Pantai Mesra Gunung Kidul, Pantai Indah dengan Tebing Karang yang Cantik

Pantai Mesra Gunung Kidul, Pantai Indah dengan Tebing Karang yang Cantik
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Saat berwisata ke Yogyakarta, perhatian anda pasti langsung tertuju pada Candi Borobudur, Prambanan dan Malioboro. Padahal ada banyak destinasi wisata menarik selain 3 tempat itu. Gunung kidul merupakan salah satu wilayah dengan koleksi pantai terbanyak di Yogyakarta.

Salah satu pantai cantik yang dimilikinya adalah Pantai Mesra Gunung Kidul atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Ngrawe. Pantai ini sekarang menjadi destinasi terfavorit wisatawan untuk berlibur.

Banyak wisatawan yang memperbincangkan keindahan alam dan keunikan yang dimiliki pantai indah ini. Saking ramainya wisatawan yang merekomendasikan pantai ini, hingga membuat Pantai Mesra Gunung Kidul viral di sosial media beberapa waktu terakhir.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mesra

Daya Tarik Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Sidiq Firmanto

Keindahan alam yang disuguhkan destinasi wisata viral ini memang mampu mempesona mata siapapun yang melihatnya. Tidak hanya panorama alam saja, pantai hits ini juga menawarkan konsep pantai yang berbeda dengan pantai – pantai pada umumnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

1. Keindahan Panorama Pantai

Pantai Mesra Gunung Kidul telah menjadi primadona wisata pesisir pantai dari sebagian besar koleksi wisata pantai yang dimiliki Gunung Kidul. Keindahan alam yang ditawarkan pantai ini memang tidak ada duanya.

Pemandangan laut biru seluas mata memandang dengan pasir putih yang begitu halus di sepanjang bibir pantai tentu menjadi pemandangan yang mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Batu-batu karang di sekitar pantai semakin menambah nilai estetika pantai ini.

Para pengunjung akan dibuat betah dengan suguhan panorama alam yang begitu asri ini. pohon-pohon dan dedaunan pandan-pandan seolah-olah melengkapi kesempurnaan lukisan alam ini.

2. Ombak yang Tenang

Bagi anda yang gemar bermain air di pantai, maka pantai keren ini sangat cocok untuk anda. ombak yang dimiliki pantai cantik ini cukup tenang, jadi sangat aman untuk arena bermain air bersama keluarga. Deburan ombak yang tidak terlalu kencang bisa anda gunakan sebagai tempat berendam dan bersantai di pantai ini.

3. Taman di Pinggir Pantai

Lain dari pada yang lain, pantai ini mempunyai konsep tersendiri yang semakin mempercantik panorama alam yang dimilikinya. Sebagian orang saat diajak berlibur ke Pantai pasti yang dibayangkan adalah pasir putih dan ombak pantai. Saat anda berkunjung ke pantai hits ini justru pemandangan lain yang akan anda temui.

Bukan hanya pasir putih dan ombak saja yang akan anda temui, melainkan anda akan disuguhkan pemandangan taman cantik di pinggir laut. Hamparan rumput hijau yang cukup luas layaknya pemandangan taman-taman pada umumnya akan anda temui disini.

Hijaunya rumput bak karpet yang terbentang ini semakin dipercantik dengan bangku-bangku putih yang tersebar di area taman ini. Adanya beberapa gazebo yang mengelilingi taman semakin menambah kesan apik area ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

4. Tebing Karang yang Cantik

Salah satu faktor yang membuat pantai hits ini bisa viral di sosial media adalah tebing karang besar yang ada di pantai ini. tebing karang yang menjulang tinggi ini seolah memiliki goresan lukisan yang begitu indah. Goresan itu tidak lain karena sapuan ombak yang mengenai sisinya, sehingga menciptakan karya yang indah.

Keunikan yang dimiliki batu karang ini, membuatnya menjadi ikon dari Pantai Mesra. Tak heran jika para pengunjung selalu berbondong-bondong untuk mengabadikan momen dengan batu karang ini.

5. Spot Foto Instagrammable

Keindahan dan keunikan yang dimiliki pantai kece ini tentu sangat sayang jika tidak diabadikan. Pemandangan sekitar yang mempesona tentu menjadi daya tarik utama. Banyak para pengunjung yang berburu foto saat berkunjung ke pantai keren ini.

Anda akan menjumpai berbagai spot foto yang siap mempercantik hasil bidikan anda, mulai dari pemandangan pantai yang biru, batu karang yang eksotis hingga taman yang asri. Pesona alam pantai hits ini tentu akan membuat foto anda semakin estetik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Instagram dolan

Lokasi destinasi wisata laut ini cukup strategis karena memiliki jarak yang cukup dekat dengan Pantai Kukup dan Pantai Baron. Bahkan anda bisa mampir ke Pantai Kukup terlebih dahulu sebelum sampai ke Pantai Mesra.

Pantai yang sedang naik daun ini terletak di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak Pantai keren ini dengan pusat Kota Gunungkidul tidak terlalu jauh, yakni sekitar 22 km saja. Sedangkan jarak pantai dengan pusat Kota Yogyakarta sekitar 62 km.

Jalanan ke destinasi wisata keren ini terbilang cukup mudah. Anda bisa mengendarai motor atau mobil untuk berkunjung kesini.

Jika anda menggunakan mobil, maka waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 30 menit dari Pusat Kota Yogyakarta ke tempat Pantai Mesra. Sedangkan bagi pengendara roda dua membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama yakni sekitar 1 jam 28 menit untuk sampai di lokasi wisata.

Rute yang bisa anda tempuh dari pusat Kota Yogyakarta yakni, mulai dari Imogiri kemudian ke Wonosaei, setelah itu anda menuju ke Panggang. Setibanya di Panggang, anda hanya perlu mengikuti jalur Pantai Selatan menuju ke daerah Ngepung.

Untuk masuk ke kawasan pantai, anda harus melewati gerbang retribusi Pantai Baron terlebih dahulu dan membayar tiket disana. setelah itu, anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang mengantarkan anda ke tempat pantai cantik ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Image Credit: Google Maps yusfrie virgianto

Pesona keindahan yang ada di Pantai Mesra ini bisa anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja untuk masuk dan menikmati keindahan alam disini. Namun, harga tersebut belum termasuk fasilitas lain yang ada di pantai.

Anda masih harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Dengan total Rp 15.000 atau Rp 13.000 saja anda sudah bisa menikmati semua fasilitas dan eksotisme yang ditawarkan pantai kece ini, tentu sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan biaya murah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Mesra

Aktivitas di Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

1. Bermain Pasir dan Air

Hal paling seru saat wisata ke pantai adalah bermain pasir dan air laut. Membuat bangunan kerajaan dari pasir putih yang ada di laut pasti sangat seru, apalagi ditambah dengan bermain air dengan sahabat atau keluarga tentu akan menambah keseruan berlibur anda.

Meskipun Pantai Mesra nan cantik ini cukup aman untuk kegiatan di bibir pantai, anda tetap harus berhati-hati. Hal itu karena ombak besar kadang datang ketika kondisi laut sedang pasang, sehingga dapat membahayakan pengunjung.

2. Bersantai di Taman

Bagi anda yang tidak ingin bermain basah-basahan juga bisa bersantai di taman yang ada di area pantai ini. Bangku-bangku putih yang tersedia siap menemani waktu santai anda. Semilir angin pantai akan semakin membuat anda merasa nyaman dan betah bersantai di tempat ini.

Gazebo-gazebo yang mengelilingi taman sangat cocok untuk tempat bersantai dan menikmati cemilan bersama keluarga. Bercengkerama bersama keluarga sembari menikmati makanan dan minuman ringan tentu akan menambah kehangatan di dalamnya.

Bagi anda yang suka ketenangan, bisa mencoba duduk di bangku taman sembari menikmati hijaunya rumput dan birunya pantai. Bersantai di taman yang hijau dengan suguhan keindahan laut yang begitu menawan, sembari menikmati lembutnya semilir angin akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Aktivitas Seru di Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Nurhana Tri Utami

3. Berfoto Ria

Eksotisme Pantai Mesra membuat para wisatawan yang berkunjung berbondong-bondong untuk hunting foto disini. Setiap sudut dari pantai keren ini bisa anda jadikan spot foto yang kece.

Selain pemandangan pantainya yang indah, maskot pantai yang berupa tebing batu juga bisa anda jadikan spot foto. Berpose dengan ikon wisata pantai viral ini tentu akan membuat postingan anda semakin sempurna.

Tidak hanya itu saja, landscap taman di pinggir pantai ini juga sangat cocok untuk spot berfoto anda. Berfoto di taman dengan latar laut di belakangnya kian akan membuat foto anda beda dari yang lain.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai cantik yang terkenal dengan taman hijau dan batu karangnya ini juga memiliki pesona lain yang tidak kalah indah. Pemandangan sunrise dan sunset yang dimiliki Pantai Mesra tentu akan memukau siapa saja yang melihatnya.

Bagi anda para pecinta matahari terbit dan senja wajib berkunjung ke pantai viral ini untuk menikmati keindahan fenomena kegiatan matahari yang dimilikinya. Anda akan dibuat terpukau dengan keindahan pada momen terbaik ini.

Saat matahari terbit menyembul dari ujung timur, membuat air laut yang berwarna biru perlahan berubah menjadi oranye menciptakan gradasi warna yang indah. Sorot matahari yang kian terang seakan mengembalikan energi dan semangat anda untuk beraktivitas kembali.

Fenomena sunset yang dimiliki pantai kece ini tidak kalah eksotis. Matahari yang perlahan menenggelamkan dirinya menghasilkan warna oranye yang seakan merubah warna air laut, sehingga kian menambah suasana mesra di pantai cantik ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Mesra
Image Credit: Instagram I’m Joy

Pantai yang sedang booming ini memiliki pengelolaan dan perawatan yang sangat baik, sehingga fasilitas di pantai keren sangat memadai. Pantai Mesra ini memiliki lahan parkir yang cukup luas dan dekat dengan lokasi wisata, sehingga anda tidak perlu bingung lagi mencari tempat parkir terdekat.

Pantai eksotis ini juga telah dilengkapi dengan bangku-bangku taman dan gazebo-gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Disini juga terdapat kios-kios dan warung makan yang bisa anda kunjungi untuk mengisi perut setelah puas bermain di pantai.

Toilet-toilet disini memiliki jumlah yang cukup memadai, selain itu kebersihan toiletnya juga terjaga. Wisata unik ini juga menyediakan mushola bagi anda yang ingin menunaikan ibadah. Tidak hanya itu, pantai hits ini juga menyediakan penginapan untuk anda yang ingin menghabiskan waktu dan bermalam disini.

Keindahan alam yang disuguhkan Pantai Mesra di Gunung Kidul memang mampu mempesona mata siapapun yang melihatnya. Keindahan laut yang bersanding dengan hijaunya taman menjadi sebuah kolaborasi yang begitu menawan dan akan memanjakan setiap pasang mata yang memandangnya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending