Pulau Tangkil Pesawaran, Pesona Pulau Mungil Eksostis Nan Cantik

Pulau Tangkil Pesawaran, Pesona Pulau Mungil Eksostis Nan Cantik
Biaya Wisata: Mulai Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pulau Tangkil berada di Lampung tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Berbicara tentang Pesawaran tentu sedikit asing terdengar ditelinga para pelancong. Pasalnya, Pesawaran sendiri merupakan kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari Lampung Selatan. Walaupun begitu, beragam destinasi wisata alam yang disajikannya akan memikat mata siapapun yang memandang.

Pulau mungil ini memiliki pesona panorama yang begitu memesona dengan pasir putihnya yang menjadi alas pulau ini. Selain pasir putihnya, pulau ini juga memiliki hamparan laut lepas berwarna cantik dengan perpaduan hijau tosca dan biru. Sehingga bukan suatu hal yang mengherankan lagi kalau Pulau Tangkil selalu ramai disambangi oleh wisatawan terlebih pada saat musim liburan.

Dengan menyaksikan hamparan pasir putihnya saja, kita sudah bisa merasakan liburan yang berkualitas. Terlebih jika merasakan kelembutan dari pasir putihnya dengan cara berjalan menyusuri tepian pulaunya, sangat memanjakan. Dengan luas yang hanya mencapai 12 hektar saja, pulau ini tidak pernah absen dalam menyajikan pemandangan alam yang memikat wisatawan untuk datang. Tertarik untuk datang?

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tangkil

Daya Tarik Pulau Tangkil
Image Credit: Google Maps (Pefi Firman)

Pulau Tangkil merupakan sebuah pulau cantik berukuran kecil yang terletak di Provinsi Lampung. Walaupun ukuran pulau ini tergolong kecil, keindahan alam yang ditawarkannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan beragam daya tarik yang dimilikinya bukan mengherankan lagi kalau pulau ini selalu dipuji akan keindahannya. Hingga pantas saja kalau pulau kecil ini selalu dilirik oleh wisatawan.

1. Keindahan Panorama yang Disuguhkan

Pulau ini memiliki panorama indah yang disuguhkan khusus untuk para pengunjungnya. Beragam perpaduan menarik yang dimiliki menjadikan pulau ini diminati oleh wisatawan. Seperti halnya hamparan pasir putih lembutnya yang menghiasi alas dari pulau ini. Keberadaan pepohonan rindang disini juga menghasilkan udara sejuk dan asri terlebih ditambah dengan lokasinya yang bersih dari sampah.

2. Ombaknya yang Tenang

Daya tarik selanjutnya ialah ombak dari Pulau Tangkil ini tergolong tenang. Ombaknya yang tenang menjadi sebuah kabar baik untuk wisatawan yang ingin menikmati kesegaran ombaknya. Selain ombaknya yang tenang, warna dari perairan pulau ini pun patut diacungi jempol. Dengan gradasi warna hijau tosca dan biru lautnya yang berteman baik dengan birunya cakrawala terlihat sangat nyaman untuk dipandang.

3. Dilengkapi dengan Wahana Permainan

Selain memiliki keindahan panorama serta ombaknya yang tenang, pulau ini pun unggul dalam menciptakan kebahagiaan para pengunjungnya. Ditandai dengan tersedianya beragam wahana permainan disini menjadikannya sebagai obyek wisata yang seru. Wahana permainan disini termasuk dalam wahana permainan yang memacu adrenalin, jadi sangat cocok untuk Anda yang bernyali besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau

Alamat Pulau Tangkil
Image Credit: Google Maps (Alepunya)

Pulau Tangkil merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa pulau berukuran kecil yang terletak di Provinsi Lampung tepatnya Kabupaten Pesawaran. Pulau ini berjarak kurang lebih 15 km jika dihitung dari pusat Kota Bandar Lampung dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi tujuan. Walaupun lama, wisatawan dijamin tidak akan menyesal setelah melihat keindahannya.

Wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke pulau kecil ini bisa mengarahkan kendaraan menuju arah Lempasing. Setelah sampai di Lempasing, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Laksamana RE Martadinata melewati Pantai Duta Wisata. Setelahnya teruskan perjalanan menuju TPI Lempasing untuk ke Pantai Queen Artha. Namun, jangan mengira perjalanan usai setelah sampai di pantai ini.

Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan masuk ke kawasan Pantai Mutun lalu kemudian memarkirkan kendaraan pribadi disini. Setelahnya, wisatawan dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan kapal yang akan mengantarkan wisatawan menuju destinasi tujuan yaitu Pulau Tangkil. Banyak kapal sewaan yang tersedia di Pantai Mutun ini yang menawarkan wisata menuju pulau.

Perjalanan laut menggunakan kapal ini tidaklah memakan waktu yang lama layaknya waktu tempuh perjalanan darat. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk menyeberang dari Pantai Mutun menuju Kawasan pulau. Luasnya pemandangan hamparan laut lepas akan menemani perjalanan laut wisatawan, jadi wisatawan tidak akan merasa bosan ketika di perjalanan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya ke Pulau Tangkil
Image Credit: Google Maps (Tichamooi)

Pulau Tangkil Pesawaran terletak di Provinsi Bandar Lampung tepatnya Kabupaten Pesawaran. Walaupun jauh dan jalur yang ditempuh juga tidak biasa, keindahan yang pulau ini suguhkan seakan dapat membayar lelah dan waktu untuk menuju lokasi. Wisatawan tidak akan mendapatkan pengalaman liburan yang terbilang biasa-biasa saja ketika memilih menghabiskan waktu liburan ke pulau ini.

Tempatnya yang indah dengan perpaduan daya tarik yang memikat mampu membuat siapa saja tertarik untuk menyambanginya. Dengan mempersiapkan dana sebesar Rp 10.000 per orangnya, wisatawan akan dibawa oleh kapal sewa dari Pantai Mutun menuju Pulau Tangkil. Harga ini terbilang hemat dan murah apalagi faktanya sudah termasuk dengan sewa perahu untuk pulang.

Dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 10.000, wisatawan akan dibawa dari Pantai Mutun menuju lokasi pulau yang memiliki pemandangan indah khasnya. Waktu tempuh kapal pun terbilang cukup singkat yaitu berkisar antara 10 sampai dengan 15 menit perjalanan. Dengan waktu tempuh yang sesingkat itu dan dana yang terbilang bersahabat, apakah anda sudah tertarik untuk datang kesini?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Tangkil

Kegiatan di Pulau Tangkil
Image Credit: Instagram.com @ciao_kres

1. Bersantai Dibawah Pondok-pondok Istirahat

Bagi wisatawan yang mendambakan plesiran santai dibawah pondok-pondok istirahat dan dinaungi oleh pepohonan rindang maka Pulau Tangkil menjadi tujuan yang sangat tepat. Wisatawan bisa memilih beragam jenis ukuran pondok istirahat yang akan digunakan dan rasakanlah bersantai di tengah hamparan pasir putih lengkap dengan pepohonan rindang serta pemandangan indah dari laut lepasnya.

2. Berenang Bersama Ombaknya yang Tenang

Ombak yang berada di tepian pulau ini tergolong tenang sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai area berenang, bahkan wisatawan pun bisa mengajak buah hatinya untuk ikut berenang disini namun tetap berhati-hati. Berenang bersama ombaknya yang tenang di tepian pulau dengan pasir putih dapat dengan mudah wisatawan temukan ketika berlibur disini. Apalagi ditambah dengan ban renang.

3. Merasakan Keseruan Wahana Permainan

Wahana permainan yang berada di pulau ini bukanlah sekedar wahana yang biasa-biasa saja, akan tetapi luar biasa. Beragam wahana memacu adrenalin seperti halnya perahu donat, kano, perahu karet hingga banana boat.

Wisatawan bisa merasakan menerjang hempasan ombak diatas banana boat. Dengan banana boat yang melaju cepat dan saat berbelok, wisatawan akan merasakan keseruannya.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Pulau Tangkil
Image Credit: Hotelcontact.net

1. D’nite Cottage & Resort

Penginapan ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat bermalam para wisatawan Pulau Tangkil Pesawaran karena lokasinya yang cukup berdekatan. Penginapan ini terkenal akan kebersihannya jadi merupakan sebuah kabar baik bagi wisatawan pecinta kebersihan. Fasilitas yang lengkap dengan perabotan berkelas menjadi pendukung mengapa penginapan ini cukup populer di kalangan wisatawan.

2. Villa Singa Laut

Penginapan selanjutnya ialah Villa Singa Laut. Villa ini memiliki bangunan yang cukup luas sehingga sangat cocok jika dihuni oleh keluarga.

Lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Tangkil menjadikan wisatawan bebas untuk berenang langsung di lautnya. Penginapan ini berada di pinggir pantai dan menyajikan pemandangan pantai yang begitu eksotis, jadi pantas saja kalau Villa Singa Laut favorit.

3. Cottage Syariah Villa Gardenia

Penginapan ini terlihat sangat cantik dengan dekorasinya yang sebagian besar terbuat dari kayu. Penambahan gardenia di ujung penginapan ini memang memperindah tampilan luarnya yang terlihat sangat asri.

Bagian dalam dari penginapan ini juga tidak ketinggalan dengan tema khas cottage yang minimalis. Pelayanannya memuaskan menjadikan Cottage Syariah Villa Gardenia dilirik pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tangkil Lampung

Fasilitas di Pulau Tangkil
Image Credit: Google Maps (Joko Purwanto)

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Pulau Tangkil sudah tergolong lengkap dan memadai untuk sebuah pulau berukuran kecil. Mengingat beragam daya tarik yang dimiliki juga berdampak pada fasilitasnya yang semakin memadai seiring berjalannya waktu. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat Provinsi Bandar Lampung, fasilitas yang disajikan tidaklah ketinggalan. Menarik!

Keberadaan tempat bilas dan mandi yang tersedia di Pulau Tengkil bisa wisatawan manfaatkan untuk mengganti pakaian ataupun mandi selepas berenang di tepian pulau. Mushola yang tersedia disini bisa dimanfaatkan juga oleh wisatawan yang hendak menunaikan kewajibannya. Jadi, wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai fasilitas umum ketika berlibur di pulau ini.

Keberadaan beragam wahana permainan yang memacu adrenalin layaknya banana boat tersedia disini dan bisa wisatawan manfaatkan untuk menambah seru pengalaman liburan. Wisatawan yang lelah selepas berlibur pun bisa beristirahat di pondok-pondok istirahat ataupun menyantap makanan di warung makan yang telah tersedia disini. Walaupun harganya cukup mahal, wisatawan tidak akan merasa rugi.

Demikianlah beberapa hal terkait seputar Pulau Tangkil yang menawan di Pesawaran. Pesona keindahan yang disuguhkan disertai dengan beragam daya tariknya menjadikan pulau ini selalu dilirik wisatawan pecinta wisata. Selain itu, keberadaan fasilitas layaknya fasilitas umum hingga wahana permainan yang memacu adrenalin dapat wisatawan temukan disini. Lantas, apakah Anda sudah berencana untuk menghabiskan liburan disini?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending