Pulau Kelor Labuan Bajo, Surga Bahari Tersembunyi yang Eksotis & Romantis

Pulau Kelor Labuan Bajo, Surga Bahari Tersembunyi yang Eksotis & Romantis
Biaya Wisata: Mulai Rp 600.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pasir Putih, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

NTT atau Nusa Tengara Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang kerap menjadi pijakan para wisatawan yang ingin menikmati momen liburan mereka. NTT memiliki Taman Nasional Komodo yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Namun, tak hanya itu saja, NTT juga memiliki Pulau Kelor Labuan Bajo yang tak kalah cantik dari Taman Nasional Komodo.

Pemandangan alamnya begitu mempesona sehingga berhasil menghipnotis para wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung kesana. Pulau ini memang tidak berpenghuni, akan tetapi jangan dibayangkan bahwa pulau ini angker atau serem. Justru kebalikannya, pulau tersebut sangat recommended untuk dijelajahi karena pemandangannya yang begitu mempesona.

Selain Labuan Bajo yang populer, banyak para wisatawan yang penasaran dengan pulau ini. Ketika sampai di lokasi, suasana yang tenang dibalut dengan semilir angin sepoi-sepoi dan suara burung-burung berkicauan menambah elok panorama yang disuguhkan oleh Pulau Kelor. Lokasinya tak jauh dari Labuan Bajo, sehingga pulau ini kerap menjadi tempat singgah bagi para wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kelor

Daya Tarik Pulau Kelor
Image Credit: Instagram Achmad Teguh P

Berwisata ke Nusa Tenggara Timur tak melulu harus ke Taman Nasional Komodo saja. NTT juga mempunyai beragam objek wisata lainnya yang tak kalah indahnya. Bahkan, para wisatawan bisa mendapatkan pengalaman berlibur baru yang seru jika mencoba untuk berkunjung ke Pulau Kelor. Pulau satu ini mempunyai daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

1. Kemiripan Nama dengan Pulau di Kepulauan Seribu

Jika Anda tidak asing dengan nama Pulau Kelor yang terdapat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, maka mungkin Anda masih terasa asing dengan nama Pulau Kelor yang ada di NTT. Ya, pulau cantik ini juga ada di NTT. Berbagai penyedia jasa paket tour banyak yang memasukkan pulau ini ke dalam agenda tour-nya. Meskipun namanya mirip, namun suasananya berbeda.

Dimana suasana yang ditawarkan oleh pulau ini begitu romantis dan tenang sehingga cocok untuk para wisatawan yang membutuhkan tempat merefresh pikiran. Lokasinya sama-sama berada jauh dari hiruk pikuk kota, namun pulau yang berada di Labuan Bajo, Flores, NTT ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan karena namanya belum begitu populer.

2. Kerap Disebut Sebagai ‘Pulau Persinggahan’

Ketika para wisatawan mendengar sebutan ‘Labuan Bajo’ pasti yang ada di benaknya adalah pulau-pulau populer yang ada disana seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Padahal, Labuan Bajo juga mempunyai Pulau Kelor dan pulau-pulau lainnya yang lokasinya dekat dengan tiga pulau populer tersebut. Semua pulaunya sangat menarik dijelajahi.

Dibandingkan dengan Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar, pulau ini masih termasuk ‘sidestream’ dimana belum banyak wisatawan yang menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata mereka. Pulau menawan ini kerap menjadi tempat persinggahan oleh para peserta sailing yang sedang berlayar menjelajahi alam Indonesia, termasuk Laut Flores.

3. Memiliki Bukit yang Dapat Didaki

Pulau Kelor mempunyai bukit kecil yang cukup terjal dan dapat digunakan untuk mendaki. Kemiringan atau elevasi bukit sekitar 45 derajat sehingga cukup melelahkan saat mendaki dan menuruni bukit. Pendakian bukit ini cukup sulit bagi para pendaki pemula karena adanya rerumputan yang tumbuh di bukit dan membuat jalanan menjadi licin.

Bahkan, di bagian kanan dan kirinya tidak ada pagar pembatasnya sehingga para pendaki pemula harus ekstra berhati-hati ketika mendaki bukit ini. Fisik pendaki harus benar-benar fit karena membutuhkan waktu 30 menit untuk bisa mencapai puncak. Sesampai di puncak, para pendaki bisa menyaksikan keindahan gradasi lautan biru dengan koral warna-warni di pesisir.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Kelor
Image Credit: Instagram Riaulife Indonesia

Sesuai namanya, Pulau Kelor ini berada di daerah Labuan Bajo. Daya tarik pulau yang terletak di daerah Flore, NTT ini seolah menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulai ini kerap menjadi ‘pulau persinggahan’ para wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Rinca yang merupakan habitat para komodo, Pulau Padar, atau pulau lainnya di Labuan Bajo.

Pulau cantik ini termasuk salah satu pulau destinasi yang masuk dalam paket tour Sailing Komodo yang biasanya mencakup Pula Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo. Namun, pulau ini hanya sebagai tempat persinggahan saja sebelum para wisatawan menuju ke pulau selanjutnya. Jika para wisatawan berlayar dari Pelabuhan Tilong, maka waktu tempuhnya hanya sekitar 20-30 menit.

Kegiatan sailing tersebut dilakukan menggunakan kapal cepat. Sedangkan jika para wisatawan berangkat dari Labuan Bajo, bisa menggunakan perahu dengan waktu tempuh perjalanannya sekitar 30 menit. Lokasinya berhadapan secara langsung dengan Pulau Menjaga yang merupakan gugusan pulau-pulau. Sehingga Anda bisa menyaksikan kapal-kapal menepi di tepi pantai secara langsung.

Estimasi Biaya Wisata Menuju Pulau

Biaya Wisata Menuju Pulau Kelor
Image Credit: Instagram Ana

Untuk menuju ke Pulau Kelor tanpa menggunakan paket tour wisata, Anda bisa menyiapkan budget sekitar Rp 600 ribu untuk menyewa kapal. Kapal tersebut biasanya muat oleh penumpang berjumlah 6-7 orang. Namun, jika para wisatawan ingin lebih menghemat waktu dan biaya, bisa join dengan kegiatan open trip yang disediakan oleh berbagai penyedia jasa tour dengan tujuan Labuan Bajo.

Salah satunya adalah kegiatan open trip selama 3 hari 2 malam yang dilaksanakan hari Jumat hingga Minggu dengan pilihan private cabin atau sharing kabin. Untuk private cabin, minimal 2 orang wisatawan bisa join dengan menyiapkan budget sekitar Rp 3,7juta per orang. Sedangkan untuk sharing cabin, minimal 1 orang bisa join dengan menyiapkan budget sekitar Rp 3 juta per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk gratis teh dan kopi, air mineral, dokumentasi, transfer in, transfer out, tour guide, makan selama trip berlangsung, dan kapal dengan pilihan private atau shared cabin.

Namun biaya tersebut tidak termasuk dengan tiket masuk ke Taman Nasional Komodo. Untuk itinerary-nya, para wisatawan akan diajak berkeliling Labuan Bajo termasuk menikmati keindahan pulau ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Kelor

Aktivitas Seru di Pulau Kelor
Image Credit: Instagram Fina Amalia

1. Trekking di Bukit Pulau Kelor

Sebelum melakukan hiking di Pulau Padar, para wisatawan biasanya melakukan pemanasan dengan kegiatan trekking perbukitan. Dengan jalanan perbukitan yang terjal dan memiliki kemiringan atau elevasi sekitar 45 derajat, maka para wisatawan benar-benar harus dalam kondisi yang sehat karena trekking akan sangat melelahkan.

Jika ingin mencoba trekking di bukit ini, para wisatawan disarankan untuk melakukannya di musim panas atau kemarau. Karena jalanan bukit akan sangat licin ketika musim hujan. Perbukitan berwarna hijau ketika musim hujan karena banyak rerumputan yang tumbuh. Namun warna bukit berubah menjadi coklat dan menjadi sabana kering ketika musim panas.

2. Diving atau Snorkeling

Kegiatan menarik lainnya adalah diving atau snorkeling. Ketika menyelam, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan aneka ragam jenis ikan serta terumbu karang di dasar laut. Biasanya Pulau Kelor menjadi tempat latihan bagi para wisatawan pemula yang ingin belajar menyelam.

Melalui kegiatan ini, para wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona bawah laut seperti terumbu karang dan beragam jenis ikan saja, melainkan dapat juga menyaksikan lukisan bawah laut yang begitu cantik. Terumbu karangnya berwarna-warni sehingga menambah cantik pesona yang ada di bawah laut.

3. Berjemur Sambil Berolahraga

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah ketika musim panas atau kemarau. Karena pemandangan alami Pulau Kelor akan sangat terlihat eksotis dengan warna gradasi laut biru yang terpancar saat terkena cahaya matahari secara langsung. Para wisatawan mancanegara sangat menyukai musim panas dengan berjemur di pinggir pantai.

Bahkan, terkadang mereka juga menghabiskan waktu sambil berolahraga bermain voli atau bola di sore hari sambil menanti sunset atau matahari terbenam. Kegiatan ini juga dilakukan oleh wisatawan lokal karena di kawasan pulau eksotis ini suasananya sangat tenang dan damai sehingga kegiatan seperti itu terkadang tidak bisa dilakukan di pantai lainnya yang ramai.

Penginapan Murah Dekat Pulau

Penginapan Dekat Pulau Kelor
Image Credit: Google Maps Allessandra Leda

1. Eco Tree O’tel

Berlokasi sekitar 1,9 mil dari Pulau Kelor, hotel bintang 3 ini memiliki berbagai fasilitas seperti AC, TV, sarapan gratis, internet gratis, shower, area parkir, spa, dan lain sebagainya akan didapatkan disana. Lokasinya cukup strategis, dekat dengan beberapa restoran dan tipe kamarnya non-smoking.

2. Golo Hilltop Hotel & Restaurant

Sama seperti Eco Tree O’tel dimana tipe kamar yang ada di hotel bintang 1 ini non-smoking. Lokasinya sangat strategis karena hanya sekitar 1,1 mil dari kawasan pulau dan hanya membutuhkan 1 menit saja untuk jalan kaki menuju ke Taman Nasional Komodo.

3. Kusuwari Hotel

Lokasi Kusuwari Hotel dengan lokasi pulau ini hanya sekitar 2 mil saja. Lokasinya sangat strategis, hanya 11 jalan kaki sudah bisa sampai ke Pulau Komodo. Fasilitas di hotel bintang 2 ini antara lain sarapan, wifi, bar atau lounge, dan area parkir.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau Kelor
Image Credit: Google Maps Andil Ong

Meskipun terbilang sepi, namun ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung kesana. Fasilitas seperti warung-warung kelapa muda di kaki bukit, penyewaan alat diving dan snorkeling, tour guide, kapal laut, dan speedboat atau kapal cepat.

Di Pulau Kelor juga tersedia area untuk para wisatawan yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda di tepi pantai. Namun jika para wisatawan ingin bermalam di penginapan, ada beberapa penginapan di sekitar pulau dengan harga yang bisa disesuaikan budget.

Garis pantainya yang membentang panjang juga akan memfasilitasi para wisatawan yang ingin berjemur sambil bermain voli pantai atau bermain bola. Agar tidak terganggu angin pantai, sebaiknya para wisatawan mencari waktu terbaik saat anginnya tidak terlalu kencang seperti sore hari.

Oleh karena itu, berwisata ke Nusa Tenggara Timur terutama Labuan Bajo tidak hanya melulu ke Taman Nasional Komodo saja, namun Anda juga bisa mengeksplor lebih luas lagi ke pulau-pulau yang ada di sekitarnya, salah satunya Pulau Kelor. Bahkan, disana Anda juga bisa berenang dan bermain air karena air lautnya sangat tenang.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending