Pantai Klara Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Klara Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Klara salah satu wisata pantai pasir putih di Pesawaran, Lampung. Pantai yang memiliki air sebening kaca dan memiliki pemandangan alam yang menawan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-23.00, Alamat: Gebang, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Lampung, sebuah wilayah yang ada di Sumatera dan merupakan bagian dari negara Indonesia. Siapa sangka Lampung juga terkenal akan sektor wisatanya yang begitu beragam mulai dari destinasi wisata alam hingga destinasi wisata buatan. Masih berada di Lampung, terdapat sebuah pantai dengan air transparan yang indah, pantai itu bernama Pantai Klara.

Pantai Klara, destinasi wisata liburan yang sering di sebut-sebut memiliki laut sebening kaca. Pantai ini terletak di Pesawaran Lampung. Nama Klara sendiri sebenarnya adalah sebuah akronim dari Kelapa Rapat, yaitu kelapa yang tumbuh berdempetan.

Keberadaan pohon tersebut membuat udara sekitar lokasi menjadi semakin sejuk. Pengunjung pun dapat berteduh di bawahnya agar terhindar dari sengatan matahari. Bisa dibilang, pantai menawan ini memiliki deru ombak yang tidak terlalu kencang, sehingga cocok dikunjungi siapa saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Klara

Daya Tarik Pantai Klara
Image Credit: Google Maps (Ani Nurdiana)

1. Air Pantai Sebening Kaca

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Klara adalah memiliki air sebening kaca. Istilah tersebut tentu cocok sekali untuk pantai yang satu ini. Pasalnya airnya memang begitu jernih, sehingga nampak biota laut yang berenang kesana kemari.

Saking jernihnya air laut di sana, Anda mungkin akan melihat seolah air tersebut lenyap. Bahkan dasar laut yang berupa pasir putih pun akan nampak dengan jelas. Pantai ini dikenal memiliki debit ombak yang tidak terlalu deras. Selain itu perairannya juga dangkal, sehingga cocok untuk semua kalangan terutama anak-anak.

Meski begitu tetap ada batas aman untuk pengunjung bermain air. Batas tersebut sudah dipasang rapi oleh pengelola sehingga meminimalisir pengujung melewati jalur aman.

Meski termasuk kawasan perairan dangkal, setelah melewati batas tersebut telah menyambut air laut dalam yang berbahaya. Sehingga pastikan Anda dan rombongan mematuhi aturan yang ada di sana ya.

2. Semilir Angin dengan Nyiur Angin Pantai

Yang membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Klara salah satunya adalah semilir angin dari lambaian pohon kelapa. Seolah mengingatkan akan sebuah lagu fenomenal berjudul Rayuan Pulau Kelapa.

BACA:  Pantai Plengkung Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Banyaknya pohon kelapa berjajar di sekitar pantai seolah melambai diterpa angin. Dengan kondisi pantai yang landai ditambah pohon tinggi berjejeran seolah menjadi pemandangan sempurna dari sebuah pantai.

Belum lagi dengan adanya dermaga di sekitar pantai yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai. Anda juga bisa berjalan santai di kawasan dermaga tersebut sambil menikmati pemandangan indah laut sebening kaca. Sungguh akan menjadi liburan yang sempurna dengan berbagai hal yang memanjakan mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Klara
Image Credit: Google Maps (Vanlife Indonesia)

3. Keindahan Dua Fenomena Alam

Pantai Klara, selain sebagai tempat yang sejuk, lokasi wisata ini juga menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Di sinilah pengunjung dapat menikmati dua pemandangan yang belum tentu dimiliki pantai lainnya. Fenomena tersebut adalah sunrise dan sunset.

Ya, di pantai ini pengunjung dapat menyaksikan sunrise sekaligus sunset meski di waktu yang berbeda. Masih berada di lokasi yang sama berdirilah di bibir pantai saat fajar mulai menyingsing. Maka akan Anda dapatkan sunrise yang indah di pagi hari

Juga, berdirilah di tempat yang sama saat hari mulai menjelang malam. Maka pengunjung akan mendapati pemandangan matahari terbenam di ufuk barat.

Tempat ini memang berada di lokasi yang strategis dengan kawasan pantai menghadap ke selatan. Sehingga ketika matahari berada di garis yang tepat, saat itulah sunrise dan sunset bisa nampak jelas. Apalagi dengan air laut sebening kaca.

Sehingga seolah matahari menembus dasar lautan yang menampakkan pasir putih halus khas pantai. Saksikan pula cahaya jingga tersebut membias ke arah air lautnya yang jernih.

4. Pulau Pahawang di Lepas Pantai Klara

Jika Anda berkunjung ke wisata pantai ini, ada sebuah pandangan lain dari pada yang lain. Di sinilah pengunjung akan mendapati sebuah pulau bernama Pulau Pajawang. Pulau ini terletak tidak jauh dari kawasan pantai. Untuk bisa sampai kesana Anda bisa menaiki perahu yang memang diperuntukkan untuk pengunjung pantai.

Meski begitu menikmati keindahan pulau dari Pantai Klara juga tidak kalah memukau. Pulau Pahawang bak siluet biru yang ada di tengah lautan.

Dari kawasan pantai menuju Pulai Pahawang Anda bisa menyewa perahu yang dibanderol dengan harga di bawah Rp 500.000. Anda bisa patungan, sebab satu perahu muat dinaiki 10 orang penumpang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Klara

Lokasi Pantai Klara
Image Credit: Google Maps (Sutrisno Sutrisno)

Pantai Klara terletak di daratan Lampung, tepatnya desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Pantai ini tidak terlalu jauh jika ditempuh dari pusat Kota. Hanya dalam waktu 30 sampai 60 menit saja Anda sudah bisa menikmati air bening bak kaca dari perairan pantai ini.

BACA:  15 Wisata Pantai di Lampung yang Paling Hits

Meski kondisi jalan belum terlalu sempurna namun pengunjung pasti enjoy sebab sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan lautan membiru. Untuk ke lokasi pantai disarankan menaiki kendaraan pribadi. Pasalnya untuk kendaraan umumnya sendiri hanya ada bus Damri. Itupun hanya beroperasi dalam waktu yang terbatas yaitu pukul 06.00 – 14.00 dari terminal Rajabasa.

Sedangkan untuk rute menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa mulai dari jalur Bandar Lampung. Berkendaralah hingga sampai ke Padang Cermin dengan melewati jalur Teluk Betung. Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Klara Anda akan disuguhkan dengan kenampakan laut dan hijaunya pepohonan.

Selanjutnya rute yang harus ditempuh adalah menuruni bukit dengan pemandangan pesisir pantai. Saat itulah Anda baru akan sampai di lokasi wisata ini, sudah ada gerbang masuk yang bertitle Pantai Klara.

Harga Tiket Masuk Pantai Klara Pesawaran

Harga Tiket Masuk Pantai Klara
Image Credit: Google Maps (ben vrando)

Untuk pengelolaan, setiap pengunjung yang ingin akses segala keindahannya diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Tiket tersebut dibanderol dengan harga cukup murah. Hanya dengan Rp 10.000 saja setiap pengunjung sudah boleh memasuki area pantai nan elok tersebut.

Namun ada sistem unik yang diberlakukan di tempat ini. Yaitu jika Anda menggunakan motor hanya dikenakan biaya Rp 15.000 untuk masuk sekaligus parkir kendaraan. Sedangkan yang membawa mobil cukup bayar Rp 25.000 saja, setiap orang sudah bisa masuk sekaligus parkir.

Jam buka Pantai Klara dimulai dari pukul 07.00 – 23.00. Sangat disarankan untuk datang di pagi hari agar bisa melihat sunrise atau pulang saat matahari sudah siap terbenam di ufuk. Sungguh saat itulah pemandangan pantai dan laut nampak begitu indah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Klara

Aktivitas di Pantai Klara
Image Credit: Google Maps (Endah Quatri)

1. Hunting Foto Keren

Hal yang tidak boleh ketinggalan saat berada di tempat wisata adalah mencari spot cantik untuk berfoto. Iya, ini merupakan agenda wajib untuk mengabadikan momen berkesan Anda. Apalagi dengan latar belakang sunrise dan sunset, Anda bisa berfoto bagaikan siliet yang misterius.

Ada saat paling ditunggu bagi pencari spot menarik yaitu kehadiran cahaya senja dengan siluet bukit di lepas pantainya. Bergaya cool di atas gazebo sambil seolah memandang perbukitan nan jauh di sana. Pastikan Anda menikmati hari itu sebagai liburan tak terlupakan di Pantai Klara.

2. Bersantai Menikmati Angin Sepoi Tepi Pantai

Pantai Klara memang tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan. Di sini Anda bisa bersantai di atas pasir sambil menikmati pemandangan sekitar. Apalagi dengan suara nyiur dari pohon kelapa yang seolah melambai ke arah Anda.

3. Bermain Air

Memang kurang afdhol rasanya jika berkunjung ke pantai tapi belum merasakan sensasi airnya untuk itu jangan sampai Anda melewatkan aktivitas bermain air di sekitar pantai ini. Anda bisa menyewa ban pelampung jikan ingin mengajak anak berenang. Atau memilih aktivitas lainnya seperti bermain kano dan banana boat.

BACA:  Pantai Blebak Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Apalagi pantai ini terkenal memiliki air yang begitu jernih seperti kaca. Sungguh disayangkan bukan jika Anda tidak merasakan sendiri bagaimana berenang di air yang begitu bening. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah agar bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Klara

Penginapan Murah Pantai Klara
Image Credit: Google Maps (Swiss-Belhotel Lampung)

1. Swiss Belhotel Lampung

Penginapan terdekat pertama dari destinasi wisata Pantai Klara adalah Swiss Belhotel Lampung. Penginapan yang satu ini berjarak sekitar 2,2 km dari lokasi wisata.

Bagi pengunjung hotel akan mendapatkan fasilitas berupa tempat parkir gratis, kolam renang, sarapan gratis, area free wifi dan masih banyak lagi.

Dalam satu kamar inap, Anda akan mendapatkan layanan kamar, mini bar, serta tv layar datar. Untuk biaya permalamnya sendiri masih di bawah angka Rp 600.000.

2. Hotel Tanjung Karang

Menjadi salah satu hotel terdekat dari lokasi pantai, Hotel Tanjung Karang menyajikan pemandangan lautan luas. Dari lokasi pantai, hotel ini berjarak sekitar 3,1 km saja. Jadi hanya dalam waktu beberapa menit, Anda sudah sampai di Hotel Tanjung Karang.

Dari segi fasilitas penginapan ini sudah cukup memadai. Hal ini dibuktikan dengan adanya lokasi parkir gratis, free wifi, cleaning room, petugas keamanan, dan tempat penyimpanan koper.

Selain itu, terdapat pula AC di setiap kamar. Jadi Anda tidak akan merasa panas meski di ruangan tertutup. Nampak depan, hotel yang satu ini pun sudah terlihat kemewahannya.

3. Emersia Hotel dan Resort

Hanya berjarak 3 km dari Pantai Klara, Emersia Hotel dam Resort layak menjadi tempat menginap pilihan. Di tempat ini sudah tersedia Restaurant, kolam renang, layanan spa dan masih banyak lagi.

Tersedia pula layanan kamar, ruangan ber Ac, free wifi juga minibar. Tempat yang cocok dijadikan lokasi bermalam seusai menikmati indahnya pantai yang menawan di Lampung ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Klara Lampung

Fasilitas di Pantai Klara Lampung
Image Credit: Google Maps (indah nuria Savitri)

Selain memiliki kenampakan alam yang indah, Pantai Klara juga ditunjang oleh berbagai fasilitas publik. Diantaranya adalah toilet, tempat parkir, pondokan dan juga gazebo. Di gazebo dan pondokan inilah Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan indah sejauh mata memandang.

Ketika perut sedang keroncongan, pengunjung dapat bersantap nikmat di kedai maupun penjual makanan yang ada di sana. Oleh karenanya pasti liburan Anda akan sangat menyenangkan.

Demikian berbagai hal mengenai Pantai Klara yang ada di Pesawaran, Lampung mulai dari daya tarik, aktivitas serta fasilitas yang ada di sana. Mengingat berbagai hal menarik yang ditawarkan, destinasi wisata alam ini tentu cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending