Pulau Padar Labuan Bajo – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Padar Labuan Bajo – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Padar salah satu pulau eksotis di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau di Labuan Bajo yang menawarkan pemandangan alam memesona, termasuk pasir pantai berwarna putih, pink dan hitam.

Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Padar, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Padar, salah satu pulau terkenal yang berada dalam daftar Kawasan Taman Nasional Komodo. Walau termasuk daerah KTN, tempat ini jarang terlihat adanya binatang Komodo. Pulau yang dapat Anda jangkau setelah melakukan perjalanan selama 3 jam dari Labuan Bajo ini menawarkan keindahan yang tidak akan terlupakan.

Termasuk jajaran pulau terbesar di daftar Kawasan Taman Nasional Komodo, pulau ini memiliki total empat teluk dengan masing-masing kelebihan serta keindahannya. Ketika berkunjung kemari, Anda akan disuguhi pemandangan dari teluk-teluk tersebut dari puncak bukit. Cuaca saat siang hari di sini sangat panas, jadi sempatkan membawa krim matahari untuk mencegah kulit terbakar.

Sebelum sampai di pulau tersebut, Anda akan ditantang untuk mendaki kurang lebih 300 anak tangga yang akan membawa Anda menuju lokasi tujuan. Terdengar melelahkan, tetapi semua itu akan terbayar lunas ketika Anda tiba dan mendapati keindahan Pulau Padar yang memanjakan mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Padar

Daya Tarik Pulau Padar
Image Credit: Instagram.com @gisellauci

Pulau indah ini memiliki iklim cuaca kering dan terdapat bukit sabana jika di musim panas, dan jika sebaliknya, tempat ini akan sangat hijau.

1. Pulau Terbesar Ketiga

Pulau yang memiliki tiga teluk yang dalam dan indah ini berada di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dengan dibatasi Selat Lintah, Anda harus menaiki speed boat untuk bisa sampai ke Padar dari Rinca.

Dengan luas 2.017 hektar, pulau ini menempati posisi ke tiga terbesar menurut Kawasan Taman Nasional Komodo. Jika Anda berkunjung ke Labuan Bajo, cobalah datang ke pulau ini. Anda akan menemukan keindahan yang tersembunyi di tengah laut.

2. Memiliki Warna Pasir Pantai yang Berbeda-Beda

Seperti yang Anda ketahui, di pulau ini terdapat tiga pantai yang sangat indah. Pemandangan pantai dengan pasir yang berbeda warna ini dapat terlihat jelas dari puncak bukit. Anda hanya perlu naik lebih tinggi, maka pemandangan pantai pasir merah muda yang berada di Timur Laut, pasir hitam yang berada di Utara, dan pasir putih yang berada di Selatan akan terlihat.

Foto yang dihasilkan akan sangat cantik apabila menggunakan pemandangan tadi sebagai latar belakangnya. Sedikit info, pemandangan Pulau Padar juga terlukis di lembaran uang 50.000 keluaran tahun 2016. Anda dapat melihat betapa indahnya pulau ini bila dilihat dari sudut mana saja.

Daya Tarik Pulau Padar Labuan Bajo
Image Credit: Instagram.com @elnurlia

3. Pemandangan Matahari Terbit atau Tenggelam yang Memesona

Bagi Anda yang berkunjung kemari, pengalaman Anda tidak akan lengkap jika belum menyaksikan matahari terbit atau tenggelam di tempat ini. Keindahan yang mengagumkan dari sebuah pulau yang tenang dan belum berpenghuni.

Pemandangan matahari terbit atau matahari tenggelam dapat Anda akses dengan datang kemari pada dini hari atau sore hari. Jika menurut Anda terlalu sulit, Anda bisa membawa perlengkapan berkemah Anda dan lalu menginap di pulau tersebut. Bersihnya langit malam akan membuat Anda dapat melihat bintang-bintang yang ada di langit.

Untuk mendaki perbukitan yang menjadi jalan menuju pulau diperlukan waktu kurang lebih setengah jam atau 30 menit. Ketika memulai perjalanan, direkomendasikan berangkat pada waktu pagi atau siang hari, karena cuaca pulau di musim panas akan sangat panas seolah membakar kulit dan tentunya dehidrasi.

4. Memiliki Spot Trekking yang Menantang

Ketika Anda menuju ke Pulau Padar, Anda yang akan menghabiskan waktu selama setengah jam untuk mendaki tanjakan bukit yang curam dan terjal. Dengan jalan yang seperti itu tentu akan membuat Anda lelah. Tetapi akan berbeda jika Anda merupakan orang yang menyukai tantangan.

Medan yang menanjak dengan kemiringan 45 derajat, serta cuaca yang ekstrem justru membuat mereka merasa semangat. Dengan jalur yang sama, wisatawan akan menaiki kurang lebih 300 anak tangga untuk bisa sampai ke titik lokasi. Ketika sampai ke lokasi tujuan, segala penat dan Lelah yang Anda rasakan akan terbayar oleh keindahan pulau.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Padar

Lokasi Pulau Padar
Image Credit: Instagram.com @rendie87

Pulau Padar merupakan satu dari sekian pulau yang ada Nusa Tenggara Timur. Sebuah pulau indah yang memberikan kesan nyaman dan tenang. pulau ini masuk dalam wilayah Labuan Bajo, tepatnya di Flores, Nusa Tenggara Timur. Anda memerlukan waktu kurang lebih 3 jam dari Labuan Bajo untuk sampai ke pulau ini menggunakan speed boat.

Banyak rute perjalanan yang bisa Anda pilih. Sebagai contoh, Anda berasal dari luar kota dan hendak menuju lokasi wisata ini. Maka Anda harus menaiki pesawat dan mendarat di Bandar Udara Internasional Komodo, lalu dengan taksi atau kendaraan lain, Anda meluncur menuju Labuan Bajo. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 20 menit. Anda dapat menikmati perjalanan tersebut dengan santai.

Setelah sampai di lokasi, Anda harus menyewa speed boat atau menaiki kapal feri yang ada di Pelabuhan di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam, Anda akhirnya akan sampai di Pulau Padar. Tetapi perjalanan Anda belum selesai.

Setelah turun dari kapal, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan mendaki sebuah bukit yang sangat miring. Ditambah cuacanya yang akan sangat panas di musim panas. Bawalah air minum agar tidak dehidrasi. Perjuangan Anda akan sangat diuji jika melewati bukit ini. Sedikit saran, pakailah pakaian yang melindungi kulit Anda agar tidak terbakar sinar matahari.

Sekitar setengah jam perjalanan, Anda akhirnya sampai di puncak bukit. Pemandangan tiga teluk di pulau itu akan langsung terlihat jelas dan indah. Ketika sampai di sini, Anda akan merasa perjuangan Anda terbayar lunas.

Biaya Wisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Biaya Wisata Pulau Padar Labuan Bajo
Image Credit: Instagram.com @titaniaheap

Banyak orang yang ingin datang kemari, menikmati keindahan pulaunya yang eksotis. Ketika berkunjung kemari, memang biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Seperti biaya yang dikeluarkan saat Anda pergi ke Labuan Bajo atau saat Anda menyewa kapal untuk menyeberang.

Saat Anda memasuki pulau pun akan dikenai tarif, tapi tidak sebesar yang lainnya. 5000 rupiah, harga tiket masuk per orang khusus untuk wisatawan lokal. Belum jika Anda ingin berenang dengan alat diving atau snorkeling, ada sebuah tempat penyewaan khusus yang mematok tarif tertentu bagi pengunjung.

Selain tiket masuk akan ada biaya tiket lain yang harus Anda bayar, seperti biaya parkir kapal sebesar 100.000, biaya karcis masuk kegiatan alam sebesar 10.000 rupiah, karcis kegiatan snorkeling sebesar 15.000, dan terakhir biaya karcis kegiatan wisata alam sebesar 5000 rupiah.

Untuk sampai ke Labuan Bajo sendiri, Anda dapat menggunakan pesawat dengan harga tiket sekitar 1 juta atau hanya beberapa ratus ribu, tergantung dari kota mana Anda berangkat. Setelah itu, Anda akan mengendarai taksi dari bandara menuju Labuan Bajo yang memakan waktu 20 menit. Biaya yang diperkirakan untuk ini sekitar 100 ribu rupiah.

Setelah itu, Anda harus menyeberang laut menuju lokasi dengan lama perjalanan 3 jam. Pilihan yang dapat Anda pilih antara lain menyewa kapal atau menaiki kapal feri sekali jalan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Padar

Aktivitas di Pulau Padar
Image Credit: Instagram.com @lannymerlyn

1. Bermalam di Pulau Menikmati Sunset dan Sunrise

Ketika Anda sudah sampai di pulau yang memiliki tiga teluk yang dalam dan indah ini, Anda minimal harus menginap sekitar 2 sampai 4 hari agar liburan Anda di sini tidak sayang dilewatkan. Dengan bermalam di sana, Anda akan melihat bagaimana indahnya pemandangan matahari terbit yang hangat atau lembutnya sinar senja matahari saat tenggelam.

Kawasan pulau sampai saat ini belum mempunyai penduduk alias tidak berpenghuni. Dengan begitu, wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri sejenak dari kesibukan dunia kerja.

2. Mencari Spot Foto Terbaik

Terkenalnya pulau ini lewat media sosial mengartikan bahwa banyak sisi di Pulau Padar yang keren dan layak diabadikan dalam sebuah foto. Seperti contoh, puncak bukit tempat Anda bisa melihat pemandangan tiga teluk itu sering digunakan sebagai latar belakang foto yang eksotis dan indah.

3. Berenang di Pantai

Hal wajib yang harus Anda lakukan setibanya di sini adalah berenang, entah itu hanya berenang biasa atau diving menggunakan alat berenang yang bisa disewa sebelumnya. Keindahan alam di tempat ini masih sangat asri mengingat tempat ini masih belum berpenghuni. Dengan pemandangan alam bawah lautnya yang indah Anda juga akan merasa rileks.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Padar

Penginapan di Sekitar Pulau Padar
Image Credit: Pegipegi.com

1. Komodo Resort

Terletak di Laut Flores yang juga merupakan kawasan pulau pribadi. Alamat pastinya ada di Pulau Sebayur. Penginapan ini cukup strategis dari dermaga kapal Flores dan Taman Nasional Komodo. Tempat ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, dengan bonus antar-jemput gratis ke Labuan Bajo. Terdapat juga restoran terbuka bercitarasa internasional.

2. Xpirates Dive Camp

Berlokasi di Manggarai Barat, lebih tepatnya pada Pantai Sebayur, Labuan Bajo. Anda akan menemukan penginapan ini tidak jauh dari penginapan sebelumnya. Tempat ini memiliki banyak fasilitas yang cukup memadahi pengunjung, yaitu wifi gratis, breakfast, kamar ber-ac, juga memiliki akses ke pantai yang sangat indah yang ada di dekat penginapan.

3. The Jayakarta Suites Komodo Flores

Tempat ini memiliki banyak fasilitas yang mencukupi sebagai hotel bintang 4. Terdapat kamar ber-ac dengan sarapan tiap paginya, kolam renang di luar, gym, serta restoran. Jangan lupakan jika tempat ini berada di pinggir laut, jadi Anda dapat menatap langsung pemandangan indah laut. Tempat ini berada kurang lebih 30 kilometer dari Pulau Padar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Padar Labuan Bajo

Fasilitas di Pulau Padar Labuan Bajo
Image Credit: Instagram.com @kumbolotour

Destinasi wisata pulau ini adalah wisata yang baru dan masih fresh, walau begitu pengaturan wisatanya sudah bagus dan Anda dapat berlibur dengan nyaman di sini. Karena keterkenalan pulau ini, pemerintah berencana mengebut untuk membangun fasilitas dan infrastruktur pendukung di sini. Fasilitas yang sudah ada sini adalah speed boat, banana boat, spot diving, snorkeling, dan lain-lain.

Sementara untuk fasilitas seperti tempat makan dan beberapa hal masih dalam tahap pengembangan. Dengan bertambahnya pengunjung yang datang, perkembangan fasilitas makin diperlengkap agar kenyamanan wisatawan terjamin.

Pulau Padar adalah salah satu pulau eksotis yang memiliki tiga teluk yang dalam dan indah di sana. Anda dapat mengunjungi tempat ini dan membuktikan keindahan yang terlukis di tempat yang termasuk kawasan Labuan Bajo ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending