Pantai Kuta Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Kuta Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Kuta termasuk pantai pasir putih dan tempat menikmati sunset di Pulau Bali. Tersohor hingga ke seluruh penjuru dunia, kawasan wisatanya tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi: Jl. Pantai Kuta, Kec. Kuta, Kab. Badung.
Map: Cek Lokasi

Pantai Kuta Bali adalah salah satu wujud keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau Dewata, sehingga wajar saja jika wisatawan dari berbagai penjuru dunia tertarik menjadikannya sebagai pulau yang wajib disambangi. Apa yang membuat pantai cantik satu ini terlihat istimewa dibandingkan gugusan wisata bahari lainnya di Pulau Bali ? Simak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Pantai Kuta Bali

Sejarah Pantai Kuta
Image Credit: Google Maps (Sunguk Jang)

Sebelum namanya begitu populer seperti sekarang, ternyata wisata bahari yang berada di selatan Pulau Dewata ini dulunya merupakan perkampungan nelayan tradisional. Di tempat itu pula, masyarakat sekitar menjadikannya sebagai pelabuhan dagang populer di masanya. Karena pada abad ke 19, muncullah seorang pedagang asal Denmark yang mendirikan perdagangan disana.

Saudagar bernama Mads Lange tersebut memanfaatkan kecerdasannya untuk melakukan transaksi serta negosiasi dagang, hingga namanya sudah akrab didengar oleh para raja Bali. Hingga lambat laut masyarakat mulai menyadari bahwa pantai satu ini begitu indah, dan berpotensi menjadi destinasi wisata terbaik yang ada di Bali.

Bahkan sebelum terkenal seperti sekarang, dulunya Pantai Kuta merupakan habitat asli dari penyu hijau. Sayangnya fakta tersebut tidak banyak diketahui wisatawan, mengingat keberadaan biota laut tersebut sudah dinyatakan hampir punah dan masuk dalam daftar hewan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.

Sejak saat itu pula, penangkaran penyu hijau akhirnya dipindahkan dari pantai ini menuju Pantai Benoa Bali. Jika ingin mengunjungi penyu cantik nan langka tersebut, Anda dapat mengunjungi Pantai Benoa dengan menaiki glass bottom boat terlebih dahulu. Sedangkan Pantai Kuta saat ini lebih fokus sebagai sektor pariwisata dan perdagangan saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuta

Daya Tarik Pantai Kuta
Image Credit: Twitter.com @ardiRasyid07

Mungkin Anda bertanya tanya, mengapa pantai satu ini begitu populer dibandingkan dengan wisata bahari lainnya. Tampaknya pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan ketika mencari tahu apa saja keindahan yang ditawarkan, sekaligus mengunjunginya secara langsung sebagai pembuktian bahwa pernyataan orang lain benar adanya.

Memiliki daya tarik tersendiri, dimana salah satunya yaitu garis pantainya yang begitu panjang hingga mencapai 5 km. Garis pantai landai tersebut dihiasi dengan butiran pasir lembut berwarna putih bersih yang memanjakan kaki. Meski garis pantainya sudah cukup panjang, nyatanya kawasan wisatanya masih terlihat penuh tanpa pernah ditemukan titik sepi.

Garis pantainya yang memanjang, banyak dari wisatawan yang tertarik menyusuri kawasan pantainya dengan berjalan santai dari pucuk ke pucuk pantai di seberang. Selama perjalanan tersebut pula, Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang tidak akan terlupakan. Suara alam yang bersahut sahutan dengan suara tawa canda para pengunjungnya seakan membawa kesan tersendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuta
Image Credit: Instagram.com @brasta_mel

Daya tarik dari Pantai Kuta selanjutnya adalah air lautnya yang begitu jernih yang seakan menggoda para pengunjung untuk mencoba berenang santai di bibir pantainya. Sedangkan deburan ombaknya yang tidak terlalu kencang, seakan menguatkan bahwa mereka aman untuk bermain di dekat pantainya tanpa perlu khawatir terseret ombak.

Sebenarnya masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan disana. Sejak pertama kali menapakkan kaki di kawasan wisatanya, siapapun akan terpikat untuk berada disana tanpa beranjak dari sana. Kawasan wisata ini pun semakin ramai dikunjungi dikala langit senja menyapa, karena banyak dari pengunjung yang tertarik menyaksikan sunset.

Berkat keindahan yang disuguhkannya, kawasan wisata ini pun kerap terpilih menjadi lokasi syuting berbagai acara televisi anak muda. Para kru yang bertugas pun kerap mendapatkan bantuan dari anak anak pantai yang turut terlibat dalam proses produksinya. Sayangnya jumlah pengunjung yang melimpah, seringkali menjadi hambatan utama untuk dijadikan lokasi syuting seperti dulu.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pantai Kuta

Alamat Pantai Kuta
Image Credit: Twitter.com @yoongcuppy

Pulau Dewata sebenarnya memiliki gugusan wisata bahari yang cukup melimpah, namun Pantai Kuta yang masih menjadi objek wisata populer dikunjungi. Seakan menjadi jantung pariwisata Pulau Dewata, mengingat lokasinya sendiri cukup strategis karena berdekatan dengan beberapa toko dan pusat keramaian lainnya.

Apabila tertarik mengunjunginya, Anda bisa langsung meluncur di arah selatan Kota Denpasar. Hanya menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda sudah sampai di kawasan wisata populer tersebut. Lokasinya sendiri sangat strategis, sehingga Anda dapat menemukan pintu masuk kawasan wisatanya dengan mudah.

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa ditempuh untuk sampai di kawasan wisatanya, baik mengendarai kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Khusus bagi mereka yang menaiki bus, para penumpang dianjurkan turun di area central parkir Kuta terlebih dahulu. Dari sanalah mereka diminta untuk melanjutkan perjalanan dengan menaiki shuttle.

Bus tidak dapat mengantarkan para penumpangnya sampai di pintu masuk kawasan wisatanya, karena jalan sepanjang kawasan Pantai Kuta dipadati oleh wisatawan dan berbagai transportasi pribadi lainnya. Oleh sebab itu, pihak pengelola memberikan area khusus parkir bus agar memudahkan wisatawan menuju pintu masuk wisatanya.

Sedangkan wisatawan yang rental mobil dan memilih untuk menyetir sendiri, akan dikenai biaya sewa sesuai dengan jenis mobil yang diinginkan. Begitu pula ketika Anda menyewa motor, dimana Anda harus membawa dana lebih untuk mendapatkan layanan jasanya. Ketika sampai di kawasan wisatanya, Anda masih dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Meski harus mengeluarkan dana ekstra untuk transportasi, namun pengujung tidak akan mengeluarkan dana kembali karena Anda bisa memasuki kawasan wisatanya tanpa membayarkan tiket masuk alias gratis. Alhasil banyak wisatawan yang merasa betah berada disana, karena mereka bisa menyaksikan keindahannya hingga puas tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Kuta

Aktivitas di Pantai Kuta
Image Credit: Bukalapak.com

Jika diperhatikan seksama, Anda mungkin menyadari bahwa jumlah pengunjung lokal bahkan hampir sama dengan jumlah mancanegara. Sehingga Anda tidak perlu terkejut ketika menemukan beberapa tenda, yang kerap dijadikan sebagai tempat berjemur sambil menikmati hamparan lautan lepas di depan mata.

Puas berjemur santai sembari menikmati suguhan alamnya, masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan. Salah satunya berselancar santai dengan ombaknya yang besar ketika Anda mencoba mendekati tengah lautannya. Sedangkan para orang tua, bisa mengajak si kecil bermain pasirnya yang lembut ketika menyentuh permukaan kulit.

Wisatawan yang tertarik berselancar hingga puas namun tidak membawa perlengkapan, tidak ada salahnya menyewa papan selancar. Tidak sulit menemukannya, karena terdapat beberapa penyewa papan surfing di sepanjang pantainya. Bahkan wisatawan yang baru saja tertarik belajar berselancar, akan mendapatkan panduan dari sang ahli.

Puas menikmati sajian alamnya, jangan lupa untuk mengisi energi kembali dengan mencicipi aneka kuliner lezatnya dengan mengunjungi restoran yang berada tidak jauh dari kawasan pantainya. Restoran tepi pantai tersebut menyajikan berbagai menu kuliner lezat yang siap menggoyang lidah. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai budget.

Puas mencicipi aneka hidangan lezat, jangan tergesa gesa meninggalkan kawasan Pantai Kuta terlebih dahulu. Sebab ketika hari sudah berubah menjadi sore, Anda bisa menyaksikan betapa keindahan langit senja yang perlahan berubah warna menjadi jingga. Nuansa sekitarnya berubah drastis menjadi lebih romantis, sehingga cocok dikunjungi oleh pasangan di mabuk cinta.

Aktivitas yang tidak kalah seru untuk dilakukan selanjutnya adalah berburu buah tangan khas Bali. Apabila tertarik berbelanja santai, sebaiknya kunjungi tempat belanja lokal yang berpadu dengan pusat perbelanjaan mewah. Memahami kebutuhan tersebut, pihak pengelola pun menambahkan dua pusat berbelanja yang wajib Anda kunjungi.

Kedua pusat berbelajaan tersebut bernama Discovery Shopping Mall dan Beachwalk Shopping Center. Produk yang ditawarkan keduanya cukup melimpah, mulai dari barang kebutuhan harian hingga kesenian khas Bali dapat ditemukan dengan mudah disana. Kualitas produknya terjaga dengan baik, sehingga tidak perlu ragu membelinya segera.

Soal harga sepertinya tidak perlu dipikirkan, karena semua barangnya ditawarkan dengan harga bersahabat di kantong. Wajar saja jika kedua pusat perbelanjaan tersebut menjadi tempat favorit berbelanja buah tangan atau sekedar koleksi pribadi. Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan banyak wisatawan mancanegara tertarik berbelanja disana.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kuta Bali

Penginapan di Pantai Kuta Bali
Image Credit: Agoda.com

Berkunjung ke Pulau Dewata tentunya akan terasa puas jika hanya seharian penuh saja. Sebab masih banyak objek wisata lainnya yang wajib di ulik lebih dalam, sekaligus mencicipi aneka kulinernya yang terkenal lezat dan memuaskan perut berbunyi. Agar acara berlibur terasa lebih menyenangkan, tidak ada salahnya bermalam selama beberapa hari sebagai solusinya.

Beruntungnya tidak jauh dari Kawasan pantai, Anda bisa menemukan sejumlah hotel berbintang yang bisa dijadikan sebagai tempat terbaik untuk melepaskan penat usai seharian bermain di pasirnya yang lembut. Sedangkan wisatawan yang baru saja datang ke Pulau Dewata dan hendak mengunjungi Pantai Kuta di keesokan paginya, tidak ada salahnya menginap di hotel sekitar pantainya.

Setiap tempat penginapan akan menawarkan fasilitas berbeda, sehingga Anda harus menyesuaikan sesuai kebutuhan. Namun secara garis besar, pengelola hotel telah melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan demi kenyamanan saat beristirahat. Ditawarkan dengan harga bervariasi, sehingga pilihlah penginapan yang menawarkan harga bersahabat di kantong.

Memilih tempat menginap yang dekat dengan kawasan Pantai Kuta dapat mendatangkan segudang keuntungan. Pasalnya wisatawan dapat memilih kamar yang berada di lantai teratas, apabila tertarik memandang hamparan lautan lepas yang berpadu indah dengan pemandangan khas perkotaan di sisi lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kuta

Fasilitas Pantai Kuta
Image Credit: Google Maps (Henry Foo)

Melihat antusias wisatawan untuk mengunjunginya, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas lengkap dan memadai. Salah satu fasilitasnya yang dapat diacungi jempol adalah tersedianya restoran terkenal yang berada tidak jauh dari lokasi pantainya. Tempat makan bergengsi tersebut menyediakan aneka hidangan yang siap memanjakan lidah Anda.

Masih berada di sekitar kawasan pantainya, Anda bisa menemukan sebuah hotel berbintang yang menyediakan berbagai fasilitas demi kenyamanan dan keamanan pada tamunya. Tidak jauh dari tempat tersebut, ditemukan bar populer yang wajib dikunjungi. Bahkan di pinggiran jalan menuju kawasan wisatanya, ditemukan sejumlah toko kelontong tampak sibuk menjajakan dagangannya.

Semua fasilitas yang diberikan dikelola sebaik mungkin demi menjaga kepercayaan dan kenyamanan para pengunjungnya. Ketersediaan fasilitas lengkap tersebut yang berhasil membuat wisatawan merasa betah dan tertarik menyusuri kawasan wisatanya hingga tidak ada yang luput dikunjungi. Tidak mengherankan jika destinasi wisata ini menjadi objek wisata populer.

Siapa yang tidak mengenal si Pantai Kuta ? Pantai dengan segudang keindahannya tersebut kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Selagi menapakkan kaki di kawasan wisatanya, Anda bisa melakukan serangkaian aktivitas menarik untuk mengisi waktu libur. Lokasinya pun cukup strategis, sehingga wisatawan cukup mudah menemukannya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending