Pantai Labuhan Jukung Lampung, Pantai Indah & Spot Foto Keren

Pantai Labuhan Jukung Lampung, Pantai Indah & Spot Foto Keren
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Pesisir Tengah, Kab. Lampung Barat, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Labuhan Jukung merupakan salah satu pantai favorit yang terdapat di Pesisir Barat, Lampung dan pantai ini sudah populer hingga ke mancanegara. Hal itu tentu wajar saja, karena terdapat banyak sekali hal indah dan unik yang bisa ditemukan di pantai yang satu ini. Karena itu, wajar jika pantai tersebut selalu ramai dipadati oleh wisatawan.

Pantai tersebut mempunyai cerita dan sejarah sehingga sangat dihargai oleh warga setempat. Budaya dan adat yang ditampilkan pada setiap acara menjadikan wisatawan merasa nyaman oleh karena kearifan lokal yang mampu disuguhkan oleh tempat wisata tersebut.

Tidak hanya itu saja, Pantai Labuhan Jukung dikenal sebagai lokasi wisata yang begitu bersih dan memiliki banyak fasilitas yang lengkap serta memadai. Karena itulah, berlibur ke tempat ini tentu akan membuat Anda merasa begitu nyaman. Berlibur ke Pesisir Barat tanpa menyempatkan diri singgah sejenak ke pantai ini akan terasa sangat sayang sekali.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Labuhan Jukung

Daya Tarik Pantai Labuhan Jukung
Image Credit: Google Maps Bowie

1. Ombak Pantai yang Indah

Beragam daya tarik dimiliki oleh Pantai Labuhan Jukung, salah satunya yaitu ombaknya yang begitu indah. Ombak yang ada di pantai tersebut begitu menawan mata, sehingga akan memanjakan siapapun yang menyaksikannya.

Intensitas dari ombak pantai yang satu ini terbilang cukup sedang, sehingga sangat nyaman bagi siapapun yang ingin melakukan aktivitas bermain air ataupun berenang. Selain itu, dengan ombak yang tenang tersebut maka cukup aman jika Anda mengajak putra-putri untuk bermain dan seru-seruan di pantai tersebut.

2. Pusat Souvenir

Pantai Labuhan Jukung menghadirkan banyak sekali para pengrajin yang membuat souvenir khas daerah ataupun luar kota. Hal itu tak ayal menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh wisata pantai ini untuk memuaskan wisatawan yang datang mengunjunginya. Selain terdapat aneka souvenir yang begitu unik, hal itu didukung oleh harganya yang terjangkau.

Anda bisa membawa pulang pernak-pernik hasil karya para pengrajin yang ada di sana dengan harga yang terbilang cukup murah. Setelah menghabiskan waktu seharian bersenang-senang di area pantai tersebut, maka tak ada salahnya Anda untuk membawa oleh-oleh berupa souvenir dari tempat ini.

Selain souvenir Anda juga akan menemukan olahan tradisional yang merupakan olahan khas dari Kota Lampung. Membawa oleh-oleh dari Pantai Labuhan Jukung tersebut merupakan hal yang perlu untuk dipertimbangkan.

3. Ragam Spot Foto Indah

Terdapat banyak sekali spot-spot foto yang begitu indah serta Instagramable bisa Anda nikmati ketika berada di sekitar pantai. Selain pantai tersebut selalu berada dalam keadaan bersih, tempat ini didukung oleh pemandangan yang begitu cantik.

Karena itu, untuk Anda yang gemar sekali melakukan kegiatan fotografi akan sangat tepat jika berkunjung ke Pantai Labuhan Jukung. Di sanalah nantinya Anda akan menemukan spot-spot foto yang begitu mengagumkan dan layak untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

4. Sarat Budaya Lokal

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa pantai ini mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain. Pantai tersebut memberikan wawasan dan nilai pendidikan tambahan bagi para pengunjungnya. Khususnya di sini untuk urusan budaya dan sejarah yang memang masih terjaga hingga saat ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Labuhan Jukung
Image Credit: Google Maps Martinus Ciputra

Lokasi dari Pantai Labuhan Jukung yaitu berada di Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Untuk Anda yang berencana datang ke sini maka sebaiknya memperhatikan petunjuk arah yang sudah ada di beberapa lokasi menuju ke tempat ini.

Untuk memudahkan wisatawan menemukan lokasi, memang setelah disediakan banyak petunjuk arah dari Kota Lampung menuju ke lokasi pantai. Dengan begitu Anda pun tidak akan merasa kebingungan maupun kesulitan agar bisa sampai ke pantai tersebut.

Selain nantinya rute yang harus dilalui menuju pantai cukup mudah hal itu didukung pula dengan sarana publik yang sangat memadai, baik itu jalanan yang sudah bagus dan transportasi umum yang lengkap. Dengan begitu liburan Anda akan terasa lebih dimudahkan dan nyaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Labuhan Jukung

Harga Tiket Masuk Pantai Labuhan Jukung
Image Credit: Google Maps Ari Himawan F

Untuk besar tiket masuk saat mengunjungi Pantai Labuhan Jukung terbilang cukup terjangkau. Pantai ini memang termasuk pantai yang sangat populer dan begitu digandrungi oleh masyarakat lokal. Karena itulah, wajar jika tempat tersebut selalu ramai dikunjungi.

Budaya serta adat istiadat di tempat tersebut masih begitu melekat kuat. Karena itu, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat meningkatkan pendidikan bagi buah hati Anda. Dengan menyalurkan nilai-nilai budaya tentu hal itu akan sangat baik bagi kelestarian dan keutuhan budaya itu sendiri.

Untuk Anda yang ingin memasuki Pantai Labuhan Jukung maka nantinya tidak akan ada biaya tarif tiket masuk yang dikenakan. Namun nantinya Anda akan ditarik biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi ke tempat tersebut.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, biaya parkir yang harus dibayarkan sebesar Rp 10.000, sedangkan jika Anda masuk ke lokasi wisata menggunakan kendaraan roda dua, maka biaya yang harus dibayar sebesar Rp 5.000. Bagi pengunjung yang ingin menggunakan tempat duduk, nantinya bisa bebas menggunakan tanpa adanya tarif sewa.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Pantai Labuhan Jukung

Aktivitas Seru Pantai Labuhan Jukung
Image Credit: Google Maps Aditya Karnawiredja

1. Menyaksikan Keindahan Sunset

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan selama berada di Pantai Labuhan Jukung, salah satunya yaitu menyaksikan keindahan panorama matahari tenggelam. Lokasi dari destinasi bahari ini berada di area sebelah barat dan berdampingan dengan daerah dataran sebelah timur.

Hal itu membuat area pantai menjadi tempat yang sangatlah strategis bagi pengunjung untuk menikmati panorama matahari tenggelam dengan jelas tanpa dihalangi oleh apapun. Tak hanya itu saja, pengunjung pun juga bisa menyaksikan pergeseran matahari hingga akhirnya menghilang.

2. Menikmati Ragam Kuliner Khas Krui

Mengunjungi Pantai Labuhan Jukung tentu tak akan sah rasanya jika Anda tidak berburu kuliner. Di tempat ini Anda bisa mencicipi makanan khas Krui, yaitu salah satu kuliner yang memang sangat nikmat dan lezat.

Makanan khas tersebut berupa nasi uduk. Lauk dari nasi uduk cukup berbeda jika dibandingkan dengan nasi uduk yang berasal dari daerah Jakarta. Jika nasi uduk Jakarta selalu identik dengan lauk berupa daging ayam maka berbeda dengan nasi uduk khas Krui. Nasi uduk di tempat tersebut tidak memakai daging ayam melainkan menggunakan Ikan Tuhuk.

Ikan Tuhuk telah menjadi salah satu hasil tangkapan laut di area pesisir Krui yang sejenis dengan Ikan Marlin. Ikan Tuhuk tersebut nyatanya tidak hanya dipakai sebagai lauk untuk nasi uduk saja, tapi masyarakat sekitar juga mengolah ikan menjadi berbagai jenis kuliner yang bisa Anda temukan di sekitar pantai.

3. Surfing di Pantai Labuhan Jukung

Bagi Anda para pecinta surfing maka aktivitas tersebut juga bisa dilakukan di Labuhan Jukung ini. Pantai eksotis ini mempunyai ombak yang tergolong sangat cocok untuk melakukan kegiatan surfing. Maka dari itu, tidak heran jika area pantai selalu dipenuhi oleh para peselancar yang antusias.

Selain karena ombaknya yang cukup tinggi, area pantai tersebut mempunyai hamparan pasir yang sangat indah. Bahkan kawasan tersebut diketahui tidak mempunyai terumbu karang. Karena itulah, aktivitas surfing dirasa begitu aman dilakukan di perairan pantai ini.

Untuk rekomendasi waktu terbaik saat Anda ingin melakukan aktivitas surfing yaitu saat menjelang Bulan April hingga Bulan September. Pada bulan-bulan tersebut ombak akan sangat tinggi jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Labuhan Jukung
Image Credit: Google Maps erix exstrada

Tempat ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ajang lomba selancar tingkat internasional. Karena itulah, fasilitas umum yang telah tersedia di tempat tersebut sangatlah lengkap.

Di Pantai Labuhan Jukung Anda akan menemukan beberapa fasilitas umum yang akan memudahkan kegiatan berlibur Anda, seperti contohnya area parkir yang sangat luas dan mampu menampung banyak kendaraan. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di tempat tersebut, terdapat beberapa penginapan dengan harga yang variatif.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga akan menemukan toilet dan kamar mandi yang sudah sangat memadai untuk kepentingan MCK. Begitu pula bagi yang beragama muslim, sudah disediakan tempat beribadah berupa mushola. Untuk para pecinta kuliner maka di kawasan pantai sudah banyak rumah makan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Pantai Labuhan Jukung yang terdapat di Pesisir Barat. Jangan lupa untuk segera mengagendakan liburan Anda ke pantai ini jika sedang berkunjung ke Provinsi Lampung. Dipastikan pengalaman berlibur Anda akan semakin seru dan tak terlupakan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending