Pantai Peh Pulo Blitar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Peh Pulo Blitar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Peh Pulo adalah salah satu wisata pantai eksotis di Blitar yang tak kalah dengan pesona Raja Ampat. Pantai pasir putih yang menawan dan memiliki keindahan bawah laut yang menarik dieksplor.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat, salah satu objek wisata di Indonesia yang terkenal memiliki pemandangan yang sangat Indah dan mempesona. Namun apakah Anda tahu di daerah Jawa Timur terdapat salah satu tempat wisata yang dikenal sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa?, tempat wisata ini dikenal dengan nama Pantai Peh Pulo.

Wisata pantai ini berada di daerah Blitar, Jawa Timur. Keindahan yang disajikan oleh tempat ini memiliki kemiripan dengan struktur pulau-pulau kecil sehingga membentuk panorama yang mirip dengan Raja Ampat. Selain itu juga tempat wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang masih sangat baru, sehingga belum terlalu banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Walaupun masih sangat baru, pengelolaan di objek wisata ini juga sudah baik mengingat sudah beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengunjung sebelum berangkat ke Pantai Peh Pulo, untuk kendaraan roda empat belum terdapat akses jalan dan lebih di sarankan menggunakan sepeda motor.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Peh Pulo

Daya Tarik Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps (Imam Ma’ruf Fuady)

1. Keindahan Bak Raja Ampat Papua

Bagi Anda yang sudah lama memimpikan untuk pergi berlibur ke Raja Ampat Papua, tetapi sampai saat ini belum tercapai, jangan khawatir karena baru-baru ini terdapat salah satu objek wisata di daerah Blitar yang memiliki keindahan yang mirip. Memang tidak seindah Raja Ampat aslinya, namun datang ke tempat ini bisa menjadi obat penasaran Anda Tentang Raja Ampat.

BACA:  Pantai Blebak Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Terdapat pulau-pulau kecil di sekitaran Pantai Peh Pulo yang sangat Indah, serta pasir pada pantai ini juga berwarna putih dengan air laut berwarna biru jernih. Tempat ini memiliki suasana yang sangat nyaman serta bersih, karena belum terlalu banyak wisatawan yang mengetahui adanya objek wisata indah di tempat tersebut.

2. Garis Pantai yang Luas

Pantai yang memiliki garis pantai yang luas sehingga memiliki jarak yang cukup jauh dari garis pasang memang memiliki daya tarik tersendiri. Banyak hal serta kegiatan yang dapat dilakukan di daerah pantai tersebut, baik untuk bermain, bercanda serta berolah raga. Tidak jarang pengunjung yang datang ke tempat ini memanfaatkan garis pantai yang luas untuk berbagai hal.

Garis pantai yang luas memang memberikan keuntungan bagi pengunjung yang datang, biasanya pengunjung memanfaatkan dataran ini untuk mengambil gambar dengan latar belakang bukit tebing yang sangat indah. Selain itu, lahan ini bisa juga digunakan untuk berkemah dan menikmati keindahan malam tempat ini.

Daya Tarik Pantai Peh Pulo Blitar
Image Credit: Google Maps (Antonius Joseph)

3. Perbukitan Karang yang Menawan

Karena tempat wisata ini terletak di daerah teluk maka tidak mengherankan bila terdapat banyak sekali perbukitan-perbukitan Karang. Dengan adanya perbukitan ini mampu menambah keindahan pemandangan di tempat ini. Selain itu bukit ini biasa digunakan sebagai medan tracking dan tempat camping.

4. Pemandangan Bawah Laut yang Indah

Sebutan Raja Ampatnya Jawa atau Mini Raja Ampat bukanlah hanya bualan belaka. Kemiripan yang dimiliki Pantai Peh Pulo dengan Raja Ampat tidak hanya terletak pada pemandangan pantai dan susunan pulau-pulau kecil disana, namun kemiripannya juga terletak pada keindahan bawah lautnya. Ekosistem yang ada di pantai ini masih sangat alami dan masih terjaga.

Terdapat banyak sekali susunan karang yang sangat indah, serta ekosistem biota lautnya juga sangat beragam. Beraneka jenis ikan yang berwarna-warni bisa Anda temui di tempat ini, alam bawah laut di tempat ini sangatlah bersih dan sangat jarang ditemukan sampah. Keunikan inilah yang juga menjadi nilai jual utama tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Peh Pulo

Lokasi Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps (Ririn Andriyani)

Objek wisata Pantai Peh Pulo terletak di Desa Sembersih pada Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Bila ingin berkunjung ke objek wisata ini terdapat beberapa rute yang bisa Anda lewati, baik melalui daerah Blitar maupun dari luar daerah Blitar. Tapi perlu diketahui bahwa untuk bisa sampai ke objek wisata ini paling tepat menggunakan Speda Motor.

BACA:  Pantai Sadeng Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Untuk Anda yang berangkat dari daerah Blitar menuju objek wisata pantai pasir putih ini cukup mudah, dimana dari kota Blitar Anda harus mengemudikan kendaraan menuju lodaya. Kemudian setelah itu melaju ke arah timur sekitar 1 Km hingga sampai ke Desa Sumbersih, di desa tersebut Anda bisa memarkirkan kendaraan khusus bagi Anda yang membawa mobil

Karena objek wisata ini sangat baru, menyebabkan objek wisata ini belum memiliki biaya tiket masuk dan sampai saat ini pengunjung bebas memasuki kawasan wisata ini. Bisa dibilang untuk masuk ke Pantai Peh Pulo gratis, namun Anda cukup membayar parkir kepada penduduk disana yang membantu menjaga kendaraan.

Untuk mobil sendiri tempat parkirnya berada di sekitar rumah-rumah masyarakat, karena tidak adanya akses jalan bagi mobil membuat di objek wisata ini tidak ada tempat parkir khusus mobil yang dekat objek wisata ini. Untuk biaya yang di keluarkan per satu mobil hanya sebesar Rp 5.000 saja, cukup murah kan? Dengan biaya semurah itu Anda sudah bisa menikmati pemandangan ala Raja Ampat.

Sedangkan untuk sepeda motor, terdapat tempat parkir di sekitar tempat wisata ini. Sampai saat ini hanya kendaraan bermotor yang bisa langsung memasuki Pantai Peh Pulo, untuk biaya parkir per sepeda motor hanya Rp 2.000 yang dibayarkan kepada penduduk yang berada disana. Penduduk-penduduk inilah yang menjadi pihak keamananya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Peh Pulo

Aktivitas di Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps (DuniaWulinG JT)

1. Trekking

Pantai Peh Pulo Blitar memiliki berbagai perbukitan dengan pepohonan yang rimbun dan teduh, membuat beberapa pengunjung kerap melakukan trekking ke beberapa bukit tersebut. Melalui atas bukit pengunjung bisa menikmati keindahan alam pantai ini secara keseluruhan, mulai dari bukit nan hijau, pasir pantai yang putih serta air laut yang bersih dan jernih.

2. Berburu Foto yang Keren

Karena masi baru, berburu foto-foto yang keren dan instagrameble di tempat ini menjadi kegiatan wajib. Selain masih jarang di datangi pengunjung, keindahan tempat ini juga tidak main-main. Panorama yang mirip dengan Raja Ampat membuat siapa saja yang melihat foto Anda yang di ambil pada lokasi ini berfikir bahwa tempat itu memang Raja Ampat yang asli.

3. Camping

Berkemah atau Camping di pantai memang sangatlah menyenangkan, apalagi Pantai Peh Pulo Blitar tidak hanya memiliki spot berkemah di bibir pantai namun bisa juga berkemah di perbukitan disana. Keindahan malam tempat ini juga sangat menakjubkan, gemerlap bintang di langit dapat Anda lihat dengan jelas. Namun, jangan lupa untuk membawa penerang ya.

BACA:  Pantai Sanglen Gunung Kidul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

4. Snorkeling dan Diving

Kondisi alam yang sangat terjaga dan belum terlalu terjamah oleh pengunjung membuat tempat ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Ekosistem terumbu karang dan habitat ikan masih sangat terjaga, sehingga terdapat beberapa spot diving dan snorkeling yang sangat bagus. Namun, bila ingin snorkeling dan diving Anda harus membawa perlengkapan sendiri.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Peh Pulo

Penginapan Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps (Rob)

1. Hotel Blitar Indah

Jarak hotel ini dengan wisata Pantai Peh Pulo hanya sekitar 1 jam perjalanan, memang bagi sebagian orang jarak ini dirasakan cukup jauh. Tetapi hal yang menarik dari hotel ini adalah biaya sewanya yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 150.000 per malamnya. Jarak tersebut bisa terbayar dengan harga yang murah dari hotel tersebut.

2. Naga Rimba Homestay

Penginapan ini sebenarnya tidak terletak di sekitar pantai, tapi terletak di sekitar pantai serang. Bila Anda mencari penginapan dengan jarak yang dekat bisa mencari di sekitar objek wisata di sekitar tempat tersebut seperti Naga Rimba Homstay. Jarak penginapan dengan objek wisata ini sekitar 45 menit.

3. Homestay Puput Purwanti

Sama dengan rekomendasi sebelumnya, objek wisata ini juga memiliki jarak yang sama yakni sekitar 45 menit dari Pantai Peh Pulo Blitar. Namun perlu Anda ketahui bahwa homestay ini masuk kedalam kawasan wisata Pantai Serang. Penginapan ini sangatlah sederhana, namun bisa dijadikan pilihan untuk sekedar beristirahat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Peh Pulo Blitar

Fasilitas Pantai Peh Pulo
Image Credit: Google Maps (Mama Lyfe)

Fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung ketika berada di Pantai Peh Pulo cukup memadai walaupun sangat sederhana. Mulai dari toilet umum yang sekaligus bisa digunakan untuk berganti pakaian, tempat parkir khusus sepeda motor dan beberapa warung kecil yang menyediakan makanan ringan dan minuman. Hal ini sangat wajar mengingat objek wisata ini masih sangat baru.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi tempat ini?, objek wisata yang masih sangat alami serta belum terjamah bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik. Apalagi bagi Anda yang sangat ingin berkunjung ke Raja Ampat tempat ini bisa menjadi obat penenang, karena view dan panorama disini mirip dengan Raja Ampat Papua.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending