10 Pantai Terindah di Jambi yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Jambi

Ingin Liburan Seru? Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Jambi. Objek Wisata Bahari Populer, Eksotis dan Terhits untuk Anda Jelajahi Ketika Berlibur ke Jambi.

Pantai masih menjadi destinasi wisata menyenangkan yang sering dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Rasanya, setiap kota di Indonesia memiliki pasti memiliki destinasi pantai yang indah dan patut untuk dikunjungi, seperti kota Jambi. Kota ini memiliki banyak pantai dengan daya tarik yang unik dan ramai dikunjungi setiap masa liburan.

Anda bisa menemukan pantai yang menyimpan pesona yang menakjubkan dan layak Anda jelajahi saat liburan. Berikut beberapa pantai indah di Jambi yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Indah Koto Petai

Pantai Indah Koto Petai
Image Credit: Facebook.com @wisata pantai indah koto petai

Bagi masyarakat yang tinggal di Jambi, sudah tidak asing lagi dengan pantai ini. Pantai Indah Koto Petai menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit dengan suguhan pemandangan yang memukau. Wisatawan sering mengunjungi pantai ini terutama ketika akhir pekan karena harga tiketnya yang terjangkau. Tempat wisata ini diurus oleh pengurus BuMdes setempat sehingga sudah memiliki berbagai fasilitas lengkap.

Meskipun berada di tepi sebuah danau, uniknya pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang sangat mirip dengan pantai yang berada di pesisir. Meskipun pantai ini terbilang tidak cukup luas, pemandangan indah yang dihadirkan sangat menarik wisatawan terutama untuk menikmati sunset. Ombaknya yang tenang aman untuk keluarga yang membawa anak-anak berekreasi dan menghabiskan waktu untuk liburan.

Lokasi: Koto Petai, Kec. Tanah Cogok, Kab. Kerinci.

2. Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah

Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah
Image Credit: Detik.com

Di Kabupaten Kerinci, ada sebuah pantai unik yang menghadap langsung ke Danau Kerinci yaitu Pantai Pasir Tanjung Tanah. Panorama alam objek wisata yang dihadirkan sangat memukau, wisatawan dapat melihat danau yang membentang luas dan pemandangan bukit yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Dulunya, pantai ini merupakan lokasi bagi nelayan setempat untuk memancing ikan dan membuat tambak ikan.

Saat itu juga, tempat ini belum memiliki daya tarik serta “nilai jual” sebagai objek wisata dikarenakan belum tersedianya akses jalan yang memadai. Saat ini Pantai Pasir Panjang dikelola oleh masyarakat setempat sehingga sudah mulai ada beberapa fasilitas yang tersedia meskipun masih sedang dalam tahap penataan. Fasilitas yang tersedia meliputi area kuliner, sampan, ayunan, dan fasilitas lain yang menunjang.

Lokasi: Tanjung Tanah, Kec. Danau Kerinci, Kab. Kerinci.

3. Pantai Cemara

Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps (Joni 97)

Pantai Cemara merupakan destinasi wisata yang dapat memikat bagi wisatawan pecinta burung. Karena pantai ini menjadi tempat persinggahan burung migran yang berasal dari Asia Timur dan Australia. Para pengunjung pantai dapat melihat fenomena ini terutama pada bulan Desember hingga Mei. Sekitar 26.000 burung akan datang setiap tahunnya ke pantai ini untuk mencari sumber makanan.

Selain pemandangan akan migrasi dari sekawanan burung itu, Pantai Cemara memiliki pesona sendiri. Hamparan pasir pantai ditambah dengan keberadaan pohon-pohon cemara membuat pemandangan pantai ini semakin diminati wisatawan. tidak heran jika kawasan Pantai Cemara ini merupakan salah satu kawasan pantai yang dilindungi sebagai kawasan ekosistem esensial.

Lokasi: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

4. Pantai Pasir Putih Angso Duo

Pantai Pasir Putih Angso Duo
Image Credit: Kompas.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang memikat wisatawan. Selain berwarna putih, pasir ini juga terasa lembut ketika dipijak. Air laut yang bersih dan ombak yang tenang sangat memikat wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Pemandangan sunset di Pantai Pasir Putih Angso Duo sangat menawan. Disaat langit berubah warna menjadi warna merah-jingga, air laut yang terkena pantulan cahaya pun terlihat keperakan.

Saat seperti inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh wisatawan untuk berfoto. Untuk dapat menikmati pantai yang berada di Pulau Angso Duo ini, pengunjung dapat menyebrang dari Pantai Gandoriah menggunakan perahu motor selama 10 hingga 15 menit. Pantai ini menawarkan berbagai fasilitas seperti warung-warung kecil, bahkan pengunjung dapat menikmati banana boat yang menyenangkan.

Lokasi: Pasir Putih, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

5. Pantai Aur Duri

Pantai Aur Duri
Image Credit: Cnnindonesia.com

Pantai Aur Duri merupakan salah satu objek wisata yang masih tergolong baru di Jambi. Meskipun baru, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Setidaknya ada ratusan pengunjung yang datang ke pantai ini setiap harinya. Panorama alam yang menakjubkan dengan hamparan pasir yang luas ditambah lagi pemandangan sunset yang indah menjadi magnet dan daya tarik tersendiri yang dimiliki Pantai Aur Duri.

Tidak heran jika pengunjung sering mengatakan “serasa di Bali” ketika mengunjungi pantai ini. Di pantai ini juga sudah tersedia lahan parkir serta area jualan. Untuk yang gemar berfoto, jangan khawatir karena di pantai ini sudah ada beberapa area berfoto yang didesain oleh beberapa pemuda kreatif sehingga dapat membuat foto menjadi menarik.

Lokasi: Penyengat Rendah, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

6. Pantai Air Hitam Laut

Pantai Air Hitam Laut
Image Credit: Google Maps (Firson Madino)

Jika pantai umumnya memiliki pasir berwarna putih, hal ini sangat berbeda dengan pantai ini. Pasalnya pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam. Bukan berarti pemandangan yang dimiliki pantai ini tidak kalah menawan dengan pantai pasir putih. Hamparan pasir pantai yang luas akan berpadu dengan keindahan pemandangan alam yang membuat wisatawan makin betah berlama-lama di pantai ini.

Jika beruntung, wisatawan akan dapat menyaksikan festival budaya masyarakat setempat yang diadakan di pantai ini yaitu festival mandi safar. Festival Safar merupakan acara budaya yang dimeriahkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Festival ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan wisatawan karena merupakan salah satu festival yang masih sangat kental akan budaya dan tradisi yang unik.

Lokasi: Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

7. Pantai Lopak Aur

Pantai Lopak Aur
Image Credit: Google Maps (Nopribams29)

Pantai dengan hamparan pasir yang membentang luas ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang berada di wilayah Jambi. Pantai Lopak Aur ini banyak dikunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di tengah Sungai Batang Hari yang mengalir terdapat bebatuan kecil yang mempermanis sungai. Hamparan pasir yang membentang luas di tengah sungai yang mengalir ini membuat pantai Lopak Alur bagaikan gurun pasir yang mengapung di pantai.

Ketika sore tiba, banyak anak-anak yang bermain futsal di Pantai ini. Anda juga akan menemukan pemandangan menarik berupa nelayan yang sedang mencari ikan di laut lepas. Dengan pemandangan air laut yang kebiruan dan pasir yang luas, membuat semua orang akan merasa nyaman berada di pantai ini. Belum lagi hembusan angin yang sepoi-sepoi dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung ke pantai ini dan menambah perasaan yang menenangkan.

Lokasi: Lopak Aur, Kec. Pemayung, Kab. Batang Hari.

8. Pantai Pasir Putih Tanjung Jabung Barat

Pantai Pasir Putih Tanjung Jabung Barat
Image Credit: Jalanbareng.com

Sebagai daerah pesisir, destinasi wisata ini sudah menjadi salah satu ciri khas dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pantai Pasir Putih Tanjung Jabung Barat menawarkan pesona yang tidak kalah menarik. Pantai ini berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Pantai yang memiliki pasir berwarna putih ini memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan yang merindukan suasana pantai. Pantai ini juga memiliki daya tarik yang unik dan menyenangkan bagi wisatawan.

Pada saat tertentu, pantai ini dijadikan tempat untuk mengadakan event atau festival tertentu, diantaranya festival peduli nelayan, lomba memancing, lomba pompong, dan masih banyak lagi. Untuk dapat menjangkau tempat ini, wisatawan diharuskan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Wisatawan dapat menggunakan perahu bermotor dengan waktu tempuh 40 menit dari pusat kota. Ketika tiba, wisatawan disambut langsung dengan hamparan pasir putih yang berpagar jajaran tanaman mangrove.

Lokasi: Kab. Tanjung Jabung Barat.

9. Pantai Remau

Pantai Remau
Image Credit: Tulisandarisadu.blogspot.com

Pantai Remau memiliki pantai yang luas dengan topografi yang cenderung landai. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam dan air laut yang berwarna kecoklatan. Di tepian pantai ini terdapat pohon cemara. Saat ini, Pantai Remau dikelola oleh masyarakat setempat. Beberapa tahun terakhir, pemerintah desa membangun pendopo-pendopo kecil di tepian pantai yang dapat dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat singgah maupun tempat beristirahat.

Sayang sekali, pantai ini belum cukup terkenal oleh wisatawan jika dibandingkan dengan Pantai Cemara dan Pantai Babussalam. Akan tetapi, pantai ini sering dimanfaatkan sebagai tempat berwisata keluarga ketika hari raya datang. Terbukti dengan membludaknya wisatawan ketika libur Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idhul Adha datang banyak wisatawan yang datang untuk menikmati indahnya pantai ini bersama keluarga.

Lokasi: Remau Baku Tuo, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

10. Ancol Beach

Ancol Beach
Image Credit: Google Maps (Edhy Chupu)

Tidak hanya di Jakarta, Jambi juga memiliki Ancol Beach. Ancol Beach menjadi salah satu pilihan pantai berwisata di Jambi. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, terlebih saat pagi dan sore hari. Semenjak tempat wisata ini dibuka untuk umum di awal Tahun 2015, Ancol Beach selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terlebih di akhir pekan dan masa libur sekolah. Di pantai ini sering diadakan event atau acara tertentu.

Event tersebut seperti pagelaran wisata budaya hingga tamu kehormatan. Selain menikmati pemandangan yang indah, di lokasi ini juga disediakan Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) yang menyediakan berbagai macam jenis makanan laut khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Untuk dapat mencapai tempat wisata ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan selama 2 jam dari kota Jambi.

Lokasi: Tungkal II, Kec. Tungkal Ilir, Kab. Tanjung Jabung Barat.

Ketika berwisata ke kota Jambi, Anda bisa memilih kawasan pantainya yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Beberapa pantai di kota ini memang memiliki daya tarik yang cukup unik, dan berbeda dari pantai di kota lain. Tidak hanya pemandangan sekitarnya yang indah, pantai di Jambi seringkali mengadakan kegiatan maupun festival yang masih kental dengan tradisi dan juga kebudayaan yang sangat unik.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending