Pantai Laguna Barru, Pantai Indah dengan Panorama Sunset yang Memukau

Pantai Laguna Barru, Pantai Indah dengan Panorama Sunset yang Memukau
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pao-Pao, Kec. Tanete Rilau, Kab. Barru, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Laguna menjadi destinasi wisata bahari yang cukup populer di Barru, Sulawesi Selatan. Dengan hamparan pasir putih yang landai dan banyaknya pepohonan yang membuat udara di sekitar menjadi teduh dan segar, membuat pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Lokasinya juga stategis sehingga memudahkan akses pengunjung.

Pantai ini memiliki ikon khas berupa tulisan Pantai Laguna berwarna merah muda dan menjadi spot foto favorit. Selain itu, di sepanjang pesisir juga masih banyak spot-spot foto lainnya. Beberapa spot merupakan buatan, namun sebagian besar masih alami dengan pemandangannya yang indah, terutama saat sunset. Selain itu, laut juga bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Nama Laguna sebenarnya diambil dari nama kepala Dusun Pucu’e tempat pantai berada yang berperan penting dalam pembangunan destinasi pantai ini. Pengembangan pantai didasari atas inisiatif dan anggaran dari pemerintah desa setempat. Kini wisata pantai ini menjadi tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga dan sangat ramai saat memasuki musim liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Laguna

Daya Tarik Dimiliki Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Hadi Tzu)

1. Panorama

Jika Anda berkunjung ke Pantai Laguna, Anda akan disuguhi panorama alam yang sangat indah. Sepanjang jalan dari tempat penitipan kendaraan menuju ke lokasi pantai, Anda akan menapaki tambak sejauh 30 meter. Dari tambak ini, Anda sudah akan dapat melihat keindahan pantai dan ombak yang tidak terlalu besar.

Di sekitar pantai, ada banyak sekali pepohonan kelapa yang membuat suasana menjadi teduh dan menambah keindahan panorama sepanjang garis pantai. Sedangkan laut biru yang bersih dipadu pasir putih akan memanjakan mata Anda. Angin di kawasan pantai juga lembut menyegarkan, membuat pengunjung tidak ingin segera kembali pulang.

2. Sunset

Pantai cantik ini memiliki pemandangan matahari tenggelam yang sangat memukau. Matahari terbenam memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung datang saat sore hari hanya untuk menunggu momen matahari terbenam ini. Biasanya semakin sore, pengunjung juga akan semakin memadati pantai karena tidak ingin ketinggalan saat-saat matahari terbenam.

Dari pantai ini, matahari terlihat sangat jelas tanpa ada penghalang. Matahari tenggelam di antara lautan lepas. Berpadu dengan warna langit yang merah kekuningan saat cuaca sedang cerah. Dengan pemandangan yang khas pesisir, lokasi pantai ini memang menjadi tempat yang strategis untuk melihat keindahan matahari saat terbenam.

Daya Tarik Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Syahrum Mubarak)

3. Spot Foto

Pantai Laguna juga menjadi destinasi favorit bagi para pecinta fotografi. Banyak sekali spot-spot cantik yang ada di sepanjang garis pantai. Spot-spot foto menjadi daya tarik tersendiri, baik yang alami maupun buatan. Anak-anak muda menggunakan spot-spot cantik dan menarik ini untuk kemudian diunggah di sosial media.

Memang, pesona keindahan yang tersaji di pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya para muda-mudi yang berburu foto, para pengunjung yang lain juga tidak pernah ketinggalan untuk mengabadikan momen di destinasi wisata ini. Apalagi pantai ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk liburan keluarga, sehingga momen berkumpul bersama harus diabadikan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Laguna

Alamat Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Ronna Ayu Komariah Putri)

Pantai Laguna berada di Desa Pao-pao, kurang lebih hanya 12 kilometer dari pusat Kota Barru. Sedangkan jika Anda berada di Makassar, jaraknya kira-kira 88 kilometer atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Pantai ini tidak terlalu jauh dengan perbatasan Pangkep – Barru. Akses jalannya mudah dan tidak sulit untuk ditemukan. Anda juga dapat menggunakan kendaraan mobil atau motor.

Jika dari luar Kota Barru, Anda dapat mengambil perempatan Pekkae dengan jalur arah Bulu Sopeng sebagai patokan. Sedangkan jika Anda dari Kota Barru, Anda dapat mengambil arah kanan menuju Polejiwa. Kemudian dari perempatan Polejiwa dan Mattoanging, Anda dapat mengambil arah kiri. Sekitar 3 kilometer saja, Anda sudah akan sampai di area parkir pantai ini.

Anda dapat mengetahui tempatnya dengan mudah karena pengelola setempat sudah memasang spanduk selamat datang saat memasuki kawasan pantai. Sesampai di tempat parkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 meter dan melewati tambak-tambak sebelum sampai di pantai tujuan.

Pantai Laguna merupakan destinasi wisata baru yang sangat murah meriah. Buka setiap hari selama 24 jam, biaya tiket masuk kawasan ini hanya Rp 10.000 saja per orang. Tiket ini belum termasuk dengan parkir kendaraan. Harga untuk parkir kendaraan sendiri tergantung dengan jenis kendaraan dari pengunjung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Laguna

Aktivitas di Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Bung Aidil)

Pantai Laguna memiliki fasilitas dan sarana yang memadai sehingga pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan menarik. Jika Anda mengunjungi pantai ini, sudah pasti Anda tidak akan bosan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan dan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

1. Bermain Air

Garis pantai yang panjang, dengan pasir putih yang halus serta ombak yang tenang adalah tempat yang sangat nyaman untuk bermain air. Anda dapat berjalan menyusuri pantai dan membiarkan kaki Anda terkena air laut yang menyejukkan. Karena ombak yang bersahabat dan cukup aman, pengunjung yang datang juga kerap bermain air di sekitar pantai dengan leluasa.

Selain bermain air, pengunjung baik dewasa maupun anak-anak juga dapat berenang di sekitar pantai. Perairan di sekitar pantai cukup dangkal sehingga aman untuk berenang. Air laut juga bersih dan segar, sehingga berenang dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan di pantai ini.

2. Menikmati Sunset

Pantai ini memang menjadi tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunset. Pemandangan matahari terbenam yang terlihat jelas membuat banyak pengunjung menantikan momen ini. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung memang menikmati sunset yang indah. Apalagi jika datang bersama orang-orang terkasih.

3. Berfoto

Memiliki banyak spot foto yang indah, baik yang alami maupun buatan, berfoto merupakan kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung. Anda juga dapat melakukan kegiatan ini di sudut-sudut kawasan pantai. Berlatarkan keindahan pantai dengan panoramanya yang memukau, tentu mengabadikan momen cantik ini sayang untuk dilewatkan.

Aktivitas Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Sephia Phia)

4. Banana Boat dan Sewa Perahu

Sarana yang sudah tersedia di kawasan pantai ini salah satunya adalah banana boat. Bagi Anda yang ingin kegiatan yang memacu adrenalin, maka dapat mencoba kegiatan yang sangat seru ini. Dengan kapasitas 5 orang, wahana ini memang patut dicoba. Melawan arus laut dengan ditarik perahu motor tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Selain banana boat, Anda juga memiliki kesempatan untuk berkeliling perairan di kawasan pantai dengan menyewa perahu. Dengan berkeliling perahu, Anda berkesempatan untuk melihat Pulau Angin Putih. Dengan menggunakan speedboat milik warga setempat, pengunjung dapat menjangkau Pulau Angin Putih ini kurang lebih selama 10 menit perjalanan.

5. Berkemah

Kegiatan lain yang pasti sangat seru adalah berkemah. Pantai Laguna memiliki kawasan pasir yang landai sehingga mudah untuk mendirikan tenda. Lahannya yang memungkinkan sebagai camping ground membuat Anda dapat menikmati keindahan alam di kawasan pantai di malam hari.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Edwien)

1. Hotel Savira

Hotel ini hanya berjarak 8 kilometer dari Pantai Laguna, hotel ini dapat menjadi rekomendasi Anda untuk bermalam. Kamarnya luas, nyaman, dan bersih dengan AC dan wifi gratis. Terdapat juga lahan parkir yang luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Pelayanan di hotel ini juga cukup bagus.

2. Hotel Youtefa Barru

Hotel ini menyediakan kamar yang nyaman untuk Anda. Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga cukup memadai. Terdapat parkir, sarapan, dan wifi gratis untu Anda. Setiap kamar juga terpasang AC dan tersedia juga kamar mandi yang bersih. Bagi Anda yang membawa keluarga, hotel ini juga ramah untuk anak-anak.

3. Resky Penginapan

Penginapan ini berada di Kabupaten Pangkep, kurang lebih 42 kilometer atau 48 menit perjalanan. Meski sedikit jauh dari pantai, namun penginapan ini cukup nyaman. Anda dapat beristirahat di penginapan ini sebelum melanjutkan liburan ke area pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Laguna Barru

Fasilitas Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps (Amirullah Latif)

Wisata pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para pengunjung. Fasilitas berupa lahan parkir kendaraan sudah disiapkan. Banyak spot-spot foto buatan yang telah tersedia, salah satunya adalah ayunan dengan pemandangan lautan luas.

Selain itu tersedia banyak gazebo untuk pengunjung bersantai menikmati pemandangan. Sayangnya, gazebo ini disewakan seharga Rp 40.000. Bagi para pengunjung, harga sewa ini cukup mahal, namun tidak jarang juga yang menggunakan fasilitas ini untuk bersantai.

Fasilitas lain berupa sarana seperti banana boat dan penyewaan perahu juga sudah tersedia. Dengan sarana ini, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan. Penyewaan perahu juga memungkinkan pengunjung berkunjung ke destinasi lain, yaitu Pulau Angin Putih.

Pantai Laguna menjadi salah satu wisata bahari di Barru yang cocok untuk liburan keluarga. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini. Ditambah dengan pemandangan yang indah dan suasana yang asri, membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending