Pantai Botutonuo Gorontalo, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau

Pantai Botutonuo Gorontalo, Pantai Indah dengan View Sunset yang Memukau
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Trans Sulawesi, Botutonuo, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Pantai Botutonuo merupakan wisata keluarga yang sangat favorit di Bone Bolango, Gorontalo. Air lautnya yang bersih dan ombak yang cukup tenang membuat pengunjung dapat leluasa bermain air dan berenang di air dangkal. Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung terutama saat akhir pekan atau musim liiburan.

Sebelum menjadi kawasan destinasi wisata yang murah meriah, pantai ini sebenarnya hanya tempat untuk menambatkan perahu nelayan sepulang dari melaut. Melihat potensi dari pantai ini, akhirnya pada tahun 2009 masyarakat setempat secara mandiri mulai mengelolanya sebagai penambah perekonomian masyarakat pada sektor wisata.

Sebagai tempat wisata untuk mengisi waktu liburan, Pantai Botutonuo tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah, namun juga didukung dengan fasilitas memadai. Pengunjung dapat leluasa menikmati liburan. Karena pantai ini cukup ramai saat musim libur atau akhir pekan, maka Anda dapat berkunjung di hari-hari biasa jika ingin suasana yang lebih sepi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Botutonuo

Daya Tarik Dimiliki Pantai Botutonuo
Image Credit: Google Maps (Marwan Mohamad)

Pantai cantik yang menjadi wisata favorit bagi warga Gorontalo karena merupakan wisata yang murah meriah. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik yang membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Memiliki potensi sebagai tempat wisata yang memikat, tidak mengherankan jika masyarakat mulai mengelolanya sehingga pengunjung semakin lama semakin banyak yang datang.

1. Pemandangan Pantai

Pantai Botutonuo memiliki pasir putih yang halus dengan laut yang biru dan jernih. Dengan keindahan pantai ini, membuat pengunjung banyak datang untuk menikmati keindahannya. Di sepanjang pantai terdapat pohon-pohon kelapa yang berjajar membuat pemandangan tampak lebih hijau dan segar. Ditambah dengan udara yang bersih karena jauh dari polusi kendaraan.

Ombak di pantai ini tidak besar sehingga pengunjung aman bermain air. Waktu paling baik untuk datang adalah saat pagi hari saat cuaca sedang cerah. Pemandangan akan jauh lebih indah. Matahari juga tidak terlalu menyengat di waktu-waktu itu. Meski demikian, akan lebih baik jika tidak datang pada saat musim angin kencang karena air laut akan pasang.

2. Wisata Murah Meriah

Sejak awal dibuka, pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Gorontalo. Banyak yang membawa keluarga untuk menghabiskan waktu liburan ke tempat ini. Alasannya adalah, pantai ini menjadi destinasi yang murah meriah, cocok untuk semua kalangan dan usia. Pengunjung tidak perlu merogoh kantong yang dalam untuk liburan yang menyenangkan.

Meski dikelola oleh warga sekitar, fasilitas yang disediakan juga sudah cukup memadai. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan laut di atas perahu. Fasilitas ini sangat sayang untuk dilewatkan, karena sangat menyenangkan untuk segala usia. Penyewaan perahu juga tidak terlalu mahal, karena memang pantai ini merupakan tempat wisata yang tidak menghabiskan isi dompet.

Makanan yang banyak dijual di sekitar Pantai Botutonuo juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau namun dengan rasa yang cocok di lidah. Pengunjung dapat mengisi perut selagi menikmati pemandangan sekitar dan debur ombak. Tidak heran, pantai dengan garis pantai yang luas ini tampak seperti lautan manusia terutama saat musim liburan.

3. Karakteristik yang Berbeda

Jika menyusuri pantai ini, maka pengunjung akan menemukan perbedaan karakteristik di beberapa tempat. Pada sisi bagian barat, karakter pasir berwarna putih dan terasa halus. Berbeda jika menyusuri bagian tengah dan timur yang lebih banyak batu-batuan kerikil. Perbedaan karakter ini menjadi daya tarik karena pengunjung memiliki spot-spot yang cukup berbeda meski masih satu kawasan.

Karakteristik yang berbeda juga didukung dengan pantai yang bersih. Tidak ada sampah-sampah dibuang sembarangan. Karena itu, pemandangan juga lebih indah. Kebersihan di kawasan pantai ini membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dan ingin kembali datang. Sambil menyusuri kawasan mencari spot yang berbeda, pengunjung tidak akan terganggu dengan sampah di sekitarnya.

Daya Tarik Pantai Botutonuo
Image Credit: Instagram.com @tita.manangin

4. Sunset

Pagi tidak hanya menjadi waktu terbaik untuk datang ke Pantai Botutonuo. Sore hari juga menjadi waktu yang banyak diburu oleh pengunjung. Hal ini karena Pantai Bututonuo memilki pemandangan sunset yang sangat indah. Sunset adalah waktu yang tepat untuk mencari latar foto. Jika Anda dapat menemukan spot yang tepat, maka Anda juga bisa mendapatkan foto siluet yang cantik.

5. Dermaga

Di salah satu spot kawasan pantai ini terdapat dermaga panjang yang menjorok ke laut. Dermaga ini merupakan spot yang banyak dikunjungi oleh pengunjung sebagai daya tarik. Beberapa anak-anak menggunakannya sebagai tempat turun ke laut dan berenang, sebagian yang lain menggunakannya hanya untuk spot foto dengan latar laut dengan jarak yang lebi dekat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Pantai Botutonuo
Image Credit: Google Maps (Donny Stenly Senewe)

Pantai Botutonuo berada di Jl. Trans Sulawesi, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Jaraknya sekitar 17 kilometer saja dari pusat Kota Gorontalo. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda hanya memerlukan waktu 35 menit perjalanan saja. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi karena jalannya yang sudah cukup bagus dan beraspal.

Jalan yang harus dilalui cukup berkelok-kelok dan ada di sisi-sisi tebing karang karena lokasinya yang berada di lembah. Meski demikian, perjalanan akan terasa menyenangkan karena Anda dapat melihat Pantai Leato dari kejauhan. Sedangkan rute yang harus dilalui hanya ada satu saja.

Dari Kota Gorontalo, tepatnya Bundaran Tugu Saronde, Anda mengambil arah kanan. Selanjutnya belok ke kiri menuju Jl. Jalaludin Tantu. Kemudian Anda kembali mengambil arah kanan menuju Jl. Mayor Dullah lalu mengarah ke Jl. Laksamana Martadinata dan masuk ke Jl. Trans Sulawesi menuju lokasi. Sudah ada tanda petunjuk sehingga akan memudahkan Anda.

Pantai Botutonuo menjadi tempat wisata yang murah meriah. Karena masih dikelola mandiri oleh masyarakat sekitar, biaya tiket masuk juga tidak mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Tiket ini ditarik oleh warga saat akan memasuki wilayah pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Botutonuo

Aktivitas di Pantai Botutonuo
Image Credit: Instagram.com @frahmyl_16

Pantai Botutonuo menjadi lokasi yang menyenangkan untuk berlibur. Hal ini juga karena banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di kawasan ini. Beberapa kegiatan tersebut misalnya seperti berikut.

1. Bermain Air

Karena ombaknya yang tenang, pantai ini aman sebagai temoat bermain atau berenang di perairan yang masih dangkal. Anak-anak juga banyak yang menceburkan diri tanpa harus takut akan terseret ombak. Kegiatan ini memang yang paling banyak dilakukan. Apalagi dengan air laut yang sangat segar, serta bersih dari sampah-sampah.

2. Naik Perahu

Anda dapat mencoba pengalaman naik perahu di kawasan ini. Sudah tersedia penyewaan perahu sehingga Anda dapat melihat keindahan tengah laut di atas perahu. Terkadang Anda juga akan ditemani dengan musik sehingga perjalanan di atas laut menjadi lebih menyenangkan.

3. Menikmati Pemandangan

Anda dapat menyusuri Pantai Botutonuo sambil menikmati pemandangan. Akan ada banyak spot-spot menarik yang akan Anda temukan. Dengan angin sepoi-sepoi dan deburan ombak, Anda dapat melepas penat dengan pemandangan alam yang indah.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Pantai Botutonuo
Image Credit: Agoda.com

1. Penginapan Pantai Botutonuo

Sudah tersedia penginapan di kawasan pantai sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tempat menginap jika ingin bermalam. Harga sewa untuk per malam juga sangat murah namun dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Hanya dengan membayar Rp 150.000 saja, Anda sudah dapat berlibur di kawasan pantai ini lebih lama.

2. Century Beach Resort

Penginapan ini berada di Bumbo Raya, Kota Gorontalo. Tidak hanya menyediakan penginapan yang cukup nyaman dan fasilitas yang lengkap, penginapan ini juga menawarkan sunset dan pemandangan pantai. Penginapan ini juga ramah anak, sehingga bagi Anda yang berlibur dengan keluarga, dapat bermalam di Century Beach Resort.

3. RedDoorz Syariah

Penginapan ini berada di Heledula, Kota Gorontalo. Penginapan ini cukup terjangkau dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang akan Anda dapatkan berupa AC, WiFi gratis, dan juga resepsionis selama 24 jam. Berjarak kurang lebih 13 kilometer dari lokasi pantai, penginapan ini bisa menjadi rekomendasi Anda menginap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Botutonuo Gorontalo

Fasilitas Pantai Botutonuo
Image Credit: Google Maps (Marwan Mohamad)

Pantai cantik ini sudah memiliki fasilitas uang cukup memadai. Jika Anda tidak membawa tikar untuk duduk bersantai, sudah tersedia gazebo-gazebo di pinggir pantai yang dapat disewa. Di gazebo, Anda dapat duduk sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Tersedia juga kamar mandi dan toilet. Fasilitas ini sudah tentu sangat dibutuhkan pengunjung. Apalagi pantai ini memiliki ombak yang bersahabat untuk kegiatan berenang sehingga perlu tempat untuk membersihkan diri dan berganti pakaian.

Jika Anda tidak membawa bekal, sudah tersedia juga warung-warung makan yang menyediakan makanan khas Gorontalo. Dengan harga yang cukup murah, Anda sudah dapat menikmati makanan yang lezat dan mengisi perut.

Pantai Botutonuo kini menjadi destinasi wisata bahari yang menarik dijelajahi di Bone Bolango, Gorontalo. Di musim liburan, wisata pantai ini pasti akan dipenuhi oleh pengunjung. Dikelola mandiri oleh warga sekitar, pantai ini sudah memilik fasilitas yang cukup memadai. Meski demikian, banyak pengunjung yang mengharapkan pemerintah ikut menambah fasilitas dan sarana di pantai yang memiliki potensi pariwisata ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending