5 Air Terjun di Tawangmangu Karanganyar yang Populer & Terindah

5 Air Terjun di Tawangmangu Karanganyar yang Populer & Terindah

Tawangmangu di Karanganyar dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Inilah daftar air terjun terindah di Tawangmangu yang populer dan menarik dieksplor pesonanya.

Tawangmangu merupakan sebuah nama yang dimiliki oleh salah satu kecamatan di Provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya berada di Kabupaten Karanganyar. Jika Anda bandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Jawa Tengah, Tawangmangu memiliki keistimewaan tersendiri, karena disini banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi ketika waktu liburan.

Salah satunya merupakan destinasi wisata bertemakan air terjun. Banyaknya wisata air terjun dikarenakan letaknya yang berada di sebuah lereng gunung bernama Gunung Lawu. Selain pesona air terjunnya, faktor tersebut membuat hawa dan cuaca disini semakin terasa sejuk dan juga segar ditambah dengan panorama yang siap menyambut Anda ketika datang.

Wisata di kecamatan Tawangmangu merupakan salah satu tempat yang menjadi primadona para wisatawan saat ingin berlibur dengan bertemakan wisata alam air terjun. Jadi saat ke Jawa Tengah, tidak selalu hanya berlibur di sekitaran kota Jogja maupun Solo. Berikut rekomendasi air terjun eksotis di Tawangmangu, Karanganyar.

1. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani
Image Credit: Pegipegi.com

Air terjun ini merupakan air terjun yang dipercaya warga setempat merupakan air terjun yang sangat sakral. Bahkan saking sakralnya, tempat wisata ini sebenarnya merupakan sebuah tempat wisata bernuansa religi dan bukan merupakan wisata alam yang dinikmati keindahannya. Yang khusus untuk sebuah kepercayaan tertentu.

Akan tetapi dengan dijadikannya Air Terjun Pringgodani ini menjadi wisata religi, tidak membuat berkurangnya nilai keindahan wisata alam ini. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini dengan tujuan untuk berwisata menikmati keindahan alamnya, dan tidak memiliki tujuan untuk berwisata religi di Air Terjun Pringgodani.

Dikarenakan posisinya berada di sebuah lereng gunung, membuat udara di tempat ini terasa sejuk dan segar. Panorama sekitar juga berwarna hijau indah yang membuat para pengunjung enggan memalingkan mata. Suasana seperti inilah yang dicari cari oleh kebanyakan orang. Karena mereka ingin melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan.

Letak keindahan tempat ini yaitu pada tingkatannya, air terjun ini memiliki tingkatan sebanyak 2 tingkatan. Air terjun ini bahkan merupakan yang tertinggi di provinsi Jawa Tengah, tingginya bisa mencapai kurang lebih 100 meter. Daya tarik inilah yang membuat tempat ini merupakan salah satu destinasi alam yang direkomendasikan di Tawangmangu lainnya.

Letak air terjun Pringgodani ini mudah untuk diakses oleh kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Air terjun ini sendiri terletak di Desa bernama Blumbang. Letaknya berjarak kurang lebih 4 km dari terminal yang bernama Tawangmangu. Jika ingin kesini, maka harus jalan kaki sepanjang 1-2 km dari poros jalan utama.

Menurut cerita yang dipercaya oleh warga setempat, dahulu kala tempat ini merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai tempat bertapa oleh seseorang. Warga meyakini bahwa orang yang bertapa di tempat ini ialah orang yang dulunya pernah mengalahkan kekuatan Prabu Baka. Orang ini merupakan orang yang telah hidup di era Kerajaan Kaling.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Jurang Sundo

Air Terjun Jurang Sundo
Image Credit: Google Maps (Wens_3699 Channel)

Yang kedua ini merupakan air terjun tersembunyi yang menyimpan keindahan, maka dari itu tempat ini sangat cocok untuk Anda masukkan ke dalam daftar liburan Anda selanjutnya. Letaknya yang belum diketahui banyak orang, membuat keadaan di tempat ini masih sepi, damai dan juga masih asri.

Curug ini memiliki nilai keindahan dan eksotisme tersendiri dibandingkan dengan curug lainnya yang berada di Karanganyar. Dengan tidak dipatoknya harga tiket masuk, membuat semua orang dari kalangan kelas menengah, bawah, ataupun kelas atas dapat bersama sama menikmati indahnya ciptaan tuhan yang satu ini.

Air terjun ini hanya memiliki tinggi sekitar kurang lebih 9 meter saja, tingginya sangat pendek jika Anda menengok curug lainnya yang menjadi pesaing tempat ini di Karanganyar. Namun jangan salah, dengan hanya memiliki tinggi 9 meter, membuat aliran dan debit air di lokasi ini sangatlah deras. Hal itu membuat lokasi wisata ini jarang sekali dilanda kekeringan.

Selain hanya terdapat grojogan yang menjadi spot utama, disamping grojogan utama tersebut terdapat sebuah grojogan berukuran lebih kecil yang memiliki sumber air dari satu aliran air. Karena keindahan dan pesonanya tersebut, dapat membuat para pengunjung yang datang mencoba untuk berenang disini ataupun hanya sekedar berfoto bertema curug.

Untuk bisa menjangkau tempat ini tidaklah sulit, karena akses jalan yang sudah mulus dan juga rute untuk menuju lokasi wisata ini tidak terlalu macet. Air terjun Jurang Sundo ini berjarak sekitar 300 meter dari terminal Tawangmangu. Nanti Anda bisa melihat petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglurah, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps (Bambang D E Sunjoyo)

Air terjun Gorojogan Sewu merupakan air terjun yang paling populer di telinga para pecinta travelling. Hal itu terjadi karena tempat ini memiliki nama yang cukup unik karena nama Grojogan Sewu tidak hanya dimiliki oleh air terjun ini, melainkan ada beberapa grojogan yang memiliki nama serupa dengan lokasi wisata disini.

Setelah tiba di tempat ini, Anda tidak akan menyesal apabila telah memasukkan nama tempat ini ke dalam list destinasi alam yang ingin dikunjungi. Air terjun Grojogan Sewu ini berada di bawah kaki sebuah gunung bernama Gunung Lawu. Selain itu, air terjun grojogan sewu memiliki tinggi kurang lebih 81 meter dan pemandangan yang indah.

Di destinasi wisata ini memiliki dua buah pintu masuk. Pintu masuk yang pertama merupakan pintu masuk yang sering digunakan oleh para pengunjung ketika datang, karena lokasinya yang berdekatan dengan Terminal Tawangmangu. Disini nanti Anda harus menyiapkan fisik yang kuat karena akan menaiki banyak anak tangga yang akan menguras tenaga.

Yang kedua merupakan pintu masuk yang cocok untuk orang lansia, karena trek di pintu masuk ini terbilang cukup landai dan santai. Setelah masuk ke wisata, nantinya Anda akan disambut dengan kera kera yang berkeliaran. Hal tersebut pastinya sangat menarik. namun harus berhati hati, karena disini para kera sering merebut tas atau makanan secara paksa.

Setibanya di spot utama grojogan, pasti Anda akan terpesona dengan keindahannya. Namun Anda dilarang terlalu dekat dengan spot Air Terjun, karena dikhawatirkan air yang turun sangat deras dan juga dibarengi dengan angin yang bertiup sangat kencang. Anda bisa mencoba permainan untuk bersenang senang seperti Flying Fox, Rafting dan juga lainnya.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata air terjun Grojogan Sewu yang indah, maka Anda akan dikenakan biaya untuk tiket masuk sebesar 20.000 rupiah saja. Harga yang cukup murah tersebut dirasa sangat adil jika dibandingkan dengan keindahan alam yang disuguhkan tempat ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Jumog Putri

Air Terjun Jumog Putri
Image Credit: Facebook.com (Noer Iku Cahaya)

Pada mulanya, air terjun ini merupakan tempat yang dianggap biasa saja oleh para warga sekitar. Bahkan dianggap hanya seperti sungai yang membasahi dan mengairi sawah ataupun lading milik para masyarakat setempat. Namun tempat ini tidak menjadi tempat yang biasa saja ketika seseorang bernama Pak Subali membersihkan tempat ini.

Ketika selesai dibersihkan, mulai nampak bahwa ada sebuah air terjun yang sangat jernih dan bersih mengalir di antara bebatuan yang cukup besar. Menurut Pak Subali, debit air di curug ini tidak pernah mengering sama sekali walaupun musim kemarau melanda. Sungai ini memiliki dua arah, yang pertama menuju Barat dan yang kedua menuju ke Utara.

Lokasinya yang sangat strategis, membuat air terjun ini sangat layak dikunjungi. Tempat ini berlokasi di Desa Gondosuli, Karanganyar yang terletak di Kecamatan Tawangmangu. Untuk harga tiket masuk ke tempat ini sangat murah, yakni hanya 5.000 rupiah untuk satu orang. Dan biaya parkir sebesar 2.000 rupiah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Image Credit: Pegipegi.com

Terakhir yang menjadi wisata alam di Tawangmangu yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Jumog. Air terjun ini pernah dijuluki sebagai surga yang pernah sirna. Karena sebelum tempat ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 2014, air terjun Jumog hanyalah sebuah air terjun biasa yang tertutup oleh semak semak belukar yang lebat.

Air Terjun Jumog ini merupakan tempat yang sangat indah dan nyaman karena dengan tinggi 30 meter, debit airnya tidak terlalu deras dan tidak terlalu kering ketika kemarau. Hal itu membuat banyak para wisatawan yang bahagia ketika sampai di tempat ini karena dapat berenang, berendam, rafting atau hanya membasahi kaki dan berfoto di kaki air terjun Jumog.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Itulah deretan air terjun terindah di Tawangmangu, Karanganyar yang nantinya siap untuk menjadi tempat untuk mengisi waktu liburan Anda. Karena sejatinya Tawangmangu bukan merupakan tempat yang cukup terkenal bagi sebagian orang, namun menyimpan segudang keindahan alam yang memesona.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending