10 Wisata Pantai di Indramayu yang Paling Hits

Wisata Pantai Indramayu

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Indramayu, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Liburan.

Indramayu yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat, memiliki segudang panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan. Salah satu wisata alam yang tentunya menjadi favorit bagi wisatawan yakni wisata bahari, yang tersebar di berbagai lokasi di Indramayu.

Pemandangan indah khas pantai di sana berhasil memikat hati siapapun yang melihatnya. Penasaran dengan pantai yang ada? Berikut ulasan wisata pantai populer di Indramayu yang menawarkan keindahan alam yang memukau dan saying jika dilewatkan.

1. Pantai Solikin

Pantai Solikin
Image Credit: Twitter.com @tresna_foto

Objek wisata bahari pertama yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berlibur di Indramayu adalah Pantai Solikin. Pantai ini memiliki rupa yang sedikit berbeda dari pantai lainnya, dimana pada area bibir pantai terdapat sebuah tembok bebatuan dan sederet perahu nelayan berjajar di sampingnya. Pada garis pantainya, pengunjung dapat melihat deretan tanaman mangrove dan beberapa gubuk yang memberi kesan asri pada wilayah tersebut.

Hutan mangrove nan mempesona tersebut terlihat rimbun mengelilingi jalan menuju pantai. Bahkan di sini Anda juga bisa menemukan beberapa spot yang menarik, dimana seringkali diburu oleh para muda mudi untuk mengabadikan momen. Keindahan Pantai Solikin tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat setempat saja, sebab pembahasan mengenai pantai cantik satu ini telah tersebar luas di berbagai jejaring media sosial.

Lokasi: Eretan Wetan, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramayu.

2. Pantai Cibugel

Pantai Cibugel
Image Credit: Iklantravel.com

Pantai yang merupakan tempat bermuara Sungai Bugel ini, sering disebut sebut sebagai destinasi wisata bahari terbaik yang ada di daerah Indramayu. Hal yang membuat Pantai Cibugel menjadi tampak menarik adalah warna pasir pantai yang putih bersih, dengan air laut serta deburan ombak yang cukup tenang. Oleh karenanya banyak pengunjung yang kemudian tertarik untuk berenang atau bermain air di sekitar bibir pantai.

Menurut penuturan beberapa pengunjung, waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Cibugel yaitu pada sore hari. Sebab pemandangan indah lembayung senja sangat pantas untuk dinikmati dan diburu. Tidak mengherankan bila objek wisata satu ini memiliki banyak pengunjung meski di luar hari libur. Bahkan jumlah wisatawan yang datang pun semakin meningkat menjelang akhir pekan.

Lokasi: Sukahaji, Kec. Patrol, Kab. Indramayu.

3. Pantai Karangsong

Pantai Karangsong
Image Credit: Infoindramayu.com

Apabila Anda bosan dengan wisata bahari yang biasa saja, maka Anda wajib mencoba berkunjung ke Pantai Karangsong yang menawarkan liburan berbeda. Selain duduk manis serta berjalan jalan menikmati keindahan pantai, di sini Anda akan diajak untuk berkeliling hutan mangrove. Tanaman mangrove yang tumbuh di sekitar pantai sangat subur dan sangat beragam, jadi Anda tidak akan bosan memandang rimbunnya pepohonan yang ada.

Selain itu, salah satu daya tarik lain di Pantai Karangsong yaitu adanya Pulau Buaya yang bisa Anda datangi dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari area pantai. Di sana Anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang amat mempesona dengan cara snorkeling atau diving. Apabila tidak ingin menyelam, Anda bisa melakukan aktivitas memancing atau berburu ikan segar di sini. Di Pantai ini juga terdapat banyak pedagang yang menjajakan berbagai buah tangan.

Lokasi: Jl. Wanasari, Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

4. Pantai Tanjung Pura

Pantai Tanjung Pura
Image Credit: Babehhelmi.com

Pantai yang cukup lapang dan bersih ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat sayang sekali untuk Anda lewatkan. Karena areanya yang lapang, membuat Pantai Tanjung Pura ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga terlebih yang memiliki anak kecil. Buah hati bisa bermain pasir dengan puas, serta berlarian kesana kemari tanpa harus berdesak desakan dengan pengunjung yang lain.

Selain itu Pantai Tanjung Pura juga memiliki ombak yang tidak begitu besar, jadi pengunjung bisa bermain air hingga puas di sekitar bibir pantai. Hanya saja air lautnya memang tidak sejernih pantai yang lain, karena wisata bahari satu ini tidak jauh dari letak Sungai Citarum yang aliran airnya menuju langsung ke arah laut. Meski begitu tidak tampak satupun sampah hasil buangan dari sungai, jadi kawasan Pantai Tanjung Pura tetap terlihat bersih.

Lokasi: Desa Ujung, Gebang, Kec. Sukra, Kab. Indramayu.

5. Pantai Dadap

Pantai Dadap
Image Credit: Indramayutradisi.com

Pantai Dadap yang berada di kawasan Kabupaten Indramayu ini kerap kali dikunjungi oleh warga sekitar sekedar untuk melepaskan penat. Meski bukan hari libur, objek wisata pantai satu ini selalu rama akan pengunjung. Bagaimana tidak, di sini para wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah panorama laut yang begitu menawan. Bagi Anda yang melancong ke daerah Indramayu, akan sangat disayangkan bila terlewat untuk berkunjung kemari.

Semakin sore, Pantai Dadap ini akan semakin ramai oleh para pengunjung yang datang tiada henti. Hal ini sangat wajar, mengingat dari betapa indahnya pemandangan senja yang bisa dinikmati melalui pantai tersebut. Bahkan setelah puas menikmati momen matahari terbenam, Anda bisa bermalam di beberapa penginapan dengan fasilitas lengkap yang ada di sekitar Pantai Dadap.

Lokasi: Dadap, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

6. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah
Image Credit: Indramayu.top

Salah satu pantai yang juga sangat populer di Indramayu yaitu Pantai Balongan Indah. Pantai satu ini juga sangat ramai dipadati oleh pengunjung meski bukan pada hari libur. Salah satu alasan yang membuat pengunjung senang berlibur ke sini yaitu karena ombaknya yang tidak begitu besar dan cenderung tenang. Sehingga berbagai aktivitas bermain di pantai bisa dilakukan dengan nyaman, seperti berenang atau sekedar bermain air di bibir pantai.

Anda juga bisa membawa putra putri untuk berenang di sini, karena Pantai Balongan Indah sudah dirasa aman serta nyaman untuk bermain sepuasnya. Selain itu di sini Anda juga bisa menemukan sederet kapal nelayan yang bersandar di tepi pantai. Pemandangan tersebut memberi nilai estetika sendiri, yang membuat kawasan pantai menjadi semakin indah. Cukup banyak pengunjung yang mengabadikan potret dengan latar belakang deretan perahu tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

7. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya
Image Credit: Detik.com

Pantai Tirtamaya seolah memiliki pesona alam yang tidak pernah luntur, meski terdapat berbagai mitos serta legenda yang hidup berdampingan di sana. Konon katanya pantai satu ini merupakan tempat berlabuh Ki Buyut Tuban, yang merupakan murid dari Sunan Bonang. Sehingga cukup banyak orang yang berkunjung ke Pantai Tirtamaya untuk melakukan wisata religi atau ziarah dan lain sebagainya.

Terlepas dari mitos tersebut, panorama pantai yang indah berpadu dengan laut biru dan semilir angin yang menerpa wajah mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung ke sana. Pemandangan matahari terbit maupun suasana senja menjadi salah dua yang selalu diburu oleh para wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara. Mengunjunginya di siang hari pun bukan ide yang buruk, lazuardi langit yang cerah berpadu dengan warna sapphire laut tidak pernah mengecewakan.

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

8. Pantai Tiris

Pantai Tiris
Image Credit: Dharmaayunagari.blogspot.com

Pantai Tiris berada di kawasan Pabeanilir dan terkenal dengan keindahan yang tiada duanya. Meski begitu masih cukup banyak orang yang belum berkunjung ke pantai satu ini, karena akses menuju pantai dianggap cukup sulit. Untuk saat ini, pihak pengelola masih terus melakukan perawatan khusus dan berbagai perbaikan. Agar nantinya akses menuju Pantai Tiris bisa menjadi lebih baik.

Namun bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, bisa mengunjungi Pantai Tiris sekarang juga. Masih begitu asri dan tidak terlalu banyak pengunjung, akan membuat serasa pantai milik sendiri. Anda bisa bebas bermain main di pantai tanpa terusik oleh pengunjung yang lain. Indahnya pantai dengan suasana sejuk dan damai, jauh dari hingar bingar perkotaan, tentu akan membuat segala lelah dan penat hilang seketika.

Lokasi: Jl. Kali Cilik, Pabeanilir, Kec. Pasekan, Kab. Indramayu.

9. Pantai Lemah Abang

Pantai Lemah Abang
Image Credit: Wikipedia.org

Wisata bahari berikutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Indramayu yaitu Pantai Lemah Abang. Pantai ini berada di kawasan Kandanghaur dan berdekatan dengan jalur pantai utara, sehingga membuat objek wisata satu ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Bukan hanya karena lokasinya mudah untuk dijangkau, namun keunikan dari Pantai Lemah Abang juga menjadi salah satu daya tarik mengapa pengunjung terus berdatangan.

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini yaitu terletak pada pasirnya yang berwarna kemerahan. Dimana warna tersebut akan terlihat semakin jelas saat tertimpa oleh sinar matahari. Selain itu, fasilitas yang ada di Pantai Lemah Abang ini juga sudah cukup memadai karena telah dikelola dengan cukup baik. Anda bisa menemukan area parkir yang cukup, toilet, kamar mandi untuk bilas, serta beberapa pedagang yang menjajakan berbagai kuliner.

Lokasi: Eretan, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramayu.

10. Pantai Glayem

Pantai Glayem
Image Credit: Jabarprov.go.id

Pantai Glayem yang berada di kawasan Juntinyuat ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena kecantikannya yang hampir serupa dengan Pantai Indrayanti Yogyakarta. Keindahan dari wisata bahari satu ini sudah santer terdengar ke luar daerah Indramayu, sehingga banyak pelancong yang berkunjung untuk menikmati pesonanya. Setelah puas menelusuri keindahan pantai, pengunjung bisa melakukan wisata kuliner lezat yang ada di dekat kawasan pantai.

Lokasi: Pantai Glayem, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

Dikenal sebagai daerah dengan pesona alam yang luar biasa, Indramayu menjadi seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Daya tarik yang membuat pelancong berdatangan berasal dari letak geografisnya sendiri, dimana menghasilkan berbagai wisata pantai yang mampu menyuguhkan keindahan tak ternilai. Di sana para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam yang begitu asri, sejuk, dan sangat cocok untuk menghilangkan penat.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending