Coban Putri Batu, Air Terjun Eksotis dengan Spot Foto Instagramable

Coban Putri Batu, Air Terjun Eksotis dengan Spot Foto Instagramable
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jika kita berbicara mengenai Coban Putri, maka Anda sudah bisa menebak bahwa lokasi wisata ini terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kota Batu. Lokasi wisata ini cukup banyak dikunjungi wisatawan selain karena pemandangannya yang indah, lokasinya tidak susah ditemukan.

Kota Batu yang notabene disebut sebagai kota apel ini memang memiliki banyak air terjun, namun masing-masing lokasi air terjun memiliki poin plusnya sendiri. Demikian juga dengan Coban Putri. Karena lokasi ini masih relatif baru dikembangkan karena potensi wisatanya, kamu masih bisa menyaksikan keindahan alami air terjun ini.

Tak hanya menonjolkan keindahan alaminya, Coban Putri memiliki photospot yang dapat dimanfaatkan saat mengabadikan momen dalam foto. Ditambah lagi, photospot ini memiliki bentuk-bentuk yang unik. Jika kamu berdiri di atasnya, kamu tak hanya bisa berfoto ria dengan photospot yang unik, pemandangan serba hijau nan alami khas daerah perbukitan bisa kamu nikmati.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Putri

Daya Tarik Dimiliki Coban Putri
Image Credit: Twitter.com @alexjourneyid

Meskipun Coban Putri memiliki air terjun sebagai objek wisata utamanya, ada beberapa hal menarik lain yang bisa kamu saksikan di lokasi wisata ini. Berikut adalah beberapa daya tarik yang dimiliki lokasi objek wisata alam nan indah ini.

1. Air Terjun

Jika kamu lelah dengan hingar-bingar kota besar dan ingin suasana yang menenangkan, mengunjungi air terjun dapat menjadi salah satu jawabannya. Coban Putri memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi, yaitu setinggi kurang lebih 20 meter, namun hal ini tidak menjadikan air terjun ini menjadi kawasan wisata yang layak dipandang sebelah mata.

Suara air terjun, dipadu dengan hijau pemandangan dan suhu udara yang sejuk membuat siapapun betah untuk berlama-lama berada di sekitar kawasan air terjun ini. Jika kamu termasuk orang yang gemar bermain air, maka kamu bisa melakukan hal itu di kolam bendung yang sengaja dibuat untuk pengunjung yang ingin bermain air di kawasan air terjun ini.

Dari loket tiket, kamu perlu berjalan sekitar lima belas menit untuk mencapai lokasi air terjunnya. Sepanjang jalan kamu dapat menjumpai pepohonan yang menjulang tinggi dan lumayan rapat-sebuah pemandangan yang tentunya susah untuk dijumpai di perkotaan.

2. Spot Foto Ikonik

Jika kamu adalah tipikal wisatawan yang tidak dapat menghabiskan waktu di tempat wisata tanpa berfoto ria, Coban Putri menjadi lokasi wisata alam yang pas untuk kamu. Pasalnya, di lokasi wisata air terjun ini, kamu dapat menjumpai beberapa spot foto kekinian yang pastinya cocok untuk diunggah ke laman media sosial kamu.

Sebut saja gardu pandang ‘tangan dewa’ dan gardu pandang berbentuk bintang. Meski untuk menggunakan photospot ini kamu perlu merogoh kantong lagi sebesar Rp10.000,- (biaya tiket masuk tidak termasuk tiket untuk tiap photospot), kamu tidak akan menyesal jika sudah mencoba berfoto di photospot miliki lokasi wisata Coban Putri ini.

Lokasi photospot ‘tangan dewa’ memang berbentuk seperti tangan yang sedang menengadah. Uniknya, photospot ini terbuat dari anyaman ranting kayu dan begitu kamu berdiri di atasnya, kamu bisa menyaksikan pemandangan perbukitan dari lokasi tersebut.

Selain ‘tangan dewa’, kamu juga bisa menjumpai photospot gardu pohon berbentuk bintang. Spot ini memang tergolong masih baru jika dibandingkan dengan photospot sebelumnya, namun karena menawarkan pemandangan yang tak kalah bagusnya, spot ini jadi populer juga.

Masih satu lokasi dengan lokasi spot foto gardu pohon bintang, kamu bisa mencoba ayunan unik yang tak kalah populernya dengan spot foto lain. Tak perlu khawatir akan terjungkal sebab petugas akan memasangkan harness untuk mengamankan wisatawan yang hendak mencoba wahana yang satu ini.

Daya Tarik Coban Putri
Image Credit: Google Maps (Sadcandra Putra)

3. Wahana flying fox

Lokasi wisata Coban Putri juga menawarkan permainan yang memicu adrenalin kamu, yaitu flying fox. Dengan mencoba wahana ini, kamu bisa menguji keberanian dalam ‘menaklukkan’ ketinggian sembari menikmati pemandangan serba hijau yang masih sangat alami. Namun, wahana ini lebih diperuntukkan untuk anak-anak dan remaja saja.

4. Wahana offroad

Meski wahana ini tidak terletak satu lokasi dengan air terjun, kamu bisa menjumpai wahana offroad ini masih dalam satu kompleks lokasi wisata air terjun ini. Dari loket masuk, kamu akan dapat menemukan papan penunjuk arah yang akan mengarahkanmu menuju lokasi wahana ini.

Memicu adrenalin? Tentu saja! Sebab, di wahana ini kamu akan ditantang untuk menaklukkan jalanan berlumpur sepanjang kurang lebih 2 kilometer. Siap-siap baju ganti jika kamu berani mencoba wahana yang satu ini, ya!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Coban Putri
Image Credit: Google Maps (Ratih Arum)

Lokasi wisata Coban Putri terletak di daerah Tlekung, Junrejo, Kota Batu. Dari Alun-alun Kota Wisata Batu, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 8 kilometer ke arah selatan.

Kamu dapat menggunakan aplikasi peta online untuk mencapai lokasi air terjun. Dari Alun-alun Kota Wisata Batu, rute yang harus ditempuh meliputi: Jl. Sudiro – Jl. WR Supratman – Jl. Stadion Utara – Jl. Stadion Barat – Jl. Abdul Gani Atas – and Jl. Langsep.

Meski dapat ditempuh dengan motor dan mobil, jalanan untuk menuju lokasi wisata agak sempit dan menanjak. Hal ini akan lebih terasa sesampainya kamu di lokasi. Jalanan dari loket menuju air terjun masih belum sebagus jalan perkotaan (masih tanah). Perlu diperhatikan juga bahwa jalan untuk menuju lokasi parkir termasuk sempit dan mungkin akan menyulitkan jika mengendarai kendaraan roda empat.

Karena lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, kamu dapat menemui di peta bahwa kamu bisa menggunakan jasa transportasi online untuk mencapai lokasi. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan karena akses ke lokasi akan lebih mudah dan nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi, terlebih lagi kendaraan roda dua.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Coban Putri
Image Credit: Google Maps (Wildan Jisung)

Berbagai daya tarik yang ditawarkan tidak menjadikan Coban Putri sebagai lokasi wisata yang berat untuk kantong wisatawan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000,-, wisatawan bisa masuk ke dalam kawasan air terjun ini. Untuk berfoto di beberapa photospot, kamu akan dikenakan biaya tambahan. Tenang saja, biayanya masih ramah di kantong, kok, yaitu Rp 10.000,- saja!

Untuk wisatawan yang membawa kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil, lahan parkir juga tersedia. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp3.000,- sedangkan untuk mobil Rp5.000,-. Masyarakat setempat yang mengelola lahan parkir ini; meski terkesan seadanya, keamanan di tempat ini cukup terjamin.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Coban Putri

Aktivitas Seru di Coban Putri
Image Credit: Instagram.com @maya_aprilia17

1. Menikmati Kawasan Hutan yang Masih Alami

Dengan makin luasnya wilayah yang dikembangkan menjadi kawasan perkotaan, tidak heran kamu jadi ingin untuk sejenak mengasingkan diri dari pusat kota. Di lokasi Coban Putri ini, kamu bisa menemukan jawabannya: lokasi wisata ini tidak begitu jauh dari pusat kota Batu, namun lokasinya masih sangat alami.

2. Menikmati Pemandangan Air Terjun

Jalan dari loket tiket menuju lokasi air terjun sendiri tergolong lumayan jauh, namun bersantai sembari menikmati pemandangan air terjun membayar lunas semua penat yang terasa selama perjalanan. Jika kamu datang bersama keluarga, tersedia beberapa bangunan seperti gazebo yang dapat kamu manfaatkan untuk duduk dan beristirahat.

3. Berfoto Ria di Spot-spot yang Disediakan

Di era media sosial seperti saat ini, rasanya sedikit susah untuk menahan diri untuk tidak membagikan momen-momen indah saat berkunjung ke lokasi wisata. Terlebih lagi jika lokasi wisata itu menawarkan spot-spot foto yang didesain apik untuk diabadikan. Kamera pun tak sabar ingin mengabadikan momen berwisatamu!

Meski demikian, bukan berarti kamu hanya bisa memanfaatkan spot-spot foto tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan indahnya pemandangan perbukitan sekitar kawasan air terjun-terlebih jika kamu penggemar foto lanskap. Pemandanan sekitar yang masih sangat hijau tentu akan menjadi objek yang tak layak untuk dilewatkan.

Aktivitas di Coban Putri
Image Credit: Instagram.com @novanardita

4. Berendam atau Bermain Air di Kolam Bendung Bawah Air Terjun

Meski tidak didesain khusus untuk berendam, kamu bisa bersantai sembari bermain air bersama teman atau keluarga di kolam khusus yang sengaja didesain untuk membendung aliran air terjun. Tentunya, jangan lupa untuk membawa baju ganti.

Selain itu, pastikan untuk selalu berhati-hati saat bermain di sekitar kawasan air terjun dan kolam bendung, karena ada bebatuan yang licin atau tajam. Sehingga, bebatuan ini rawan menyebabkan luka pada kaki wisatawan yang berkunjung atau malah menyebabkan terpeleset.

5. Bermain di Wahana yang Memicu Adrenaline

Tak seru rasanya jika saat liburan ke Coban Putri kamu melewatkan wahana-wahana menantang seperti offroad atau flying fox. Meski keduanya membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal daripada sekadar berfoto di photospot unik, pengalaman menegangkan yang ditawarkannya menjadikan dua wahana ini menjadi wahana yang patut dicoba.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Putri

Fasilitas Coban Putri
Image Credit: Google Maps (Asep Saifudin)

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola lokasi wisata memang tidak mewah. Malahan, terkesan apa adanya. Akan tetapi, fasilitas tersebut bisa dibilang sudah cukup mengakomodasi kebutuhan wisatawan. Misalnya saja, lahan parkir. Lahan parkir yang tersedia memang sudah mencukupi, namun sempit jika beberapa kendaraan roda empat turut memenuhi lokasi parkir.

Selain itu, tentunya Coban Putri memiliki beragam fasilitas dasar lainnya seperti mushola, toilet, dan warung makan. Akan tetapi, jumlah tempat duduk yang dimiliki oleh warung makan ini tidak banyak. Jadi, pertimbangkan untuk membawa makanan sendiri dan tikar dari rumah. Hitung-hitung, piknik semacam ini bisa membuatmu menghemat biaya untuk makan.

Kalau Anda hanya sekedar ingin menghangatkan tubuh di wisata alam yang terkenal berudara sejuk ini, kamu bisa membeli makanan ringan dan kopi, teh, atau minuman hangat lainnya di warung yang tersedia. Mungkin harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal daripada harga di pasaran, akan tetapi menikmati kopi atau teh yang baru saja diseduh membuat perasaan jadi lebih tenang – apalagi jika dipadukan dengan sejuknya udara dan lanskap yang indah.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk segera berkunjung ke Coban Putri? Kamu perlu beberapa persiapan agar pengalaman berwisatamu ke lokasi air terjun ini memuaskan. Selain mempersiapkan kendaraan, uang, dan perlengkapan pribadi, kamu perlu tahu bahwa lokasi ini tidak disarankan untuk dikunjungi saat mendung atau setelah hujan, sebab jalanan akan licin dan mungkin akan membahayakan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending