Pulau Penyu Jambi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Penyu Jambi

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Penyu salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang eksotis di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pulau dengan hamparan pasir putih dan laguna yang memukau dapat memanjakan mata pengunjung.

Biaya Wisata: Rp 80.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi; Map: Cek Lokasi

Pulau Penyu Jambi atau disebut juga Pulau Telur merupakan kawasan tak berpenghuni. Dalam artian, tidak ada manusia yang bermukim di sini. Masyarakat yang hidup di sekitar lokasi hanya memanfaatkannya untuk mencari kayu bakar. Dinamakan Pulau Penyu karena menyesuaikan fakta dan situasi yang ada.

Tempat ini adalah salah satu tempat persinggahan penyu di Provinsi Jambi. Sebuah pulau kecil namun estetis dan instagenik. Anda bisa menemukan sekawanan penyu mendekati pesisir guna meneteskan ratusan telur.

Selain kawasan tak berpenghuni, pulau ini juga cukup sulit untuk diakses. Anda harus melewati jalur darat dan laut secara berturut-turut. Namun, kepayahan yang mungkin Anda rasakan akan terbayar kontan begitu sampai di lokasi destinasi.

Daya Tarik yang Dimiliki di Pulau Penyu

Daya Tarik Pulau Penyu
Image Credit: Facebook.com @indoflashlightsumateraid

1. Alam yang Asri Khas Pulau Tak Berpenghuni

Sebagaimana layaknya kawasan yang tidak dihuni oleh manusia, lingkungan di tempat ini cukup terawat. Tidak ada sampah-sampah berserakan, limbah pembuangan rumah tangga, atau segala jenis benda yang berpotensi merusak lingkungan. Tentu, ini menjadi salah satu poin utama yang mampu membuat Anda betah.

Pada kenyataannya, lingkungan di pulau ini memang asri dan nyaman. Jika Anda menemukan sampah, itu semata-mata jenis organik yang mudah terurai. Misalnya saja, sisa pembusukan kayu, dedaunan gugur, dan ranting-ranting pohon.

Kebersihan lingkungan Pulau Penyu terbukti lewat airnya yang jernih dan berwarna kehijauan. Anda dapat melihat hingga ke dasar laut. Selain itu, tumbuh pula pepohonan rindang dan kokoh, dimana daunnya berwarna hijau dengan beragam saturasi.

Sejalan dengan keasrian yang ditawarkan, tak lengkap rasanya bila melewatkan pesona pasirnya. Warnanya putih bersih dibarengi tekstur yang halus. Anda akan mendapatkan sensasi lembut ketika berjalan-jalan di kawasan pesisir. Butir-butir pasir seolah menggelitik kaki Anda.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada spot menarik lainnya. Jangan lupakan tebing-tebing batu yang landai. Jika biasanya bebatuan di tepi pantai cenderung curam dan keras, maka sedikit berbeda dengan potret batu di Pulau Penyu.

Anda akan menemukan batu beragam ukuran tersebar di sekitar kawasan ini. Ada yang besar tersebar di sudut-sudut pulau, di dekat laguna, serta yang menyebar di dalam laguna. Uniknya, tekstur bebatuan tersebut terbilang mulus. Hampir tidak ditemukan sesuatu yang tajam dan kasar. Ini memungkinkan Anda untuk bersantai di atasnya.

2. Tempat Persinggahan Kawanan Penyu

Penyu termasuk dalam kelompok hewan reptil. Keberadaannya menyebar di seluruh penjuru lautan kecuali daerah kutub. Penyu dapat dikatakan sebagai hewan legendaris karena sudah hidup selama jutaan tahun.

Penyu melewatkan hampir seluruh hidupnya di lautan bebas. Namun, penyu betina akan menepi ke kawasan pesisir bila tiba waktunya bertelur. Telur-telur tersebut nantinya diletakkan di dalam lubang oleh sang induk. Sarangnya cukup sulit ditemukan karena tertutup oleh lapisan pasir.

Hanya saja, ketika berkunjung ke Pulau Penyu, potensi Anda untuk menyaksikan sekawanan hewan reptil ini bertelur cukup besar. Pasalnya, masyarakat sekitar mengakui bahwa penyu kerap mampir di daerah sini.

Belum jelas seberapa banyak penyu yang mampir di setiap musim. Berdasarkan penuturan masyarakat, paling tidak ditemukan ada sekitar 5 sampai 6 ekor penyu betina mampir per musim bertelur. Kabar baiknya, Anda bahkan bisa melihat proses bertelurnya secara langsung jika beruntung.

Daya Tarik dari Pulau Penyu
Image Credit: Instagram.com @seputartebo

3. Laguna yang Tenang

Laguna merupakan genangan air asin serupa danau yang kerap muncul di dekat pantai. Terbentuk karena adanya penghalang seperti karang, pasir, bebatuan, dan sejenisnya. Laguna umumnya terpisah dari hamparan laut. Selain itu, ukurannya relatif kecil dan dangkal.

Meski Laguna dikelilingi oleh penghalang, biasanya terdapat celah sempit yang menghubungkannya langsung dengan laut. Air akan mengalir melalui celah-celah tersebut. Situasi demikian memungkinkan debur ombak tertahan. Akibatnya, air di dalam kawasan laguna relatif lebih tenang.

Anda akan menemukan sebuah laguna ketika datang ke Pulau Penyu Jambi. Spot yang cocok untuk bermain air seperti berenang, menyelam, atau sekadar berendam. Kondisinya terbilang aman karena tidak ada ombak. Anda bahkan tidak perlu takut bila mengajak anak kecil untuk bermain di sini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Penyu

Alamat Pulau Penyu
Image Credit: Facebook.com @doni.daf

Pulau cantik ini berlokasi di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Berangkat dari Kota Jambi, Anda harus melewati jalur darat menuju Pelabuhan Nipah Panjang. Biasanya, perjalanan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam. Biaya yang dibutuhkan kisaran Rp 60.000 untuk menyewa mobil travel.

Setiba di Pelabuhan Nipah Panjang, Anda perlu melanjutkan perjalanan laut kurang dari 1 jam memakai kapal motor menuju Pulau Berhala. Bertolak dari sini, Anda tinggal menumpang pompong milik penduduk setempat selama 10 menit menuju Pulau Penyu. Harga yang dipatok untuk sewa pompong Rp 20.000 dengan pelayanan antar jemput.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Penyu Jambi

Biaya ke Pulau Penyu
Image Credit: Google Maps (Aditya Wigoena)

Anda tidak akan dikenai tiket masuk ketika menyambangi objek wisata yang satu ini. Pemerintah daerah berencana menjadikan pulau eksotis di Jambi ini sebagai destinasi andalan. Promosi lewat media sosial sempat gencar dilakukan, namun kini mulai jarang terdengar kabarnya.

Namun demikian, mengingat akses perjalanan yang tidak mudah, Anda tampaknya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk akomodasi. Berangkat dari Kota jambi, ke Pelabuhan Nipah Panjang, melewati Pulau Berhala, hingga tiba di lokasi tujuan.

Jika tidak ingin repot menyiapkan segala kebutuhan, baik sarana transportasi maupun kelengkapan logistik, ada baiknya Anda menyewa jasa tour and travel.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Penyu

Aktivitas di Pulau Penyu
Image Credit: Facebook.com @jambitravel

1. Berkemah hingga Melihat Bintang

Jika biasanya orang-orang kerap memilih hutan dan pegunungan sebagai lokasi berkemah, maka sekarang saatnya Anda mencoba suasana baru. Sebelum berangkat, pastikan seluruh kebutuhan Anda sudah terpenuhi. Jangan lupa membawa obat-obatan, khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Aktivitas berkemah akan semakin seru saat Anda mengajak orang-orang terdekat. Jangan coba-coba pergi sendirian karena posisi pulau ini lumayan terpencil. Ada bagusnya jika Anda menyiapkan alat musik seperti gitar untuk menambah kemeriahan.

Bernyanyi ditemani api unggun, di tengah keterbatasan fasilitas, merupakan aktivitas yang patut dicoba. Apalagi, Anda berada di sebuah pula kecil yang dikepung oleh lautan. Ketika malam tiba, Anda dan rombongan bisa melihat bintang di langit. Kemungkinan besar suasana langitnya akan ramai dan megah karena bebas dari polusi.

Hindari berkunjung saat musim hujan. Pasalnya, gelombang air laut bisa sangat tinggi. Selain itu, tentu tidak akan ada pompong yang berani menyeberangi lautan.

2. Bermain Air

Kondisi laguna di Pulau Penyu yang tenang cukup aman untuk dijadikan area berenang. Jika lelah berenang, Anda bisa menepi sejenak di atas bebatuan. Duduk dan menikmati kesunyian alam. Anda juga bisa menyelam guna melihat-lihat kondisi bawah laut. Air yang jernih tidak akan menyulitkan Anda.

3. Bermain Pasir

Aktivitas ini cocok dilakukan pagi hari, ketika matahari belum terlalu tinggi. Anda bisa berbaring di atas pasir sambil memandang langit biru. Jika memungkinkan, Anda boleh mencoba mengubur separuh badan ke dalam pasir. Rasakan sensasi lembut dan halus setiap butirnya.

Di samping itu, ketika sore menjelang Anda bisa naik ke atas bebatuan. Duduk tenang sambil menunggu matahari tenggelam. Bias-bias jingga yang menyebar di antara pantai dan pepohonan pasti sangat memesona.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Penyu

Penginapan Terdekat dari Pulau Penyu
Image Credit: Agoda.com

1. Penginapan Kita Bersama

Mengingat situasi Pulau Penyu yang tak berpenghuni, maka penginapan paling dekat tersedia di daerah lain, tepatnya di sekitar Pelabuhan Nipah Panjang. Salah satunya adalah Penginapan Kita Bersama. Tepaut sekitar 2 kilometer dengan pelabuhan atau sekitar 10 menit perjalanan.

Harga sewa sangat murah, hanya berkisar Rp 50.000-70.000 per malam. Cocok untuk jadi referensi tempat peristirahatan sejenak, khususnya bagi Anda seorang back packer. Pelayanannya termasuk ramah.

2. Penginapan Permata Ranta Rasau

Terpaut sekitar 20 kilometer dengan Pelabuhan Nipah Panjang. Penginapan ini dapat Anda tempuh kurang dari 1 jam. Desainnya didominasi oleh warna-warna cerah seperti kuning dan jingga.

Permata Rantau Rasu menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Tempat parkirnya luas dan aman karena dikelilingi oleh pagar beton. Tersedia tandon sebagai tempat penampung air. Selain itu, kamarnya luas dan bersih. Fasilitas pendukung lainnya berupa kipas angin, kasur busa, toilet, dan sebagainya.

4. Fantasi Hotel

Selanjutnya, fantasi Hotel yang terletak sejauh 30 kilometer dari Pelabuhan Nipah Panjang. Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Suasana di sekitar sini cukup bagus. Ada pun dari segi fasilitas, ketersediaannya bisa dibilang standar. Terdapat kasur, toilet, tempat parkir, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Penyu Jambi

Fasilitas di Pulau Penyu
Image Credit: Facebook.com @luinto.ok

Tidak ada fasilitas umum yang tersedia di sini. Layaknya kawasan tak berpenghuni, Anda harus menyeberang ke Pulau Berhala untuk mencari kebutuhan dasar. Oleh karena itu, disarankan untuk menyiapkan kelengkapan sebaik mungkin sebelum Anda memutuskan bertamasya.

Pulau Penyu sesungguhnya menyimpan potensi yang besar. Banyak keindahan tersembunyi di dalamnya. Alangkah baiknya jika seluruh pihak bekerja sama untuk menciptakan wisata bahari yang memadai.

Itulah ragam informasi mengenai Pulau Penyu yang berada di Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi yang menarik untuk dijelajahi saat liburan. Meski harus melalui perjalanan panjang, tapi keindahan alamnya akan membuat Anda terpukau.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending