Pulau Kaget, Menyusuri Rumah & Kehidupan Bekantan di Barito Kuala

Pulau Kaget, Menyusuri Rumah & Kehidupan Bekantan di Barito Kuala
Biaya Wisata: Mulai Rp 25.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tabunganen Muara, Kec. Tabunganen, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pulau Kaget dikenal sebagai tempat perlindungan fauna dan flora yang menjadi obyek berlibur. Wisatawan yang datang tertarik untuk melihat langsung beragam habitat yang dilindungi disana. Apalagi tempat masih jauh dari suasana kota karena Pulau cukup terpencil. Para tamu perlu menyewa perahu untuk menyebrangi area sungai ke Pulau.

Destinasi indah itu memang masih minim diketahui oleh sejumlah orang. Namun, kecantikan Pulau membuat wisata berbeda dari tempat lain. Anda yang datang dapat mengajak orang terdekat untuk mengambil foto atau sekedar menikmati pesona alam. Bahkan sebagian orang ada pula yang menyusuri sungai dengan naik perahu untuk menikmati air bersih.

Wisata yang masih dijaga ketat oleh pengelola membuat area terlihat asri. Tetapi belum banyak bangunan disana karena masih berupa pohon sebagai tempat tinggal hewan. Pelancong sering melepas penat sambil melihat semua kecantikan spot. Maka dari itu jangan ragu untuk datang ke Pulau Kaget supaya memperoleh obyek liburan yang nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kaget

Daya Tarik Pulau Kaget
Image Credit: Instagram razma

1. Flora dan Fauna

Pulau Kaget menjadi tempat tinggal beberapa hewan dan tanaman yang dilindungi secara khusus oleh pengelola. Mulai dari hewan bekantan, elang bondol, lutung, dan masih banyak lagi habitat yang bisa Anda temukan. Bahkan beragam hewan itu selalu dipakai sebagai latar mengambil foto yang estetik. Hewan tersebut tidak ganas jika hanya dilihat saja oleh tamu.

Sedangkan pada kawasan lain terdapat tumbuhan jeruju, bakau, bakung, dan rambau yang masih jarang dijumpai. Beragam tanaman membuat suasana Pulau semakin sejuk dan asri. Apalagi flora itu diberi perawatan khusus agar tidak punah. Hal itulah yang menjadi daya tarik Pulau dan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan.

2. Sungai

Wisata yang tidak jauh dari sungai Barito membuat siapapun ingin berkeliling. Air sungai yang mengalir masih cukup bersih dan jauh dari berbagai sampah. Area pinggir sungai pun dilengkapi tanaman liar bercorak hijau yang sangat rimbun. Suasana seperti ini membuat wisatawan tertarik menyewa perahu mengelilingi sungai.

Jika Anda tidak mahir berenang sebaiknya memakai pelampung selama menyusuri sungai. Hal tersebut juga berguna untuk menjaga keamanan selama berkunjung. Rekam jejak Anda selama berada di sungai agar memiliki kenangan tersendiri. Tak hanya itu, pastikan pula tidak mengotori sungai yang dekat dengan Pulau tersebut.

3. Pesona Alam

Beragam penawaran pesona alam yang menyebar di sudut Pulau Kaget memberikan daya tarik yang memikat mata. Pulau indah ini memang masih alami dan tidak pernah tercemar oleh polusi apapun. Tumbuhan yang tersebar di setiap lahan menjadi pemandangan utama yang wajib dilihat dari dekat. Selain itu Anda juga perlu mengabadikan momen di sekitar.

Hewan langka pun tampak banyak di dalam Pulau. Pelancong yang berkeliling untuk mendapatkan semua pesona alam tentu akan merasa senang. Bagi siapapun yang sering berpetualang maka wajib menyusuri setiap spot yang menyuguhkan beragam panorama.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Image Credit: Google Maps Asfi Fri

Pulau Kaget berada di dekat sungai Barito, Tabunganen, Kalimantan Selatan. Pengunjung yang ingin melihat keunikan Pulau perlu menyebrangi sungai Barito. Jarak yang perlu ditempuh dari arah sungai membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Anda dapat menyewa perahu milik petugas dan bisa melihat bekantan yang menemani perjalanan menuju Pulau.

Jika para tamu berasal dari luar daerah bisa datang dari Tumpunganmuaradujung menuju Jalan Soekarno Hatta. Arahkan sampai Jalan Pahlawan dengan memakai kendaraan pribadi. Disana tidak banyak angkutan umum, hanya ada ojek saja. Kemudian lurus ke Jalan Kartini dan traveller akan bertemu sungai Barito yang menjadi tempat penyebrangan ke wisata.

Selama melakukan perjalanan ke Pulau indah ini Anda bisa melihat sungai sekaligus pohon rimbun. Apalagi panorama masih natural karena destinasi itu masih dipakai sebagai cagar alam. Meskipun Anda berasal dari luar daerah, tetap bisa melihat google maps atau papan petunjuk. Selanjutnya pelancong dapat menyewa perahu secara langsung dari arah sungai.

Biaya Wisata ke Pulau Kaget

Image Credit: Facebook Untung Santoso

Pulau Kaget tidak mahal karena selama melakukan perjalanan ke wisata hanya perlu membayar biaya sewa perahu. Tarif yang dipatok oleh petugas Rp 50.000 sampai Rp 150.000 yang dapat meringankan pengunjung. Anda dapat booking perahu dahulu atau langsung datang. Pastikan sudah menyewa perahu penyebrangan sesuai kebutuhan Anda.

Ketika sampai di kawasan destinasi hits ini traveller dibrandol harga masuk Rp 25.000. Petugas akan memberi karcis kepada pelancong sebelum menikmati keindahan Pulau. Harga tiket masuk ini sudah ditetapkan untuk hari biasa sampai akhir pekan. Berkeliling di lahan yang luas tersebut tentu sebanding dengan penawaran tiket masuk yang sudah ada.

Pengunjung yang ingin melihat hewan bekantan dan beragam flora tidak perlu khawatir karena tidak perlu mengeluarkan budget lain. Disana sudah tidak ada harga tambahan meskipun Anda bersantai sampai sore. Tetapi Pulau hits itu belum ada warung yang berjejer. Berkunjung kesana memang perlu menyiapkan perlengkapan terlebih dahulu.

Aktivitas Seru di Pulau Kaget

Aktivitas Pulau Kaget
Image Credit: Facebook Untung Santoso

1. Melihat Bekantan

Pulau Kaget dikenal sebagai tempat perlindungan habitat hewan bekantan. Jika ingin melihat hewan itu para tamu perlu menjelajah ke Pulau. Bekantan biasanya muncul saat pagi hari dan bersembunyi di balik pohon ketika sudah siang . Sehingga Anda harus datang lebih awal untuk melihat langsung hewan bekantan yang menjadi ciri khas dari Pulau ini.

2. Menyewa Perahu

Kawasan Pulau yang cukup dekat dengan Barito membuat pengunjung ingin menyusuri sungai. Anda harus menyewa perahu milik petugas jika ingin berkeliling di area sungai. Air yang jernih dan dikelilingi tanaman rimbun membuat wisatawan betah. Bahkan traveller bisa mengambil foto dari sungai tersebut sambil naik perahu yang membuat liburan seru.

3. Berkeliling

Pulau Kaget nan menawan ini memang mempunyai lahan sangat luas yang masih berupa kecantikan alam. Setiap spot masih ditumbuhi tanaman segar dengan berbagai jenis serta beberapa macam hewan. Para tamu biasanya tertarik untuk berkeliling melihat flora dan fauna itu. Namun, pastikan bawa air minum lebih banyak jika ingin menyusuri spot di sekitar Pulau.

4. Piknik

Tempat yang asri karena dikelilingi tumbuhan dan hewan langka menarik untuk dijadikan sebagai spot piknik. Kios kuliner yang masih jarang membuat pengunjung memilih membawa makanan sendiri. Bahkan setiap orang yang piknik selalu membawa tikar untuk tempat duduk. Melakukan kegiatan ini di alam terbuka memang menjadi pilihan yang tepat.

Image Credit: Facebook Hay  https://www.facebook.com/HR.loyalty
Image Credit: Facebook Hay

5. Hunting Foto

Mencari background berfoto tidak sulit di sepanjang Pulau indah tersebut. Pesona alam mampu memberikan hasil yang unik ketika Anda pose untuk berfoto. Bahkan setiap tempat menawarkan tumbuhan hijau dan hewan yang masih langka. Pelancong bisa hunting dengan panorama ini sekaligus memotret keindahan tempat yang menarik dijadikan koleksi gambar.

6. Melihat Flora

Pulau Kaget menjaga sebagian flora yang sudah mulai punah. Wisatawan dapat menemukan bakung, jeruju, rambai, hingga nipah yang ada di sekitar Pulau. Tetapi Anda tidak boleh merusak tanaman ini agar tetap lestari dan dapat dinikmati semua orang. Bawa kamera untuk memotret tanaman langka karena jarang dijumpai jika tidak datang ke wisata Kaget.

7. Bersantai

Sejumlah tempat duduk yang tidak terlalu banyak di kawasan destinasi cocok dipakai bersantai. Apalagi tempat terbuka seperti ini masih memiliki udara yang segar. Selama menikmati waktu bersantai Anda dapat merasakan kesejukan area dan melihat pesona alam. Jadi menikmati kegiatan bersantai disana memang wajib dicoba oleh semua tamu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Kaget
Image Credit: Google Maps Yudie P.b

Pulau Kaget memang dikenal sebagai cagar alam yang tidak banyak menyediakan fasilitas penunjang. Bahkan di setiap sudut masih jarang ada fasilitas karena tempat yang dikelilingi pohon dan hewan. Para tamu yang ingin melepas penat dapat singgah di tempat duduk. Namun belum ada gazebo yang memiliki atap karena tempat duduk masih cukup sederhana.

Toilet sebagai tempat membasuh diri masih jarang ditemukan karena lahan jarang dikunjungi orang. Penyewaan perahu untuk menyebrang sungai terlihat tidak banyak di area Barito. Bahkan perahu masih tradisional dengan fasilitas yang masih minim. Spot parkir kendaraan tersedia di dekat sungai Barito sehingga traveller bisa menitipkan disana.

Warung yang menawarkan kuliner pun belum terlihat di sekitar Pulau. Bahkan tempat ibadah tidak ada di sepanjang wisata karena masih jarang bangunan. Spot berburu foto mudah ditemui untuk mengambil kecantikan tempat. Selain itu bagi Anda yang suka petualang wajib membawa alat lengkap dari rumah karena disana belum ada tempat sewa.

Demikian informasi mengenai Pulau Kaget sebagai pilihan berlibur akhir pekan. Pelancong yang ingin melihat langsung flora dan fauna langka bisa mampir kesana. Tempat yang terpencil dan jauh dari rumah warga ini sering dikunjungi kalangan muda yang suka petualang. Tetapi pastikan Anda perlu mengajak sejumlah kerabat dekat untuk liburan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending