Pantai Balekambang Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Balekambang Malang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Balekambang di Malang terkenal dengan panorama alamnya yang sangat indah dan eksotis. Pantai yang memiliki banyak daya tarik dan cerita mistis yang melekat erat.

Lokasi: Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Berlibur ke kota yang terkenal dengan tempe dan apel Malang memang tidak lengkap bila tidak menjajal deretan pantai selatannya. Pantai selatan di kota ini terkenal karena memiliki panorama yang sangat eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Balekambang jadi salah satu pantai yang tak boleh Anda lewatkan karena banyak aktivitas dan mitos yang masi dipercaya hingga saat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balekambang

Daya Tarik Pantai Balekambang
Image Credit: Google Maps (Angga Widodo)

Keindahan salah satu pantai di Malang ini telah tersaji sejak Anda masih dalam perjalanan. Pasalnya, para wisatawan akan disuguhi hamparan hutan hijau di sepanjang jalan yang memberikan suasana sejuk. Tak hanya itu, rapatnya pepohonan ini juga menyejukkan mata siapa saja yang memandangnya sehingga dapat melepas penat sejak dalam perjalanan.

Tak perlu menempuh perjalanan yang jauh ke pulau Dewata, karena Anda akan melihat pantai seperti lanskap Tanah Lot di tempat ini. Topografi yang melengkapi destinasi wisata satu ini membuatnya sangat cantik seperti salah satu pantai incaran di Bali tersebut. Anda juga bisa melihat pulau pulau karang di kejauhan yang menambah cantiknya panorama Balekambang.

Ikon unik yang tak bisa Anda temukan di tempat lainnya, yaitu adanya pulau karang lengkap dengan pura di atasnya. Pemandangan ini mirip dengan yang ada di Tanah Lot, sehingga bisa memberikan Anda pengalaman liburan yang luar biasa. Pura satu ini juga masih aktif dipakai oleh umat Hindu sebagai tempat ibadah untuk memuja dan menyembah Tuhannya.

Anda akan disuguhi pula jembatan panjang yang menjadi ikonnya, sehingga liburan pun akan terasa sangat menarik. Tak lengkap rasanya bila tidak mengambil foto di tengah jalan yang membelah lautan hingga ke pulau karang tersebut. Bagi yang belum sempat pergi ke Tanah Lot, maka Anda dapat berkunjung ke Balekambang sebagai gantinya yang tak kalah menarik.

Daya Tarik dari Pantai Balekambang
Image Credit: Google Maps (Iwan Ibon)

Keindahan Pantai Balekambang terasa lengkap dengan batu batu karang yang cantik serta laut berwarna biru terang. Anda bisa melihat batu batu karang dengan cukup jelas, meskipun tidak turun ke tengah laut. Batuan karang ini menjadi salah satu tempat tinggal biota laut yang cukup banyak di pantai, sehingga jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tak kalah menarik, pantai ini juga memiliki ombak tenang yang membuat para wisatawan bisa berenang dengan tenang. Paduan ombak dengan hamparan pasir lembut ini terasa semakin lengkap serta membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Seakan belum cukup, angin pantai ini bertiup cukup tenang membuat suasana sekitar tak terlalu panas.

BACA:  Pulau Mandangin (Pulau Kambing), Sampang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pantai selatan sepertinya kurang lengkap bila tidak dibumbui dengan mitos yang hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Ada dua mitos yang masih berkembang, yaitu sepasang kekasih yang datang ke tempat ini kemungkinan besar tidak berjodoh. Mitos satu ini berlaku bila sepasang kekasih tersebut belum terikat dalam janji suci pernikahan.

Mitos kedua yang dipercaya, yaitu air laut Balekambang dipercaya dapat membuat Anda awet muda. Caranya cukup membasuhkan air laut tersebut ke muka atau menjadikannya sebagai air cuci muka. Kedua mitos ini belum tentu benar, bahkan belum diuji kebenarannya tetapi tetap dipercaya dan secara tak langsung ditetapkan sebagai daya tarik unik dari pantai satu ini.

Harga Tiket & Rute Menuju Pantai Balekambang

Rute Menuju Pantai Balekambang
Image Credit: Facebook.com @siswanto.lovedina

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda dikenai biaya tiket tiap orang sekitar 10 ribu sampai 15 ribu rupiah. Perbedaan harga ini terjadi di akhir pekan atau libur Nasional karena jumlah pengunjung pun membludak. Selain tiket, Anda juga dibebankan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil serta jam buka yang tidak dibatasi mulai pagi hingga malam.

Alamat lengkap untuk Pantai Balekambang berada di Sumber Jambe, Srigonco, di kawasan Bantur. Pantai di Malang Selatan ini bisa Anda tempuh dalam waktu 1 sampai 2 jam, bergantung kecepatan dan kepadatan jalan. Waktu tempuh tersebut dihitung dari pusat kota Malang yang cukup padat di saat akhir pekan, hari libur panjang, atau libur Nasional.

Para wisatawan dapat memilih berbagai jenis kendaraan, seperti motor atau kendaraan roda empat. Mobil menjadi akomodasi yang paling cocok bila Anda datang bersama dengan rombongan. Dari segi biaya pun lebih hemat, karena dapat memuat banyak orang sekaligus dan terhindar dari perubahan cuaca yang sering kali terjadi secara mendadak.

Rute perjalanan dari kota Malang tinggal mengarahkan ke selatan, tepatnya daerah Bantur. Di sepanjang jalan terdapat papan penunjuk jalan yang sangat jelas, sehingga wisatawan dipastikan tidak akan tersesat. Bila Anda ragu, maka bisa mengikuti navigasi dari google maps yang sudah cukup akurat untuk membawa Anda kawasan pantai Malang Selatan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Balekambang

Aktivitas di Pantai Balekambang
Image Credit: Kumparan.com

Kegiatan pertama yang tak akan Anda temui setiap saat, tetapi justru jadi momen spesial dan tak terlupakan. Wisatawan bisa melihat secara langsung upacara keagamaan yang ada di pantai Balekambang. Upacara ini biasa dilakukan oleh umat Hindu dengan ibadah ke pura yang ada di tengah laut, sehingga menjadi momen spesial bagi setiap pengunjung pantai.

BACA:  Pantai Batu Bengkung Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tak hanya umat Hindu, Anda juga bisa melihat aktivitas yang dilakukan oleh umat Islam di sini. Pasalnya, kawasan ini menjadi makam ulama Syaikh Abdul Jalil yang hingga saat ini masih ramai dikunjungi masyarakat. Aktivitas ziarah ke makam ulama ini juga bisa Anda lihat secara langsung dan menambah pengalaman spiritual bagi yang belum pernah melakukan hal tersebut.

Berkunjung ke tempat ini membuat Anda harus menjajal salah satu wahana unggulan, yaitu flying fox. Bagi para pecinta aktivitas yang menguji adrenalin, wahana ini menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Sayangnya, aktivitas ini bisa Anda jajal di hari libur seperti Minggu atau libur Nasional dengan harga yang sangat terjangkau dan peralatan yang lengkap.

Selain menyediakan wahana yang menantang, pantai ini juga memiliki area yang cocok untuk camping. Anda bisa mendirikan tenda dan menginap di tepi pantai bersama keluarga atau teman dekat. Tak perlu khawatir tersapu ombak saat menginap, karena debur ombak di kawasan ini cukup tenang sehingga tidak berbahaya meskipun malam menjelang.

Anda bisa mendirikan tenda di camp area yang telah diperkirakan dalam jarak aman dari gulungan ombak. Di area tersebut, Anda juga bisa membuat api unggun agar tubuh lebih hangat di malam hari. Wisatawan bisa membawa kayu bakar dari rumah, sehingga acara camping ini terasa lebih menyenangkan sambil menikmati hamparan bintang di langit malam.

Bila Anda menginap di pantai Balekambang, tentu bisa menikmati sajian indah di langit. Mulai dari matahari yang terbit secara malu malu di ufuk timur, menandakan aktivitas sudah bisa dimulai. Tak hanya itu, pecinta senja juga sangat cocok untuk bermalam di sini karena sajian pesona mega di langit sore jadi pemandangan yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Tak lengkap rasanya bila berlibur bersama orang tercinta tidak diabadikan dalam potret yang dapat dikenang selamanya. Anda bisa membawa alat fotografi yang memadai untuk mengabadikannya di beberapa spot menarik. Mulai dari jembatan yang ikonik, foto dengan latar belakang air laut, dan latar belakang pura yang menjadi daya tarik unik dari pantai selatan satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balekambang

Fasilitas di Pantai Balekambang
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

Seperti destinasi wisata bahari pada umumnya yang telah dikelola dengan baik, pantai ini telah memiliki tempat parkir yang layak. Anda bisa memarkir kendaraan dengan sangat aman yang dibuka selama 24 jam. Tak perlu khawatir ada insiden kehilangan motor, karena ada petugas yang akan mengamankan kendaraan Anda hingga waktunya pulang.

Wilayah ini telah dikelola dengan baik, sehingga telah tersedia beberapa rumah makan yang menyediakan hidangan lezat. Anda bisa mencicipinya sebagai menu makan siang yang dapat memuaskan perut keroncongan. Menu yang beragam dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau ini tak akan membuat Anda kecewa setelah mencicipinya.

BACA:  15 Wisata Pantai di Madura yang Paling Hits

Selain itu, adanya deretan rumah makan ini membuat wisatawan yang menginap tak lagi khawatir. Bagi yang tidak membawa ransum makanan dan alat memasak, bisa memesan atau membeli di tempat tersebut. Makanan bisa disajikan untuk menu makan malam atau sekaligus untuk menu sarapan di esok hari saat Anda telah siap beraktivitas.

Tak ketinggalan toilet dengan air tawar yang bisa dipakai untuk membilas tubuh yang lengket. Selepas main air atau berenang di pantai, Anda bisa membersihkan diri di kamar mandi terdekat dengan membayar sewa yang terjangkau. Air di tempat ini dijamin mampu membilas tubuh hingga bersih dan membuat tubuh tidak lagi lengket karena air laut.

Bagi yang ingin membawa pulang oleh oleh, di sekitar pantai Balekambang juga tersedia kios penjual souvenir. Oleh oleh ini khas wisata pantai, seperti pajangan dinding dengan olahan kerang yang cantik. Bagi pecinta kalung atau gelang dari kerang juga bisa membelinya di kios ini dengan harga yang sangat ramah di kantong dan bisa dibeli dalam jumlah banyak.

Wisatawan sering kali menjadikan pantai ini menjadi tujuan liburan dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak di tempat ini. Bila Anda datang dari luar kota Malang, maka waktu yang dimiliki sangat terbatas. oleh sebab itu, sebaiknya menginap di tempat terdekat agar waktu untuk eksplor wisata ini menjadi lebih panjang dan leluasa.

Anda bisa menginap di kawasan pantai dengan mendirikan tenda di area perkemahan. Tenda juga bisa menyewa ke pengelola setempat, sehingga tidak perlu khawatir saat malam tiba. Harga yang dibanderol untuk satu tenda ini cukup variatif karena bergantung pada ukuran tenda yang Anda sewa, sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan.

Bila tidak ingin menginap di tenda, Anda bisa menyewa kamar di penginapan terdekat. Ada beberapa jenis penginapan di sekitar Balekambang yang bisa Anda sewa, seperti bungalow, villa, atau hotel. Harga tiap kamar dibanderol mulai dari 150 ribu hingga 250 ribu rupiah dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti kamar mandi dalam, kamar tidur nyaman, dan lain lain.

Pantai Balekambang menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi di Malang selatan karena memiliki daya tarik yang unik. Anda seakan dibawa berlibur ke pulau Dewata karena adanya pura serta pulau karang di tengah laut. Di samping itu, destinasi ini memiliki ciri uniknya dengan wahana yang menantang dan sederet fasilitas yang sangat memadai untuk Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending