10 Wisata Pantai di Cirebon yang Paling Hits

Wisata Pantai Cirebon

Inilah List Wisata Pantai Terindah di Cirebon, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari Populer Nan Eksotis dan Terhits yang Bisa Anda Jelajahi Ketika Berencana Liburan ke Cirebon.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa negara Indonesia menyimpan segudang keindahan alam yang harus dijaga dengan baik. Wisata bahari yang ada di Cirebon misalnya, disini Anda disajikan dengan pesona alam eksotis yang memanjakan mata. Sejak pertama kali melihatnya, wisatawan akan dibuat enggan untuk beranjak dari kota ini terlalu cepat.

Selagi menginjakkan kaki di Cirebon, sempatkan diri untuk mengunjungi wisata baharinya yang terkenal cantik dengan pesona luar biasa dengan nuansa yang nyaman. Berikut rekomendasi wisata pantai terbaik di Cirebon yang bisa Anda pilih untuk liburan yang tak terlupakan.

1. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Image Credit: Instagram.com @ulhaqeltsyam

Wisata bahari terpopuler dikunjungi oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya adalah Pantai Kejawan. Bukan tanpa alasan, pasalnya pesona yang disuguhkannya berhasil membuat siapapun merasa betah berlama lama disana dan tidak berhenti mengucapkan kata kagum atas buatan alam Sang Kuasa. Bagaimana tidak, hamparan lautan yang membentang luas yang bersanding bersama Gunung Ciremai sudah menyapa sejak wisatawan masuk ke kawasan wisatanya.

Seakan tidak ingin melewatkan kesempatan emas berkunjung kesana, banyak wisatawan yang merasa gatal untuk mengabadikan setiap momen berliburnya tanpa ada yang terlewatkan. Sedangkan di sore hari, dianggap sebagai waktu terbaik untuk melihat keindahannya yang berada di angka maksimal. Benar, keindahannya terlukiskan dari langitnya yang perlahan berubah menjadi jingga dengan semburat warna hitam tampak menawan terlihat.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

2. Pantai Biawak

Daya Tarik Pulau Biawak
Image Credit: Trepelin.com

Ternyata Pulau Komodo tidak hanya dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur saja, karena di Cirebon terdapat sebuah penangkaran satwa liar tersebut seluas 120 ha dan didominasi oleh tanaman bakau dan pantai. Hanya dengan melihatnya dari kejauhan, dijamin Anda bisa memahami mengapa pantai cantik satu ini begitu menarik untuk dikunjungi. Pesona yang dipancarkannya, membuatnya berhasil membuat wisatawan lokal hingga mancanegera jatuh hati kepadanya.

Ketika sampai di kawasan wisatanya, wisatawan akan disapa hangat oleh pantai pasirnya yang berwarna putih bersih nan lembut di setiap mata memandang. Sedangkan kehadiran mercusuar kuno yang berada di tidak jauh dari pantainya berhasil menyita perhatian. Bangunan yang dibangun sejak zaman Belanda tersebut justru membuat pantai satu ini tampil unik dan mengesankan.

Mercusuar kuno tersebut kerap dimanfaatkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan pantainya dari sisi yang berbeda. Dan benar saja, pemandangan berupa hamparan laut lepas berwarna biru segar tersebut berhasil memanjakan mata. Bahkan di tempat ini pula, wisatawan memanfaatkannya sebagai spot terbaik untuk berswafoto ria. Puas melihat keindahan daratannya, cobalah menikmati pesona bawah lautnya yang tidak kalah indah.

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

3. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Image Credit: Limakaki.com

Pantai Bandengan tampaknya wajib masuk ke dalam daftar kunjungan berikutnya. Selama berada di kawasan wisatanya, Anda akan disajikan dengan hutan magrove yang berhasil memberikan kesan sejuk dan menenangkan. Bahkan bisa dikatakan bahwa pantai cantik satu ini, memiliki potensi besar untuk terus berkembang demi meningkatkan potensi ekonomi desa. Wajar saja jika kawasan satu ini begitu menarik perhatian masyarakat.

Lokasi: Desa Bandengan, Kota Cirebon.

4. Pantai Mundu

Pantai Mundu
Image Credit: Rekreasialam.co.id

Meski disebut sebagai wisata baru, namun siapa sangka jika kehadiran Pantai Mundu disambut bahagia oleh pecinta wisata air. Tentu saja pernyataan tersebut didasari dari suatu alasan, salah satunya berkat pesona alam yang disuguhkannya berhasil menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Bahkan wisatawan sudah dimanjakan dengan berbagai fasilitas memadai di sekitar pantai yang membuat pengujung merasa betah berlama lama disana.

Di tempat ini pula, wisatawan akan disuguhkan dengan tempat khusus berburu kuliner lezat yang siap memanjakan perut setelah lelah bersenang senang di area pantainya. Sajian kuliner pun terbilang cukup lengkap, sehingga Anda dapat memilih sesuai selera. Ditambah lagi dengan dukungan transportasi yang memadai, dijamin objek wisata ini aman dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta ataupun bersama dengan kerabat terdekat.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

5. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland
Image Credit: Pegipegi.com

Cirebon Waterland tampaknya bisa menjadi objek wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Berbeda dengan wisata bahari lainnya, disini pengunjung justru melihat keindahan hamparan lautannya dari dalam kapal berukuran cukup besar yang tampak bersandar di bibir pantainya. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah sore hari, dimana matahari mulai menunjukkan tenggelam di ufuk barat dan siap berganti menjadi langit gelap.

Pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjunginya, mengingat banyaknya wahana permainan yang menarik untuk dicoba. Sedangkan pencahayaan tambahan yang dipasang di beberapa sudutnya berhasil membuat kesan romantis tidak terlupa. Tentu saja semua fasilitas tersebut tidak akan ditemukan di kawasan wisata bahari lainnya. Suguhkan pemandangan mempesona dan fasilitas lengkap, apakah Anda yakin ingin melewatkannya begitu saja ?

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

6. Mangrove Kasih Sayang

Mangrove Kasih Sayang
Image Credit: Pegipegi.com

Wisata bahari tidak selalu tentang pantainya yang cantik ataupun keindahan bawah lautnya semata, karena di Cirebon Anda bisa menemukan wisata Mangrove Kasih Sayang. Sesuai dengan nama yang disandangnya, disini pengunjung bisa melihat dermaga panjang yang tampak asri dan segar berkat pepohonan bakau yang tumbuh subur di sekitar bibir pantai. Cukup dengan menyusuri sepanjang hutan bakau tersebut, dijamin rasa letih pun perlahan sirna.

Saat asyik menyusuri hutan bakaunya, kemungkinan wisatawan akan menemukan sejumlah spot terbaik untuk mengabadikan momen berlibur disana. Bahkan tempat ini pun dijadikan sebagai lahan berburu foto kekinian yang membuatnya banyak dikunjungi oleh muda mudi. Dijamin Anda akan merasa betah berlama lama disana, mengingat banyaknya fasilitas yang sudah disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya berhasil membuat siapapun merasa nyaman.

Lokasi: Mundupesisir, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

7. Pantai Citemu

Pantai Citemu
Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda mendambakan pergi ke sebuah pantai yang mampu melepaskan semua penat di pikiran, sepertinya berkunjung ke Pantai Citemu bisa menjadi pilihan tepat. Dikatakan demikian, karena disanalah Anda akan disuguhkan dengan hamparan laut luas yang tampak menyatu indah dengan hutan mangrove. Sedangkan semilir anginnya yang tidak terlalu kencang beserta gulungan ombaknya yang menenangkan, berhasil menenangkan emosi jiwa yang tengah bergemuruh.

Puas menikmati pesonanya yang begitu indah, Anda juga bisa menemukan sejumlah kerajinan tangan asli buatan warga sekitar. Mengandung nilai seni tinggi yang dibuat dengan penuh penjiwaan, tentu saja kerajinan tersebut cocok dijadikan sebagai buah tangan terbaik untuk kerabat maupun keluarga tercinta. Dari informasi singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa destinasi wisata ini merupakan tempat terbaik untuk mereka yang membutuhkan ketenangan.

Lokasi: Citemu, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

8. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang
Image Credit: Idebebas.com

Bosan mengunjungi objek wisata biasa ? Cobalah untuk mengunjungi Pantai Baro Gebang sebagai alternatif berlibur terbaik. Jika Anda membayangkan akan bermain air di bibir pantainya, maka tebakan tersebut sepenuhnya salah. Justru disini pengujung diajak untuk berkeliling di sekitar pantainya menggunakan perahu. Selama perjalanan tersebut, dijamin pengunjung bisa menikmati keindahan lautnya dari dekat yang berhasil memberikan pengalaman tidak terlupa.

Tidak perlu takut isi dompet akan terkuras, karena harga sewa perahunya terbilang cukup murah. Kawasan wisata ini pun kerap dijadikan spot terbaik untuk memancing ikan, mengingat kondisi alamnya yang memang masih terjaga dengan baik. Selagi menunggu umpan disantap ikan, Anda bisa menikmati semilir anginnya yang begitu menyejukkan. Wajar saja jika kawasan wisata ini tidak pernah terlihat sepi dikunjungi bahkan saat tidak berada di hari libur sekalipun.

Lokasi: Gebang Mekar, Kec. Gebang, Kab. Cirebon.

9. Pantai Waruduwur

Pantai Waruduwur
Image Credit: Republika.co.id

Belibur ke pantai, tentunya tidak lengkap tanpa bermain air ataupun pasirnya yang lembut, ataupun menyusuri hutan bakau asri yang berhasil memanjakan mata. Namun di Pantai Waruduwur, pengunjung tidak hanya bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan saja. Sebab disini Anda bisa menikmati keindahan alamnya sembari menikmati aneka hidangan lezat dari olahan hasil laut sebagai tambahannya.

Rasa kulinernya berhasil membuat lidah bergoyang, sehingga tidak perlu ragu untuk berlibur kesana. Acara berlibur pun semakin menyenangkan jika Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di tempat tersebut, yang sudah terkenal akan keindahannya tiada tara. Cocok dijadikan sebagai tempat berlibur terbaik bersama dengan sahabat maupun keluarga tersayang, dimana pengunjung enggan untuk pulang sebelum puas bermain disana.

Lokasi: Waruduwur, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

10. TPI Bondet

TPI Bondet
Image Credit: Medcom.id

Para pecinta seafood, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan emas untuk mencicipi aneka kuliner lezat yang disajikan di TPI Bondet. Sajian menu kulinernya pun beragam dan diolah dari hasil tangkapan nelayan, yang berarti kondisi ikan masih segar dan layak dikonsumsi. Ikan segar tersebut akan diolah dengan campuran aneka rempah pilihan, yang berhasil memunculkan rasa sedap dan siap memanjakan perut kelaparan.

Beberapa pengunjung bahkan menjadikan TPI Bondet sebagai tempat terbaik untuk berburu buah tangan terbaik bagi keluarga yang menunggu di rumah. Soal rasa tidak perlu dipertanyakan kembali, sehingga tidak perlu ragu untuk mencicipinya. Bahkan keraguan Anda pun perlahan sirna sejak gigitan pertama. Harga yang ditawarkan pun terbilang cukup bersahabat di kantong, yang berarti Anda bisa memborongnya sekaligus agar tidak menyesal tidak membelinya.

Lokasi: Mertasinga, Kec. Gunungjati, Kab. Cirebon.

Wisata bahari tidak akan pernah membosankan untuk dikunjungi, mengingat keindahannya yang berupa hamparan lautan lepas dan dapat menyegarkan mata ketika melihatnya. Bahkan beberapa wisata pantai yang ada di Cirebon tampaknya sayang untuk dilewatkan begitu saja, karena disinilah Anda bisa menikmati sajian alam yang begitu menawan dan sedikit berbeda dengan wisata bahari di daerah lainnya. Sudahkan Anda memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending