10 Wisata Pantai di Dekat Bandung yang Paling Hits Buat Liburan

10 Wisata Pantai di Dekat Bandung yang Paling Hits Buat Liburan

Ingin Liburan di Bandung? Periksa Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik Dekat Bandung, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari Terindah, Kekinian dan Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan.

Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan berbagai kampus elit, beragam bangunan luas, suasana yang sejuk, serta tempat wisata lainnya. Kota yang memiliki destinasi wisata yang seringkali dikunjungi oleh penduduk Ibu Kota. Terkenal memiliki daerah yang sejuk, Bandung ternyata memiliki cukup banyak wisata bahari yang mengitarinya.

Daerah yang memiliki julukan paris van java ini menyimpan cukup banyak tempat bersejarah serta wisata alam yang bisa dikunjungi. Tak hanya itu, Bandung juga memiliki pantai yang ternyata tidak kalah indah dari daerah lainnya. Penasaran dengan wisata pantai yang ada di dekat Bandung?

1. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Topijelajah.com

Pantai Rancabuaya ini ternyata merupakan salah satu tempat shooting dari film terkenal bertajuk Perahu Kertas. Pantai ini dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar karena menawarkan panorama keindahan alam yang begitu mempesona. Pantai ini tepatnya berlokasi di Kabupaten Garut, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang seringkali dikunjungi oleh warga setempat maupun pelancong dari luar daerah.

Pantai Rancabuaya selalu ramai oleh pengunjung, karena memiliki beberapa daya tarik yang bisa diandalkan. Seperti indahnya sunset yang memberikan kesan romantis, wisata kuliner yang ditawarkan di pinggir pantai sembari menikmati angin sepoi sepoi. Ada juga batu karang yang cukup banyak di sekitar pantai, sebagai penghias dari pasir pantai yang kecoklatan. Keindahan tersebut berpadu dengan ombak besar yang datang bergulung silih berganti.

Berbagai keindahan tersebut bisa Anda nikmati sembari menggelar karpet di bawah nyiur yang melambai. Jangan lupa dengan es kelapa muda yang bisa Anda pesan pada warung di wilayah pantai. Kombinasi dari sejuknya es yang dinaungi pohon kelapa, dengan angin yang menerpa serta suara deburan ombak tentu tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Dijamin Anda akan betah berlama lama di Pantai Rancabuaya ini.

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut.

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Image Credit: Serangbanten.com

Meskipun Pantai Sawarna terletak di Banten, namun pantai ini memiliki pesona yang mirip dengan Pantai kondang Bandung di Desa Donomulyo Malang. Pantai Sawarna tersebut merupakan salah satu pantai yang paling dekat dengan daerah Sunda. Banyak wisatawan yang berkunjung kemari karena pantai ini memiliki panorama alam yang unik dan juga eksotis.

Selain itu, Pantai Sawarna juga memiliki keindahan ombak lautan yang sangat menantang. Namun masih cukup aman untuk melakukan surfing, jadi tidak heran jika banyak sekali pengunjung yang melakukan aktivitas selancar ketika mengunjungi pantai ini. Pantai Sawarna ini dibuka hampir selama 24 jam, sehingga Anda bisa berkunjung kapanpun Anda mau. Melihat matahari terbenam, atau bahkan matahari terbit pun bisa Anda lakukan di sini.

Tentu melihat sunset atau sunrise menjadi salah satu momen yang begitu romantis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata para pasangan untuk berbulan madu. Anda bisa bermalam di beberapa penginapan yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai. Dijamin, momen tersebut tidak akan bisa dilupakan untuk Anda dan pasangan tercinta.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

3. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Image Credit: Facebook.com @Wisatajayanticdn

Pantai Jayanti ini merupakan wisata pantai yang terdekat dengan pusat Kota Bandung, sehingga sering disebut dengan nama Jayanti dekat Ciwidey. Ombak pantai satu ini sudah terkenal cukup besar, dengan dihiasi banyak batu karang. Jadi sejauh mata memandang, Anda bisa menemukan banyak batu karang yang menghiasi pasir hitam kecoklatan milik Pantai Jayanti.

Apabila Anda menghadap bagian timur dari Pantai Jayanti, maka Anda bisa menemukan banyak kapal nelayan berjajar rapi di tepi pantai. Spot kapal ini seringkali digunakan sebagai latar untuk ber swafoto oleh para pengunjung. Selain keindahan alam serta spot fotonya yang menarik, kawasan bahari ini juga menawarkan penginapan yang disewakan dengan harga terjangkau. Sehingga Anda bisa menikmati rasanya bermalam ditemani suasana pantai yang romantis.

Oleh karena itu, jangan lupa berkunjung kemari dengan membawa pasangan atau keluarga tercinta. Maka Anda bisa menciptakan berbagai momen seru dan mengasyikkan selama di sana. Setelah puas bermain seharian di pantai, menikmati olah kuliner seafood yang begitu lezat, melihat indahnya matahari terbenam di balik birunya lautan, dan ditutup dengan fasilitas penginapan yang begitu lengkap.

Lokasi: Desa Cidamar, Kec. Cidaun, Kab.Cianjur.

4. Pantai Karang Bandung

Pantai Karang Bandung
Image Credit: Bemfeum.blogspot.com

Pantai Karang Bandung terkenal memiliki surga tersembunyi, bagaimana tidak, pantai satu ini memiliki keindahan alam yang masih sangat asri dan sangat terasa kesegarannya. Wisata bahari ini juga langsung berhadapan dengan lautan Samudera Hindia yang terbentang sangat luas, yang pastinya bisa memanjakan mata. Anda bisa berkunjung sekedar untuk menikmati keindahan alamnya, atau bahkan memancing seperti yang dilakukan oleh warga lokal.

Di Pantai Karang Bandung, Anda juga bisa menikmati santap kuliner khas laut yang bisa menggoyang lidah. Mulai dari udang, hingga berbagai macam ikan bisa Anda nikmati dengan varian bumbu istimewa yang bisa Anda pilih sesuka hati. Meski terdengar sangat mewah, namun Anda tidak perlu khawatir, karena semua menu yang disajikan masih dalam harga wajar dan tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Cilacap, Kab. Cilacap.

5. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar
Image Credit: Ihategreenjello.com

Jika Anda ingin melakukan hunting foto dan memuaskan kebutuhan sosial media, maka Pantai Tanjung Layar merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, pantai ini memiliki banyak spot foto yang apik dan cocok untuk keperluan latar fotografi Anda. Tidak heran jika pantai satu ini kerap kali dijadikan sebagai spot foto prewedding, maupun sesi pemotretan lainnya. Meski jalan yang dilalui untuk mencapai lokasi cukup terjal, namun tetap tidak bisa membuat pantai ini sepi.

Panorama yang disuguhkan oleh Pantai Tanjung Layar memang tidak seperti wisata bahari pada umumnya. Pantai satu ini tidak hanya didominasi oleh pasir putih atau kecoklatan seperti pada pantai lainnya, melainkan terdapat juga beragam bentuk batu karang yang unik. Berbagai macam batu karang tersebut yang seringkali dijadikan sebagai objek foto bagi para wisatawan. Selain itu, Pantai Tanjung Layar juga bisa Anda kunjungi selama 24 jam kapanpun Anda mau.

Lokasi: Pesona Sawarna Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir, Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

6. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak
Image Credit: Instagram.com @pangandaran.Tourism

Pantai Karapyak adalah salah satu pantai yang masih berada satu gugus dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Pantai ini menawarkan pesona alam yang mirip sekali dengan wisata bahari Ketapang yang ada di Bandungharjo, Jepara. Panorama pantai ini sudah banyak memikat para wisatawan lokal untuk datang berkunjung, karena Pantai Karapyak disebut sebagai pantai yang memiliki suasana paling romantis.

Meski begitu, Karapyak sendiri masih belum cukup dikenal oleh publik. Jadi tidak heran jika pantai ini masih memiliki keindahan alam yang sangat asri dan juga bersih. Anda tidak akan menemukan sampah yang dibuang sembarang di pantai satu ini. Oleh karena itu, apabila Anda berminat untuk berkunjung kemari sebaiknya juga ikut menjaga kebersihan pantai. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, dan membuangnya di tempat yang telah disediakan.

Lokasi: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Ciamis.

7. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Image Credit: Wikipedia.org

Satu lagi wisata bahari yang masih tersembunyi dan belum banyak terjamah orang, yaitu Pantai Santolo yang berada cukup dekat dengan Bandung. Untuk mencapai lokasi pantai, Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 4 hingga 5 jam jika dari pusat Kota Bandung. Keindahan view yang ditawarkan oleh Pantai Santolo dijamin bisa menghilangkan semua lelah Anda selama di perjalanan.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di daerah pantai, Anda akan langsung disambut dengan pasir putih serta air laut dengan warna hijau yang kebiru biruan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan kumpulan batu besar yang cocok dijadikan sebagai spot foto. Pantai Santolo ini menjadi salah satu tempat nelayan mencari nafkah, jadi Anda bisa menemukan beragam toko grosir yang menawarkan souvenir ikan, topi, pakaian, dan lain sebagainya di wilayah pantai.

Lokasi: Desa Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

8. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Garuttrip.com

Untuk berkunjung ke Pantai Sayang Heulang, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari pusat Kota Bandung. Selama perjalanan Anda juga akan menemukan beragam jalan yang cukup terjal, sehingga pastikan Anda memiliki kondisi yang prima ketika Anda berkunjung kemari. Pastikan juga jika kendaran bermotor yang Anda gunakan dalam keadaan baik, sehingga bisa digunakan untuk melewati jalan yang berliku tersebut.

Setelah sampai di kawasan pantai, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang tiada duanya. Pantai Sayang Heulang memiliki batangan batu karang yang menjorok ke arah laut. Sehingga Anda bisa mengambil gambar di atas batu dengan ditemani deburan ombak yang sangat dekat sebagai latar belakangnya. Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise yang begitu mempesona di pantai yang berlokasi di kawasan Mancagahar, Pameungpeuk, Kabupaten Garut ini.

Lokasi: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

9. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali
Image Credit: Balitoursclub.net

Meski memiliki nama Pondok Balik, namun pantai ini terletak di Desa Mayangan, Legonkulon, Kabupaten Subang. Daerah tersebut cukup terpencil dan memiliki akses yang cukup sulit untuk menuju ke lokasi. Namun tetap banyak traveler yang berkunjung ke Pantai Pondok Bali, karena daya tariknya yang begitu memukau. Pantai satu ini memang memiliki panorama indah yang tidak bisa membuatnya sepi akan pengunjung.

Anda bisa mengunjungi serta melakukan berbagai aktivitas pantai selama 24 jam di sini. Mulai dari berfoto ria dengan berbagai spot fotonya yang cocok sekali dengan feed instagram, hingga menikmati wisata kuliner seafood yang disuguhkan oleh beberapa warung di pinggir pantai. Atau Anda juga bisa sekedar berjalan menikmati suasana pantai yang begitu syahdu, dan lain sebagainya.

Lokasi: Mayangan, Kec. Legonkulon, Kab. Subang.

10. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Jika Anda ingin mengunjungi wisata bahari yang memiliki berbagai kuliner seafood yang lengkap dan lezat, maka Pantai Ujung Genteng merupakan pilihan yang tepat. Di pantai ini Anda bisa menemukan banyak sekali penjual makanan laut yang sangat menggugah selera. Pantai yang berlokasi di daerah Desa Gunung Batu, Ciracap, Sukabumi ini akan memanjakan perut serta lidah Anda dengan berbagai varian bumbu yang istimewa dalam setiap masakannya.

Tidak hanya kulinernya saja yang bisa membuat Anda berdecak kagum, namun keindahan Pantai Ujung Genteng juga bisa menghipnotis Anda untuk berlama lama di sini. Berbagai aktivitas pantai juga tidak ketinggalan bisa Anda nikmati, seperti bermain pasir dan bermain air di pinggir pantai, menyusuri pesisir pantai sembari menikmati pemandangan indah, atau menikmati nikmatnya es kelapa di bawah naungan nyiur yang sangat menyejukkan.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

Berbicara mengenai aktivitas pantai memang seperti tidak ada habisnya. Karena banyak sekali hal seru yang dapat dilakukan ketika berada di wisata bahari. Bahkan jika hanya duduk di bawah pohon kelapa sambil menikmati indahnya lautan, juga merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Tak terkecuali dengan berbagai wisata pantai yang ada di dekat Kota Bandung ini, Anda juga bisa berkunjung dan menikmati beragam fasilitas yang mengasyikkan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending