Pantai Tambakrejo Blitar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Tambakrejo Blitar

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Tambakrejo di Blitar termasuk pantai dengan pemandangan indah dan bersih, hamparan pasir putih yang menarik untuk dieksplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Ketika Anda sedang berkunjung ke Blitar, Anda tentu sering mendapatkan rekomendasi untuk mengunjungi Pantai Tambakrejo. Pantai ini belakangan memang populer, sebab menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Padahal sebelumnya pantai ini sudah lama dibuka, namun baru mendapatkan pengelolaan yang baik dari pemerintah, sehingga menjadi pantai yang indah dan rapi.

Sekarang dengan pengelolaan dan pembaruan di pantai tersebut, namanya tidak kalah terkenal dengan pantai yang ada di daerah karisidenan Mandiri, yakni Pantai Popoh dan Prigi yang berlokasi di kota Tulungagung. Jika Anda hendak mengunjungi pantai ini dalam waktu dekat, berikut merupakan informasi menarik yang patut Anda simak.

Pantai Tambakrejo dikenal memiliki garis pantai yang panjang, bersih, dan cukup nyaman sebagai destinasi wisata lokal. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, Anda bisa datang kesana dan mencoba berbagai aktivitas menarik yang direkomendasikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tambakrejo

Daya Tarik Pantai Tambakrejo
Image Credit: Twitter.com @sharefotografi

1. Pantai yang Bersih

Pantai ini memiliki pasir dengan warna putih yang bersih, dengan panjang garis pantai mencapai 10 kilometer. Jadi ia merupakan tempat yang direkomendasikan untuk Anda yang menyukai aktivitas jelajah pantai. Pasirnya juga bersih dari sampah, sebab dikelola dengan baik dan pengunjung wajib mentaati peraturan jika hendak berkunjung kesana.

Panorama pantai yang indah ini membuatnya menjadi spot yang menyenangkan bagi Anda yang menyukai bidang fotografi. Pantai yang bersih tersebut juga di dukung dengan air laut yang berwarna biru, memberikan perpaduan warna alami yang menarik. Terdapat tempat berteduh dari pepohonan di pinggir pantai sebagai tempat istirahat.

2. Kegiatan Menarik dari Pengelola

Pengelola pantai tidak hanya membuat pantai menjadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi, mereka juga mengadakan berbagai kegiatan menarik guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung di pantai tersebut. Salah satunya adalah acara kegiatan kebudayaan yang dilakukan secara rutin di Pantai Tambakrejo ini.

BACA:  Pantai Sayang Heulang Garut - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Wisatawan juga bisa bermain air di pinggiran pantai, namun dilarang untuk berenang disana. Ini karena kontur pantai mirip dengan pantai yang berada di wilayah selatan Jawa, dengan ombak deras di pertengahan laut. Dikhawatirkan wisatawan ada yang terseret ketika berenang dan tidak dapat tertolong.

Daya Tarik dari Pantai Tambakrejo
Image Credit: Facebook.com @fahmicatperku

3. Kampung Nelayan

Jika Anda ingin melihat lebih dekat dengan keadaan kultur budaya dan sosial di sekitar pantai ini, Anda bisa berkunjung ke Kampung Nelayan yang terletak tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Disana juga terdapat pasar ikan, dimana para nelayan menjual hasil lautnya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli di pengepul.

Anda sebaiknya berkunjung ke Kampung dan Pasar Nelayan pada pagi hari, sebab pada saat tersebut nelayan baru saja kembali dari laut dan menggelar hasil buruannya. Dengan datang pada jam tersebut, Anda akan mendapatkan ikan dengan kualitas yang lebih baik dan juga segar. Menariknya, Anda bisa menyewa nelayan tersebut untuk mengantar Anda menikmati suasana laut.

4. Fasilitas yang Lengkap

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata tertentu namun masih mengkhawatirkan fasilitas yang disediakan, maka jangan khawatir ketika mengunjungi Pantai Tambakrejo di Blitar. Fasilitas yang disediakan lengkap, mulai dari tempat ibadah, kamar mandi umum, tempat makan, hingga penginapan yang letaknya tidak begitu jauh.

Dengan fasilitas yang lengkap, semua kebutuhan yang diperlukan oleh wisatawan dapat terpenuhi dengan baik. Pengelolaan fasilitas juga ditangani langsung oleh pengelola kawasan pantai, sehingga keadaannya selalu baik, bersih, dan siap digunakan oleh pengunjung yang membutuhkan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tambakrejo

Rute Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Hendra Pujangga)

Anda yang belum familiar dengan kota Blitar, bisa tetap dengan mudah menemukan lokasi pantai ini. Pantai Tambakrejo berlokasi di Desa Tambakrejo, di Kecamatan Wonotirto. Untuk mengakses pantai ini Anda bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Berikut merupakan rute yang sering digunakan untuk menuju pantai ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, dari arah Blitar Anda bisa menuju ke terminal bus di Kepanjen Lor. Dari sana Anda naik menggunakan angkutan desa menuju ke arah Gawang. Dari Gawang ke pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam, sebab angkutan umum desa sering ngetem.

Anda juga bisa menyewa mobil untuk menuju pantai ini, walaupun harganya jauh lebih mahal. Penyewaan bisa Anda lakukan di pusat kota Blitar, kemudian menuju ke Pantai Tambakrejo menggunakan panduan dari sopir yang biasanya merupakan masyarakat lokal.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk menuju lokasi pantai. Sebab ia hanya berjarak 30 kilometer dari pusat kota dan bisa Anda akses dengan rute yang lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Harga Tiket Pantai Tambakrejo
Image Credit: Instagram.com @eka_1945

Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini tidak membutuhkan biaya yang besar, hanya sebesar 6 ribu rupiah untuk satu orang saja dan Anda sudah bisa bermain dan menjelajahi pantai sepuasnya. Selain membayar tiket untuk masuk, Anda juga harus membayar parkir, cukup dengan 2 ribu rupiah untuk mobil dan seribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

BACA:  15 Pantai Terindah di Riau yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Tambakrejo bisa Anda kunjungi kapan saja, dari pagi hari hingga malam hari. Buka selama 24 jam penuh, di pagi hari biasanya aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan adalah bermain air, melakukan selfie, dan menikmati pemandangan. Di siang hari, banyak wisatawan yang kemudian rehat sejenak sambil menikmati makanan lokal yang dijual disana.

Sedangkan jika Anda berkunjung di sore hari, Anda bisa mendapatkan spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam. Kemudian di malam hari, Anda tetap bisa bermain di pantai dan melakukan barbekyu bersama teman dan keluarga. Tentunya dengan mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tambakrejo

Aktivitas di Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Kresnanda Bayu S)

1. Melakukan Selfie

Seperti pantai pada umumnya, pantai kekinian ini juga memiliki pemandangan yang indah. Anda bisa melakukan swafoto sendiri, hunting foto, dan berbagai aktivitas fotografi lainnya. Spot yang bisa Anda jadikan sebagai latar landskap juga beragam, mulai dari laut, pantai, dan berbagai tempat lain di sekitarnya.

Jika Anda ingin mendapatkan gambar yang menarik mengenai keadaan adat setempat, Anda bisa berkunjung ke kawanan Kampung Nelayan dan hadir pada acara budaya yang digelar oleh pengelola pantai dalam rentang waktu tertentu. Sehingga selain mendapatkan foto alam, Anda juga mendapatkan foto budaya yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

2. Melihat Larung Sesaji Laut

Kalau Anda tertarik dengan kebudayaan dan kearifan lokal, maka mampir ketika larung sesaji dilakukan di Pantai Tambakrejo merupakan hal yang wajib dilakukan. Kegiatan budaya ini masih dilakukan secara rutin pada satu Muharram setiap tahunnya. Tidak hanya ramai oleh masyarakat lokal, ia juga ramai oleh wisatawan asing dan mancanegara.

Pada acara tersebut Anda akan melihat berbagai tarian yang eksotis sebagai iring-iringan dari dua buah tumpeng yang besar. Tumpeng tersebut berisi nasi, lauk pauk, beserta sedikit hasil bumi sebagai pelengkap. Selanjutnya kedua tumpeng tersebut akan dilarungkan atau dihanyutkan ke laut sebagai bentuk persembahan pada penjaga pantai.

3. Bermain Air

Walaupun Anda bisa bermain air di tepi pantai, namun Anda hanya diberikan batasan bermain di bibir pantai saja. Tidak ada permainan air yang biasanya akan Anda temui di pantai umum, seperti banana boat maupun kayo. Ini karena pantai Tambakrejo memiliki kontur yang curam.

Ombaknya di bagian tengah cukup deras, sehingga oleh pihak pengelola wisatawan tidak diperbolehkan berenang terlalu jauh ke tengah. Ini karena lokasi pantai tersebut yang dekat dengan laut selatan dan konturnya yang serupa, sehingga dikhawatirkan akan terjadi arus balik yang menyeret wisatawan.

BACA:  10 Wisata Pantai di Cianjur yang Paling Hits

4. Membeli Ikan Langsung di Nelayan

Jika Anda ingin menikmati ikan yang masih segar dan fresh baru ditangkap, jangan ragu untuk mampir ke pasar ikan yang berada di Kampung Nelayan. Disana Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan dengan harga yang cukup terjangkau, sebab Anda membelinya langsung dari nelayan yang mengambil ikan.

Ikan-ikan tersebut dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan, atau bisa juga Anda gunakan untuk barbekyu di pantai bersama kawan. Jika ingin melakukan barbekyu, Anda bisa sekaligus membeli peralatan dan bumbunya disana.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Tambakrejo

Penginapan di Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Indah Madona)

Jika hendak menginap setelah puas bermain di pantai ini, ada beberapa rekomendasi tempat menginap yang bisa Anda pertimbangkan. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

1. Homestay Mbah Suyut

Penginapan ini memilik harga yang terjangkau dan cocok untuk Anda yang ingin tidur nyaman dengan tarif yang murah. Mendapatkan banyak review positif dari pengguna, homestay ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Tambakrejo.

2. Guest House Mitra Bahari

Jika mencari penginapan yang dekat dengan pantai, maka tempat inap ini menjadi tempat yang paling direkomendasikan. Harganya terjangkau, kamar dan pelayanannya baik, serta lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai.

3. Villa Puncak Pantai Tambakrejo

Untuk Anda yang lebih menyukai tempat yang tenang untuk beristirahat dan menginap, maka Villa Puncak ini bisa Anda pertimbangkan. Review yang ditinggalkan oleh pelanggan sebelumnya cukup memuaskan, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai pelayanan yang diberikan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tambakrejo Blitar

Fasilitas di Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Mambakazzurri Azzurri)

Fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup lengkap, untuk memudahkan Anda melakukan identifikasi, berikut merupakan beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan dengan mudah di pantai ini, diantaranya:

Tenda dan tempat teduh yang sederhana di dekat pantai, sehingga Anda bisa berteduh jika berkunjung di siang hari dan cuaca terlalu terik.

Tempat parkir yang luas dan aman, baik untuk motor, mobil, hingga bus wisata. Perahu milik nelayan yang bisa Anda sewa untuk mengantar Anda ke tengah laut. Tempat makan yang menjual berbagai olahan laut, mushola, dan juga kamar mandi untuk umum.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa saja yang bisa Anda lakukan di Pantai Tambakrejo dan informasi pelengkap lainnya. Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya Anda datang di pagi hingga sore hari jika menggunakan kendaraan umum, sebab setelah malam kendaraan umum tidak lagi beroperasi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending