Pantai Sedahan Gunung Kidul, Pantai Eksotis yang Diapit Bukit Karang

Pantai Sedahan Gunung Kidul

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Sedahan salah satu wisata pantai yang menawan di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja. Pantai pasir putih di antara bukit karang dengan beragam panorama alam yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi setiap tempat wisata yang memiliki ciri khas tersendiri di Kota Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Pantai Sedahan menjadi salah satu destinasi wisata yang namanya kian terkenal di kalangan pelancong. Pantai yang berada di daerah Gunung Kidul ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Pemandangan hamparan pasir putih yang tersebar di pantai ini terlihat begitu cantik saat terkena sinar matahari. Tak hanya itu, deburan ombak yang tidak terlalu besar menambah suasana pantai terlihat semakin eksotis. Wisatawan yang datang pun dibuat betah suasana tenang tersebut.

Jika Anda sedang berencana menghabiskan waktu liburan Anda di kota gudeg ini, maka pantai ini menjadi pilihan yang wajib ada di daftar Anda. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai pantai tersebut yang bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum mendatanginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sedahan

Daya Tarik Pantai Sedahan
Image Credit: Facebook.com @vonnyjessycha

1. Lokasi Camping Terbaik

Kondisi pantainya yang landai dan dikelilingi oleh tebing batuan kapur, membuat lokasi tersebut patut dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda. Suasana yang terbilang lebih sepi dari aktivitas pengunjung juga menjadi alasan lain pantai ini cocok untuk camping.

Bagi Anda yang menyukai camping di alam terbuka, maka pantai ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Suasana pantai akan menjadi pengalaman baru bagi Anda saat melakukan kegiatan camping ini, apalagi melakukannya bersama teman atau keluarga.

Akan ada banyak kegiatan malam yang dapat Anda lakukan saat camping di kawasan pantai ini. Salah satu yang sering dilakukan adalah menyalakan api unggun sembari bermain musik dengan gitar petik.

Namun sebelum mendirikan tenda di kawasan pantai ini, Anda diharuskan membayar biaya sewa tempat Rp 5000 untuk satu tenda. Ada juga fasilitas penyediaan sewa tenda bagi wisatawan yang tidak membawa berbagai macam peralatan untuk camping.

Daya Tarik Sedahan
Image Credit: Google Maps (Rahma)

2. Suasana Sepi Layaknya Pantai Pribadi

Lokasinya yang berada di antara dua tebing batuan kapur, membuat Pantai Sedahan ini terlihat seperti kawasan pantai pribadi. Wisatawan yang berkunjung dapat leluasa bermain pasir atau berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari.

Suara deburan ombak yang terdengar sayu-sayu dapat menenangkan jiwa dan perasaan Anda. Karena lokasi wisatanya yang masih terbilang baru dikalangan pelancong luar daerah, suasana pantai ini terlihat lebih sepi dari pantai lainnya di Gunung Kidul.

Tak jarang wisatawan yang berdatangan tertarik dengan suasana tenang yang diberikan oleh pantai dengan pasir putihnya ini. Lokasi wisata ini wajib Anda kunjungi saat mencari tempat yang jauh dari hiruk keramaian kota.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sedahan

Alamat Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Arya the Sneakerhead Pirate)

Berada di daerah Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, membuat wisata pantai satu ini membutuhkan perjuangan yang lebih untuk dapat mencapai lokasinya. Jalanan pegunungan kawasan Gunung Kidul memang terkenal akan belokannya yang tajam dan beberapa yang curam.

Namun tidak perlu khawatir, kondisi jalan yang akan Anda lewati selama di perjalanan menuju kawasan Pantai Sedahan sudah beraspal. Jadi kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dapat digunakan untuk menjangkau lokasi wisata pantainya.

Rute perjalanan dari arah pusat kota Yogyakarta akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam, jadi persiapkan dengan baik kondisi fisik kendaraan Anda sebelumnya. Setelah semua dirasa sudah siap, rute pertama yang akan Anda lewati adalah kawasan Jalan Brigen Katamso.

Setelah menemukan perempatan yang berada di ujung jalan tersebut, kendaraan Anda diarahkan untuk berbelok ke kiri menuju Jalan Kolonel Sugiono. Banyak jalanan di kota gudeg ini menggunakan nama pahlawan kemerdekaan, agar nama jalanan tersebut mudah dihafalkan oleh masyarakat.

Tak lama kemudian, Anda akan menemukan sebuah pertigaan yang mengarah ke selatan dan utara. Pilihlah jalan yang mengarah ke arah selatan untuk melanjutkan rute Anda sebelumnya, dengan memasuki kawasan jalan yang akan menuntun Anda menuju daerah Imogiri.

Sebelum memasuki daerah Imogiri yang terletak di Kabupaten Bantul, kendaraan Anda akan menyebrangi jalan raya Ring Road yang merupakan jalan antar provinsi. Setelah memasuki kawasan Imogiri Barat, kondisi jalan selanjutnya sudah mulai menanjak dan berbelok tajam.

Hingga sampai pada petunjuk arah menuju kawasan pantai tujuan Anda sebelumnya, kendaraan Anda akan melewati beberapa destinasi wisata pantai lainnya. Dan perjalanan panjang Anda berakhir di sebuah gerbang masuk yang bertuliskan pantai tersebut.

Harga tiket memasuki kawasan Pantai Sedahan sendiri dipatok dengan harga yang cukup murah, dimana per orangnya hanya dikenakan tarif Rp 5000. Biaya tersebut tentu tidak akan menguras kantong anda, sehingga biaya untuk berlibur akan lebih hemat dengan mengunjungi pantai tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sedahan

Aktivitas di Pantai Sedahan
Image Credit: Facebook.com @dwiriyantoo

1. Memancing di Atas Bukit Karang

Kegiatan menarik seperti memancing dapat Anda lakukan saat berada di kawasan wisata Pantai Sedahan. Berbagai jenis ikan berukuran besar menjadi tujuan utama Anda saat memancing di lokasi pantai yang berada di daerah Girisubo ini.

Peralatan pancing yang harus Anda siapkan haruslah khusus untuk ikan air asin, dengan ukuran yang lebih besar dari pancing ikan biasa. Untuk pakan atau umpan yang digunakan biasanya memakai ikan kecil yang masih hidup, agar dapat menarik perhatian ikan yang akan ditangkap.

Selain mendapat ikan yang berukuran lumayan besar untuk dibawa pulang dan dimasak menjadi lauk di rumah, Anda juga dapat menenangkan diri sejenak. Dengan kesabaran dalam mendapatkan ikan, pikiran Anda akan dilatih untuk fokus dan melupakan permasalahan yang lain.

2. Berenang & Bermain Air

Berkunjung ke salah satu wisata pantai tak lengkap rasanya jika tidak bermain air atau berenang merasakan kesegaran dari air lautnya. Di pantai ini wisatawan dibebaskan untuk berenang di bibir pantai atau ke bagian yang lebih jauh.

Karena ombak lautnya yang tidak terlalu besar, maka wisatawan bisa mencoba berenang ke area yang lebih jauh dari bibir pantai. Sensasi terjangan ombak yang mengenai tubuh Anda tentu akan berbeda dengan hanya berenang di bagian bibir pantainya saja.

Sebelum berniat menghabiskan waktu liburan Anda dengan berenang di kawasan pantai tersebut, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Fasilitas seperti kamar ganti atau toilet dapat Anda gunakan untuk mengganti baju Anda setelah selesai melakukan kegiatan satu ini.

Aktivitas Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Roisrul Umar)

3. Berburu Foto Keren

Dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan oleh Pantai Sedahan ini, Anda akan dimanjakan oleh pesona warna air lautnya yang biru kehijauan. Apalagi saat ombaknya mengenai pasir putih di bibir pantainya, sungguh keindahan alami yang tiada duanya.

Tak ketinggalan sebuah lensa kamera yang sudah siap menjepret gambar Anda dengan posisi sedang memandang lautan lepas. Mengambil latar belakang pemandangan laut yang cantik, hasil foto tersebut dapat dijadikan sebagai konten untuk kebutuhan sosial media Anda.

Selain suasana keindahan pantai yang menjadi latar belakang foto anda, kawasan tebing yang mengelilingi pantai tersebut juga patut Anda coba pesona keindahannya. Tebing tinggi dari batuan kapur yang tampak seperti capit kepiting ini akan menjadi latar belakang yang unik.

Keberadaannya yang menjorok hingga ke tengah laut, membuat tebing tersebut terlihat seperti mengapung diatas permukaan laut. Beberapa tumbuhan dan tanaman kecil banyak tumbuh menutupi tebing tersebut, sehingga tebing ini akan nampak hijau dari kejauhan.

4. Trekking Menuju Tebing Karang

Di pantai bisa tracking? Bisa saja jika Anda sedang berada di kawasan Pantai Sedahan. Anda bisa melewati jalan setapak pada tebing yang telah dibuat oleh warga sekitar untuk akses jalan menaiki tebing tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama perjalanan Anda melewati jalanan setapak ini, setelah beberapa menit saja puncak tebing akan terlihat di depan mata. Setelah mencapai puncaknya, Anda dapat melihat pemandangan pantai dibawahnya dengan sudut pandang yang berbeda.

Udara yang dihirup pun akan terasa berbeda saat berada di puncak tebing ini. Sangat disarankan jika lebih baik Anda menggunakan jaket atau baju tebal, karena hawa dingin akan menemani Anda selama berada di puncak tebing tersebut.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Wediombo.com

1. Penginapan dan Rumah Makan ROOSYTA

Area penginapan dengan pemandangan lautan yang ditawarkan ini dapat Anda jangkau sekitar 2,6 km saja dari Pantai Sedahan. Jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, perjalanan menuju penginapan ini akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Harga sewa tiap kamarnya pun dibandrol dengan harga murah, sehingga penginapan ROOSYTA ini menjadi pilihan beberapa wisatawan. Fasilitas yang diberikan pun tidak kalah dengan penginapan berkelas lainnya, dimana setiap kamarnya sudah terpasang ac yang berkualitas.

2. Widya Loka Guest House

Penginapan satu ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang berlibur dengan keluarga dan sedang mencari tempat untuk bermalam. Kamarnya yang rata-rata memiliki ukuran luas, sangat baik bagi gerak aktif anak-anak saat berada di dalam kamar.

Pilihan kamarnya pun ada dua area, yakni lantai pertama dan lantai atas. Jika Anda memilih lantai atas sebagai tempat untuk menginap, maka keindahan pesona pantai akan terlihat dari arah luar jendela kamar. Saat pagi hari pun sinar matahari akan menembus masuk ke dalam kamar Anda.

3. Keedrombo Cottage

Menempati urutan yang terakhir, terdapat penginapan sekaligus warung makan Keedrombo Cottage yang berjarak 3,3 km dari lokasi pantai yang dikelilingi oleh tebing tersebut. Penginapan sederhana ini menawarkan harga yang murah untuk biaya sewa kamar per malamnya.

Keadaan tempatnya yang rapi, menjadi nilai lebih dari penginapan tersebut. Selain dapat bermalam di kamar yang memiliki fasilitas kamar mandi di dalamnya ini, Anda juga dapat memesan beberapa menu makanan khas Gunung Kidul.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Ircham Manthof)

Seperti wisata pantai pada umumnya, objek wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas untuk para wisatawannya. Mulai dari parkiran, toilet, kamar ganti, hingga mushola untuk beribadah umat muslim sudah tersedia dengan kondisi bangunannya yang bagus.

Selain itu, akan Anda temukan warung makan yang menyajikan banyak menu khususnya menu khas Gunung Kidul. Anda bisa menikmat sajian tersebut sambil memandangi keindahan pantai selatan Yogyakarta ini.

Itulah informasi mengenai Pantai Sedahan yang berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan alam dengan pasir putihnya yang memanjakan mata, menjadi hal menarik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di kawasan kota pelajar tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending