10 Pantai di Sumenep yang Cantik & Hits

10 Pantai di Sumenep yang Cantik & Hits

Sumenep dikenal oleh wisatawan sebagai tempat berlibur dengan banyak sekali pantai-pantai yang cantik. Baik itu pulau terpencil di mana keaslian alamnya begitu terjaga, maupun pantai populer nan eksotis. Mampir ke Sumenep untuk melakukan perjalanan wisata bahari merupakan keputusan tepat jika Anda mau mewujudkannya.

Tahukah Anda bahwa wilayah eksotis ini menyimpan pantai dengan kemurnian oksigen terbaik di dunia? Rasanya seperti Anda berada di lokasi berbeda dan nyaris tidak tersentuh oleh manusia. Padahal, kenyataannya masih ada orang yang hidup di sekitar pantai tersebut tetapi mereka mampu menahan diri dari menggunakan kendaraan penghasil emisi CO2.

Saking banyaknya pantai cantik yang ada di Sumenep , Jawa Timur, Anda bahkan bisa menemukan setidaknya 10 daftar terpopuler. Dari Pulau Sapeken ke Pulau Mamburit, temukan keindahan alam yang menakjubkan di antara hamparan pasir dan air laut super jernih. Inilah tempat-tempat yang akan membuat Anda terkesan sebab keeksotisan pantainya.

1. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng
Image Credit: Google Maps ongko wijoyo

Kelembutan pasir yang mengenai kaki Anda saat berpijak di pantai ini akan terasa membuai. Hamparan pasirnya sangat luas di mana pengunjung dimungkinkan menyusuri bibir pantai sampai merasa lelah.

Dari jauh, air biru bagaikan warna langit tampak begitu lembut dan menggoda untuk diselami. Perpaduan antara putihnya hamparan pasir dan birunya air laut membuat kesan menenangkan dan feminin.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat pergi ke Pantai Slopeng, misalnya piknik. Anda dapat membuka alas tikar di atas pasir lalu menyantap bekal yang sudah dipersiapkan sebelum meninggalkan penginapan. Pilihan lainnya, Anda bisa memanfaatkan penyewaan kuda terdekat yang dikelola oleh masyarakat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ambunten No.34 Ambunten, Trebung Ghetteng, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

2. Gili Iyang Island

Gili Iyang Island
Image Credit: Google Maps Omponk Lyno

Sebagai pulau yang terletak di tengah lautan, Gili Iyang punya kadar oksigen yang bagus untuk menjernihkan sistem pernapasan Anda. Bagi Anda dengan domisili di kota besar seperti Surabaya atau sekitarnya, mampir ke sini merupakan pilihan cerdas.

Pohon-pohon tumbuh subur di atas tanahnya dan dirawat dengan sungguh-sungguh. Pantai yang ada di tepi pulau juga memberikan pengalaman berbeda saat dijelajahi lebih jauh. Batu-batu karang turut menghiasi ujung pulau di mana Anda bisa langsung menangkap kesan eksotis yang kental saat berdiri di sini.

Gili Iyang tidak mungkin membuat Anda jenuh karena udaranya benar-benar segar. Ini justru bisa digunakan sebagai lokasi healing bila merasa lelah dengan rutinitas hidup di kota besar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gili Iyang, Banraas, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

3. Pantai Ropet

Pantai Ropet
Image Credit: Google Maps Lingga Kurniawan

Alih-alih menyajikan hamparan pasir putih yang eksotis, batu karang berwarna kecokelatan justru akan menjadi pemandangan unik di hadapan Anda. Pantai Ropet akan memberikan sensasi berbeda bagi setiap pengunjung dari mana pun mereka datang.

Batu karang yang berada di dekat Pantai Ropet terlihat kukuh dan tidak mudah dihancurkan. Terbukti pula dari hantaman ombak yang terus-menerus datang setiap harinya, tetapi tetap mampu menampung wisatawan.

Ini merupakan pilihan alternatif saat Anda berkunjung ke Sumenep dan ingin merasakan sensasi tak biasa. Tebing curam yang mengapit lautan membuatnya terlihat gagah dalam satu waktu.

Bukan hanya itu, Pantai Ropet juga menjanjikan lanskap bawah laut yang menakjubkan. Anda bisa melihat kehidupan di bawah air dari tebing karang karena kondisinya super jernih. Namun, jika Anda tidak pandai berenang atau tidak cukup memiliki keberanian menantang ombak, sebaiknya cukup berpuas saja dengan sekadar melihat-lihat dari darat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gili Iyang, Bancamara, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

4. Pantai Lombang

Pantai Lombang
Image Credit: Google Maps Farid Aulia Rahman

Wisatawan mancanegara bahkan sukses dibuat terpukau oleh panorama alam bahari di Pantai Lombang Sumenep. Termasuk dari pantai-pantai yang mendapat perhatian dunia, kealamiannya tetap terjaga seolah jarang dikunjungi.

Hamparan pasir pantai yang menyatu dengan lautan berwarna zamrud menjadi daya tarik utama. Apalagi, Anda juga punya kesempatan duduk santai di bawah pohon rindang sambil bercakap-cakap dengan keluarga atau teman.

Menyelam di dasar laut Pantai Lombang tampaknya juga harus dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Bersama debur ombak yang cukup kencang, itu akan menjadi pengalaman paling berkesan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

5. Pulau Saebus

Pulau Saebus
Image Credit: Google Maps Sultan Bahairuddin

Pulau Saebus menyajikan pantai yang jernih dengan pasir timbul yang menakjubkan. Tempat eksotis ini sebenarnya lebih bagus jika dikunjungi bersama keluarga atau rombongan kawan karib.

Pasalnya, area pesisir yang luas bisa menjadi sarana melakukan berbagai macam aktivitas seru, seperti voli pantai atau sekadar berkejaran. Anak-anak dapat merasa senang saat diajak bermain ke pantai di Pulau Saebus.

Sebagai rekomendasi perjalanan, sebaiknya hindari datang di waktu libur nasional ataupun weekend. Itu bisa sangat ramai sehingga peluang untuk menikmati seluruh panorama pantai bisa berkurang akibat padat pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sapeken, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

6. Gili Labak

Gili Labak
Image Credit: Google Maps Karina Safitri

Gili Labak memberikan penawaran liburan yang cocok jadi arena glamping. Meski tentu saja, semua kalangan bisa mengakses pantai cantik di pulau menawan ini. Ada sejumlah payung pantai dan kursi santai yang tersebar di area pesisir.

Jika ingin tanning secara alami, Anda dapat menjadikan Gili Labak sebagai tujuan utama di Sumenep. Bawalah perlengkapan berjemur Anda seperti kacamata hitam dan tabir surya, lalu habiskan waktu hingga memperoleh kulit berwarna eksotis setelah kembali dari sini.

Beranjak ke laut, kondisi airnya amatlah jernih dengan perpaduan hijau tosca dan biru langit. Di dasar laut Anda bisa menemukan aneka biota hidup berdampingan dan jauh dari kerusakan akibat ulah sembrono manusia. Cobalah untuk mengambil kesempatan snorkeling jika memungkinkan dan rasakan bagaimana laut memanjakan Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

7. Pantai Badur

Pantai Badur
Image Credit: Google Maps adilah fauziyyah

Kehidupan pedesaan di daerah pesisir bisa Anda saksikan saat mampir ke Pantai Badur. Aliran sungai berukuran kecil akan membuat Anda takjub sebab melintasi hamparan pasir dan menuju ke laut.

Pantai Badur menawarkan kedamaian di antara tanaman cemara dan bebatuan karang. Terlihat pula perahu-perahu nelayan berlabuh di tepi pantai seolah menunggu untuk dikemudikan.

Pantai ini menyatu dengan kehidupan masyarakat setempat sehingga terkadang Anda bisa menemukan sampah rumah tangga. Memang cukup mengganggu, tetapi tetap layak dipertimbangkan sebagai pantai yang pesonanya sulit dilupakan.

Ombak di Pantai Badur juga relatif bersahabat sehingga Anda bisa bermain air tanpa perlu menggunakan peralatan keamanan yang lengkap. Khususnya jika pandai berenang, cobalah menyelam hingga ke dasar dan temukan keunikan di bawah laut pantai estetis ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sergang, Kec. Batuputih, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

8. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken
Image Credit: Google Maps Om Aji

Hutan bakau adalah apa yang ditawarkan pertama kali saat Anda memasuki wilayah Pulau Sapeken. Upaya pelestarian yang dilakukan oleh pemerintah dan warga setempat sukses membuat lingkungannya tetap terjaga meskipun sering disambangi wisatawan.

Anda bisa pergi ke hutan mangrove untuk melihat pemandangan berbeda di luar hamparan pasir dan lautan. Di lain waktu, dapat menyusuri bibir pantai mencari kerang-kerang unik atau membangun miniatur istana bersama teman.

Aktivitas lain yang tidak kalah populer saat mampir ke Sapeken adalah menyelam di dasar laut. Ini bisa memberikan wawasan baru betapa kayanya laut di Pulau Jawa dan mendorong diri untuk turut menjaga kelestariannya.

Biaya Wisata: Mulai 125.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sapeken, Kec. Sapeken, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

9. Pulau Mamburit

Pulau Mamburit
Image Credit: Google Maps Rohiqim Makhtum Nurim

Kejernihan lautnya menjadikan Mamburit sebagai rekomendasi tempat yang bagus di Kabupaten Sumenep. Dari pesisir pantai yang luas, Anda akan disajikan oleh bentangan samudra sejauh mata memandang.

Beberapa perahu nelayan di parkirkan di dekat pesisir dan itu menambah kesan eksotis di pantai cantik ini. Aneka terumbu karang bisa memberikan sensasi berbeda saat Anda memutuskan menyelam ke dasar laut.

Terbuka selama 24 jam penuh, orang-orang bisa datang dan pergi sesuka mereka, bahkan jika memutuskan untuk berkemah. Barangkali Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama dengan menyenangkan di pantai Pulau Mamburit, cobalah untuk membangun tenda di atas pasir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Kangean, Kab. Sumenep, Jawa Timur

10. Pantai Ponjuk

Pantai Ponjuk
Image Credit: Google Maps Rob

Tenang karena jauh dari keramaian, pantai di ujung timur Madura ini bisa memberikan perasaan puas saat dikunjungi. Ada pohon siwalan yang tumbuh di tepi pantai di antara bebatuan berukuran besar.

Keberadaan pohon-pohon tersebut menciptakan kesan eksotis yang amat kental dan tampak tidak biasa. Jika sejak awal Anda akan dimanjakan oleh rekomendasi pantai dengan pasir putih memukau, situasi berbeda dapat ditemukan di sini. Pasalnya, batu-batu unik adalah daya tarik utama di Pantai Ponjuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galisek Daja, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

Menjadikan Sumenap sebagai lokasi perjalanan wisata pantai akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Sebaiknya persiapkan anggaran Anda sebaik-baiknya agar bisa menikmati waktu secara optimal. Kunjungi pulau-pulau kecil di wilayah cantik ini dan abadikan seluruhnya dalam bingkai foto.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending