Pantai Jetis Cilacap – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Jetis Cilacap

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Jetis salah satu pantai menawan di ujung timur Cilacap. Wisata bahari yang hijau dan asri, menarik dikunjungi saat liburan dan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Salah satu pantai di pesisir selatan Jawa yang memiliki pesona pemandangan alam memesona adalah pantai Jetis. Pantai ini berlokasi di Cilacap dan merupakan bekas lahan tambang yang berubah menjadi pantai cantik.

Pantai ini yang berada di wilayah selatan pulau Jawa memiliki ciri khas wilayah pantai khas pantai selatan. Yaitu ombak yang tinggi dan bukit-bukit kapur. Ombak yang kuat ini berasal dari aktivitas Samudera Hindia.

Salah satu hal unik yang dapat ditemui di sini adalah adanya sungai dekat pantai. Sehingga wisatawan tidak hanya menyusuri pantai tapi juga sungai sekaligus. Vegetasi yang padat akan pepohonan membuat suasana menuju dan di pantai Jetis sangat nyaman untuk berwisata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jetis

Daya Tarik Pantai Jetis
Image Credit: Facebook.com @quat.khans

1. Pemecah Ombak yang Fotoable

Lokasi pantai cantik ini yang berada di wilayah selatan pulau Jawa memiliki ombak yang besar. Untuk menjamin keamanan wilayah pantai terdapat fasilitas pemecah ombak. Bentuk dengan kesan berantakan yang dimiliki pemecah ombak di pantai ini, membuat kesan seperti karya seni yang menawan.

Ada pula bagian sepeti jembatan yang memanjang ke arah laut dengan aksen lubang-lubang yang tertata rapi. Karena hal tersebut, sebagian besar wisatawan memanfaatkan pemecah ombak ini sebagai tempat untuk mengambil gambar. Hasil gambar yang diambil dari spot ini sangat menarik.

2. Ada Sungai di Dekat Pantai

Di dekat pantai Jetis terdapat sebuah sungai yang mengalir. Sungai ini merupakan pembatas antara Kabupaten Cilacap dengan Kabupaten Kebumen di bagian Timur. Di sebelah kanan dan kiri sungai ditumbuhi berbagai macam tanaman seperti pohon kelapa, tanaman bakau, pohon salak dan lain sebagainya. Sungai ini bernama sungai Ngijo.

3. Pantai yang Rindang

Jika Anda mendambakan sebuah pertemuan dengan sebuah pantai yang memiliki banyak pepohonan, pantai Jetis adalah lokasi yang tepat untuk Anda kunjungi. Di lokasi ini wisatawan dapat menemukan berbagai jenis pohon seperti cemara dan kelapa.

BACA:  Pantai Senggigi Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Sebelum dibuka menjadi destinasi pariwisata, lokasi ini merupakan lahan tambang. Setelah berhenti beroperasi di tahun 2007, PT ANTAM sebagai pengelola lahan melakukan reklamasi. Ketika itu, masyarakat meminta penghijauan pantai dengan menanam cemara udang dan kelapa serta perataan galian bekas tambang.

Karena penanaman tersebut, lokasi sekitar pantai menjadi lebih hijau dan asri. Bahkan keberadaan hutan cemara telah dimanfaatkan oleh pengelola menjadi sebuah spot yang cantik dan menarik untuk wisatawan.

Daya Tarik dari Pantai Jetis
Image Credit: Google Maps (Choerul Umam)

4. Hutan Cemara

Penghijauan setelah lahan tambang ditutup serta kepedulian masyarakat menjaga alam pantai Jetis tetap lestari memberi dampak yang positif. Hal ini membuat salah satu jenis pohon yang ditanam tumbuh subur di area ini.

Pohon tersebut adalah cemara. Pohon-pohon cemara berkembang semakin banyak dan membuat pemandangan area pantai semakin menawan. Karena banyaknya pohon cemara yang tumbuh di area sekitar pantai, membuat pantai ini mendapat julukan Cemara Sewu.

5. Barisan Pegunungan Kapur

Dari daratan, wisatawan dapat melihat pegunungan kapur yang memanjang dan diselimuti hijau pepohonan. Pegunungan ini nampak kokoh berdiri walau ditabrak kerasnya ombak laut selatan. Untuk Anda yang suka berfoto, tentu dapat memanfaatkan barisan pegunungan ini menjadi background yang sangat menarik.

6. Jalan Menuju Pantai

Perjalanan dapat menjadi bagian paling menarik dalam sebuah wisata. Jalan-jalan menuju pantai Jetis menawarkan sebuah hal menarik yaitu adanya kebun-kebun semangka, melon dan timun suri yang tersebar di kanan dan kiri jalan. Di sepanjang jalan, berjajar para petani yang menawarkan hasil kebun mereka.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Jetis

Harga Tiket Pantai Jetis
Image Credit: Instagram.com @bambangmuji.irawan

Pantai ini berada di ujung timur Kota Cilacap, berjarak sekitar 40 km. Memiliki garis pantai sepanjang 3 km, bagian ujung timur pantai berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Secara administratif, pantai ini masuk dalam wilayah desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Untuk sampai ke pantai Jetis, pengunjung dapat menggunakan kendaraan jenis roda dua maupun roda empat, baik pribadi maupun umum. Jalanan menuju pantai terbilang bagus dan mudah dilalui.

Hanya saja, jalanannya termasuk ramai terutama pada jam berangkat dan pulang kerja. Maka, untuk Anda yang ingin berwisata ke sini harus mengatur jam keberangkatan sesuai agenda yang disusun agar tidak terjebak kepadatan kendaraan. Terlebih jika Anda berniat berwisata di hari libur ataupun weekend.

Untuk masuk ke wilayah pantai yang berada di perbatasan Cilacap dan Kebumen ini, wisatawan perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket. Harga tiket masuk terbilang sangat terjangkau. Setiap wisatawan dikenakan tiket seharga Rp 5.000 pada hari biasa, dan Rp 10.000 saat hari libur.

Biaya parkir sendiri dibedakan untuk kendaraan roda dua dan empat. Mobil terkena biaya Rp 5.000 sementara motor Rp 3.000.

BACA:  Pantai Alam Indah Tegal - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Jetis

Aktivitas di Pantai Jetis
Image Credit: Google Maps (Mulat Setyadi)

1. Naik Kapal Kecil

Salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai ini adalah naik kapal kecil di laut. Kapal-kapal ini disediakan oleh pegiat wisata setempat. Pengunjung akan diajak untuk menikmati suasana di antara dua pantai, yaitu Pantai Jetis dan Pantai Logending. Dalam kesempatan ini wisatawan akan di bawa menyusuri sungai.

Dalam sekali perjalanan, kapal kecil mampu membawa sepuluh penumpang. Harga sekali naik dibanderol Rp 100.000 untuk satu perahu atau jika dibagi menjadi Rp 10.000 per orang.

2. Tracking

Wilayah pantai sendiri memiliki ekosistem yang sangat kaya. Ada pegunungan kapur, pantai dan air laut, pepohonan yang banyak, serta sungai yang berada dekat dengan pantai. Keanekaragaman ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menjelajah berbagai keunikan dari masing-masing sisi pantai Jetis.

Tracking menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dilakukan saat di area wisata ini. Berjalan dapat membuat Anda dapat melihat dengan jelas apa yang sebelumnya nampak kurang jelas. Pastikan bahwa Anda membawa perbekaan yang cukup sebelum memulai kegiatan tracking ini.

3. Jogging Menyusuri Pantai

Pantai Jetis memiliki sekitar 3 km garis pantai. Dengan panjang sekian, wisatawan dapat memanfaatkannya untuk berlari-lari kecil menyusuri garis pantai dari ujung hingga ke ujung. Pasir pantai hitam yang ada di pantai akan menambah tantangan saat Anda berlari. Pastikan Anda memakai pakaian yang pas dan membawa minum ya.

4. Berfoto

Ada banyak spot yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto di Kawasan pantai ini. Wisatawan dapat menggunakan pemecah ombak, pegunungan, saat menaiki kapal, saat tracking dan berlari dan seluruh kegiatan yang Anda lakukan lainnya. Jangan sampai ada rasa penyesalan yang tertinggal karena tidak mengabadikan momen di pantai cantik ini.

5. Piknik

Jika Anda berangkat bersama keluarga, piknik adalah pilihan yang dapat Anda eksekusi untuk dilakukan di pantai Jetis. Anda dapat membawa tikar, makanan favorit, cemilan kesayangan, dan minuman-minuman dingin untuk dinikmati bersama keluarga ataupun teman-teman.

6. Naik Kuda

Di pantai ini terdapat penyewaan kuda. Pengunjung yang menyewa akan didampingi dan diajak berkeliling di sekitar pantai.

7. Naik ATV

Bagi anak-anak berkeliling pantai dengan menggunakan ATV tentu akan sangat kegiatan yang menyenangkan.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Jetis

Penginapan Dekat Pantai Jetis
Image Credit: Pegipegi.com

1. Favehotel Cilacap

Favehotel terletak di Jalan Budi Utomo No. 38, Cilacap Selatan, Cilacap. Dengan harga mulai dari 300 ribuan, pengunjung akan mendapat fasilitas berupa area parkir, lift, restoran, layanan kamar, brankas, kolam renang dan WiFi di area umum. Khusus untuk setiap kamar akan ada TV kabel, Meja, pengering rambut, brankas kamar dan pancuran.

Selain itu, terdapat pula area bebas merokok serta area khusus untuk merokok. Pelayanan lain yang dapat dinikmati di hotel ini adalah layanan pijat dan spa serta fasilitas untuk rapat.

BACA:  Pantai Kartini Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Hotel bintang 3 ini menyediakan berbagai jenis ruangan dengan tipe dan ukuran berbeda. Ruangan yang dapat dipilih adalah tipe standard room, deluxe room serta suite room.

2. Hotel Dafam Cilacap

Hotel Dafam adalah salah satu hotel di Cilacap yang memberikan fasilitas dan peralatan bagi penyandang disabilitas. Penginapan ini menyediakan pula area yang ramah keluarga. Fasilitas yang tersedia berupa area parkir, kafe, layanan kamar 24 jam, restoran, brankas dan WiFi. Tersedia pula ruang keluarga, area bebas asap rokok dan area khusus merokok.

Servis hotel yang diberikan berupa bellboy, keamanan 24 jam, laundry, penitipan bagasi, dan resepsionis 24 jam. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di hotel ini adalah layanan pijat, kolam renang uotdoor, sauna, bilyar dan spa. Hotel dafam juga menyediakan fasilitas bisnis dan rapat.

3. Hotel Damai

Jl. Rambutan No. 52, Pendowo, Tegalreja, Cilacap Selatan merupakan alamat dari hotel Damai. Salah satu penginapan yang cocok untuk backpacker ini hanya membanderol mulai dari 60 ribuan untuk satu kamar per malam. Sangat cocok bukan, untuk wisatawan yang mengutamakan budget namun ingin tidur dengan nyaman.

Tersedia berbagai tipe kamar yang dapat dipilih oleh pengunjung. Tipe tersebut adalah Spot on saver, spot on twin dan spot on double. Fasilitas yang tersedia berupa AC, area bebas asap rokok, area parkir, WiFi dan staff yang memiliki kemampuan multi bahasa. Untuk setiap kamar tersedia meja, pancuran dan TV.

4. Hotel Tanjung Permata

Penginapan ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan pengunjung seperti fasilitas rapat, ruang rapat, proyektor. Tersedia pula ruang keluarga, area merokok, area bebas asap rokok dan teras. Fasilitas lain yang dapat dinikmati adalah penyewaan sepeda dan sewa mobil.

Harga yang ditawarkan untuk sekali menginap di mulai dari angka 240 ribuan untuk satu kamar. Ruangan yang tersedia bertipe VIP room dan suite room.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jetis Cilacap

Fasilitas di Pantai Jetis Cilacap
Image Credit: Google Maps (Achmad Darmawan Dipomenggolo)

Pantai Jetis memiliki berbagai fasilitas yang tersedia untuk menunjang kegiatan wisatawan. Fasilitas tersebut diantaranya area parkir kendaraan, mushola untuk tempat beribadah, kamar mandi, dan penginapan. Tersedia pula gazebo-gazebo yang berjajar rapi di pantai. Gazebo ini dapat digunakan untuk bersantai atau hanya istirahat.

Akses jalan menuju pantai pun sudah cukup bagus. Di sini terdapat pula pedagang makanan dan minuman baik makanan berat maupun jajanan. Dapat ditemui pula pancuran yang bisa digunakan untuk membilas badan.

Pantai Jetis merupakan tempat yang cocok dijadikan destinasi wisata untuk keluarga maupun pribadi. Telah tersedia berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan wisatawan. Lingkungannya pun sangat asri.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending