah. Hal seperti ini biasanya jarang ditemukan di wisata bahari lain yang ada di Indonesia.

5. Mengabadikan Momen

Berfoto merupakan satu dari sejumlah kegiatan menarik yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pulau ini. Banyak spot-spot menarik yang bisa menjadi latar belakang untuk mengabadikan momen liburan yang tak terlupakan, seperti saat matahari terbenam atau pemandangan bawah laut.

6. Berburu Buah Tangan

Membeli oleh-oleh sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat berlibur ke suatu destinasi wisata, begitu juga saat mengunjungi Pulau Mansinam. Para penduduk setempat menjajakan beragam jenis kerajinan tangan hingga penganan khas Manokwari yang bisa menjadi pilihan para pengunjung yang ingin membelikan buah tangan untuk keluarga maupun teman.

Penginapan Murah Dekat dari Pulau

Penginapan Dekat Pulau Mansinam
Image Credit: Google Maps Claudio C.

1. Oriestom Bay

Pelancong dari luar Papua yang ingin mengunjungi Pulau Mansinam tentu membutuhkan penginapan. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah Oriestom Bay. Hotel ini ideal bagi mereka yang membawa anak-anak. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai seperti sarapan, akses WiFi, AC, area parkir, penjemputan ke bandara, dan tentunya akses menuju lokasi pulau yang cukup dekat.

2. Mansinam Beach Resort

Hotel yang berdiri pada tahun 2007 ini bisa menjadi pilihan akomodasi selanjutnya. Hotel ini memiliki kurang lebih 45 kamar dengan fasilitas yang lengkap. Dengan menginap di hotel, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas seperti TV, AC, layanan kamar, WiFi, dan masih banyak lagi. Yang menarik adalah pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan pantai di pulau cantik ini.

3. Quattrick Dee Homestay

Penginapan yang satu ini lokasinya juga cukup dekat dengan sejumlah objek wisata di Manokwari, termasuk Pulau Mansinam. Terletak di kawasan Reremi Permai, penginapan ini menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Bahkan pengelola penginapan juga menawarkan jasa pemandu wisata yang siap mengantarkan pengunjung ke lokasi-lokasi wisata yang dikehendaki.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Mansiam
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Mansiman menyediakan sejumlah fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung, salah satunya adalah dermaga. Jadi, apabila berkunjung menggunakan jetsky, speedboat, atau mode transportasi air lainnya, pengunjung tak perlu bingung di mana harus menitipkannya. Pasalnya pulau ini menyediakan dermaga tepi laut yang menjamin keamanan kendaraan para pengunjung.

Selain dermaga, terdapat juga fasilitas penunjang seperti kamar mandi yang terjaga kebersihannya. Pengelola kawasan wisata ini juga menyediakan gazebo, mengingat betapa teriknya matahari di kawasan pesisir pantai. Pengunjung bisa beristirahat di sejumlah gazebo yang sudah disediakan sambil menyantap makanan dan menikmati pemandangan pantai.

Ingin mencicipi hidangan khas Manokwari? Pengunjung juga bisa mencobanya di sejumlah tempat makan yang berjejer di area pulau ini. Menu yang ditawarkan cukup beragam dan terjangkau, sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Itulah informasi mengenai Pulau Mansinam di Manokwari. Ingin merasakan sendiri bagaimana rasanya berlibur di Tanah Injil ini? Rencanakan liburan Anda sekarang dan jangan lupa gunakan informasi di atas sebagai referensi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending