Pantai Rancabuaya Garut – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Rancabuaya Garut – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Rancabuaya, salah satu pantai terindah di Garut dengan daya tarik alamnya yang mempesona dan gugusan karang terjalnya.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu tujuan wisata pantai di daerah kabupaten Garut. Pantai yang berada di Desa Purbayani ini berjarak kurang lebih 135 km dari pusat kota Garut. Jika dilihat secara administratif, pantai ini memiliki batasan-batasan pada setiap sisi bagian wilayahnya. Pada bagian utara dari Pantai Rancabuaya ini berbatasan langsung dengan Desa Caringin, pada sisi Timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya. Di bagian Selatan berbatasan langsung dengan Desa Indralayang. Sedangkan untuk bagian Barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Rancabuaya memiliki artian khusus, yakni Ranca yang berarti pinggiran pantai. Pantai menawan ini memang bentuknya hampir mirip dengan seekor buaya yang sedang menjulurkan badannya ke arah laut. Itu sebabnya pantai ini disebut dengan Pantai Rancabuaya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Rancabuaya

Daya Tarik Pantai Rancabuaya
Image Credit: Twitter.com @travellerKaskus

Objek wisata bahari yang terletak di Purbayani, Garut, Jawa Barat ini memiliki pesona keindahan alam yang tiada duanya. Penduduk lokal dari daerah Purbayani juga sangat ramah terhadap para wisatawan yang datang, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Pemandangan Sunset yang Memukau

Meskipun secara geografis letak pantai ini berada di sebelah Selatan Samudra Hindia, namun Pantai Rancabuaya memiliki tingkat kemiringan yang menghadap ke arah Barat. Kemiringan ini cukup membuat para wisatawan untuk menikmati pesona sunset yang memukau.

Banyak sekali wisatawan yang memilih datang sore hari ke pantai ini hanya untuk menikmati keindahan sunsetnya. Panorama sunset dengan warna jingga keemasan ini akan memantulkan cahayanya ke permukaan air laut, sehingga warna air laut seolah berubah menjadi keemasan juga.

2. Fenomena Air Terjun yang Indah

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Rancabuaya ini adalah adanya air terjun yang berasal dari tebing yang menghadap langsung ke lautan. Tebing tersebut mengalirkan air bersuhu dingin dan juga segar dengan saluran anakan yang mencapai tiga aliran. Wisatawan bisa merasakan percikan air tawar yang jatuh langsung dari tebing ke lautan.

Pemandangan ini sungguh eksotis mengingat keindahan pantai yang memukau ditambah dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Tentunya fenomena air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berfoto dengan background pantai sekaligus air terjunnya. Serasa lengkap destinasi liburan ke Pantai Rancabuaya Garut ini.

3. Terdapat Pelelangan Ikan Segar

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya yang sangat eksotis, namun juga menampilkan hasil laut yang sungguh kaya. Ya, di area pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan segar yang merupakan hasil tangkapan dari para nelayan.

4. Warung Makan Gazebo dengan Menu Khas Jawa

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat tempat makan berupa gazebo yang sangat cozy dengan menu andalannya yakni makanan khas Jawa. Disini Anda dapat menikmati makanan berupa hasil tangkapan laut yang masih segar. Tidak hanya itu, sembari menikmati makanan, Anda juga bisa menikmati keindahan serta suasana laut yang sangat memukau.

Daya Tarik dari Pantai Rancabuaya
Image Credit: Instagram.com @aesyahwaqas

5. Pasir Putih Halus dan Bersih

Wisatawan yang berlibur ke Pantai Rancabuaya ini akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang halus dan juga bersih. Hamparan pasir putih ini terhampar sepanjang 1.000 hingga 2.000 meter dengan lebar kurang lebih sekitar 100 hingga 200 meter.

Pasirnya bertekstur halus sehingga sangat nyaman dipijak ketika berjalan dengan kaki telanjang. Tidak hanya itu, berfoto diatas pasir putihnya ini juga akan menghasilkan foto yang sangat instagramable tentunya.

6. Tebing Ukir

Di sekitaran Rancabuaya juga terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi. Dulunya, tebing ini merupakan daerah perbukitan. Namun, karena erosi dan juga abrasi, maka lama-kelamaan bukit ini terkikis dan jadilah tebing yang indah.

Sekarang, tebing yang menjulang tinggi di sekitaran kawasan pantai ini diukir dengan berbagai motif cantik khas pantai untuk memperindah pemandangan sehingga akan terkesan lebih estetik.

7. Air Laut dengan Tiga Warna Kontras

Air laut di pantai ini memiliki karakteristik yang unik. Jika dilihat dari dekat, warna dari air laut ini terlihat sangat jernih sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang sampai kedalaman sekitar 2 meter kedasar laut.

Namun, jika dilihat dari udara, Pantai Rancabuaya ini akan terlihat memiliki tiga perpaduan warna yang begitu memukau. Warna pertama adalah putih yang dihasilkan dari buih air laut. Warna kedua adalah hijau yang dihasilkan dari tanaman lautnya. Dan terakhir adalah warna biru tua yang dihasilkan dari terumbu karang dan terlihat jelas di tengah lautnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Rancabuaya

Alamat Pantai Rancabuaya
Image Credit: Instagram.com @annisalina7

Rancabuaya ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk mencapai kawasan pantai ini juga ada banyak jalur alternatif yang bisa Anda pilih. Pantai Rancabuaya ini juga dekat dengan jalur utama dari Trans Jawa Barat serta jalan raya Rancabuaya.

1. Rute dari Pusat Kota Garut

Wisatawan yang berasal dari arah Garut bisa melalui rute jalan raya Garut ke Cikajang kemudian menuju ke Margawati. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke arah jalan Bratayudha yang diteruskan ke jalan Pasundan, jalan Papandayan, dan juga jalan Cimanuk.

Dari Cimanuk Anda menuju ke jalan raya Cisurupan – Cikajang, kemudian menuju ke Cidatar sampai jalan Ambalas yang melewati Cipang Ramatan. Perjalanan dilanjutkan ke jalan Ciparay lurus keselatan sampai jalan raya Cihurip dan Cisompet. Dilanjutkan ke Cigodeg melalui jalan Cilauteureun hingga sampai di jalan Rancabuaya.

Lamanya perjalanan dari kota Garut ke Pantai Rancabuaya sekitar 4 jam perjalanan. Waktu yang dibutuhkan ini dilalui dengan perjalanan normal tanpa adanya kemacetan serta kecepatan rata-rata 135 km.

2. Rute dari Kota Bandung

Jika Anda datang dari arah kota Bandung, ada beberapa jalur alternatif yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah melalui jalur Pengalengan. Arah perjalanan diteruskan ke jalan Baranangsiang, jalan Jendral Ahmad Yani, jalan Asia Afrika, lalu menuju ke jalan Jenderal Sudirman.

Kemudian dilanjutkan ke arah jalan Nasional III, jalan Soekarno Hatta, jalan terusan Pasirkoja, hingga menuju ke jalan Tol Soraja. Perjalanan kembali dilanjutkan ke jalan Al- Fathu, jalan Raya Soreang Banjar, jalan Pahlawan, kemudian ke arah Kebon Kelapa, jalan Raya Palalengan, jalan Situ Cileunca, hingga jalan Raya Wates.

Dilanjutkan lagi menuju jalan Cukul, jalan Talegong, jalan Puwabhakti, jalan Cisewu – Sukarame, hingga sampai pada jalan Rancabuaya. Untuk sampai pada lokasi Pantai Rancabuaya ini, Anda bisa mengikuti arahan papan petunjuk.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Rancabuaya

Harga Tiket Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Eko)

Untuk bisa menikmati keindahan alam wisata bahari ini, Anda diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga dari tiket masuk ini tidaklah mahal, yakni hanya sekitar 5 ribu rupiah saja untuk hari biasa atau weekday. Sedangkan untuk hari libur atau weekend, harga tiket masuknya bertambah dua kali lipat menjadi 10 ribu rupiah.

Harga tiket tersebut berlaku untuk satu orang pengunjung saja. Hasil dari penjualan tiket inilah yang nantinya digunakan oleh pihak pengelola untuk biaya pemeliharaan serta perawatan dan keamanan area pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Rancabuaya

Aktivitas di Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Rahmawati)

Di pantai cantik ini, wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan pesona alamnya yang indah, namun juga banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan sembari menikmati semua keindahan tersebut.

1. Berkemah

Hal yang tidak pernah ketinggalan dari berlibur ke Pantai Rancabuaya ini adalah berkemah. Dimana para wisatawan akan lebih memilih untuk mendirikan tenda perkemahan di pinggiran pantai sembari menikmati suasana pantai yang sejuk.

Berkemah juga biasanya dilakukan dengan membakar hasil laut seperti ikan, cumi-cumi, udang, ataupun lainnya yang membuat suasana semakin hidup. Tujuan dari berkemah ini biasanya adalah untuk menikmati suasana alam dengan lebih nyata. Terlebih untuk menikmati sunrise diesok hari.

2. Melakukan Berbagai Aktivitas Air

Selain berkemah, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas air yang menarik. Mulai dari berselancar, snorkling, berenang, atau bisa juga dengan membuat castil dari pasir pantai. Semua hal menarik itu bisa Anda lakukan ketika berlibur ke Pantai Rancabuaya ini. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan keluarga, akan terasa makin menyenangkan.

3. Memancing dan Berburu Binatang Laut

Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai dengan berburu binatang laut yang ada ditepian pantai. Biasanya akan terlihat bintang laut, atau ikan-ikan kecil yang berada di pinggiran pantainya.

Selain itu, Anda juga bisa memancing ikan menggunakan gala ataupun saung kecil. Hasil perburuan ini nantinya bisa Anda olah sembari berkemah di tepian pantainya. Pasti akan sangat menyenangkan.

Penginapan Murah Dekat Pantai Rancabuaya

Penginapan Dekat Pantai Rancabuaya
Image Credit: Agoda.com

Di sekitaran lokasi Rancabuaya juga terdapat banyak pilihan penginapan. Baik itu yang ada didaerah pinggiran pantai maupun yang lumayan jauh dari pantai. Ada banyak pula tipe penginapan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.

Ada penginapan dengan harga murah namun fasilitasnya terbatas, ada juga tipe penginapan dengan harga yang cukup mahal namun fasilitas penginapannya terbilang lengkap. Kisaran harga penginapan yang ada di wilayah sekitaran pantai ini dimulai dari harga 200 ribu rupiah per malam hingga mencapai 600 ribu rupiah saja per malamnya.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Rancabuaya

Fasilitas di Pantai Rancabuaya
Image Credit: Twitter.com @hipwee

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Rancabuaya ini adalah mushola, ruang bilas, toilet, hingga saung atau gazebo. Namun, jika wisatawan ingin menikmati wisata kuliner, maka di sekitaran pantai ini bisa ditemui banyak sekali warung makan berupa gazebo yang menyediakan menu makanan khas Jawa.

Warung makan tersebut kebanyakan menyediakan olahan makanan dari hasil tangkapan laut yang masih segar sebagai menu utamanya. Namun, ada juga warung makan yang menyediakan makanan khas Garut.

Tidak hanya itu, terdapat pula berbagai pusat perbelanjaan yang menyediakan segala macam baju hingga makanan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Salah satu yang paling terkenal adalah ikan jamaroti.

Itulah beberapa daya tarik, rute perjalanan menuju ke Pantai Rancabuaya, harga tiket masuknya, hingga fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pantai ini. Bagi Anda yang menginginkan liburan dengan suasana alam memukau, pantai cantik di Garut ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending