15 Wisata Pantai di Lampung yang Paling Hits

Wisata Pantai Lampung

Jika Berencana Liburan ke Lampung, Periksa Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Lampung. Objek Wisata Bahari Populer dan Paling Hits yang Layak Anda Eksplor Saat Liburan.

Sebagai negara kepulauan, masyarakat layak bangga dengan bermacam wisata bahari yang tersebar di seluruh Indonesia. Apalagi dengan kota atau provinsi yang berbatasan dengan laut selatan. Sebut saja provinsi Lampung, daerah di selatan Sumatra yang dihiasi dengan deretan pantai memukau dan unik.

Tertarik? Berikut beberapa wisata pantai di Lampung dengan pasir putih hingga hamparan batu karang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

1. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Detik.com

Lokasi pantai ini berada di jalan lintas Barat Sumatra, kelurahan Way Jambu. Pantai yang satu ini dikenal karena keindahan bibir pantainya yang diselimuti dengan pasir putih bersih. Namun saat menginjakkan kaki di pantai Tanjung Setia, pemandangan laut lepas berwarna biru dan hijau tosca akan menyambut para wisatawan.

Kontras warna dari pasir dan lautan itu memberikan kesan menenangkan pada siapa pun yang hadir. Namun dibalik rasa tenang tersebut, pantai ini ternyata dikenal karena ketinggian ombak khas laut selatan. Benar saja, ketinggian ombak yang mencapai 7 – 8 meter adalah magnet tersendiri bagi para penikmat selancar.

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan.

2. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu
Image Credit: Instagram.com @iqballfahri

Namanya yang unik dan seram ini diberikan karena penampilan pantai yang tidak umum. Alih alih mendapat pemandangan pasir putih yang bersih dan luas, pantai di kecamatan Kelumbayan ini justru dipenuhi dengan tebing runcing yang tersebar hingga garis pantai. Ukuran tebing ini sendiri beragam dan juga memiliki kesan berantakan.

Panorama unik inilah yang menjadikannya dinamai gigi hiu. Jika membayangkan ketajaman dan banyaknya gigi hiu, memang fenomena alam ini tampak mirip. Meski berkesan seram, namun tidak sedikit wisatawan yang ingin mengabadikan panorama tersebut. Bahkan lokasi ini memiliki potensi sebagai wisata bahari Instagenik yang menarik.

Sebenarnya pesona ini tidak hanya hadir karena tebing yang berserakan, namun deburan ombaknya juga memberi kesan unik tersendiri. Cipratan air tersebut seakan memberi tampilan layaknya kabut tebal. Hamparan bibir pantainya pun ikut dipenuhi dengan batu kerikil. Jadi pastikan untuk berhati hati saat melakukan kegiatan fotografi.

Lokasi: Pekon Susuk, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus.

3. Pantai Tanjung Tuha

Pantai Tanjung Tuha
Image Credit: Instagram.com @afin_ahmadsyaifudin

Di Kecamatan Bakauheni, terdapat pantai yang popularitasnya kian naik daun. Wisata bahari dengan nama Pantai Tanjung Tuha tersebut mulai hits di kalangan kawula muda karena memiliki tampilan yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Anda tidak akan melihat hamparan pasir putih, melainkan sebuah pemandangan alam yang masih sangat asri.

Jika diperhatikan dengan baik, meski tidak ada pasir putih, namun disini Anda akan mendapati air laut biru yang sangat jernih. Bahkan lautan tersebut memberikan gradasi warna hijau dan biru yang memukau. Selain itu, ombak lautnya pun cukup tenang, sehingga Anda bisa bebas berenang, bermain air, atau memancing.

Yang menjadi daya tarik utama dan menantang adalah mengabadikan foto di atas tebing. Tentunya perlu keberanian dan juga hati hati, namun hasil jepretan foto pastinya akan lebih berkesan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba lokasi yang lebih menantang yakni Tower pengamatan yang ada di dekat bibir pantai.

Lokasi: Tanjung Tua, Bakauheni, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan.

4. Pantai Labuhan Jukung

Pantai Labuhan Jukung
Image Credit: Instagram.com @frd_ansych

Anda suka berselancar? Maka cobalah untuk berkunjung di pantai labuhan Jukung yang berada di Kp. Jawa kecamatan pesisir tengah. Lokasi pantai yang sudah diolah oleh pemerintah dan warga setempat ini dikenal karena lokasinya yang sangat bersih. Bahkan keasrian sekitarnya pun masih sangat terjaga.

Tidak hanya itu saja, pantai ini memiliki ketinggian ombak yang sangat cocok untuk berselancar. Dengan air laut yang jernih dan juga pasir pantainya yang putih bersih, tidak heran jika masyarakat lokal memfavoritkan pantai ini. Bahkan pesona wisata bahari ini mampu menarik wisatawan luar negeri yang ingin mencoba berselancar di laut selatan.

Lokasi: Kampung Jawa, Kec. Pesisir Tengah, Kab. Lampung Barat.

5. Pantai Pulau Kelagian Kecil

Pantai Pulau Kelagian Kecil
Image Credit: Tripadvisor.com

Jika pantai sebelumnya berada di pulau besar Sumatra, pantai ini berada di daerah yang terpisah. Lokasinya tepat di pulau Kelagian kecil yang berjarak sekitar 20 menit menyeberang naik perahu dari pelabuhan Ketapang. Masih cukup dekat, namun keindahan dan keasrian lokasi ini pastinya akan membuat Anda terpanah.

Bagaimana tidak jika hamparan pasir putih dengan lautan jernih siap menyambut kedatangan Anda. Begitu jernihnya perairan sekitar, Anda bisa dengan mudah melihat biota laut yang tersebar di teluk Kiluan. Terdapat aktivitas seru seperti snorkeling atau melakukan scuba diving untuk melihat langsung kerajaan laut sembari berenang dengan ikan lucu.

Lokasi: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran.

6. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang
Image Credit: Ngetripkemana.com

Sama halnya dengan pulau Kelagian Kecil, Pahawang terkenal karena memiliki keindahan yang masih belum terjamah manusia. Berada di kecamatan Punduh Pidada, pulau ini terdiri dari pantai pasir putih dengan rimba hutan hijau yang masih terjaga. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus menyeberang dari dermaga ketapang dan naik perahu sekitar 2 jam.

Meski cukup jauh, nyatanya pulau ini hits karena memiliki wisata bawah lautnya yang indah. Di kedalaman 2 -4 meter Anda bisa menyaksikan beragam biota laut bahkan melihat ikan Nemo (ikan badut) secara langsung. Spot snorkeling dan juga fasilitas berwisata pun beragam. Anda bisa bermain air santai, berenang, atau menyewa ban pelampung beramai ramai.

Lokasi: Pulau Pahawang, Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran.

7. Pantai Pulau Tanjung Putus

Pantai Pulau Tanjung Putus
Image Credit: Instagram.com @isun26

Pantai ini berada di sekitar pulau Pahawang. Yang membuatnya layak dikunjungi adalah pesona alam dan juga namanya yang unik. Meski menggunakan tajuk Putus, namun ternyata nama tersebut tidak bermakna negatif. Malahan nama tersebut berkaitan dengan asal usul pantai yang sebelumnya menjadi satu dengan Sumatra, namun terputus karena erosi.

Fenomena alam ini ternyata memberikan efek besar pada penampakan alam sekitarnya. Lautannya cenderung memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga cocok sebagai spot snorkeling. Di sini pula Anda bisa melihat secara langsung keindahan kerajaan bawah laut yang terdiri dari berbagai macam karang dan ikan.

Lokasi: Sukarame, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran.

8. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Detik.com

Kalau pantai ini pasti tidak akan pernah sepi, hal ini dikarenakan terdapat hal menarik di lokasi ini. Hal tersebut berupa masjid apung dan juga pasir timbul. Jika Anda penasaran bagaimana tampilannya, Anda harus sempatkan diri untuk ke pantai ini. Lokasinya berada di JL. Way Ratai yang mana sudah dipenuhi dengan fasilitas dan wisata kuliner yang cukup lengkap.

Lokasi: Jl. Way Ratai No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran.

9. Pantai Tirtayasa

Pantai Tirtayasa
Image Credit: Tribunnews.com

Pantai yang satu ini berada di daerah Suka Maju teluk Betung Timur. Yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini adalah jejeran pondok kecil yang berada di bibir pantai. Pondok ini berada sangat dekat dengan air laut, sehingga sapuan ombak akan membasahi pondok tersebut. Disini, Anda bisa bersantai di pondok sambil menikmati pemandangan pantai.

Namun jika Anda ingin sesuatu yang seru, Pantai Tirtayasa juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana watersport. Anda bisa seru seruan bareng keluarga dengan naik banana boat atau balapan dengan jet sky. Sebagai salah satu pantai di Teluk lampung, Anda juga bisa menyewa jasa perahu untuk berkeliling dan menikmati keindahan alamnya.

Lokasi: Sukamaju, Kec. Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung.

10. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Image Credit: Pantainesia.com

Berdekatan dengan pantai Tirtayasa, pantai pasir putih ini dianggap lebih populer karena keindahan pasir putihnya yang membentang luas. Tidak hanya itu, air lautnya yang jernih, bersih, dan tenang kerap dijadikan alasan warga dan wisatawan untuk berkunjung. Anda bisa berenang dengan tenang dan menyewa pelampung untuk buah hati tersayang.

Yang menjadikannya semakin menarik adalah pemandangan asri di lokasi ini. Sekitaran pantai ini masih diselimuti dengan pepohonan hijau dan hunian warga yang membaur di dalamnya. Saat berada di pantai ini, jangan beranjak terlalu cepat. Pasalnya, panorama mentari di ufuk barat yang terpancar dianggap sebagai magnet utama para wisatawan.

Lokasi: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan.

11. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan
Image Credit: Instagram.com @yuktravel

Jika mencari surga pantai Bandar Lampung, maka nama teluk Kiluan tidak akan terlewat. Pantai dengan bibir pantai berpasir putih beserta lautan biru jernih dan bersih, pasti akan membuat Anda betah untuk tinggal. Tapi tidak berhenti disitu saja, keindahan biota lautnya harus Anda saksikan secara langsung. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat kawanan lumba lumba di pantai ini.

Lokasi: Bumi Sari, Kec. Natar, Kab. Tanggamus.

12. Pantai Walur

Pantai Walur
Image Credit: Youtube.com @bahtiar

Kalau Anda sedang mencari wisata bahari yang sedang hits, Pantai Walur pasti akan menjadi salah satu rekomendasi. Pantai dengan bibir pantai yang sangat panjang ini semakin naik daun karena suasana yang sangat asri. Pasir putih lembutnya masih bersih. Deburan ombak kalemnya juga tampak sangat jernih dengan gradasi warna biru dan hijau tosca.

Begitu juga dengan deretan pohon kelapa tinggi yang menghiasi pantai. Hembusan angin semilir juga membuat lokasi ini layak sebagai lokasi untuk escape dari hiruk pikuk kota. Pantai yang ada di desa Walur ini, juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati pemandangan senja yang tampil dengan warna jingga dan kesan temaramnya.

Lokasi: Walur, Kec. Krui Selatan, Kab. Lampung Barat.

13. Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Batu Kapal
Image Credit: Detik.com

Pantai Guci Batu Kapal yang satu ini memiliki banyak sekali kisah dan cerita misteri. Kesan misterius ini semakin meningkat dengan penampilan pantai yang dipenuhi dengan bebatuan hitam yang berserakan di bibir pantai. Bahkan, pantai ini juga menjadi lokasi khusus dimana banyak sekali warga lokal yang melakukan ritual tertentu.

Menurut cerita lokal, pantai yang berada di Jl. Pesisir ini dulunya adalah suatu dermaga. Namun dermaga tersebut tidak lagi beroperasi karena kutukan yang menimpanya. Meski begitu, wisatawan tidak ada hentinya datang untuk mengabadikan pemandangan pantai ini. Jika Anda memiliki hobi fotografi, kontras laut dan batu hitam ini bisa menjadi latar yang sangat memikat.

Lokasi: Maja, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

14. Pantai Way Kunjir

Pantai Way Kunjir
Image Credit: Instagram.com @trinitytraveler

Di desa Sukajaya Lempasing juga terdapat pantai yang menyuguhkan keindahan gugusan terumbu karang dan biota alam yang masih asri. Pemandangan bawah laut inilah yang menjadi nilai utama dari pantai Way Kunjir. Beberapa spot snorkeling pun tersebar untuk pengunjung yang ingin menyaksikan kehidupan kerajaan laut eksotis dan juga cantik.

Lokasi: Kalianda, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

15. Pantai Klara

Pantai Klara
Image Credit: Instagram.com @rizaldiridhoo

Bila berbicara tentang pantai hits, maka pantai Klara di jl. Raya Way Ratay pasti akan selalu disebutkan. Meski berbatasan langsung dengan laut selatan, namun ombak laut di sini cenderung lebih tenang. Bibir pantainya pun sangat luas. Pantas saja, banyak sekali warga lokal dan pengunjung yang dengan santainya berenang dan bermain sambil menikmati pesona pantai.

Lokasi: Jl. Raya Way Ratay, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran.

Itulah beberapa wisata pantai terbaik di Lampung yang menjadi idola para warga lokal dan juga wisatawan. Sebagai daerah yang berada di dekat pesisir, tidak heran jika deretan wisata baharinya sangat melimpah. Bahkan deretan pantai tersebut hanya segelintir dari jumlah wisata bahari yang tersedia. Karena itulah, sempatkan untuk berkunjung selagi Anda berada di provinsi Lampung.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending