15 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Populer & Terindah

15 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Populer & Terindah

Kota Bandung menyimpan pesona wisata alam yang indah dan tak perlu diragukan lagi. Inilah daftar rekomendasi air terjun atau curug di Bandung yang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa dan menarik Anda kunjungi.

Bandung, kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan kota romantis. Tapi nyatanya Bandung bukan hanya tentang kisah romansa. Tapi juga kaya akan kenampakan alam luar biasa. Terkenal memiliki berbagai tempat wisata yang indah Bandung juga memiliki beberapa air terjun cantik.

Di mana air terjun tersebut tersebar ke beberapa titik sekitar Bandung. Seperti yang kita tahu Bandung memiliki suasana yang syahdu dengan banyaknya perkebunan dan bukit. Sehingga cocok menjadi sarang bersemayamnya curug. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lokasi air terjun yang masih terjaga keasriannya.

Bahkan ada curug yang juga menyimpan mitos serta sejarah yang patut untuk ditelisik lebih jauh. Beberapa air terjun atau curug hits di Bandung berikut ini siap menjadi tempat liburan Anda. Apalagi untuk yang suka dengan wisata di mana bisa menyatukan diri dengan alam.

1. Curug Penganten

Curug Penganten
Image Credit: Google Maps (Doyan petualangan)

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Curug Penganten. Destinasi wisata alam yang yang satu ini juga sangat terkenal dengan sebutan Air Terjun Pengantin. Pesona alam di curug sangatlah memukau. Pasalnya dengan pemandangan air terjun bagai tirai serta pepohonan hijau yang rindang seakan menambah asri.

Dengan pesona hutan tropis bagai payung langit, Curug Penganten sangatlah digandrungi wisatawan. Perjalanan menuju curug pengunjung akan disuguhkan dengan perkebunan warga sekitar. Lokasinya terletak di Padaasih, Cisarua, Bandung Barat.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padaasih, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

2. Curug Dago

Curug Dago
Image Credit: Instagram.com @cizzna

Berada di Bandung, jangan lupa untuk berkunjung ke curug bersejarah ini. Pasalnya destinasi wisata alam Bandung tersebut pernah menjadi tempat kunjungan Raja Thailand. Sebagai bukti sejarah, di sini terdapat prasasti Thailand yang dibangun sejak 1818.

Curug Dago berada di lokasi yang begitu asri, di mana ketinggian lokasinya sekitar 800 mdpl. Sehingga pengunjung akan merasakan udara sejuk khas pegunungan. Belum lagi pemandangan alam sekitar yang eksotis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps (Kang Reysal)

Curug Cimahi telah hadir di Bandung dengan ketinggian 87 meter. Kini di sekitar lokasi wisata telah tersedia tempat semacam rumah pohon. Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun melalui ketinggian.

Air terjun cantik dan penuh pesona ini memang berada di lokasi yang cukup tersembunyi. Tidak heran tempatnya masih begitu terawat. Bahkan di sini juga telah memiliki fasilitas lengkap. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama di air terjun Cimahi.

Curug Cimahi akan semakin indah jika dilihat pada malam hari. Pasalnya Anda akan mendapati warna air terjun yang bercahaya. Hal ini tidak lain adalah karena hiasan lampu yang khusus dipasang di bagian belakang curug. Sehingga pemandangan yang didapat seperti air bercahaya yang jatuh ke anak sungai di bawahnya.

Curug Cimahi memang sudah dibuat modern. Meski begitu keasriannya masih nampak. Lampu yang menjadi pewarna air terjun pun warna-warni seperti pelangi. Oleh sebab itu, lambat laun Curug Cimahi juga dikenal dengan nama Curug Pelangi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang
Image Credit: Instagram.com @ajiperdana_p

Ingin merasakan keindahan alam beserta petualangannya? Curug Cilengkrang bisa menjadi tempat yang recommended. Di sini Anda akan mendapati sebuah air terjun dengan ketinggian 8 meter. Selain itu, Curug Cilengkrang juga memiliki beberapa curug mini di bawahnya.

Sehingga aliran airnya seolah nampak bertingkat-tingkat. Udaranya sejuk dengan air yang segar seolah dapat merilekskan pikiran. Curug yang memukau ini berada di Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Bandung.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat.

5. Curug Cinulang

Curug Cinulang
Image Credit: Instagram.com @bentangwaktu

Bandung memang seakan tidak mau berhenti pamer keindahan alamnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lokasi air terjun yang salah satunya berada di Cicalengka Sendang Wangi. Curug tersebut bernama Curug Cinulang.

Curug yang satu ini juga seringkali disebut sebagai Curug Sindulang. Menjadi tempat wisata terkenal di Bandung, Curug Cinulang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi ketika hari libur tiba, sudah pasti wisatawan akan memadati lokasi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cicalengka Sindang Wangi, Desa Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

6. Curug Jompong

Curug Jompong
Image Credit: Google Maps (rien hastani)

Perlu Anda tahu bahwa Curug Jompong pernah menjadi destinasi wisata alam yang tertera di buku panduan wisata Bandung. Tidak heran curug yang satu ini juga menjadi favorit wisatawan untuk berlibur. Lebih uniknya lagi, ternyata Curug Jompong memiliki aliran air yang bersumber langsung dari Sungai Citarum.

Bahkan di sini Anda juga akan menemukan batuan purba yang unik. Curug Jompong memiliki debit air yang cukup deras, sehingga pengunjung harus berhati-hati ketika berada di sini. Air Terjun Jompong memiliki pesona alam yang indah. Hal ini karena lokasinya yang di kelilingi oleh pepohonan rimbun.

Alamat lengkap untuk menuju Curug Jompong adalah Desa Koreh Kotok, tepatnya sebagai daerah perbatasan antara Bandung dengan Bandung Barat. Untuk Anda yang penasaran segera datang ke Curug Jompong Bandung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koreh Kotok, Pataruman, Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

7. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Google Maps (Igun tara)

Masih berada di Bandung tepatnya Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Bandung Barat Anda akan menemukan air terjun cantik bernama Curug Sawer. Lokasi wisata yang satu ini berdiri di atas lahan dengan luas 7 hektare.

Bisa dibilang tempat yang satu ini masih sangat terawat. Sungai di bawah air terjunnya juga tak kalah memukau. Pasalnya Anda akan mendapati air jernih nan segar, sehingga sangat cocok untuk area pemandian. Udaranya sejuk sebagaimana udara khas pegunungan. Hal ini karena lokasi Curug Sawer yang berada di ketinggian 1700 mdpl.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cililin Gabus Girang, Karangtanjung, Kec. Cililin, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

8. Curug Siliwangi

Curug Siliwangi
Image Credit: Google Maps (Rival Ahsanudin)

Warga Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Siliwangi. Pasalnya Siliwangi adalah nama raja jaman dulu yang terkenal sakti. Nah, di Bandung ada tempat bernama Curug Siliwangi yang memang menjadi tempat wisata. Tidak hanya itu, tempat tersebut juga kaya akan kisah mengenai Prabu Siliwangi.

Cerita yang beredar dari mulut ke mulut, penamaan air terjun tersebut berawal dari seorang anak kecil. Anak tersebut tidak lain adalah Prabu Siliwangi yang buang air kecil dari atas Gunung Reregan.

Sampai saat ini pun Curug Siliwangi ini dianggap keramat. Sebab katanya, lokasinya dijaga langsung oleh sang Prabu. Untuk bisa sampai ke Curug Siliwangi pengunjung harus trekking menyusuri jalan yang cukup sulit. Selain itu, Anda juga harus melintasi beberapa sungai kecil.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasirmulya, Kec. Banjaran, Kota Bandung, Jawa Barat.

9. Curug Tilu Leuwi Opat

Image Credit: Instagram.com @doniputraprtm

Siapa yang tidak kenal tempat wisata mengasikan yang satu ini. Ya, Curug Tilu Leuwi Opat adalah sebuah air terjun yang tidak pernah sepi saat liburan tiba. Dengan titik utama yang berada di antara lebatnya hutan. Curug ini menjadi tempat relaksasi para pecinta keindahan alam. Bagaimana tidak Curug Tilu Leuwi Opat di himpit oleh jajaran pepohonan.

Selain pesona air terjunnya yang indah, destinasi wisata alam Bandung ini juga memiliki aliran sungai yang cukup deras. Di mana terdapat bebatuan alami yang nampak timbul ke atas permukaan. Bahkan di sini juga terdapat goa yang cocok untuk penjelajahan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

10. Curug Malela

Curug Malela
Image Credit: Instagram.com @cahya_2108

Berkunjung ke Bandung nikmati wisata air terjun bagai Niagara. Seperti yang diketahui bahwa air Terjun Niagara memiliki aliran air yang lebar. Begitu pula dengan yang ada di Desa Cidadas ini, Curug Malela seringkali disebut sebagai Niagara Mini.

Curug yang satu ini berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sehingga sudah bisa Anda rasakan sendiri bagaimana udara di atas sana. Tempatnya masih begitu asri dengan ketinggian 60 meter. Sedangkan untuk lebar air terjunnya sendiri sekitar 70 meter. Meski begitu, untuk bisa menikmati keindahan air terjunnya pengunjung harus rela melakukan trekking yang panjang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

11. Curug Maribaya

Image Credit: Instagram.com @dinsam.id

Menempuh curug dari Kota Bandung maka Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 21 KM. meski begitu untuk rute menuju air terjun bisa dilalui dengan kendaraan. Curug Maribaya akan nampak begitu indah saat pagi dan sore hari. Selain itu tempat ini juga masih sangat terjaga keindahan alamnya.

Curug Maribaya menyuguhkan panorama alam berupa air yang jatuh dari ketinggian 15 meter. Perlu Anda tahu pula bahwa disini lokasi curug dibagi menjadi tiga bagian. Meski begitu ketiga bagian tersebut berada di lokasi yang sama. Air terjun Bandung ini berada di Desa Cibodas, Lembang Bandung Barat.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

12. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek
Image Credit: Instagram.com @mteddykurniawan

Ingin melihat air terjun yang dikelilingi oleh tebing batuan yang indah? Curug Batu Templek bisa menjadi tempat wisata pilihan. Pasalnya di curug ini air mengalir melewati tebing. Sehingga panoramanya nampak sangat menawan.

Belum lagi dengan pesona jembatan gantung yang ada di Curug Batu Templek. Dari jembatan tersebut Anda dapat menikmati keindahan curug dengan lanskap yang berbeda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cisanggarung Lebak, Pasir Impun, Kec. Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat.

13. Curug Citambur

Curug Citambur
Image Credit: Instagram.com @ojalinoza

Wisata curug di bandung selanjutnya adalah Curug Citambur. Tempat wisata yang satu ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 100 meter. Sehingga aliran air yang jatuh juga cukup deras. Bahkan percikan airnya nampak seperti hujan yang turun dari langit.

Curug Citambur dihimpit oleh tebing dengan tumbuhan paku. Selain itu kenampakan di sekelilingnya juga ikut menjadi daya tarik tersendiri. Untuk bisa menikmati pesona alam curug, pengunjung bisa datang ke Karang Jaya, Pasirkuda, Cianjur.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat.

14. Curug Layung

Curug Layung
Image Credit: Instagram.com @billyandyar

Masih berada di daerah Bandung, kini telah hadir sebuah tempat wisata bernama Curug Layung. Curug yang satu ini berada di Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Letaknya tepat berada di lereng Gunung Burangrang. Sebelum menjadi lokasi wisata, curug yang satu ini pernah menjadi tempat latihan Kopassus.

Tidak seperti curug lainnya, Curug Layung memiliki aliran air yang tidak begitu tinggi. Meski begitu dengan aliran air yang cukup deras terdapat kolam alami di sana. Karena termasuk dalam area pegunungan air di curug ini begitu dingin. Namun, tetap memiliki keindahan alam yang begitu luar biasa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

15. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Image Credit: Instagram.com @flashpackers__

Indonesia dengan wisata alamnya yang tidak pernah luput dari sorot perhatian. Curug yang indah dihimpit oleh hutan hijau ini memang layak dikunjungi. Curug Bugbrug berada di Kertawangi, Porongpong. Bisa dibilang destinasi wisata alam satu ini masih sangat tersembunyi. Apalagi tempatnya yang berada di belantara hutan.

Wilayahnya masih sangat asri dengan ketinggian tempat 1050 meter di atas permukaan laut. Jika Anda ingin melihat Curug Bugbrug, sebaiknya datang ketika musim hujan tiba. Sebab pada saat itulah air seakan deras mengguyur sungai di bawahnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kertawangi, Kec. Porongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Itulah beberapa curug atau air terjun terindah di Bandung yang dapat menjadi referensi kunjungan wisata alam Anda selanjutnya. Jelajahi satu persatu keindahan alam Indonesia yang tersembunyi untuk mendapatkan petualangan liburan yang seru dan berkesan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending