Pulau Pahawang Lampung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Pahawang Lampung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Pahawang salah satu objek wisata terindah di Pesawaran, Lampung. Memiliki pantai yang eksotis dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pulau Pahawang merupakan salah satu objek wisata yang patut dikunjungi ketika sedang berada di Lampung. Nama Pahawang itu sendiri berasal dari nama suatu desa dan juga pulau yang terletak di Lepas Teluk Punduh. Pulau dengan air yang jernih serta panorama alam yang memesona dapat membuat wisatawan jatuh cinta dengan tempat ini.

Pesona lain yang disajikan pulau ini diantaranya terdapat pantai dengan pasir putih yang panjang dan hutan mangrove. Pulau ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang eksotis. Selain pantai, bagaikan harta karun objek wisata ini memiliki keindahan ekosistem bawah laut.

Suasana yang sejuk serta hembusan angin yang segar membuat siapapun yang datang merasa betah. Wisatawan akan dibuat terpukau oleh berbagai macam keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Selain itu, pengelola telah menyediakan fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pahawang

Daya Tarik Pulau Pahawang
Image Credit: Twitter.com @fajrinherris

Pulau Pahawang merupakan salah satu ojek wisata bahari yang menakjubkan. Di pulau ini, wisatawan dapat menemukan kombinasi keindahan alam yang sempurna dari pantai, hutan mangrove, dan ekosistem laut.

Pulau ini secara keseluruhan memiliki area seluas 1.084 hektar dan dihuni oleh kurang lebih 400 kepala keluarga. Pulau ini terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar. Pahawang Kecil memiliki area seluas 13 hektar sedangkan, Pahawang besar memiliki area seluas 1.000 hektar.

1. Ekosistem Dibawah Laut yang Eksotis

Keindahan kehidupan dibawah laut pulau ini tidak perlu diragukan lagi. Memiliki air yang jernih wisatawan akan disambut oleh ekosistem bawah laut dengan aneka ragam biota laut dan terumbu karang yang eksotis.

Objek wisata ini dikelola oleh Pemerintah Daerah Dinas Kelautan setempat bersama nelayan sejak sekitar tahun 2010 hingga 2011. Pengelola telah membudidayakan terumbu karang di sekeliling objek wisata ini.

2. Berkunjung ke Taman Nemo

Wisatawan dapat berkunjung ke Taman Nemo yang terdapat di Objek wisata ini. Wisatawan dapat melihat dan berinteraksi dengan ikan nemo atau ikan badut.

Daya Tarik dari Pulau Pahawang
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

3. Pantai Pasir Putih yang Memesona

Pantai Pasir Putih di Objek wisata ini sangat memesona. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari pertemuan laut dan matahari ketika matahari terbit dan terbenam.

Selain memanjakan mata pengunjung pantai yang terdapat di pulau ini memiliki berbagai hal menarik. Ketika air laut surut wisatawan dapat melintasi pasir timbul yang membentang dari pulau pahawang besar.

4. Panorama Alam Sekitar yang Memukau

Pulau ini memiliki panorama alam sekitar yang memukau. Selain pantai dan laut lepas di pulau ini terdapat hutan mangrove dan di sekitarnya dapat ditemukan flora dan fauna khas hutan mangrove. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Pahawang

Rute Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Ari Stiawan)

Pulau eksotis ini terletak di Lampung Selatan, dengan lokasi detail di Lepas Teluk Punduh, Kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran. Terdapat beberapa rute menuju ke pulau ini yang dapat dipilih oleh wisatawan.

Akses perjalanan menuju Lampung dapat melalui jalur udara dan jalur laut. Jika wisatawan akan berkunjung melalui jalur udara, wisatawan dapat menggunakan pesawat dengan tujuan akhir penerbangan ke Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung.

Jika wisatawan melalui jalur laut, wisatawan berangkat dari Pelabuhan Merak menggunakan transportasi laut berupa kapal ferry menuju ke pelabuhan Bakauheni. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Untuk menuju ke Pelabuhan Ketapang wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, maupun menyewa kendaraan. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi rute yang ditempuh Mulai dari Pelabuhan Bakauheni menuju ke Bandar Lampung.

Selanjutnya, menuju ke Bunderan Gajah dan ambil jalur lurus ke arah Teluk Betung. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Way Ratai atau Padang Cermin. Rute yang sama dapat ditempuh dari Terminal Rajabasa dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam hingga 1,5 jam.

Setelah itu, wisatawan dapat menyewa kapal boat untuk sampai di tujuan akhir yaitu, Pulau Pahawang. waktu tempuh perjalanan menggunakan kapal boat ini kurang lebih 20 menit hingga 30 menit.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum rute yang dilalui pertama berangkat dari Pelabuhan Bakauheni menggunakan bus menuju ke Bandar lampung dan berhenti di terminal Rajabasa. Perjalanan tersebut memerlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Selanjutnya, menaiki angkutan kota atau disingkat angkot berwarna biru dengan jurusan Rajabasa-Tanjung Karang. Perjalanan dengan tujuan Pasar Bawah Ramayana ini memerlukan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Kemudian kembali naik angkot berwarna merah marun atau ungu dengan jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung berhenti di Gudang Garam. Setelah itu, menuju ke Dermaga Ketapang dengan menggunakan angkutan pick up dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Rute kendaraan umum lainnya, Dari Pelabuhan Bakauheni menuju ke Bandar Lampung dan berhenti di Terminal Rajabasa menggunakan bus. Kemudian menuju Dermaga Ketapang.

Wisatawan menuju Dermaga Ketapang menggunakan bus damri jurusan Rajabasa-Piyabung dengan catatan sebelumnya meminta bantuan kepada kondektur bus untuk diturunkan di lokasi tersebut. Hal yang perlu diketahui adalah bus Damri beroperasi pukul 07:00 WIB dan hanya 1 kali per hari.

Dari Pulau Kelagian waktu tempuh menuju Pulau Pahawang kurang lebih 5 menit. Jika dari Bandar Lampung wisatawan harus melakukan penyebrangan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam menuju ke Dermaga Ketapang. Selama perjalanan tidak akan terasa membosankan karena wisatawan akan di sambut panorama alam yang indah.

Biaya Wisata ke Pulau Pahawang Lampung

Biaya ke Pahawang
Image Credit: Twitter.com @im3ooredoomtr

Untuk dapat memasuki dan menikmati objek wisata Pulau Pahawang wisatawan akan dikenai biaya masuk. Harga tiket masuk area wisata ini, yaitu sebesar Rp 30.000,-. Terdapat beberapa tempat wisata di pulau ini.

Untuk menuju ke Pulau ini wisatawan perlu melakukan penyebrangan. Untuk sewa speedboat biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 600.000.- hingga Rp 700.000,- dengan waktu perjalanan selama kurang lebih 10 menit hingga 15 menit. Speedboat berkapasitas 8 orang. Selain speedboat, wisatawan dapat menggunakan perahu kayu biasa.

Untuk menyewa perahu kayu wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 400.000,- hingga Rp 700.000 dengan kapasitas perahu yang bervariasi. Tedapat kapasitas perahu untuk 15 orang, 25 orang, dan 35 orang. Bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkeling, biaya sewa perlengkapannya berkisar Rp 50.000/set.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Pahawang

Aktivitas di Pulau Pahawang
Image Credit: Facebook.com @pulaupahawangcom

1. Berekreasi di Laut

Jika berkunjung ke objek wisata ini rasanya tidak lengkap jika tidak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air seperti berenang ataupun bermain air. Dan jika ombak mendukung wisatawan dapat berselancar. Wisatawan dapat berekreasi dengan bebas di tempat ini.

2. Fotografi dan Videografi

Objek wisata ini memiliki banyak spot eksotis sehingga dapat dijadikan media oleh wisatawan yang gemar melakukan kegiatan berfoto atau merekam video. Di zaman ini berfoto menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu tempat. Wisatawan dapat berfoto di area pantai, hutan mangrove, dan di bawah laut.

Panorama indah dan apik dari Pulau Pahawang akan sangat menarik untuk dijadikan sebagai background untuk berfoto atau membuat video. Wisatawan dapat mengambil fotonya sendiri, bersama teman, bersama pasangan maupun bersama keluarga di objek wisata ini. Hasil foto atau video dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di laman media sosial.

3. Bersantai dan Berjemur di Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih yang panjang serta suasana alami dan memesona sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai oleh wisatawan yang datang. Desiran ombak yang bergulung memberikan ketenangan membuat rileks wisatawan. Kegiatan lain yang dapat wisatawan lakukan dibibir pantai adalah berjemur.

Sembari memulihkan diri wisatawan juga dapat menikmati panorama eksotis dari pertemuan matahari dan laut yang biru ketika matahari terbit dan terbenam. Momen ketika langit berubah warna menjadi jingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengabadikannya dengan berfoto.

4. Indahnesia Homestay

Letaknya sangat dekat dengan pantai menjadi nilai lebih bagi homestay ini. Homestay ini menyediakan fasilitas mulai dari kamar tidur hingga kamar mandi. Fasilitas pendukung lainnya yang dapat wisatawan nikmati adalah terdapat layanan kamar.

Selain itu, wisatawan dapat menemukan instalasi buatan penduduk berupa candi mini, tulisan hingga gapura di spot snorkeling. Terdapat spot snorkeling yang dapat dikunjungi oleh wisatawan diantaranya Tanjung Putus, Gosong Pancong, Gosong Bekri, dan Cukuh Bedil. Di objek wisata ini wisatawan dapat melakukan kegiatan free diving.

5. Berkunjung ke Taman Nemo

Di area objek wisata Pulau Pahawang terdapat Taman Nemo. Wisatawan dapat berkunjung dan melihat ikan nemo atau ikan badut. Wisatawan juga dapat bermain dan mengambil foto dengan ikan nemo akan menjadi pengalaman yang berkesan.

6. Lari Santai di Area Pantai

Salah satu aktivitas asik yang dapat wisatawan lakukan adalah berlari santai di area pantai. Berlari santai baik untuk melatih otot kaki. Waktu yang baik untuk berlari ketika pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Pahawang

Penginapan di Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Nila Kuniil)

1. La Nadiya Villa

La Nadiya Villa merupakan tempat penginapan yang berjarak kurang lebih 1,61 km dari Pulau Pahawang. Villa ini memiliki berbagai macam fasilitas diantaranya pantai privat, area piknik, area parkir, pendingin ruangan (AC), Wi-Fi, dan masih banyak lainnya.

2. Villa Andreas Resort

Salah satu penginapan yang letaknya dekat dengan pulau cantik ini dengan jarak 1,43 km. Di penginapan ini tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi berupa snorkeling. Penginapan ini cukup nyaman untuk di huni.

3. Homestay Pak Selamat

Salah satu homestay yang relatif murah berada di Pulau Pahawang. Homestay ini menyediakan fasilitas diantaranya kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Penginapan ini bisa jadi pilihan yang menarik.

4. Indahnesia Homestay

Letaknya sangat dekat dengan pantai menjadi nilai lebih bagi homestay ini. Homestay ini menyediakan fasilitas mulai dari kamar tidur hingga kamar mandi. Fasilitas pendukung lainnya yang dapat wisatawan nikmati adalah terdapat layanan kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pahawang Lampung

Fasilitas di Pulau Pahawang
Image Credit: Facebook.com @pulaupahawangcom

Umumnya semua fasilitas dapat ditemukan di objek wisata Pahawang Besar. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar area wisata Pulau Pahawang diantaranya fasilitas penginapan, snorkeling, dan akomodasi.

Tersebar di tiga dusun mulai dari Jelarangan, Pangetahan, dan Cukuh Nyai terdapat penginapan. Terdapat 15 homestay dan 10 cottage. Fasilitas-fasilitas yang tersedia bertujuan agar wisatawan dapat lebih nyaman dan menikmati berwisata di lokasi ini.

Perlu diketahui bahwa pulau ini belum mendapatkan suplai listrik sehingga biasanya penduduk setempat menggunakan genset.

Itulah beberapa info menarik mengenai daya tarik, fasilitas, alamat, dan rute perjalanan menuju objek wisata Pulau Pahawang. Jika, sedang berada di Lampung Timur tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang eksotis ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending