Pantai Melasti Bali, Pantai Pasir Putih yang Memikat Hati

Pantai Melasti Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Melasti salah satu objek wisata yang populer di Ungasan, Badung, Bali yang menyuguhkan keindahan pantai pasir putih, bukit kapur dan ragam aktivitas liburan yang menarik.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Bali adalah surganya pantai yang ada di Indonesia. Pantai cantik nan eksotik dengan segala kelebihan yang dimilikinya seolah menjadi kiblat wisata bagi negara Indonesia. Wisatawan domestik hingga mancanegara memilih Bali sebagai destinasi liburan mereka bahkan tempat untuk honeymoon. Salah satu pantai yang eksotis disana adalah Pantai Melasti Bali.

Suasana pantai yang romantis dengan dibalut dengan panorama alamnya yang indah dan spesial membuat siapapun yang datang berkunjung berdecak kagum. Bukit dan tebing yang berbatasan langsung dengan pantainya menambah kesan unik pada objek wisata tersebut. Objek wisata ini letaknya searah dengan objek wisata Uluwatu dan GWK, namun masih relatif sepi.

Pengelola objek wisata pantai tersebut sudah melakukan pembenahan terkait akses menuju ke lokasi, penataan tempat, serta fasilitas yang mendukung untuk para pengunjungnya. Meskipun namanya belum terlalu populer seperti Pantai Kuta dan lain sebagainya, namun kelebihan yang dimiliki pantai ini mampu menarik perhatian para wisatawan untuk datang berkunjung setelah ke Uluwatu dan GWK.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melasti

Daya Tarik Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Andini Maheswari)

Setiap pantai yang ada di Bali mempunyai daya tariknya tersendiri. Termasuk Pantai Melasti yang meski namanya belum populer namun kelebihan yang dimilikinya menyiratkan ketertarikan sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan mengunjungi objek wisata ini. Tak melulu berkunjung ke pantai-pantai yang populer saja, namun tak ada salahnya untuk mencoba jelajahi objek wisata ini.

1. Memiliki Nama yang Unik

Sebenarnya pantai ini belum mempunyai nama yang tetap. Namun karena pantai satu ini kerap digunakan sebagai tempat untuk prosesi upacara Melasti, sehingga orang-orang menyebut nama pantai ini dengan sebutan Melasti. Upacara Melasti tersebut diadakan setiap ada perayaan tertentu di Bali, terutama saat akan menjelang perayaan Hari Raya Nyepi.

2. Termasuk Private Beach

Dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai tersebut masih tergolong baru. Kealamian pantai masih sangat terasa karena belum banyak terjamah oleh ulah tangan manusia. Ketika wisatawan datang ke pantai tersebut pagi sekali, akan jelas terlihat bahwa pantai ini memberikan sensasi seperti layaknya pantai pribadi karena saking sepinya.

3. Hamparan Pasir Putih Bersih

Pantai Melasti Bali mempunyai kontur wilayah yang cukup landai. Hamparan pasir pantainya berwarna putih bersih dan mempesona. Suasananya begitu tenang dan sepi, sangat cocok untuk Anda yang butuh liburan di tempat yang mampu menenangkan hati dan jiwa. Pasir pantainya yang putih dan bersih didukung dengan lautan yang jernih berwarna biru toska.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Melasti

Alamat Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Ceprin Aobrononn)

Lokasi pantai berada di daerah Bali Selatan. Objek wisata ini dulunya masih dipertanyakan apakah untuk wisata watersport seperti yang ada di Tanjung Benoa atau akan dibuat objek wisata lain. Setelah dilakukan pengembangan wisata, akhirnya tempat tersebut dijadikan sebagai destinasi wisata pantai dengan keindahan pesona alamnya yang memukau dan menentramkan jiwa.

Pantai ini disebut dengan ‘Melati Ungasan’ karena lokasinya berada di daerah Ungasan, Badung. Lokasi pantai bisa ditempuh melalui Pantai Kuta dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 19 kilometer atau memakan waktu kurang lebih 25 menit. Kemudian jika diakses dari pusat Kota Denpasar, waktu yang diperlukan untuk menuju ke pantai yakni sekitar 1 jam dan jarak tempuhnya kurang lebih 19 km.

Ada beberapa rute untuk mencapai lokasi Pantai Melasti Bali jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, salah satunya adalah melalui Jalan Goa Gong. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke tujuan yakni sekitar 39 menit atau jaraknya kurang lebih 18 km. Selain itu, Anda juga bisa melalui Jalan Dharmawangsa dengan jarak sekitar 23 kilometer dan menempuh perjalanan sekitar 43 menit.

Ada rute lain yang bisa Anda tempuh dari Jimbaran dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 15 menit. Perjalanan bisa ditempuh dengan menyewa motor atau mobil maupun menggunakan transportasi umum. Akses jalanan menuju ke lokasi sudah ditata dengan baik. Hanya saja Anda akan melintasi jurang dengan kedalaman kurang lebih 100-500 meter.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti Bali

Harga Tiket Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Mendo One)

Jika Anda ingin mengajak keluarga berlibur ke pantai satu ini, Anda perlu menyiapkan budget untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang untuk dewasa, dan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak. Tiket masuk tersebut dimanfaatkan untuk biaya perawatan, pembangunan, dan untuk menjaga kebersihan area pantai. Harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu terutama saat libur nasional.

Selain tiket masuk, para wisatawan baik domestik maupun mancanegara juga diharuskan untuk membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor. Di objek wisata tersebut sudah dilakukan penataan tempat sehingga telah tersedia lahan parkir yang aman jika Anda membawa mobil atau motor pribadi maupun mobil atau motor dari jasa sewa.

Pantai Melasti dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Waktu berkunjung terbaik yakni pagi hari atau sore hari supaya terhindar dari cuaca terik sinar matahari. Jika datang pagi-pagi sekali, suasana pantai masih sangat sepi sehingga cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri dari segala kepenatan atas rutinitas dan aktivitas sehari-hari.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Melasti

Aktivitas di Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (The Color Of Life By Am)

1. Snorkeling di Pantai

Bagi Anda yang senang bermain snorkeling, pantai cantik ini sangat tepat dikunjungi karena mempunyai ombak dalam batas normal. Taman bawah airnya masih sangat terjaga kealamiannya sehingga air lautnya terlihat sangat jernih. Akan tetapi disana belum ada penyewaan alat snorkeling, Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

2. Kegiatan Menantang Paralayang

Banyak orang yang sudah berkunjung ke objek wisata ini mengatakan bahwa wisata bahari ini sangat mirip dengan Pantai Pandawa yang populer di Bali. Tersedia fasilitas berupa wahana paralayang dengan bukit tinggi yang berada di belakang pantai sebagai tempat take off sebelum wisatawan terbang menggunakan paralayang di atas pantai.

3. Surfing

Ada kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan disana, yakni bermain selancar atau surfing. Di bulan-bulan tertentu, ombak pantai cukup tinggi. Dengan gelombang ombak yang mulai meninggi, rombongan wisatawan berbondong-bondong menuju ke pantai tersebut untuk berlomba menaklukkan ombak menggunakan papan selancar.

4. Berenang

Tidak perlu khawatir jika Anda ingin berenang di Pantai Melasti Bali karena ombak pantai tidak terlalu besar sehingga cocok digunakan untuk berenang sembari melepas penat. Segarnya air laut mampu membuat kepenatan yang Anda rasakan seolah hilang begitu saja. Air lautnya cukup aman untuk digunakan berenang baik anak-anak maupun dewasa.

Aktivitas Pantai Melasti
Image Credit: Instagram.com @thelenstory

5. Hunting Foto

Setiap sudut area pantai memiliki spot yang cantik dan instagramable sehingga kerap dijadikan sebagai lokasi foto prewedding. Spot foto paling hits di area pantai tersebut adalah di bagian jalanan yang diapit dengan tebing-tebing berukuran tinggi dan menjulang. Selain itu, spot foto di batu karang dan area patung penari Bali juga menjadi spot foto favorit wisatawan.

6. Menikmati Sunset

Pecinta sunset sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke private beach ini karena kedua momen tersebut dapat disaksikan secara leluasa dari tepi pantai. Terlebih lagi dengan suasana yang tidak begitu ramai, maka momen sunset lebih terasa feel-nya. Banyak wisatawan yang menanti panorama ini sambil berendam di laguna ketika air surut.

7. Menyaksikan Upacara Melasti

Sesuai namanya, pantai cantik tersebut kerap digunakan sebagai tempat diadakannya upacara adat Bali. Upacara Melasti memiliki tujuan untuk menyucikan diri, biasanya diadakan sebelum Hari Raya Nyepi. Umat Hindu di sekitar pantai mengadakan ritual melasti di Pantai Melasti menjelang hari Raya Nyepi.

Ritual tersebut dipermudah dengan adanya jalan setapak yang letaknya menjorok ke bagian tengah laut. Para peserta ritual melewati jalan setepak tersebut lalu melakukan ritual dengan menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Air tersebut secara khusus disebut sebagai air kehidupan oleh umat Hindu yang mengikuti ritual melasti.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Melasti

Penginapan Pantai Melasti
Image Credit: Agoda.com

1. Nazeki Villa

Jarak antara penginapan ini dengan Pantai Melasti Bali adalah sekitar 1,27 kilometer. Dengan fasilitas yang lengkap seperti AC, kolam renang, restoran, dan lain sebagainya, penginapan Nazeki Villa ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan tempat beristirahat. Lokasinya dekat dengan pantai, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan motor.

2. Nazeki Hostel

Penginapan ini berkonsep hostel, berbeda dengan hotel. Jaraknya sekitar 1,27 meter dengan lokasi pantai. Berbagai fasilitas bisa Anda dapatkan ketika menginap di hostel ini, antara lain AC, restoran, tempat parkir, dan lain-lain. Konsep penginapan ini terbilang unik karena berbeda dengan hotel kebanyakan.

3. Ungasan Gita Villa

Jarak lokasi penginapan dengan pantai yakni sekitar 1,32 km. Villa ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, restoran, resepsionis 24 jam, tempat parkir, kolam renang, dan lain sebagainya. Jaraknya dekat dengan pantai sehingga dapat ditempuh menggunakan motor. Selama perjalanan menuju ke pantai, pemandangannya indah dengan angin sepoi-sepoi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Melasti Bali

Fasilitas Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Putu Widyasena)

Meskipun termasuk pantai baru di daerah Bali, namun pengelola objek wisata sudah menyediakan beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Fasilitas yang dimaksud antar lain kamar mandi, tempat ibadah, toilet, kamar bilas, hingga lahan parkir.

Tersedia juga fasilitas wahana seperti wahana paralayang yang bisa dimanfaatkan dengan hanya membayar biaya perawatan saja. Semakin berkembangnya pengelolaan pantai, maka sudah mulai ada fasilitas warung makan yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengisi kekosongan perut.

Ada pula beberapa penginapan murah yang terdapat di sekitar Pantai Melasti sebagai tempat bermalam dengan biaya penginapan yang terjangkau. Meskipun murah, namun fasilitas yang tersedia di penginapan sudah cukup lengkap.

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana yang tenang di pantai, destinasi wisata ini dapat Anda pilih sebagai opsi. Pantai yang romantis ini sangat tepat dijadikan sebagai tempat mengambil foto prewedding karena setiap sudut area pantainya begitu bagus untuk dijadikan spot foto. Jika Anda merasa kurang puas menjelajah Pantai Melasti Bali, Anda bisa mencari penginapan di sekitarnya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending