11 Air Terjun di Jogja yang Populer & Terindah

11 Air Terjun di Jogja yang Populer & Terindah

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejumlah tempat wisata alam cantik seperti pantai, gunung, hutan, dan air terjun. Kali ini kita akan membahas sejumlah air terjun cantik yang bisa anda kunjungi saat liburan baik bersama teman-teman atau bahkan bersama keluarga.

Umumnya air terjun yang berlokasi di Jogja ini memiliki sejumlah pepohonan rindang yang tumbuh subur di sekitarnya dan ada juga beberapa tebing berbatu yang menjadi lokasi air dari terjun tersebut berada. Dengan semua hal ini membuat banyak wisatawan yang datang berlibur sekaligus ingin mencari ketenangan bagi hati dan pikiran mereka.

Bahkan ada yang sampai melakukan camping atau bermalam di sekitaran lokasi air terjun tempat mereka berwisata tersebut untuk lebih merasakan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk dunia perkotaan. Berikut adalah sejumlah air terjun yang berlokasi di Jogja dengan panorama alam yang menakjubkan.

1. Air Terjun Kedung Kandang, Gunung Kidul

Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Aileen

Desa Nglanggeran merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja, yang terkenal berkat keberadaan Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain gunung menakjubkan tersebut desa yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini juga memiliki sebuah air terjun cantik bernama Air Terjun Kedung Kandang.

Kecantikan dari destinasi wisata alam ini benar-benar menawan karena terbentuk dari sejumlah bebatuan vulkanik menyerupai anak tangga raksasa. Akan tetapi untuk bisa melihat keindahan dari air terjun unik ini hanya bisa dilakukan saat musim hujan saja, karena ketika musim kemarau tempat wisata alam tersebut tidak dialiri air.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Ekowisata Sungai Mudal, Kulon Progo

Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo
Image Credit: Google Maps Aristiono

Salah satu destinasi wisata alam populer yang berasal dari Yogyakarta adalah Ekowisata Sungai Mudal yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Kecamatan Girimulyo, Kelurahan Jatimulyo. Lokasi wisata air yang satu ini bisa dikatakan sangat sempurna karena selain memiliki air terjun cantik juga terdapat 3 titik pemandian yang bisa digunakan.

Semua titik pemandian tersebut juga sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan ada juga tempat penyewaan pelampung. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang gemar berlibur ke Ekowisata Sungai Mudal yang memiliki panjang sekitar 75 meter dengan ketinggian mencapai 17 meter tersebut.

Di dalam tempat wisata alam ini anda juga akan menemukan sejumlah wahana permainan seru seperti zip bike, flying fox, treetop, camping ground, dan outbound. Selain itu pemandangan dari lokasi wisata cantik ini juga sangat menakjubkan karena anda bisa melihat indahnya pegunungan dari kejauhan dengan hutan yang masih sangat terjaga.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Grojogan Sewu, Kulon Progo

Grojogan Sewu Kulon Progo
Image Credit: Google Maps Benny Priprasetyo

Jika anda adalah salah satu orang yang menyukai tantangan maka mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di Kabupaten Kulon Progo patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya tempat wisata menawan ini memiliki medan yang cukup susah untuk dilewati karena sangat terjal dan licin.

Hal tersebut membuat orang-orang tertentu saja yang bisa mencapai lokasi air terjun cantik ini. Meskipun begitu, setelah anda tiba di lokasi jatuhnya air maka semua capek akan hilang seketika karena anda akan disambut dengan air terjun dan alam yang benar-benar masih alami.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Air Terjun Kembang Soka, Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo
Image Credit: Google Maps fadjar moch

Ketika berbicara soal air terjun di Jogja maka nama Air Terjun Kembang Soka yang juga berlokasi di Kabupaten Kulon Progo wajib untuk dibahas. Hal tersebut dikarenakan anda akan menemukan air yang memiliki warna biru tosca dan kekuningan di lokasi wisata alam ini.

Menurut Dinas Pariwisata Yogyakarta, Air Terjun Kembang Soka merupakan tempat bertemunya tiga mata air yaitu Kalimiri, Kembang Soka, dan Tuk Jaran. Ketiganya kemudian membentuk sebuah air terjun cantik berwarna biru tosca dengan ketinggian mencapai 40 meter.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Air Terjun Luweng Sampang, Gunung Kidul

Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps sotographer jalan jalan

Selanjutnya ada nama Air Terjun Luweng Sampang yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata cantik ini memiliki dua tebing batu tinggi di sebelah kiri dan kanannya sehingga membuatnya terlihat lebih indah. Anda juga bisa duduk di atas tebing batu tersebut untuk melihat indahnya pemandangan sekitar dengan lebih jelas.

Tebing batu tersebut juga memiliki ukiran yang diperoleh dari gesekan aliran air. Waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi destinasi wisata alam ini adalah saat musim kemarau, karena saat musim hujan air akan sangat deras.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DIYogyakarta.

6. Grojogan Watu Purbo, Sleman

Grojogan Watu Purbo Sleman
Image Credit: Google Maps Ifan M.I.

Grojogan Watu Purbo awalnya dibangun untuk menahan erupsi Gunung Merapi yang terjadi di tahun 1975. Namun, pada tahun 2017 lokasi tersebut kemudian dibuka untuk umum sebagai lokasi pariwisata oleh pemerintah setempat.

Hal ini dikarenakan anda akan menemukan pemandangan yang benar-benar indah dari air yang jatuh dari atas ketinggian melewati sejumlah petak di bawahnya. Yang lebih membuat tempat wisata populer ini digemari oleh banyak orang adalah terdapat banyak pepohonan rindang di sekitar Grojogan Watu Purbo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangunrejo, Merdikorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

7. Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Bara Purnomo

Beralih ke lokasi wisata berikutnya yaitu Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Desa Bleberan. Tempat wisata hits ini dikatakan unik karena airnya keluar dari dalam bebatuan kapur yang cukup tinggi.

Selain bisa menikmati indahnya air yang keluar dari dalam batu, anda juga bisa menaiki perahu untuk menyebrangi Sungai Oya yang menjadi lokasi keberadaan dari Air Terjun Sri Gethuk. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang sering datang berlibur ke air terjun hits asal Desa Bleberan ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Air Terjun Lepo, Bantul

Air Terjun Lepo Bantul
Image Credit: Google Maps Sigit Ariyanto

Kita beralih ke Kabupaten Bantul yang memiliki sebuah air terjun cantik bernama Lepo. Warna air di tempat wisata alam tersebut adalah biru yang akan sangat menyatu dengan warna daun dari pepohonan di sekitarnya.

Keindahan tersebut menjadikan destinasi wisata menawan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berburu foto. Selain itu anda juga bisa melakukan camping di sekitar Air Terjun Lepo karena alam di tempat wisata hits ini benar-benar masih sangat asri.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun, Jl. Pokoh, Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Air Terjun Pantai Jogan, Gunung Kidul

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Fitriana Fitriana

Satu lagi wisata air cantik yang berasal dari Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta yaitu Air Terjun Pantai Jogan. Hal yang membuat lokasi wisata menawan in sangat berbeda dengan air terjun pada umumnya adalah keberadaannya itu sendiri yang berada tepat di pinggir sebuah pantai berpasir putih.

Hal tersebut membuat wisatawan tidak hanya bisa menikmati indahnya air terjun saja namun mereka juga dapat bermain di sepanjang bibir pantai. Air Terjun Pantai Jogan memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan berasal dari aliran air tawar perbukitan sekitar kemudian mengarah ke laut dan jatuh ke tepi pantai berpasir putih tersebut.

Untuk bisa menikmati destinasi wisata alam yang satu ini secara maksimal pastikan anda datang saat air laut sedang surut atau kering. Karena ketika air laut naik maka air terjun nan indah tersebut tidak bisa terlihat dengan jelas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

10. Air Terjun Randusari, Bantul

Air Terjun Randusari Bantul
Image Credit: Google Maps Rofid Elwafa

Dari Gunung Kidul kita beranjak ke Kabupaten Bantul, Desa Dlingo yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Jogja. Di lokasi tersebut terdapat Air Terjun Randusari yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan kedalaman antara 1 sampai 2 meter. Selain itu destinasi wisata populer ini juga memiliki beberapa gazebo dan hammock bagi pengunjung.

Tempat wisata alam ini memiliki sebuah pohon Randu yang sangat besar di sekitarnya, dimana hal tersebut membuat nama Randusari melekat dengan air terjun hits ini. Ada juga kata sari yang jika diartikan ke Bahasa Indonesia berarti utama dari Bahasa Jawa.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Randusari, Rejosari, Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Air Terjun Goa Selarong, Bantul

Air Terjun Goa Selarong Bantul
Image Credit: Google Maps Radit Adi

Terakhir ada nama Air Terjun Goa Selarong yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata alam menakjubkan ini tidak hanya menghadirkan pemandangan air terjun saja, namun anda juga bisa melihat indahnya sebuah goa yang menjadi saksi bisu bagi kisah perlawanan Pangeran Diponegoro kepada Bangsa Belanda.

Selain itu, alam di sekitar Air Terjun Goa Selarong juga sangat indah dengan banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh dengan suburnya. Hal tersebut kemudian membuat hawa udara menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk anda melepaskan stres dan menenangkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Jika anda adalah pecinta wisata alam maka nama-nama air terjun asal Jogja di atas bisa menjadi sejumlah lokasi wisata yang pantas untuk dikunjungi. Jangan lupa menyiapkan perlengkapan dan memperhatikan tubuh agar perjalanan anda tetap lancar tanpa ada hambatan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending